Modal usaha gratis

Membuka Usaha dengan Modal Usaha Gratis? Begini Caranya

Modal usaha gratis semua orang pasti mendambakannya. Modal usaha adalah kendala utama seseorang ketika hendak membuka suatu usaha baru. Meski memiliki banyak keterampilan yang memadai untuk membuka sebuah usaha, namun tanpa adanya modal usaha, tentu seseorang takan mampu membuka usahanya.

Mendapatkan modal usaha gratis merupakan sarana paling tepat untuk mengatasi masalah ini.

Kendatipun harus bekerja keras untuk mendapatkan modal gratis tersebut itu, bukan jadi masalah. Karena menjadi Enterepreuner adalah salah satu jalan jitu untuk dapat meraih kesuksesan, baik sukses financial ataupun sukses dalam bentuk lainnya.

Dengan menjadi enterpreuner maka kita tidak perlu lagi takut dengan pendapatan kecil, ataupun sampai terkena PHK, karena dalam bisnis yang kita bangun kita adalah raja.

Kita bisa menentukan seberapa banyak penghasilan yang ingin kita dapatkan, bahkan seberapa besar jumlah pasukan (karyawan) yang ingin kita tugaskan untuk mempercepat memajukan bisnis kita.

Penulis sangat yakin tidak semua orang suka diperintah, ataupun bekerja untuk orang lain. Jika sampai saat ini masih ada banyak orang yang kelihatannya rela melakukan itu, hal tersebut karena keadaanlah yang memaksanya.

Dengan kita menjadi pengusaha, maka kebebasan jiwa akan kita dapatkan. Kita tidak merasa terpenjara dengan aturan, teman atau atasan yang selalu mengkritik, dan berbagai hal lain yang umumnya kita rasakan saat kita bekerja pada orang lain.

Belajar merintis bisnis dari nol

Muhadi Setiabudi

Dalam mencari dan mendapatkan modal usaha gratis, tentu kita tidak boleh menuntut besarnya nominal modal usaha gratis tersebut. Singkirkan dalam fikiran kita bahwa kesuksesan akan cepat diraih jika usaha pertama kita langsung besar.

Loading...

Sejarah membuktikan orang-orang yang kesuksesannnya bisa melampaui kesuksesan orang lain justru adalah mereka yang awal usahanya dimulai dari nol. Muhadi Setiabudi contohnya, raja bisnis dari Brebes yang memiliki banyak usaha bonafit tersebut, usaha awalnya justru hanya sebagai pedagang keliling.

Muhadi kini menjadi owner dari PO. Bus Dedy Jaya, Rumah sakit Dedy Jaya, Toko emas Dedy Jaya, Hotel Anggareani, Dian Hotel, SPBU, Perumahan, Pabrik Cat, dan berbagai usahanya yang lain. Selain Muhadi, banyak lagi orang sukses lainnya yang telah membuktikan bahwa sukses yang dimulai dari nol itu sangat menjanjikan.

Dengan sukses dari nol maka, ilmu yang kita dapatkan akan sangat banyak. Kita akan paham betul bagaimana merintis bisnis dari nol. Ini adalah bekal utama kita saat hendak membuka berbagai usaha baru nantinya.

Dengan memulai bisnis dari nol kitapun akan pandai melihat peluang, mempelajari karakteristik customer yang semuanya adalah manusia. Lebih dari itu kita akan terbiasa menghadapi kendala dan berbagai cobaan dalam usaha sejak awal, semua itu adalah penempa kita untuk menjadi pengusaha kuat nan handal.

Nah bagi sobat semua yang memutuskan untuk menjadi seorang enterpreuner, itu adalah langkah yang sangat tepat sekali. Dalam dunia usaha yang penulis temukan dilapangan, fakta membuktikan modal itu lebih penting dari pada keterampilan.

Modal usaha gratis untuk membuka usaha




Penulis dapat berkata demikian, karena sebelum memiliki keterampilan di bidang percetakan, terlebih dahulu penulis telah mendapatkan modal usaha gratis.

Modal usaha gratis tersebut telah memacu fikiran penulis untuk segera membuka usaha, akhirnya semua tenaga dan fikiran diarahkan agar bisa segera mendapatkan keterampilan yang diinginkan.

Berikut ini beberapa modal usaha gratis yang bisa sobat dapatkan dengan mudah, hingga akhirnya bisa segera membuka sebuah usaha yang dapat menjadikan sobat menjadi bos nantinya.

1. Modal usaha gratis dari orangtua

Setiap orangtua pasti senang jika mengetahui anaknya ingin membuka usaha. Oleh karena itu bukanlah hal sulit bagi seorang anak, untuk mendapatkan modal usaha gratis dari orang tuanya. Orangtua akan dengan senang hati memberikan sejumlah modal pada anaknya, yang sedang bersemangat membuka usaha.

Modal usaha tersebut tentu gratis, dan orangtua tak menuntut kita untuk mengembalikannya. Namun sebagai anak yang mulai dewasa kitapun harus berfikir bijak.

Selama ini orangtua selalu memenuhi semua kebutuhan kita baik diminta ataupun tanpa kita minta. Oleh karena itu jadikan modal usaha gratis pemberian orangtua sebagai motivasi, yaitu akan kita ganti dengan jumlah yang berlipat, dari hasil keuntungan usaha kita nantinya.

Dengan motivasi tersebut maka usaha kitapun akan maksimal, segala daya upaya kita lakukan agar usaha kita segera menghasilkan. Beda halnya jika kita tanpa motivasi tersebut, kita bisa saja berleha-leha karena mendapatkan modal tersebut tidaklah membutuhkan perjuangan berarti.

Penulis sangat yakin dengan motivasi tersebut, selain akan menghasilkan usaha kita yang maksimal, Tuhan-pun akan memudahkan jalan rizki kita, terlebih pada usaha yang ada do’a orangtua kita didalamnya.

2. Modal usaha gratis dari menabung

Jika saat ini sobat adalah seorang karyawan disebuah perusahaan, maka modal usaha gratis jenis ini sangat tepat sekali untuk sobat. Meskipun keinginan sobat begitu sangat menggebu untuk membuka usaha , jika belum mempunyai modal yang cukup sebaiknya bersabarlah dulu.

Mulai sekarang sisihkanlah sebagian dari penghasilan sobat, setiap kali sobat mendapatkan penghasilan. Dengan sobat rutin menabung maka cepat atau lambat sobat akan mendapatkan modal yang cukup untuk membuka sebuah usaha baru.

Kebiasaan menabung selain akan menjadikan sobat bisa segera membuka sebuah usaha baru, lebih dari itu sobat akan terbiasa mengelola keuangan, dengan kebiasaan seperti itu maka setelah satu usaha sobat sudah terbentuk, usaha-usaha baru lainnyapun pasti segera sobat miliki.

3. Modal usaha gratis dari hasil arisan




Arisan adalah salah satu cara menabung paling jitu, untuk kita bisa segera mendapatkan sejumlah modal dalam waktu yang lebih cepat. Arisan merupaan salah satu modal usaha gratis, yang cara pembayarannya bisa kita lakukan secara berangsur.

Modal usaha lewat arisan menurut penulis, lebih menetramkan hati jika dibandingkan dengan kita meminjam sejumlah dana pada Bank dan koperasi, yang hampir semuanya menggunakan sitem bunga.

Meskipun begitu, sebelum memutuskan untuk arisan sebaiknya sobat tentukan dengan bijak jumlah arisan yang akan dikeluarkan. Jangan sampai nominal uang untuk angsurannya tidak sebanding dengan penghasilan sobat, khawatirnya nanti malah akan memberatkan sobat sendiri.

Hal ini bisa disiasati dengan membuat komunitas arisan yang pendapatan rutinnya hampir sejajar dengan pendapatan kita.

4. Modal usaha gratis dari keterampilan

Jika sobat memiliki keterampilan tertentu , sebaiknya segera manfaatkan keterampilan sobat tersebut untuk menghasilkan keuntungan. Keterampilan yang sobat miliki bisa menjadi salah satu sarana agar sobat bisa mendapatkan penghasilan.

Sobat bisa menawarkan keterampilan sobat melalui situs freelance terpercaya, yang akan membayar sobat dari setiap pekerjaan sobat.

Bagi penulis sendiri misalnya, meskipun dengan kemampuan menulis ala kadarnya namun Alhamdulillah keterampilan tersebut sudah menghasilkan uang jutaan ribu rupiah. Jika dihitung secara keseluruhan sepertinya sudah cukup untuk membuka sebuah usaha baru.

Jika sobat memiliki minat yang sama, sobat bisa mendapatkan uang dimulai dari puluhan ribu bahkan sampai puluhan juta dari keterampilan menulis sobat.

Sobat bisa mengirimkan tulisan sobat ke media cetak ataupun elektronik, atau mungkin sobat ingin membuat blog sendiri, sehingga menghasilkan uang dari adsense, dan berbagai sumber penghasilan bloger lain nantinya.

Menulis di klik mania untuk mendapatkan modal usaha gratis

Selain dapat dibayar puluhan ribu rupiah pertulisan, seperti klikmania.net, babenews.com yang rata-rata membayar Rp. 50.000,00/artikelnya, kitapun bisa mendapatkan bayaran yang lebih besar, terutama jika memenangkan sebuah lomba.

Baca juga5 Daftar Situs Menulis Artikel Online Dibayar Mahal Berbahasa Indonesia

Lomba menulis

Banyak sekali jenis lomba penulisan, yang diselenggarakan oleh berbagai produk. Bahkan saat ini perusahaan Astrapun sedang mengadakan lomba menulis dengan hadiah utama mobil dan sepeda motor CBR 150R.

Banyaknya pengguna internet yang semakin bertambah setiap waktunya, membuat para produsen sadar, bahwa internet merupakan sarana paling ampuh dalam mempromosikan produknya.

Oleh karena itu untuk lebih mudah memperkenalkan produknya kepada masyarakat, diadakanlah berbagai lomba penulisan. Untuk dapat mengikuti lomba-lomba penulisan sebaiknya segeralah sobat membuat blog pribadi, ataupun bisa membuat akun di kompasiana.com.

Penulis sendiri sudah sering mengikuti lomba penulisan, bahkan tahun lalu Dinkes Brebes mengadakan lomba penulisan, dengan hadiah Rp.200.000,00 perartikelnya. Alhamdulillah penulis bisa ikut berperan dalam kegiatan tersebut, dan mampu mengirimkan artikel kesehatan lebih dari sepuluh buah.

Dari uraian diatas sepertinya tidak berebihan, jika penulis katakan bahwa menulis adalah salah satu sarana terbaik, untuk mendapatkan modal usaha gratis.

5. Modal usaha gratis dari sebuah lomba

Diatas sudah penulis jelaskan tentang modal usaha gratis yang didapatkan dari hadiah lomba menulis. Selain lomba menulis tentu masih banyak lomba lain yang bisa menghasilkan uang , sebagai sumber modal usaha kita nantinya.

Lomba yang sobat ikuti tentu bisa menyesuaikan keterampilan sobat,jika sobat senang olahraga tentu sobat ikuti lomba olahraga yang dikuasai. Selain mendapatkan modal usaha gratis dari hadiah sebuah lomba, lebih dari itu sobat memiliki kesempatan untuk menjadi atlet professional dengan bayaran fantastis.

Jika kedua hal tersebut tidak sobat kuasai, masih banyak sekali jenis lomba lain yang hadiahnya sangat cukup untuk membuka sebuah usaha baru, seperti lomba menyanyi, lomba baca puisi, lomba melukis dan lain-lain.

6. Modal usaha gratis dari investor

Jika sobat punya kenalan orang kaya, baik itu sodara ataupun teman bergaul, tidak ada salahnya sobat dekati mereka. Ajak mereka ngobrol tentang bisnis, biasanya orang kaya mereka sangat membutuhkan relasi bisnisnya.

Kita yang memiliki kemauan dan keterampilan bisa menjelaskan kepada mereka tentang niat kita membuka usaha. Bukan hal yang mustahil akhirnya mereka mau menanam modal untuk kita kelola menjadi suatu bisnis.

Bahkan umumnya orang kaya akan senang dengan niat kita tersebut, hal ini dikarenakan uang mereka banyak yang pasif alias tidak digunakan.

7. Modal usaha gratis dari pemerintah

Pelatihan usaha

Sebagai seorang anak yang dari kecil hidup dilingkungan desa, penulis hafal betul dengan modal usaha gratis dari pemerintah ini, terutama modal usaha gratis peternakan.

Masyarakat umumnya membuat suatu kelompok tani, lalu membuat proposal sehingga bantuan pemerintah berupa hewan ternakpun datang.

Bahkan untuk mendapatkan modal usaha gratis jenis ini, sobatpun bisa mendapatkan keterampilan sekaligus. Hampir setiap tahun lembaga pemerintahan seperti Dinas Sosial, Kementrian Tenaga Kerja, Kementrian Koperasi dan UKM dan lainnya mengadakan program pelatihan bisnis gratis.

Biasanya setelah lulus diberikan modal usaha gratis ataupun pinjaman uang yang nominalnya bisa sampai Rp. 25.000.000,00

8. Modal Usaha Gratis dari Usaha dropshipper

Akhir-akhir ini banyak sekali para penjual online di media sosial baik facebook,istagram,BBM dan lainnya. Salah satu usaha dropshipper jenis ini tentu tak membutuhkan modal.

Kita hanya membutuhkan satu akun medsos yang bisa menjadi perantara, antara para pembeli dan pemilik suatu produk yang akan kita jual.

Bahkan yang memiliki akun blogger bisa juga mengikuti usaha jenis ini, yaitu dengan mengikuti program affiliate. Salah satu program Affiate yang penulis ikuti adalah program affiliate dari blibli.com.

Selain program Affilate yang lebih baik lagi, kita bisa membuat toko online dengan blogspot. Jika toko online yang kita buat sudah terkenal selain mudah untuk mendapatkan modal usaha melalui perantaranya, penghasilan besar lainnyapun akan kita dapatkan jika kita terus mengelola blog tersebut.

Nah itulah beberapa usaha untuk mendapatkan modal usaha gratis, yang bisa sobat praktekan. Penulis sangat yakin masih banyak lagi cara mendapatkan modal usaha gratis yang lain.

Bagi sobat yang mengetahuinya sudilah kiranya sobat membagikan pengetahuan berharga tersebut dikolom komentar.

Tips membuka usaha ala penulis




Berikut ini hal-hal yang harus kita perhatiakan sebelum sobat memulai sebuah usaha.

1. Pastikan usaha yang akan sobat jalankan sesuai keinginan sobat. Sangat dianjurkan usaha yang sobat jalankan adalah usaha yang berdasarkan hobi sobat. Hal ini agar saat menjalankannya nanti sobat selalu senang menjalaninya, bahkan akan berasa tidak sedang bekerja, namun serasa sedang bermain.

2. Pastikan usaha yang sobat buka sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Semakin banyak masyarakat yang membutuhkan pelayanan atau produk yang ada pada usaha sobat, maka semakin tinggi dan cepat keuntungan yang sobat raih.

Rumus sederhana sebuah usaha menurut penulis adalah kebutuhan masyarakat menentukan jumlah konsumen, dan jumlah konsumen menentukan pendapatan.

3. Usaha yang dibuka menyesuaikan jumlah dana yang dimiliki. Ambisi memiliki usaha yang besar itu bagus, tapi jika uang yang dimiliki tidak cukup jangan dipaksakan ya… Jangan sampai keuntungan yang kita raih justru harus kita keluarkan lagi untuk menutupi bunga bank. Yakinlah usaha yang dirintis dari nol itu lebih baik, dan lebih mengandung banyak ilmu dan hikmah.

4. Segera ambil tindakan, buka sebuah usaha jika sudah ada modal awal. Keterampilan akan mengikuti jika sobat berani bertindak. Lebih dari itu rizkipun akan cepat datang, hingga usaha bisa lebih cepat berkembang dan maju.
Semoga bermanfaat

Salam Kepedulian

Detatang – Kamal


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *