Bumdes Sendang Pinilih

3 Objek Wisata Cantik Bumdes Sendang Pinilih Wonogiri

Kalau Anda berkunjung ke Kabupaten Wonogiri kurang lengkap rasanya jika belum merasakan sensasi berfoto selfie diatas ketinggian bukit. Bumdes Sendang Pinilih menawarkan beberapa objek wisata cantik yang wajib Anda kunjungi.

Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Sendang Pinilih merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah. Pembentukan Bumdes ini memiliki tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dengan berfokus pada desa wisata dan pengembangan wisata.

Untuk menjalakan program pengembangan wisata, masyarakat sekitar dibantu oleh pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa.

Untuk sampai di 3 Objek Wisata Cantik Bumdes Sendang Pinilih Wonogiri Anda terlebih dahulu harus melewati menara filter tepatnya di Jalan Wonogiri-Pracimantoro Km 6.

Berikut 3 Objek Wisata Cantik Bumdes Sendang Pinilih Wonogiri

1. Watu Cenik
Bumdes Sendang Pinilih
(instagram/g_gigih.l_18)

Watu Cenik terletak di Dusun Prampelan Desa Sendang. Dulunya Watu Cenik merupakan lokasi wisata gantole 1 yaitu aktifitas gantole dan paralayang akan tetapi saat ini sudah dipindahkan ke lokasi wisata gantole 2 yaitu di Puncak Joglo.

Watu Cenik saat ini dijadikan tempat untuk mengambil foto selfie karena dari sini selain Anda bisa menikmati pemandangan Waduk Gajah Mungkur juga terdapat pemandangan deretan Pegunungan Seribu dan Puncak Gunung Lawu.

Anda juga dapat berfoto di Balon Udara Watu Cenik. Balon Udara ini merupakan spot terbaru yang dimiliki oleh Watu Cenik. Untuk biaya tiket masuk, wisatawan hanya membayar Rp. 4.000 per orang.

Untuk tarif parkir mobil sebesar Rp 5.000 dan tarif parkir motor sebesar Rp. 2.000. Selain dijadikan tempat selfie, Balon Udara Watu Cenik juga dijadikan masyarakat untuk pengambilan foto pre wedding.

Loading...
Bumdes Sendang Pinilih
(instagram/irawati_sarwana)

Pada Balon Udara Watu Cenik ini terdapat logo promosi pariwisata “Wonderful Indonesia” yang memiliki arti event yang di adakan di dalam negeri namun memiliki audience banyak dari orang luar negeri.

Untuk meningkatkan daya tarik para wisatawan pengelola Watu Cenik menawarkan beberapa fasilitas. Antara lain free wifi dengan kecepatan 10 Mbps sehingga memudahkan Anda yang aktif di media sosial dan gasebo untuk tempat beristirahat sejenak para wisatawan.

2. Puncak Joglo
Bumdes Sendang Pinilih
(instagram/eka_yulis)

Puncak Joglo terletak di Dusun Kembang Desa Sendang. Puncak Joglo saat ini dijadikan sebagai pusat untuk kegiatan gantole dan paralayang. Untuk masuk ke objek wisata satu ini cukup dengn membayar retribusi parkir sebesar Rp. 2.000.

Untuk Anda yang ingin merasakan sensasi terbang di atas Waduk Gajah Mungkur cukup membayar Rp. 350.000 untuk biaya paket terbang tandem. Anda Tidak perlu takut karena akan dipandu oleh atlit – atlit senior paralayang Wonogiri

Landasan Gantole yang ada di Puncak Joglo sering dijadikan untuk kegiatan nasional maupun Internasional. Puncak Joglo merupakan launching ramp satu-satunya di Indonesia. Sudah banyak atlit dalam dan luar negeri yang merasakan indahnya terbang dengan melihat pemandangan Waduk Gajah Mungkur.

Bumdes Sendang Pinilih
(instagram/i.gunawan23)

Untuk Anda yang penasaran dengan tempat wisata ini tidak perlu khawatir karena pihak Bumdes Sendang Pinilih menyediakan fasilitas yang cukup memadai karena sudah dilengkapi dengan gasebo, mushola untuk beribadah dan toilet.

3. Menara Pandang Soko Gunung
Bumdes Sendang Pinilih
(instagram/wildaelsiana)

Menara Pandang Soko Gunung terletak di Dusun Soko Gunung Desa Sendang dengan ketinggian 780 MDPL (Meter di Atas Permukaan Laut). Menara pandang ini terbuat dari bambu dan dibuat dengan kuat serta aman untuk wisatawan.

Dengan berjalan kaki melewati jalan setapak selama 10 – 15 menit, para wisatawan dapat mencapai Menara Pandang Soko Gunung. Untuk wisatawan yang ingin datang berkunjung, objek wisata ini dibuka dari jam 05.00 sampai 17. 30 WIB. Dengan membayar Rp.5000 untuk tiket masuk dan Rp. 2.000 untuk tarif parkir.

Sedangkan untuk Anda yang gemar camping dan ingin menyaksikan sunset dari Menara Pandang Soko Gunung, dapat melakukan registrasi di tempat sebelum jam 20.00 WIB.

Baca juga6 Obyek Wisata Air di Wonogiri yang Cocok Banget untuk Penggemar Selfie

Nah itu dia 3 objek wisata yang dikelola oleh Bumdes Sendang Pinilih Wonogiri. Disarankan untuk Anda yang ingin berkunjung sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena tidak tersedia kendaraan umum untuk mengantar sampai ke 3 objek wisata tersebut.


Loading...

Bagikan

Himah Maulidiah

Penulis

Guest Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *