cara baru menghasilkan uang di Youtube

Tak Melulu Iklan, Ini Dia Cara Baru Menghasilkan Uang di YouTube

Cara baru menghasilkan uang di YouTube adalah bahasan yang menarik untuk diulas, karena cara tersebut baru saja disampaikan oleh petinggi YouTube di ajang VidCon 2018.

Selain baru saja disampaikan oleh petinggi YouTube, tentu cara tersebut adalah kesempatan emas bagi para konten kreator untuk menambah pundi-pundi penghasilannya.

Inilah Cara Baru Menghasilkan Uang di YouTube

Ada 3 cara yang bisa ditempuh oleh seorang konten kreator untuk menghasilkan uang, selain mengandalkan iklan di YouTube.

Dan ke-3 cara tersebut adalah:

1. Channel Membership
cara baru menghasilkan uang di YouTube
Gambar: Google Blog

Cara kerja channel membership adalah mengharuskan penonton membayar 5 dolar AS per bulan (biaya berlangganan) untuk menonton konten-konten eksklusif dari sang konten kreator.

Akan tetapi, yang harus Anda ketahui adalah Anda harus memenuhi syarat dan memiliki lebih dari 100.000 subscribers.

Dan yang harus Anda ketahui juga adalah YouTube akan mengambil 30 persen dari pendapatan channel membership. Setelah 30 persen diambil oleh YouTube, sisanya bisa masuk ke kantong Anda.

Apakah program ini sudah ada di Indonesia?

Loading...

Berdasarkan data yang dirilis oleh Google, baru 7 negara Asia yang bisa menjalankan program channel membership ini.

Dan ke-7 negara tersebut adalah:

1. Australia

2. Hong Kong

3. India

4. Jepang

5. Filipina

6. Korea Selatan

7. Taiwan

2. Merchandise

Cara baru menghasilkan uang di YouTube yang kedua adalah menjual merchandise diri Anda. Jadi, dengan menerapkan cara ini, Anda bebas menjual 20 jenis merchandise mulai dari kaos, mug, hingga casing smartphone.

YouTube sendiri untuk mewujudkan program ini sudah bekerjasama dengan Teespring, sehingga para konten kreator tidak perlu repot-repot berjualan sendiri dan para penonton pun juga memiliki banyak pilihan ketika ingin membeli.

Untuk saat ini, program merchandise baru bisa dijalankan oleh konten kreator yang memiliki 10.000 subscribers dan yang berdomisili di Amerika Serikat saja.

Jadi, bagi Anda yang tinggal di Indonesia harap bersabar, karena sebentar lagi program merchandise pasti akan datang ke tanah air.

3. Premiere

Terakhir, cara baru menghasilkan uang di YouTube bisa Anda lakukan dengan menjalankan program premiere.

Apa itu premiere?

Menyiarkan video yang sudah direkam dan diedit sebagai siaran live. Cara yang satu ini bisa Anda lakukan, apabila Anda sudah memiliki 10.000 subscribers.

Bagaimana cara memonetisasi premiere?

Anda bisa memasukkan video premiere sebagai konten eksklusif bagi para penonton, sehingga pundi-pundi penghasilan Anda pun akan secara otomatis bertambah.

Kesimpulan

Itulah cara baru menghasilkan uang di YouTube yang bisa Anda terapkan, selain mengandalkan iklan di YouTube.

Ke-3 cara di atas, tentu harus dipelajari lebih mendalam, karena di Indonesia masih belum begitu familiar dan baru saja disampaikan di ajang VidCon 2018.

Baca: Peraturan YouTube 2018

Semoga ulasan di atas bermanfaat, dan semoga saja YouTube segera mengekspansi program-programnya agar konten kreator tanah air semakin sejahtera dari segi finansial.



Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Ikatlah Ilmu dengan Tulisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *