Cara Dapat Gaji Rutin dari Google AdSense

No Tipu – tipu, Ini Cara Dapat Gaji Rutin dari Google AdSense Minimal $100 per Bulan

Sebagai seorang publisher AdSense, kita mungkin masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan gaji rutin dari Google AdSense. Meski target yang kita bidik adalah pengunjung lokal, namun sebenarnya cukup susah untuk dapat menghasilkan uang secara rutin.

Apalagi bagi pemula yang masih awam mengenai seluk-seluk dunia blogging, pasti ada saja kendala yang harus dihadapi. Untuk mendapat 1 juta per bulan dari AdSense juga cukup susah, apalagi harga CPC Adsense turun drastis diawal tahun ini

Nah, untuk mempermudah pencapaian target 1 juta per bulan, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

Cara Dapat Gaji Rutin dari Google AdSense Minimal $100/bulan

Gaji Rutin dari Google AdSense

1. Tingkatkan Traffic Blog

Kalau Anda memiliki target $100 setiap bulannya, maka dalam sehari blog Anda harus menghasilkan setidaknya $3.5. Seandainya blog Anda menggunakan blog lokal dengan perkiraan CPC $0.05, maka Anda harus mendapatkan sekitar 70 klik dalam seharinya.

Biasanya, rasio klik iklan dengan posisi iklan terbaik ada di antara 1-2% dimana kita akan mendapat 1-2 klik setiap 100 pengunjung.

Jadi, kalau Anda ingin mendapatkan 70 klik, setidaknya blog Anda harus mampu mendatangkan traffic sekitar 3.500 – 7.000 visitor setiap harinya.

Seandainya Anda hanya mendapat 1%, maka Anda harus membuat blog yang mendulang traffic sekitar 7.000 pengunjung dalam satu hari.

Loading...

Seperti yang kita tahu, untuk mendapat jumlah pengunjung sebanyak itu butuh usaha ekstra. Apalagi kalau Anda masih pemula, maka sepertinya mendapat pengunjung sekian ribu jumlahnya sangatlah berat.

Hal ini karena umumnya blog dengan jumlah traffic besar adalah blog yang dikembangkan oleh para blogger expert.

Namun sebenarnya itu hanya mindset yang keliru, sejatinya untuk mendapatkan pengunjung segitu bukanlah hal yang mustahil. Anda masih bisa mendapatkan pengunjung sekian ribu asalkan Anda tekun dan bekerja lebih keras lagi.

Gunakan dan pelajari teknik SEO

Seperti yang kita tahu, dalam dunia blogging kita memerlukan sebuah teknik untuk mendominasi hasil pencarian mesin pencari.

Teknik inilah yang sering kita kenal dengan teknik SEO (Search Engine Optimazition). Intinya, semakin tinggi posisi suatu halaman blog maka blog tersebut memiliki potensi menghasilkan pengunjung yang lebih banyak.

Baca13 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Teknik SEO Modern

Dalam dunia SEO ini, kita juga mengenal istilah index dan de-index mesin pencari. Semakin banyak halaman yang di index Google, maka semakin tinggi pula trafik yang akan didapatkan.

Artinya, Anda masih bisa berpeluang mendapatkan trafik bermodal jumlah artikel yang banyak.

Kalau target 7.000 ribu pengunjung, maka kita bisa pecah menjadi 100 artikel dengan jumlah kunjungan 70 pengunjung tiap harinya.

Namun di era algoritma saat ini, kuantitas bukanlah segalanya. Kita dituntut untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan kaya akan informasi. Kalau kontennya dangkal, 70 pengunjung per hari juga masih terasa berat.

Untuk itu, Anda perlu membuat konten berkualitas agar userfriendly dengan algoritma Google saat ini. Semakin baik kualitas postingan yang Anda buat, semakin bagus pula dampaknya terhadap perkembangan blog Anda.

Era sekarang benar-benar berbeda dengan yang dulu, saat ini sepertinya lebih membuat pembaca senang terhadap suatu konten.

Jadi, sepertinya akan lebih baik membuat 10 artikel berkualitas dibandingkan 100 artikel konten dangkal dan tidak bermutu.

Kalau Anda bisa menguasai kata kunci dengan persaingan low-medium, maka setidaknya blog Anda bisa mendatangkan ribuan pengunjung dengan sangat mudah.

Agar Anda semakin mendalami poin ini, cobalah membaca beberapa panduan berikut ini:

2. Memilih Niche Blog Spesifik

Perlu Anda tahu, niche atau tema blog ternyata sangat memengaruhi penghasilan seorang publisher AdSense. Untuk mendapatkan nilai klik iklan yang besar, blog kita harus memiliki kriteria tertentu. Jadi, kita tidak boleh memilih tema sembarangan saat membangun sebuah blog.

Anda harus menentukan topik blog yang memiliki potensi nilai klik tinggi, khususnya untuk blog lokal. Niche potensial ini seperti teknologi, otomotif, bisnis, keuangan, wisata dan properti. Semakin spesifik konten yang disajikan, nilai CPC-nya juga akan semakin besar.

Baca :   8 Niche Blog Paling Populer yang Banyak Mendatangkan Pengunjung

Niche tersebut biasanya memiliki CPC yang cukup besar, bahkan bisa sampai $0.2 – $0.5 untuk blog lokal. Untuk blog bule, biasanya CPC-nya bisa sangat besar bahkan ada yang mencapai $4 setiap kliknya.

Namun seperti yang kita tahu, tingkat persaingan blog bule jelas lebih ketat dibanding blog lokal.

Pemilihan niche ini juga akan memudahkan Anda untuk mendapat gaji rutin dari Google AdSense. Kalau pengunjung blog Anda sudah mencapai 5000/hari dengan niche wisata misalnya, biasanya Anda sudah bisa gajian secara rutin dari AdSense.

Saran lainnya, jangan membuat blog yang bertema ‘general’ atau gado-gado. Nilai klik iklannya akan sangat rendah dan tidak umum, Anda hanya akan pusing nantinya.

Dengan ribuan pengunjung/hari pun, penghasilan dari blog Anda akan sangat minim dan mengenaskan.

3. Konsisten Update Blog

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk mendapat gaji rutin dari Google AdSense Anda harus konsisten dalam mengupdate konten di blog Anda.

Mengisi blog secara rutin juga secara otomatis akan meningkatkan jumlah pengunjung dari waktu ke waktu.

Selain itu, kalau konten yang Anda buat itu bermanfaat bagi pengunjung mungkin saja mereka akan klik iklan secara cuma-cuma.

Baca juga : Tips Udapte Artikel Tanpa Membuat Artikel, Wajib Kamu Baca!

4. Promosi Konten Secara Rutin

Sebenarnya ini adalah salah satu teknik yang cukup ampuh dan powerfull. Kalau diracik dengan cara dan kaidah yang benar, strategi semacam ini bisa mendulang penghasilan yang bahkan lebih besar dari 1 juta.

Cara promosi yang gratisan mungkin akan sangat memakan waktu dan hasilnya tidak terlalu terlihat. Kalau ingin hasil yang lebih, maka Anda harus menggunakan strategi promosi berbayar.

Contohnya saja menggunakan metode Facebook Ads to AdSense. Anda mempromosikan konten blog lewat FB Ads, lalu pengunjung dari Facebook akan singgah ke blog Anda.

Seandainya konten yang Anda bahas itu sedang ramai diperbincangkan, biasanya akan banyak yang share. Akhirnya, blog Anda bisa kebanjiran pengunjung saat itu juga.

Kalau cara ini dilakukan secara konsisten dalam sebulan, tentu saja blog Anda akan menghasilkan uang minimal 1 juta dari AdSense bahkan bisa lebih dari itu. Asal Anda tahu caranya, semua tampak lebih mudah.

Panduan terkait : Strategi Mempromosikan Blog yang Paling Baik untuk Pemula

5. Investasi Blog

Seandainya Anda memiliki satu blog namun hasilnya belum bisa memperoleh gaji rutin dari Google AdSense, maka Anda bisa mengakalinya dengan ternak blog.

Semakin banyak blog yang Anda miliki, semakin tinggi pula potensi untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Kalau fokus sama satu blog, memang bisa saja. Namun, sebaiknya tetap membutuhkan blog cadangan untuk langkah antisipasi jika sewaktu-waktu blog utama mengalami masalah.

Hal-hal yang tidak diinginkan seperti de-index, dihapus google atau dihack orang lain bisa saja terjadi kapan saja.

Maka dari itu, sangat disarankan Anda memiliki blog pendukung untuk menambah pemasukan dari blog utama. Anda bisa membuatnya dari awal atau bisa membeli blog melalui forum jual beli blog.

Dengan langkah ini, Anda bisa dengan mudah memperoleh gaji minimal 1 juta dari AdSense.

Katakanlah blog utama saat ini menghasilkan uang 400.000/bulan, maka untuk menutupi sisanya Anda harus memiliki 3 blog lainnya dengan penghasilan 200.000/bulan.

Cara ini termasuk yang paling mudah ketimbang harus fokus mengurus 1 blog hingga menghasilkan 1 juta per bulan dari AdSense.

6. Main Blog Bule

Metode terakhir, Anda bisa menjajal peruntungan dengan bermain blog bule (luar negeri). Seperti yang kita tahu, blog luar memiliki potensi yang luar biasa untuk menghasilkan uang.

Meski untuk AdSense, Anda masih bisa mendapat penghasilan yang sangat menggiurkan. Kalau Anda punya traffic US 500 pengunjung per hari, sudah dipastikan Anda bisa mendulang rupiah yang cukup banyak.

Bukan hanya 1 juta, bahkan bisa berjuta-juta asalkan Anda tahu caranya.

Bermain blog bule memang menggiurkan, namun Anda perlu menguasai beberapa teknik SEO untuk menghasilkan pengunjung. Perlu Anda tahu, CPC bule benar-benar jauh dibandingkan CPC lokal.

Bahkan kalau nichenya bagus, 1 klik iklan bisa berpotensi menghasilkan $3 – 5. Bayangkan kalau Anda dapat 20 klik seharinya, Anda bisa mendapat $60 dalam sehari. Kalau sebulan?

Anda bisa mengantongi uang sekitar $1800. Namun memang butuh keseriusan yang tinggi dalam mengelola blog bule ini, selain masalah grammar Anda juga harus melakukan riset keyword yang mendalam.

Baca juga :

Nah, itulah beberapa tips mendapat gaji rutin dari Google AdSense minimal $100/bulan. Artikel ini mungkin bisa membantu bagi Anda yang belum bisa gajian setiap bulannya.

Dengan memperhitungkan beberapa metode dan teknik di atas, Anda bisa lebih mudah untuk menjadikan blog sebagai penghasilan utama.

Bagi yang belum menghasilkan, tetap semangat ngeblognya. Jangan memikirkan uang sebelum Anda bisa memperoleh trafik yang cukup menjanjikan.

Intinya urus blog Anda terlebih dahulu baru memikirkan monetize blog, bukan sebaliknya.

Semua blogger yang sukses dan memperoleh gaji rutin dari Google AdSense awalnya bersakit sakit dahulu, keberhasilan yang sekarang mungkin hanya 2 %… dan 98% lainnya adalah hasil kerja keras siang malam.



Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Komentar

    Sinichinet

    ( - 08:02)

    rajin update artikel itu musuh utama setiap blogger… termasuk saya.

    Dodi Setyawan

    ( - 00:47)

    blog bule paling menggiurkan eamng.

    Yusuf

    ( - 03:58)

    Perjuangan main Adsense emang bukan main beratnya, bener kalau dibilang 98% perjuangan siang dan malam. CPC blog indo bener-bener miris kang, PO setiap bulan rasanya berat

    “Semakin spesifik konten yang disajikan, nilai CPC-nya juga akan semakin besar.”

    Jadi misal kita pengen bahas beberapa topik diblog mending dibuat subdomain aja ya mas biar CPC gede? Maksudnya biar nanti iklan yang tampil juga sesuai subdomainnya & CPC naik. Soalnya kepikiran topiknya dibagi jadi subdomain kek Kompas gitu apa CPCnya bakal naik atau engga. Kesimpulannya gitu atau gimana mas? Soalnya dg kondisi yg sekarang cpc rata2 $0.05 dan kadang bisa $0.1 di 1 blog yg memuat 3 topik.

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 04:06)

      Kayaknya meski dikasih subdomain gak ngaruh deh mas CPC. Apalagi kalo blognya gado2, coba aja kalau mau mah. Aku blum nyoba langsung jadi..

    safira

    ( - 16:50)

    Baca artikel sama koment2-nya, saya jadi gatal ingin ikut nimbrung. Apalagi mas yang nulis artikel ini juga bersedia menjawab koment. Tapi maaf kalau mungkin OOT.

    Dalam urusan adsense, ada persyaratan mengenai konten, yang salah satunya tidak boleh memuat hal-hal dewasa dan semacamnya, plus artikel harus panjang atau berkualitas dan seterusnya. Padahal, selama saya membaca-baca artikel di banyak situs (termasuk situs-situs besar macam Kompas, Tempo, dll), sering saya dapati konten “terlarang” (semisal artikel dewasa, atau copas dari situs lain, atau sangat pendek), padahal mereka memasang adsense, dan tampaknya baik-baik saja. Yang ingin saya tahu, kenapa situs-situs besar itu bisa aman-aman saja meski jelas melanggar TOS adsense, sementara situs-situs kecil bisa dibanned?

    Jika saya pikirkan kenyataan itu, salah satu alasannya adalah karena situs-situs besar tadi menggunakan nama PT (perusahaan) ketika mendaftar adsense, sementara situs-situs kecil menggunakan nama perorangan. Ketika suatu situs didaftarkan ke adsense menggunakan nama perusahaan, Google akan menilai bahwa situs itu dikelola secara profesional, termasuk jika situs tersebut memuat konten-konten dewasa. Karenanya, Google pun tidak mempersoalkan isi konten situs, karena menilai situs bersangkutan bertanggung jawab terhadap konten miliknya.

    Menurut agan-agan di sini, apakah mungkin perkiraan saya ini benar? Saya benar-benar penasaran dengan hal ini, dan berharap ada yang bisa membantu memberi pencerahan. terima kasih sebelumnya.

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 04:22)

      Hai mbak Safitri. Pernyataan dan opini yg bagus, sy jg sepemikiran. situs2 besar itu juga memiliki authority, kredibilitas dan pengunjung yg tinggi. Kalau adsense dibanned tentu kecil kemungkinan terjadi, lha wong google juga dapet duit dari AdWords. Persentase penghasilan jg dinikmati google dg mudahnya kalau udah kerjasama dgn situs2 besar tsb. #justopinion Mbak semoga membantu..

        Mr.R

        Mr.R

        ( - 04:23)

        Eh Safira, sori typo hhe

      Bekasi City

      ( - 12:25)

      Ikut nimbrung ya, setahu saya, situs-situs besar seperti Kompas, Tempo, Detik, dkk adalah publisher premium, yang dari segi TOS-nya juga berbeda dibanding publisher biasa. Salah satunya diperbolehkan menggunakan kata-kata yang sensitif / terlarang, karena sifatnya hanya memberitakan. #CMIIW

        safira

        ( - 00:25)

        Kira-kira bagaimana agar bisa mendapat “fasilitas” semacam Kompas, Tempo, dkk itu gan? Terima kasih atas tambahannya

    Sakura Hitam

    ( - 05:53)

    Blog saya pengunjung sekitar 5K perhari. Tapi earning < $1 perhari hadeuh…

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 09:39)

      wah banyak tuh gan, tapi udah lumayan lah. Aku dulu punya blog pendidikan indo 15k/day cuma kurang lebih $1-3 aja/hari. Gak ngenes gimana coba. Makanya sekarang lg build lg yang nichenya lebih HPK hhe.

    jadi inget sama ebooknya mas Dian Umbara pemilih sekte karungan seperti ini:

    Untuk urusan earning, blog Indo VS blog Bule bagaikan langit dan
    bumi….Earning blog Indo UV 100K faktanya tewas mengenaskan dg HPK
    bule yg hanya 5K UV/Day…

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 09:37)

      Emang gan, ibarat mantan bersama kekasihnya dan kita para jomblo bersama kesendirian. Pedih nan kelam.

    Nah,.akhirnya ketemu juga motivasinya. Keren gan sharingnya, tambah berdiri lagi nih semangat berkaryanya ternak blognya.

    Makasih share ilmu nya… bermanfaat…

    Bima Saputra

    Bima Saputra

    ( - 01:35)

    wah mantap ni caranya,

    Mahar

    ( - 01:35)

    Mas mau tanya nih, kecepatan loading website or blog yang ideal berapa detik ya? Agar disukai adsense. Terima kasih sebelumnya

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 05:42)

      Kurang dr 5 detik mas, klik bisa sekarang versi AMP biar versi mobile cepet. Rekomendasi template blogger ada di Maha Templated. Yang LineToday AMP mantep bgt

    Mahar

    ( - 15:47)

    Mantap sangat bermanfaat ilmunya bagi pemula

    Eldi Rosa

    ( - 09:36)

    Mantap mas infonya, jadu semangat untuk ng-adsense di google adsense. Dan sekarang blog saya sedang review tahap ke-dua. Doakan semoga gol ya teman-teman.
    Jangan lupa kunjungi blog saya :
    eldi-rosa.blogspot.com . Terimakasih mas..

    Lengkap banget penjelasannya… tapi sangat masuk akal… terima kasih…. semoga bermanfaat

    Toyas

    ( - 07:37)

    Assalamualaikum Mas Admin

    Mksh ilmunya mas, sangat membimbing sekali buat aku

    irfa

    ( - 04:37)

    gan cara bisa masuk ke setiap akun seperti klik mania gimana caranya ya/pake apa 4×4=16 sempat disempatin wajib di balas terimakasih

    Dody Purwanto

    ( - 02:36)

    Adsense dan blog memang penuh misteri, yang jelas blogger harus selalu belajar, update artikel, belajar lagi, dan update artikel lagi. Kalau buat saya blog gado-gado juga bermanfaat bagi seorang blogger. Nanti juga akan ketemu sendiri blog nichenya.

    Susah dan ribet tapi itulah yang harus di lakukan.

    abuwafa

    ( - 13:39)

    memang butuh kerja keras di adsense ini. Tuk dapetin pengunjung ribuan perhari saja harus banyak berlatih. Saya lihat situs ini sekali muncul info baru sampe 5 -10 artikel ya mas ? he he ^^

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 23:39)

      Kan banyak yang nulis, wajar kalau sehari sampai segitu frekuensi updatenya. Owner klikmania emang nyatanya orang keren, jadi situsnya ya ikut keren kaya gini. Hehe

    Nino Artikel

    Nino Artikel

    ( - 10:49)

    Agar dapat gajian tiap bulan dari google adsense untuk blog, ternyata tak semudah yang dibayangkan. Selain tenaga, taktik juga diperlukan. Semoga saya bisa segera mengikuti jejak mas Fauzan nih. Sukses selalu mas, artikel nya bisa jadi bahan penyemangat publish artikel baru. Hehe

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 12:34)

      Terima kasih mas, semangat terus yah ngeblognya. Semoga sukses terus mengikutimu mas hehe

    Mike

    Mike

    ( - 09:13)

    Saya suka sama poin 3 dan 5…lagi belajar coba ternak blog…mo main bule kayanya masih kurang sreg…heheheh…
    Tapi opsi yang lainnya wajib dicoba juga kayanya

    Irman

    ( - 09:09)

    Mantap info dari mas gani. Saya juga lagi fokus untuk mancapai semua itu mas, semoga berhasil

    Hudrimau

    ( - 08:39)

    Walaupun saya masih belajar dalam hal dunia bloging, setidaknya artikel ini membuat saya lebih semangat lagi biar bisa kaya orang – orang.

    Terimakasih.

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 12:35)

      Oke mas sama2, semoga bermanfaat yahh..

    Arief

    ( - 07:38)

    Ane comot ilmunya

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 08:38)

      Silahkan gan, semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *