Tekno

Cara Kirim SMS Melalui PC Lebih Cepat dan Mudah

Kirim SMS melalui PC – Bagi yang sering menghabiskan waktunya di depan komputer ataupun laptop untuk bekerja ataupun mengerjakan tugas sekolah, pasti pernah direpotkan jika ada dering sms atau telpon yang bisa saja mengacaukan konsentrasi yang kita bangun susah-susah.

Apalagi jika kita sedang asik-asiknya main komputer, tiba-tiba sms datang. Mungkin sms dari sang pacar ataupun dari rekan kerja yang tak mungkin kita abaikan begitu saja. Daripada kesusahan mengangkat telpon atau membaca sms di smartphone, kini ada cara yang lebih mudah dan efektif untuk mengontrol smartphone kita via PC.

Dengan mengontrol handphone di PC ini, kamu tidak perlu lagi buka-buka smartphone kamu. Hanya dengan membuka tab atau sebuah aplikasi desktop, kamu bisa langsung melihat sms di layar monitor komputer ataupun laptopmu.

Caranya dengan menghubungkan atau bisa dibilang mengoneksikan smartphone dengan pc kita. Cara mengoneksikannya juga tidak sesulit 5 tahun yang lalu. Kita tidak perlu menggunakan kabel untuk mengoneksikan. Hanya perlu sebuah jaringan atau wifi, maka semuanya akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Untuk itu, kita perlu menyiapkan beberapa perangkat untuk mengaplikasikan cara mengoneksikan smartphone dengan pc Beberapa diantaranya ialah Laptop/komputer, Smartphone Android, dan jaringan wifi (internet).

Kenapa perlu smartphone android? Karena di smartphone android terdapat banyak apps yang memungkinkan kamu untuk dapat mengoneksikan serta dapat kirim sms SMS melalui PC. Tapi saya disini hanya akan memberikan 2 rekomendasi apps terbaik. Yuk simak

MyPhoneexplorer

aplikasi-myphooneexplorer

Apps pertama yaitu bernama MyPhoneexplorer. Myphooneexplorer hanya mendukung sistem operasi Windows. Awalnya aplikasi ini hanya bekerja untuk featured phone sony ericson, kemudian setelah itu hadirlah android dan mereka menambahkan fitur connection to android.

Program original ini sangat rekomended karena dalam pemakaiannya gratis tanpa membayar uang sepeserpun. Banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini meliputi :

Kelebihan MyPhoneexplorer

  1. Kamu dapat mengirim dan menerima SMS dari PC
    Dengan fitur ini kamu bisa mengirim, menerima dan membaca SMS dari PC dengan lebih cepat.
  2. Kamu dapat membaca kontak anda yang ada di smartphone
  3. Tentunya kamu juga bisa menambahkan dan menghapus kontak
  4. Manipulasi File (berfungsi juga sebagai file manager)
  5. Aplikasi ini sangat ringan dan hemat pada RAM PC kita
  6. Selain ringan, aplikasi ini sangat stabil
  7. Fitur backup SMS, kontak, gambar, musik, video, dan file lainnya.

Selain memiliki kelebihan dan fitur yang banyak, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib kamu ketahui sebelum menginstall dan menggunakan apps ini.

Berikut kekurangan Myphoneexplorer

  1. Aplikasi ini jarang sekali mendapatkan update, meski begitu aplikasi tetap sangat stabil
  2. Aplikasi ini tidak mendukung dual SIM. Jadi tidak ada tombol kirim SMS menggunakan SIM 1 dan SIM 2

Untuk mencoba aplikasi ini, anda tinggal mendownload apps Myphoneexplorer ini di playstore dan download + install aplikasi untuk PC kamu. Jika kamu gaptek dan perlu langkah-langkah untuk membantumu menggunakan aplikasi ini silahkan simak step-step yang saya rangkum berikut dan aplikasikan caranya segera :

  1. Setelah kamu memasang aplikasi di PC dan smartphone androidmu, segeralah untuk mengoneksikan PC dan smartphone ke jaringan wifi yang sama.
  2. Buka aplikasi Myphoneexplorer di PC dan smartphone
  3. Pada PC, silahkan klik File – Connect untuk mencari smartphone android yang telah kamu pasang aplikasi Myphoneexplorer.
  4. Jika belum terdeteksi, silahkan ulangi langkahnya sampai smartphone kita terdeteksi.
    Note : jika sulit terkoneksi ke smartphone, coba aktifkan layar smartphone kamu dengan aplikasi myphoneexplorer yang terbuka (active window)
  5. Proses koneksi ini hanya sekali saja. Setelah terkonesi maka kamu dapat segera menggunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi ini seperti, kirim SMS, terima SMS, dan backup SMS.
  6. Perlu diingat, saat pertama kali mengoneksikan, aplikasi akan menyalin dan memindah data pada smartphone ke PC. Dan hal itu memerlukan waktu beberapa menit tergantung pada banyaknya SMS dan kontak di smartphone android kamu.

AIR DROID

aplikasi-airdroid

Aplikasi rekomended kedua ialah aplikasi Air Droid. Dari namanya saja sudah keren. Apalagi aplikasinya. Aplikasi Air Droid bekerja secara client server, dimana kita harus menginstall aplikasi di smartphone dan juga komputer seperti aplikasi pertama tadi. Untuk client apps, Air Droid ini mendukung Sistem operasi Windows dan Mac.

Tampilan Air Droid ini lebih keren dan lebih bagus dari aplikasi Myphoneexplorer. Tampilan webnya pun juga sangat modern dan berkelas. Kita bisa mengunjungi web nya disini.

Sebenarnya aplikasi Air Droid ini hampir mirip fungsinya dengan aplikasi pertama tadi. Ada beberapa keunggulan yang juga perlu kalian tahu sebagai berikut :

  1. Aplikasi Air Droid sangat simple dan mudah diaplikasikan atau digunakan
  2. Fleksible dan bisa digunakan pada berbagai macam platform seperti linux, windows, dll karena dapat diakses melalui browser apapun
  3. Tampilannya lebih keren, modern, dan responsive

Setiap aplikasi pasti selalu memiliki kekurangan, begitu pula dengan aplikasi Air Droid ini. Adapun kekurangan aplikasi ini ialah sebagai berikut :

  1. Pada beberapa smartphone android, aplikasi Air Droid sulit untuk diakses dan digunakan serta biasanya akan menutup dengan sendirinya secara otomatis saat tidak digunakan. Hal ini mengharuskan kalian untuk membuka aplikasi air droid lagi.

Untuk mencoba aplikasi Air Droid ini silahkan simak beberapa langkah berikut ini Dikutip dari WikiHow.  Yuk Simak!

Cara menggunakan Air Droid

  1. Yang pertama, pastikan bahwa perangkat smartphone dan komputer atau laptop yang ingin digunakan dalam proses terhubung ke dalam jaringan yang sama.
  2. Download apps Air Droid melalui Play Store. Kalian dapat melakukannya dengan membuka kumpulan aplikasi pada perangkat, kemudian ketuklah ikon Google Play Store. Atau juga kalian dapat mengaksesnya melalui browser pada smartphone android, komputer, atau Mac.
  3. Ketikan “AirDroid” ke dalam bilah pencarian pada Play Store. Ketuk ikon pertama yang muncul dengan nama AirDroid tersebut. Aplikasi yang diunduh harus yang dibuat oleh Sand Studio. Lalu install
  4. Setelah proses install atau pemasangan apps selesai, silahkan buka aplikasi tersebut.
  5. Bacalah informasi pada layar perkenalan ketika kalian baru membuka aplikasi AirDroid tersebut. Ketika layar tersebut muncul, bacalah semua isi yang ditampilkan pada layar hingga kalian masuk ke Connection Tab di dalam aplikasi.
  6. Dapatkan alamat IP untuk bisa terhubung dengan laptop/komputer (kurang lebih terlihat seperti ini: http://192.168.1.x:8888).
  7. Masukkan URL pada browser komputer atau Mac. Lalu masukkan alamat IP dari Langkah 7 ke dalam bilah alamat.
  8. Terima permintaan yang ditampilkan di smartphone. Setelah memasukkan alamat IP, akan muncul opsi notifikasi yang terdiri dari “Accept” atau “Decline” pada layar smartphone android kalian. Ketuk “Accept” untuk menerima penyambungan data dll ke komputer.
  9. Selesai, anda dapat mengirim SMS, membuka file manager, riwayat panggilan, kontak dan lain sebagainya dengan lebih mudah dan praktis menggunakan aplikasi web Air Droid ini.

Baca juga : 5 Aplikasi Video Editor Android Terbaik paling Recomended

Nah itu dia tadi 2 aplikasi rekomendasi dari saya untuk membantu kalian dalam mengirim sms ataupun kegiatan lain di smartphone android dengan lebih praktis dan efisien. Selamat Mencoba.


Loading...
Baca selengkapnya

Gadis penuh cinta lahir tepat pd hari kasih sayang. Berharap menjadi seorang penulis yang bertanggungjawab dan tulisannya bisa bermanfaat untuk banyak orang. Bekerja di Jasahub.com

Artikel terkait

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close