Cara Melihat Penghasilan Youtube Adsense Terbaru 2018

Seperti diketahui, pihak Google Adsense menginformasikan update terbaru terkait monetisasi dan kemitraan, khususnya Youtube partner. Untuk kedepannya di awal tahun 2018, para publisher (penayang iklan) tidak akan melihat penghasilan Youtube di dashboard Adsense.

Pemberitahuan terkait masalah ini muncul pada dashboard Adsense Youtube, bahwa awal tahun depan AdSense tidak akan lagi menampilkan metrik YouTube.

Please note that early next year AdSense will no longer show YouTube metrics. The best place to see your estimated earnings and other monetization metrics is the YouTube Analytics Revenue report.

Melihat Penghasilan Youtube

Artinya, untuk melihat penghasilan Youtube terbaru hanya akan ditampilkan pada YouTube Analytics. Penghasilan iklan YouTube tidak lagi ditampilkan di dashboard Adsense.

Laporan lain di AdSense, seperti laporan kinerja, tidak menyertakan penghasilan YouTube Anda. Tetapi laporan penghasilan ini bisa dilihat oleh mitra YouTube yang telah mengaitkannya dengan akun AdSense di YouTube Analytic.

Cara Melihat Penghasilan Youtube Terbaru

Anda bisa melihat penghasilan Youtube terbaru dengan langsung membuka tab YouTube Analytics. Atau dengan cara dibawah ini :

  • Login ke akun YouTube Anda.
  • Pada kanan atas, pilih akun Anda > Creator Studio.
  • Pada menu sebelah kiri, klik Analytics > Laporan pendapatan.

Selain itu,  Anda juga dapat memeriksa analytics dengan aplikasi Creator Studio di perangkat seluler.

Perlu diketahui, estimasi penghasilan pada YouTube Analytics bisa saja berbeda dengan pembayaran akhir (finalized earnings).

Hal ini disebabkan adanya penyesuaian akhir dan akan diubah oleh pihak Adsense pada akhir bulan untuk pencocokkan. Dalam hal ini, termasuk laporan pengurangan total penghasilan yang disebabkan oleh invalid activity Adsense

Data dan laporan penghasilan terbaru biasanya akan ditampilkan antara 24-48 jam . Tetapi kemungkinan Anda bisa melihat penghasilan YouTube lebih lama (untuk tampil) dari perkiraan waktu diatas, karena Google berpedoman pada Waktu Pasifik.

Penghasilan Youtube saya belum masuk?

Perlu Anda tau, penghasilan Youtubers hanya masuk ke akun Adsense sebulan sekali. Jadi tidak perlu bolak – balik memeriksa dashord Adsense untuk melihat penghasilan Youtube.

Anda bisa melihat penghasilan Youtube (Final earning) yang akan ditransfer ke akun AdSense sekitar pertengahan bulan antara tanggal 11- 14.

Contoh, penghasilan yang terkumpul pada bulan Juni akan ditransfer ke AdSense pada pertengahan Juli.

Selengkapnya bisa baca sumber resmi dari Adsense disini : Melihat penghasilan Anda

Mengapa penghasilan YouTube saya belum juga masuk di tanggal tersebut?

Estimasi waktu untuk membaca laporan mungkin tidak sama, karena Google berpedoman pada Waktu Pasifik (pasific time). Dalam hal ini bisa saja laporan penghasilan masuk pada tanggal 15 pagi, jadi harap bersabar saja.

Laporan pembayaran AdSense bisa Anda lihat seperti biasa, yaitu tanggal 22 pada bulan tersebut. Dengan catatan, penghasilan Anda sudah mencapai minimal ambang batas, yaitu $ 100 dan akun Adsense Anda sedang tidak ditangguhkan.

Referensi lain : Sekarang Pembayaran Adsense Dengan Transfer Bank Mudah, Cepat dan Aman

Bagikan

Penulis

Loading...

3 Comments

  1. badriyah

Add Comment

shares