memilih nama domain

Cara Memilih Dan Menentukan Nama Domain Blog Yang Bagus

Terkadang suatu pilihan itu menjadi penentu pada akhir cerita, filsafat yang memang di yakini benar untuk sebagian orang, karena memang sudah banyak terbukti begitu pula untuk menentukan nama blog atau website anda.

Top Level Domain (TLD) menjadi pilihan yang paling tepat bagi pengguna blog/website, karena lebih bagus dari segi SEO dan di lihat lebih profesional. Jika anda berniat mencari nama domain untuk sebuah blog/web lokal penggunaan country specific,TLD bisa menjadi pilihan yang tepat.

Misalnya untuk  sebuah situs bisnis online yang menargetkan pengunjung dari indonesia, penggunaan TDL .id atau .co.id akan menjadi pilihan yang tepat.

Karena update algoritma google yang memfokuskan pada pencarian yang berbasis wilayah. Namun jika target pengunjung situs bersifat internasional, maka penggunaan domain .com atau .org bisa menjadi pilihan terbaik.

Bagaimana memilih nama Blog atau website yang bagus?

Buatlah konsep yang jelas

Pada dasarnya suatu konsep lah yang menjadi pertimbangan dasar dalam menulis blog, tentukan dengan tema dan diskripsi Blog anda, agar nantinya antara nama blog dan isi dalam postingan selaras.

Singkat padat dan mudah di ingat

Dalam arti simpel (sederhana) jangan terlalu panjang dan ribet yang tujuannya agar mudah di ingat, hal ini penting juga karena setiap pengunjung blog tidak akan bersusah payah hanya untuk menghafalkan nama blog Anda.

Loading...

Pengunjung bisa mengingat nama blog Anda dan akan berkunjung kelak di kemudian  hari jika sajian atau isi topik blog anda di anggap menarik.

Buatlah nama yang unik, spesifik dan sedikit kreatif

Nama domain menjelaskan tentang apa yang anda jabarkan, mengenal lebih jauh tentang nama brand atau produk yang sedang anda tawarkan, atau bisa menjadi ciri khas dari brand itu sendiri.yang nanti nya akan lebih di kenal banyak orang.

Anda bisa menggunakan Fasilitas seperti Google Keyword Planner, untuk melakukan Riset keyword yang ada hubunganya dengan topik blog anda. Ada sebagian yang menggunakan nama pribadi atau nama instansi serta jawatan,serta nama produk atau brand yang sedang di promosikan.

Tetapi itu kembali kepada tersedianya nama domain yang akan di daftarkan, sebagian bisa memilih alternatif dengan menggunakan tanda pemisah (-) karena nama domain yang di inginkan ternyata sudah ada yang memiliki.

Cek ketersediaan nama domain 

Anda bisa cek ketersediaan nama domain anda pada situs yang menyediakan Registrasi/pendaftaran nama domain,bisa situs dari dalam negri ataupun dari luar negri yang menyediakan fasilitas ini, anda bisa searching sendiri.

Di sana ada banyak pilihan domain yang di sediakan pilih dengan hanya menuliskan di kotak serching, cek apakah nama domain yang anda maksud masih tersedia atau sudah di pakai sama pihak lain.

memilih nama domain

Nah kembali kepada pilihan anda, nama atau pun label pada suatu blog/website pada intinya adalah bebas, jadi anda sendiri yang berhak menentukannya. Asalkan masih tersedia dalam daftar ketersediaan domain, anda langsung bisa memesannya umtuk jangka waktu biasanya minimal 1 tahun, selanjutnya kita bisa memperpanjang dikemudian hari.

Dapatkan Domain Gratis Selamanya Disini

Tetapi yang lebih penting lagi adalah isi atau konten blog yang anda sajikan, karena isi konten atau posting blog adalah penentu segalanya. Buatlah konten yang original dan fresh walaupun mungkin topik yang anda tulis sudah banyak yang di posting.

Sajikan dengan bahasa dan kemampuan anda, ekpresikan jari anda di atas keyboard dengan imajinasi anda tanpa merubah topik atau pikiran utama yang ada. Karena algoritma Google ke depannya akan mengacu kepada isi konten anda.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Mif

    ( - 23:25)

    Sangat bermanfaat gan. Terima Kasihh

    Avatar

    Nyimak gan.. rekomendasi dong buat cari hosting terbaik..

    Avatar

    civo

    ( - 15:24)

    apakah domain blog itu memang mempunyai pengaruh besar pada sebuah blog mas ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 19:22)

      Sebenarnya pengaruh juga mas, terutama untuk branding atau produk, tetapi apabila untuk personal blog bisa gunakan nama domain apa saja yang sekiranya singkat dan mudah di ingat.

    Avatar

    arreza mp

    ( - 05:07)

    terim kasih mas

    Avatar

    arreza mp

    ( - 05:04)

    thank you mas … saya buat dulu konsep nya

    Avatar

    Maaf mas sya newbie mau syering knpa judul postingan gak tampil di google mohon pencerahannya mas

    Avatar

    Terimakaaih mas atas infonya sangat bermanfaat sekali tapi mas saya mau tanya knapa judul posting kita di cari kok gak tampil di halaman google mohon pencerahannya mas saya newbie baru kenal blog sebelumnya trimakasih.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 23:47)

      Butuh waktu mas agar diskripsi blog terindex dengan baik di halaman google, pastikan semua meta tag diskripsi blog sudah terpasang dengan baik, submit juga sitemap blog ke google webmaster agar agar terindex dengan cepat.

        Avatar

        Maaf mas sitemap blog artinya

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 00:58)

          Sitemap blog artinya peta situs..yang nantinya akan dikrimkan ke google agar bisa mendeteksi keberadaan situs sampeyan 😀

    Avatar

    Kepo Cerdas

    ( - 14:36)

    menurut mas gani KOD itu aman gak? ada yang bilang bahaya mas? soalnya terkesan stuffing keyword aatau singkatnya maksa buat keyword.. oh iya domain saya bagus gak? hehe :D. Sorry nih saya make branding di nama. baru build sih 😀 . salam kenal dari Leja Aprianza

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:59)

      yah masih aman-aman saja mas, asalkan masih dalam batas wajar..wah domainnya keren sesuai namanya..cerdas kopo, saya belum tau maksutnya mas 😀

    Avatar

    Toshi

    ( - 19:18)

    mas, kalo pake domain murah kayak .xyz itu bagus nggak?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:38)

      Bagus nggaknya Domain tergantung dari pengelola blognya mas Toshi,,semua Domain menurut saya sama saja kok 😀 dan XYZ juga termasuk Top Level Domain.

    Avatar

    Kontenxyz

    ( - 19:42)

    saya suka domain dengan ekstensi .com mas .. simple dan sudah banyak di kenal orang bukan ?! 🙂

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 22:17)

      Tergantung ketersediaan juga mas..saya nggak dapat jatah dot com 😀

    Avatar

    Aree

    ( - 21:54)

    Masa awalan memang masih buntu dan tidak tahu untuk memilih domain tuan gani….masa itu masih kurang ilmu $

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:06)

      Duicoba saja Tuan Aree, nanti tinggal dicustom domain untuk blogpspotnya dan akan terlihat profesional dengan nama domain sendiri $ 😀

    Avatar

    Muzhavers

    ( - 19:54)

    kalau mau cari domain dengan nama unik sekarang susah mas .. sudah banyak domain yang terdaftarkan soalnya kan?! 😀

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:57)

      Solusinya dengan menggunakan domain ID mas, sekarang sudah murah kok 😀

    Avatar

    HamilPlus

    ( - 01:49)

    menurut mastah, lebih baik pake KOD atau domain brand ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:57)

      Pilihan pertama adalah domain brand, karena sekaligus memperkuat keyword atau brand tersebut, tapi kalau ketersediaan nama domain sudah tidak ada lagi ya apa boleh buat. Domain ID mungkin masih ada peluang tersedia 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *