menemukan ide bisnis

5+ Cara Menemukan Ide Bisnis, Terapkan Idemu dan Jadilah Pebisnis Sukses

Seringkali banyak orang dibuat bingung tentang bagaimana cara menemukan ide bisnis yang akan mereka jalankan ke depan. Kendala seperti ini akhirnya menjadikan mereka kesulitan untuk memulai usaha dan akhirnya tidak pernah ada aksi nyata yang dilakukan.

Apakah hal tersebut sering berlaku dengan kalian ?

Cara menemukan ide bisnis yang baik sangat sulit didapat ?

Tidak perlu khawatir, sebenarnya ada banyak sekali cara menemukan ide bisnis yang bisa kalian terapkan. Cobalah untuk lebih kreatif dan berpikir lebih jauh lagi tentang suatu ide bisnis yang akan kalian terapkan.

Jika Kalian masih kesulitan tentang cara menemukan ide bisnis, beberapa cara berikut ini bisa kalian simak untuk menambah wawasan tentang cara mudah dalam memulai bisnis lewat ide yang kreatif.

Selamat Membaca,

1. Temukan Permasalahan yang Dihadapi Masyarakat

Cara menemukan ide bisnis
Memecahkan Permasalahan Via workhiveapp.com

Dengan mengamati permasalahan yang sedang dihadapi oleh banyak masyarakat, kita bisa menemukan ide bisnis.

Ada banyak sekali permasalahan di dalam masyarakat yang belum terpecahkan dan membutuhkan solusi kreatif dari kalian semua. Pergilah keluar dan mulai lah mengamati permasalahan apa yang sedang dihadapi oleh masyarakat.

Loading...

Kunci menemukan suatu permasalahan yang ada di masyarakat adalah dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh banyak orang tapi belum ada yang memberikan solusinya.

Sebagai contohnya dilingkungan tempat anda tinggal banyak dihuni oleh para perantau yang kost. Disisi lain dilingkungan tersebut belum banyak tersedia warung makan yang menawarkan harga murah.

Permasalahan inilah yang harus anda pecahkan dan mulailah berpikir untuk membuka warung makan dan menyediakan menu makanan dengan harga murah dan terjangkau dikantong para perantau.

Para perantau yang melihat anda memberikan solusi kepada mareka pasti akan datang dan mengunjungi warung makan anda dan mulai menjadi langganan.

Inilah salah satu contoh cara menemukan ide bisnis lewat mengamati permasalahan yang sedang ada dilingkungan tersebut.

Apa yang Dikeluhkan Orang Lain ?

Permasalahan bisa juga kalian temukan dengan mengetahui apa yang sedang dikeluhkan oleh banyak orang. Keluhan inilah yang harus kalian temukan solusinya dan jadikan ide bisnis kreatif yang bisa kalian jalankan.

Sebagai contohnya kita bisa belajar dari pendiri Go Jek, Nadiem Makarim, yang peka dengan apa yang sedang dikeluhkan oleh banyak orang.

Nadiem Makarim mengamati bahwa sulitnya para penumpang menemukan tukang ojek untuk mengantarkan mereka ke tempat tujuan dengan segera. Para penumpang pun harus terlebih dahulu pergi ke pangkalan ojek untuk sekedar menggunakan jasa mereka.

Disisi lain para tukang ojek pun seolah-olah tidak begitu produktif karena waktu mereka banyak terpakai hanya untuk menunggu calon penumpang saja.

Keluhan kedua belah pihak inilah yang ingin diselesaikan oleh Nadiem Makarim dengan mendirikan perusahaan start up yang bernama Go Jek.

Dengan aplikasi ini, para penumpang akan mendapatkan kemudahan dengan segera menemukan tukang ojek tanpa harus mencari kasana kemari. Disisi lain para tukang ojek akan merasa terbantu karena mereka dapat lebih mudah menemukan pelanggan potensial lewat Go Jek.

Contoh yang Kedua bisa kita dapatkan lewat Jack Ma dengan Alibaba yang ia dirikan di Tiongkok. Saat itu Jack Ma mangamati bahwa banyak sekali pedagang China yang kesulitan menjual barangnya ke luar negeri. Para pedagang ini terkendala dengan biaya modal dan sedikitnya jaringan yang mereka peroleh di luar negeri.

Maka dari itu, Jack Ma mulai berpikir untuk memberikan solusi terbaik untuk para pedagang China ini agar mereka bisa menjual barangnya ke luar negeri.

Caranya adalah dengan menjual barang mereka secara online. Akhirnya tercetuslah ide pembuatan Alibaba yang merupakan situs e-commerce yang memungkinkan para pedagang China menjual dan memasarkan produk mereka ke luar negeri.

Keluhan dan permasalahan inilah yang harus kalian amati di sekitar tempat tinggal. Mulailah mengamati hal tersebut dan jadilah orang yang mampu memberikan solusi kepada banyak orang lewat gagasan yang kalian buat.

2. Amati Orang yang Lebih Dahulu Sukses

Cara menemukan ide bisnis
Sukses Via betterdailyhabits.com

Dengan mulai mengamati para pengusaha sukses terlebih dahulu maka akan mendorong kita untuk menemukan ide bisnis dari mereka.

Mulailah untuk mengamati beberapa pengusaha sukses dan apa yang menyebabkan mereka bisa sukses.

Dengan mengamati orang yang lebih dulu sukses, kalian akan mampu menemukan beberapa keunggulan yang dimiliki bisnis yang mereka bangun.

Sebagai contohnya, anda melihat Hendi Setiono yang sukses dengan bisnis kebab Turki Baba Rafi. Mulailah mengamati apa yang dilakukannya dan faktor sukses apa sehingga ia mampu mengantarkan bisnis kebabnya sampai ke luar negeri.

Pertama, Hendi Setiono mengusung ide yang unik dan belum ada di Indonesia yaitu dengan membuka bisnis kebab. Saat itu di Indonesia belum ada jenis makanan ini, padahal di daerah Timur Tengah makanan ini banyak peminat dan orang banyak yang menyukainya.

Dari ide inilah Hendi Setiono mulai mengembangkan bisnis kebab dan mengenalkan makanan tersebut kepada masyarakat Indonesia. Benar saja, kebab yang mereka tawarkan banyak yang suka dan akhirnya bisnisnya berkembang pesat dan memiliki cabang sampai keluar negeri.

Tirulah cara Hendi Setiono menemukan ide bisnis yang unik dan belum ada di masyarakat Indonesia. Jika anda memiliki kesempatan untuk pergi keluar negeri hal itu tentu sangat menguntungkan karena ada berbagai macam ide yang bisa kalian dapatkan.

Namun, jika tidak bisa dilakukan tidak masalah, karena saat ini zaman yang telah terhubung satu sama lain dengan internet. Mulailah menemukan apa yang disukai masyarakat di luar negeri dengan membaca harian bisnis mancanegara. Situs BBC dan CNN bisa menjadi salah satu rujukan anda untuk menemukan bisnis apa yang sedang hangat di luar negeri.

Buka juga Youtube yang menampilkan cara membuat sesuatu disana dan belajarlah lewat itu. Jika kalian sudah yakin dengan ide tersebut, maka segeralah eksekusi dan jadikan peluang bisnis yang menguntungkan di Indonesia.

Konsep Mengamati Haruslah Detail

Cara menemukan ide bisnis lewat metode mengamati orang yang lebih dahulu sukses harus dilakukan dengan cermat dan detail. Amatilah kesuksesan orang lain mulai dari sikap kerja yang mereka terapkan, proses bisnis yang mereka lakukan, dan cara mereka melakukan promosi perlu diperhatikan.

Setelah anda mengamati dengan detail barulah ide tersebut bisa anda tiru dan buat modifikasi yang murni dari pemikiran anda sendiri.

3. Lakukan Apa yang Menjadi Minat Anda

Dengan mencari tau apa saja yang menjadi minat anda adalah hal paling mudah untuk menemukan ide bisnis. Minat sebenarnya sangat mirip dengan passion yang dimiliki oleh seseorang. Saat seseorang melakukan apa yang menjadi minat mereka, tidak peduli siang atau malam mereka pasti akan sangat bergairah untuk melakukan hal yang menjadi minat tersebut.

Menemukan ide bisnis yang menjadi minat anda merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan.

Mengapa demikian ?

Karena disaat anda melakukan bisnis yang sesuai dengan apa yang menjadi minat anda. Pekerjaan tersebut tidak akan terlihat seperti pekerjaan yang lain. Bisnis yang anda kerjakan lebih terlihat seperti hobi yang dibayar, tentu hal ini sangat menyenangkan bukan.

Lalu muncul pertanyaan lagi, dari mana dapat menemukan sesuatu yang menjadi minat kita ?

Pertama, mulai lah mengingat-ingat apa saja hal yang bisa membuat anda lupa waktu. Artinya disaat melakukan hal tersebut anda sangat menyukainya dan saat kalian berhenti muncul perasaan tidak sabar untuk melakukannya lagi keesokan harinya.

Ini Contohnya

Sebagai contohnya, anda sangat menyukai dunia internet dan sangat sulit melepaskan diri dari internet, inilah potensi bisnis yang bisa anda jalankan. Ada banyak sekali bisnis yang bisa anda manfaatkan di internet dan mampu memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Manfaatkanlah kesukaan anda terhadap internet dengan mulai berbisnis online. Mulailah temukan barang-barang yang menjadi minat banyak orang dan jadilah salah satu penjualnya. Manfaatkan marketplace seperti Tokopedia, Jualo, dan Bukalapak sebagai tempat anda menjajakan usaha yang dijalankan.

Anda bisa juga menjadi salah seorang blogger dan mulai mengisi konten-konten bermanfaat di internet. Dengan semakin banyaknya trafik pengunjung yang datang ke dalam blog anda, maka selanjutnya anda bisa memanfaatkanya untuk mengambil keuntungan.

Caranya adalah dengan menawarkan slot iklan mandiri ke berbagai pihak yang ingin beriklan. Atau anda bisa juga bekerja sama dengan Google untuk menampilkan iklan lewat layanan Adsense mereka.

Bertanya Kepada Orang Terdekat

Jika anda masih sulit menentukan minat yang menjadi kesukaan, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mulai bertanya dengan orang terdekat.

Bertanyalah kepada kedua orang tua, saudara, atau teman yang mengenal dengan baik diri anda. Orang-orang terdekat sering kali mengetahui apa yang menjadi minat anda dan apa yang kalian sukai.

4. Lihatlah dan Perhatikan Trend yang Sedang Berkembang

Cara menemukan ide bisnis
Trend Via volusion.com

Cara  yang keempat adalah dengan mengetahui arah trend yang sedang berkembang. Hal ini juga sangat berpotensi untuk menemukan ide bisnis baru.

Disaat anda memilih trend sebagai ide bisnis yang akan diterapkan, maka anda harus jeli mengamati apa yang sedang hangat dan diminati didalam masyarakat.

Trend yang kalian amati meliputi trend sosial, politik, atau bisnis yang sedang berkembang dan diminati masyarakat.

Sebagai contohnya, kita bisa mengambil pelajaran dari salah satu pebisnis mainan kunci yang membuka lapak dagangnya di Tokopedia. Saat itu sedang marak-maraknya trend Haji Lulung di media massa dan banyak sekali masyarakat yang membicarakan sosok tersebut di media sosial.

Melihat trend positif ini, akhirnya ia mendapatkan ide untuk membuat gantungan kunci berbentuk figur Haji Lulung yang sedang menjadi trend di masyarakat.

Benar saja, ide tersebut mendapatkan respon yang positif didalam masyarakat dan terbukti banyak pelanggan yang memburu gantungan kunci yang mereka buat.

Hati-Hati Saat Menerapkan Ide Trend

Trend yang sedang berkembang dimasyarakat memang berdampak positif dan bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa diterapkan.

Namun, meskipun demikian anda selaku pengusaha harus tetap berhati-hati dalam menerapkan trend. Hal ini dikarenakan trend memiliki sifat yang sementara dan mudah sekali redup dimakan tren-tren yang lain.

Sebagai contohnya saja, disaat acara empat mata yang digawangi Tukul Arwana booming di masyarakat. Ada banyak sekali bisnis yang menggunakan jargon yang diucapkan Tukul saat membawakan acara, sebagai contohnya nasi goreng “wong ndeso” dan yang lainnya.

Namun kita lihat saja sekarang, dengan semakin banyak tren baru yang berkembang dimasyarakat, kehadiran jargon wong ndeso yang diucapkan Tukul Arwana menjadi lenyap bak ditelan bumi. Tidak ada lagi masyarakat yang memperhatikan jargon-jargon yang dahulu sangat terkenal.

Jadi, jika berpikir untuk mengaplikasikan ide bisnis lewat trend yang sedang berkembang, kalian harus tahu cara agar bisnis tersebut bisa terus berjalan dan berkembang di masa depan.

5. Berpikir Secara Out Of The Box

Cara selanjutnya adalah dengan menerapkan pola berpikir out of the box. Out of the box maksudnya anda menerapkan pikiran yang berbeda dan tidak pernah terpikir oleh orang lain sebelumnya.

Jadi disaat anda mulai berpikir secara out of the box maka akan banyak sekali ide kreatif dan inovatif yang bisa anda terapkan dalam bisnis.

Jika anda memiliki ide lewat cara ini, maka dapat dipastikan usaha yang anda lakukan akan sangat berbeda dan unik dimata pelanggan. Ditambah lagi kemungkinan bertahannya bisnis dengan persaingan yang ada sangat besar karena anda menawarkan ide yang baru di masyarakat.

Cara Menemukan Ide Bisnis Alternatif yang Bisa Dilakukan

Selain lima cara menemukan ide bisnis yang diterapkan diatas, sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan.

Pertama anda bisa menemukan ide bisnis lewat berbagai situs perusahaan yang lain. Caranya anda bisa mencari halaman customer service dan perhatikanlah apa yang menjadi keluhan para pelanggan di perusahaan tersebut.

Atau anda bisa juga masuk ke Google Play Store untuk menemukan review para pengguna aplikasi. Disana ada jutaan review dari para pengguna aplikasi PlayStore yang bisa anda jadikan referensi perbaikan usaha atau anda jadikan ide bisnis yang baru.

Kedua anda bisa memanfaatkan Google Search untuk menemukan kata-kata apa yang paling sering dicari oleh para pengguna Google.

Kata-kata yang banyak dicari pengguna biasanya bisa menjadi ladang bisnis yang bisa anda terapkan. Sebagai contohnya temukan kata kunci “Harga Smartphone . . . .”, kata kunci ini merupakan salah satu kata kunci transaksi. Artinya orang menggunakan kata kunci tersebut untuk membandingkan beberapa harga dan akhirnya mereka ingin membeli barang tersebut.

Jika anda menemukan barang apa yang paling sering dicari di Google, maka hal tersebut bisa anda manfaatkan sebagi ide bisnis yang cemerlang.

Ketiga, pergilah keluar dan temukan pengalaman yang belum anda dapatkan di kota anda. Jika anda berasal dari Sumatera tidak ada salahnya jika anda mencoba pergi ke daerah Jawa atau Kalimantan.

Disana kalian akan menemukan budaya yang berbeda dan adat istiadat yang bisa anda jadikan inspirasi dalam berbisnis. Atau anda juga bisa membawa apa yang khas dari daerah asal kalian ke luar kota untuk dijadikan bisnis. Hal tersebut tentu menjadi sesuatu yang sangat menarik bukan.

Temukan Ide Anda dan Kejarlah Kesuksesan

Cara menemukan ide bisnis diatas merupakan segelintir cara yang bisa kalian terapkan sebelum memulai usaha. Dengan berpikir kreatif dan out of the box, kalian akan dengan mudah mendapatkan ide yang cemerlang untuk diterapkan.

Semoga Ulasan tentang cara menemukan ide bisnis yang disampaikan diatas dapat dijadikan referensi bagi anda yang akan memulai usaha dalam bidang apapun.

Semoga tulisan ini dapat menjadi manfaat bagi para pengusaha muda yang kebingungan dengan ide usaha yang akan dijalankan.

Selamat Berwirausaha !


Loading...

Bagikan

Wahyu Utama

Penulis

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *