Cara Mengantisipasi Hacker

Sederhana, Ini Dia 5 Cara Mengantisipasi Hacker yang Harus Kamu Ketahui

Cara Mengantisipasi Hacker – Di era teknologi informasi, yang namanya keamanan itu sangatlah penting. Dalam menggunakan teknologi, seseorang harus pandai menjaga informasi pribadinya agar data-data diri tidak dicuri oleh orang lain (hacker).

Saat ini, hacker sudah berkeliaran di mana-mana. Oleh karena itu, setiap orang diwajibkan waspada dan berhati-hati agar hal-hal buruk yang ditimbulkan dari seorang hacker bisa diantisipasi.

Cara Mengantisipasi Hacker Itu Sederhana

Setiap orang berhak menjaga data-data penting yang mereka miliki, dan setiap orang juga berhak untuk mengetahui cara mengantisipasi hacker.

Dan berikut ini beberapa rekomendasi cara mengantisipasi hacker yang harus kamu ketahui agar data-data diri menjadi lebih aman dan terkendali.

1. Gunakan Kata Sandi yang Sulit

cara mengantisipasi hacker
Gambar: depositphotos.com

Banyak orang menggunakan kata kunci yang sama untuk jenis akun yang berbeda. Jika alasannya untuk memudahkan proses masuk, karena mudah diingat, itu sangat benar. Namun, untuk segi keamanan hal yang demikian itu sangatlah tidak aman.

Jika kamu takut lupa semua kata sandi, karena ada banyak, maka catatlah di secarik kertas atau menyimpannya di smartphone kesayangan.

Lagipula, berapa banyak akun yang kita miliki di dunia maya, sehingga kita susah untuk mengingatnya. Selain mencatat, kita juga bisa menggunakan kata sandi “kognitif.”

Kata sandi kognitif adalah kata sandi yang bukan berasal dari tanggal lahir, nama karakter favorit atau yang semisalnya.

Loading...

Kata sandi kognitif lebih menjurus kepada hal-hal anti mainstream, seperti nama penjaga sekolah, nama julukan yang kemudian digabungkan dengan simbol-simbol lain.

Dengan menggunakan kata sandi yang seperti itu, kemungkinan besar akun dicuri hacker sangatlah minim, karena kata kunci yang seperti itu tidak ada di kamus mereka (hacker).

2. Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Gambar: sememi.net

Hacker paling banyak menyerang akun sosial media seseorang. Dan serangan hacker terhadap akun sosial media ini bisa menimpa siapa saja, baik itu akun yang memiliki banyak pengikut atau yang memiliki sedikit pengikut.

Mengaktikan autentikasi dua faktor adalah cara jitu untuk menangkal serangan hacker, karena ketika seseorang mengaktifkan autentikasi dua faktor, seorang hacker tidak akan bisa mengambil akun sosial media, karena kode masuk hanya akan dikirimkan ke smartphone sang pemilik akun.

Sebelum mengaktifkan autentikasi dua faktor ada beberapa hal yang harus diingat, di antaranya adalah nomor HP harus aktif dan smartphone harus sering dibawa.

Namun, jika tidak bisa membawa smartphone, kita bisa menggunakan kode cadangan yang bisa digunakan setiap saat ketika ingin masuk ke akun sosial media.

3. Gunakan Aturan 3-2-1

Gambar: depositphotos.com

Untuk menghindari kehilangan informasi berharga, karena adanya serangan cyber, maka gunakanlah aturan 3-2-1. Apa itu aturan 3-2-1? Adalah backup data.

Ya, backup data sangatlah berharga, karena jika seorang hacker berhasil mendapatkan akses komputer kita, setidaknya kita tetap memiliki data di penyimpanan lain.

Berikut ini adalah Aturan 3-2-1:

1. Memiliki setidaknya 3 salinan (asli dan dua salinan).

2. Menggunakan berbagai jenis penyimpanan (hard drive, dll).

3. Menyimpan satu salinan di tempat yang berbeda (layanan cloud).

4. Hati-hati dengan Link

Gambar: depositphotos.com

Screenshot di atas adalah salah satu contoh, di mana kita harus berhati-hati dengan alamat link yang diberikan. Ya, ketika kita asal klik sebuah link, bisa saja smartphone atau komputer kita langsung dibawa ke situs berbahaya dan langsung terjangkiti virus.

Jika selama ini masih suka meng-klik link-link yang tidak jelas, usahakanlah untuk menahannya, karena apabila kebiasaan itu masih terus berlanjut, hacker akan semakin mudah mendapatkan data-data pribadi kita.

Untuk menghindari kejahatan yang dilakukan melalui link seperti ini, kita bisa mengantisipasinya dengan memastikan alamat situs, misalnya sudah menggunakan SSL (https) atau memeriksanya lewat link scanner.

5. Waspada dengan Sekelilingmu

Gambar: depositphotos.com

Berburuk sangka itu tidak boleh, tapi waspada itu adalah suatu keharusan. Poin yang satu ini mungkin jarang terjadi, namun bukan tak mungkin akan menimpa seseorang.

Jika kamu memiliki teman akrab yaang sedang butuh bantuan melalui smartphone atau komputermu, maka pastikanlah semua data-data penting yang ada terkunci dengan rapat.

Atau jika kamu sedang mengakses suatu akun, maka pastikanlah kamu sudah log out dari akunmu itu, karena apabila hal yang demikian itu tidak dilakukan, bisa saja teman akrabmu itu mencuri data yang penting dari dirimu.

Kesimpulan

Cara mengantisipasi hacker bisa dengan menerapkan ke-5 cara di atas bisa dilakukan oleh siapa saja. Dan ke-5 cara tersebut, merupakan cara yang sederhana yang bisa diajarkan kepada semua orang.

Baca: 7 Aplikasi Android Berbahaya yang Sudah Seharusnya Tidak Ada di Smartphone

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan primer, karena keberadaannya dapat membantu seseorang untuk mengetahui isu-isu yang terjadi di sekitarnya.

Meski membantu seseorang untuk mengetahui isu-isu yang terjadi di sekitarnya, seseorang tetap harus waspada, karena internet juga menyimpan potensi berbahaya, seperti hoax, ujaran kebencian, dan pencurian data.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *