Cara Menggunakan Internet dengan Aman

5 Cara Menggunakan Internet dengan Aman agar Terhindar dari Serangan Cyber

Beberapa waktu lalu, para ahli keamanan siber telah berhasil mengidentifikasi serangan berupa malware Ransomware WannaCry. Selain Indonesia, malware ini juga sudah menyebar ke beberapa negara mulai dari Spanyol, Inggris, Rusia, Perancis, Taiwan, Jepang, dan masih banyak banyak lagi. Nah, bagaimana cara menggunakan Internet dengan Aman agar terhindar dari serangan semacam virus atau malware?

Selain menggunakan Antivirus terbaik untuk perangkat anda, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan agar bisa menggunakan Internet dengan Aman dan terhindar dari kejahatan cyber yang akhir – akhir ini kian marak.

Gunakanlah browser terbaik seperti Google Chrome, untuk kegiatan berselancar Anda di internet. Selain selalu diperbaharui,  browser Chrome mempunyai fitur khusus untuk mencegah link download palsu.

Dibawah ini ada beberapa hal lain yang bisa membuat Anda tetap aman dari serangan Cyber selama menggunakan internet.

5 Cara Menggunakan Internet dengan Aman

Cara Menggunakan Internet dengan Aman

1. Hindari Menggunakan Komputer Publik

Apabila Anda memang terpaksa untuk menggunakan komputer publik, sebaiknya hindari mengakses situs, layanan, aplikasi, atau hal lainnya yang bersifat pribadi. Terutama lagi untuk kegiatan online yang melibatkan pembayaran atau kegiatan finansial lain seperti perbankan.

Agar selalu menggunakan internet dengan aman, pakailah komputer publik seperti dikantor atau warnet tersebut hanya untuk kegiatan biasa saja, seperti browsing.

2 Jangan Sembarangan Instal Software

Ketika Anda mengunjungi sebuah situs, akan terdapat ada banyak sekali promosi instalasi software yang ditawarkan secara gratis.

Loading...

Beberapa situs penyedia software gratis beberapa di antaranya bisa saja memberikan informasi palsu yang menyebutkan bahwa software Anda digunakan di komputer adalah versi lama dan segera membutuhkan update terbaru.

Jangan sampai termakan jebakan seperti ini, sebab hampir semua software gratis banyak yang mengandung malware. Memang tidak semuanya berbahaya , namun lebih baik mencegahnya daripada menjadi korban kejahatan cyber.

3. Manajemen Password

Cara Menggunakan Internet dengan Aman

Cara menggunakan internet dengan aman terutama untuk melindungi akun Anda, maka gunakan password berbeda untuk setiap akun.

Mungkin cara ini sedikit membuat ribet dan akan terasa sulit apabila Anda harus mengingatnya. Namun saat ini sudah banyak tersedia fasilitas aplikasi menajemen password yang bisa Anda digunakan untuk mengatasi hal ini.

Salah satu manajemen password yang bisa diandalkan adalah lastpass.com. Tersedia versi gratis yang bisa Anda gunakan untuk menampung semua pasword akun Anda tanpa harus repot mengingatnya satu persatu.

4. Autentikasi Dua Faktor

Gunakanlah autentikasi dua faktor apabila memungkinkan. Sistem keamanan ini sudah digunakan oleh hampir seluruh layanan berbasis internet yang sifatnya sangat sensitif, khususnya dalam dunia perbankan online.

Autentikasi dua faktor adalah cara menggunakan internet dengan aman, terutama untuk akun pribadi Anda.

Ketika autentikasi dua faktor diaktifkan, Anda akan diminta memasukkan kode cadangan atau kode keamanan yang akan dikirimkan melalui SMS, termasuk mencegah dari perangkat yang tidak dikenali.

5. Gunakan Browser yang Selalu Update

Pastikan browser yang Anda gunakan selalu tetap up-to-date, sebab fitur keamanan pada sebuah browser akan terus diperbarui dan ditingkatkan untuk menagkal serangan siber yang semakin beragam.

Itulah beberapa cara menggunakan internet dengan aman agar Anda terhindar dari serangan kejahatan cyber atau Hacker yang setiap waktu bisa saja mengancam data – data pribadi Anda.

Baca jugaSederhana, Ini Dia 5 Cara Mengantisipasi Hacker yang Harus Kamu Ketahui


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *