AdsenseArtikel Adsense

5 Cara Meningkatkan Bayaran Adsense Indonesia

Ada banyak blogger Indonesia yang mengeluhkan betapa sedikitnya penghasilan yang ia dapatkan dari bayaran Adsense Indonesia, terlebih-lebih di awal tahun ini. Sebenarnya fenomena itu bukanlah hal yang mengherankan mengingat awal tahun merupakan waktu dimana para Pengiklan lagi malas berpromosi.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk meningkatkan penghasilan Adsense. Ada banyak hal yang bisa blogger lakukan agar pendapatan Adsense jadi besar.

cara menaikkan pendapatan google adsense

Cara Meningkatkan Bayaran Adsense

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat diterapkan agar nilai klik atau impresi Adsense Anda jadi mahal sehingga ada kemungkinan untuk mengambil gaji tiap bulan dengan hasil yang memuaskan. Bagaimana, penasaran bukan?

1. Pastikan Niche dan Artikel Blog Relevan dan Menjual

Banyak para master yang menyarankan untuk menentukan niche sebelum membuat apalagi mengisi blog. Hal itu karena dengan menentukan niche dari awal, blogger bisa lebih terarah dalam membuat konten artikel.

Adapun maksud terarah disini ialah blogger maupun penulis bisa menulis artikel yang sesuai dengan niche serta relevan dengan iklan. Dengan membuat artikel yang relevan, secara otomatis akan membuat blog beserta artikel yang ada didalamnya jadi memiliki nilai jual.

Dengan demikian, pengunjung pun bukan hanya jadi lebih tertarik untuk mengklik iklan, tetapi juga akan mau melakukan transaksi melalui link iklan tersebut karena iklannya memang sesuai dengan apa yang sedang ia cari di artikel blog tersebut.

Apabila blog Anda mampu menarik banyak pengunjung untuk melakukan transaksi lewat iklan yang ia klik maka Google Adsense akan memberikan nilai plus buat blog Anda sehingga iklan yang tampil pun dihargai mahal. Kendati begitu, jangan lupa untuk memilih niche yang sesuai dengan hobi namun tetap memiliki nilai jual iklan yang tinggi.

Misalnya, jika punya hobi atau ketertarikan terhadap sepeda motor, buatlah blog yang seperti itu. Karena iklan yang tampil pun beragam, mulai dari iklan jual beli sepeda motor, onderdil, oli atau bahkan tempat bengkel.

Sayangnya hal seperti itu tidak akan terjadi jika Anda salah memilih niche, misalnya niche gado-gado. Loh bukannya itu bagus, bukankah iklannya jadi lebih beragam? Salah besar jika Anda mengira seperti itu, soalnya dalam mendaftar Adsense/Webmaster sendiri kita diharuskan untuk memberitahu apa niche/kategori blog kita.

Jika Google menanyakan hal seperti itu, tentu saja itu ada gunanya, salah satunya ialah membuat relevan iklan agar sesuai target.

Baca : Memilih & Menentukan Niche Blog Agar Penghasilan Adsense Tinggi

2. Atur Posisi Iklan

Posisi iklan juga berpengaruh atas besar atau kecilnya pendapatan. Sebab itu, atur dan tempatkan iklan di ruang yang sekiranya terlihat nyaman dan bersahabat serta sangat terjangkau bagi pengunjung. Perhatikan juga penampilan iklan lewat versi desktop dan mobile.

Apabila penampilan iklan kurang baik diperangkat mobile, maka segera perbaiki dan begitu juga sebaliknya. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa pantau tampilan dan performa iklan Adsense blog Anda.

3. Blokir Iklan

Tidak semua iklan Adsense itu memberikan nilai besar dan halal buat penerbit. Oleh karena itu, cekallah iklan-iklan tertentu yang sekiranya tidak memberikan nilai yang besar. Cekal juga iklan-iklan yang mengandung unsur yang diharamkan dalam Islam misalnya, iklan yang terkait dengan riba, syirik dan lainnya. Dengan mencekal iklan yang murah atau haram, maka akan lebih memungkinkan buat iklan bernilai besar untuk tampil.

Baca panduannya disini : Tips Analisa Tinggi/Rendah Nilai CPC Adsense Dari Pihak Advertiser

4. Tingkatkan Pengunjung

Pengunjung adalah alasan utama kenapa saldo Adsense berjalan. Sebab itu, jika ingin bayaran Adsense Anda meningkat maka tingkatkan juga jumlah pengunjung ke blog Anda. Akan tetapi, jangan selalu berharap meningkatkan pengunjung dari sosial media, apalagi kalau spam. Itu karena, Google seringkali akan memotong saldo Adsense ketika hendak gajian dengan alasan khusus.

Oleh sebab itu, tingkatkan pengunjung dengan cara yang bijak, misalnya dengan mempromosikan link blog di sosial media tetapi relevan dan tidak spam, meningkatkan SEO blog, mengiklankan blog di Adwords & FacebookAds dan lainnya.

Baca : 21 Cara Bagaimana Meningkatkan Pengunjung Website Anda

5. Promosikan Adwords

Mungkin ini agak kurang masuk akal, tapi percayalah kalau dengan mempromosikan dan memperkenalkan Adwords, ada kemungkinan bayaran penerbit Adsense jadi naik. Hal itu disebabkan karena dengan memperkenalkan Adwords terutama kepada para pelaku bisnis maka populasi pengiklan pun jadi meningkat dan tentu saja itu akan memberikan keuntungan bagi Google dan Publishernya.

Untuk cara mempromosikan Adwords pun beragam. Anda bisa mengenalkannya secara langsung kepada “tukang-tukang” yang ada disekitar Anda atau bisa juga dengan membuat artikel khusus tentang Adwords.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar bayaran Adsense jadi maksimal. Namun, perlu diketahui bahwa cara-cara diatas hanya akan berfungsi apabila dilakukan dengan tekun dan fokus.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

7 Comments

  1. menarik gan, semua sudah saya terapkan, akan tetapi cara yang ke 3 itu saya belum mengerti, memblokir iklan bagaimana caranya dan kita ketahui bahwa iklan itu tidak baik bagaimana..

  2. Point No 1 itu gan susah banget,, kita yang mau memulai dengan 1 niche mesti bingung mau mulai dari mana.. beda kalo emang orang itu menekuni satu job.. hadeh

  3. Nomor 3 sulit ngedeteksinya bang. dan pengiklan juga sangat banyak.
    Kalau punya daftar url pengiklan berbahaya saya mau bang . buat cekal agar tidak tayang di blog ana .

  4. mau tanya mas klo blog berita bola apakah besar kemungkinan akan diterima di adsense?

  5. mungkin untuk mengelola 1 niche ini saja yang rasanya sangat sulit,

    maklum, kemampuan menulis artikel jadi semakin terbatas.
    apalagi blogger masih baru, ide untuk menulis itu rasanya masih sangat sulit.

    makanya mereka lebih suka menggunakan blog niche serba-serbi begitu.
    cuma benar juga kalo itu berakibat pada penghasilan adsense,
    lebih baik tetap fokus pada 1 niche saja ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close