Meningkatkan Kredibilitas Website

6 Cara Meningkatkan Kredibilitas Website Agar Lebih Professional

Cara Meningkatkan Kredibilitas Website – Setelah Anda mempunyai website atau blog, selanjutnya Anda harus membuat website tersebut terlihat kredibel di mata pengunjung. Hal ini tentu  dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung atau calon pembeli sehingga akan meningkatkan omzet bisnis Anda.

Kredibilitas sudah sepatutnya Anda bangun dengan baik, apalagi kalau sudah menyengkut bisnis yang erat kaitannya dengan penjualan.

Dengan adanya kredibilitas, calon pelanggan bisa lebih percaya dengan bisnis yang Anda miliki sehingga akhirnya membeli produk-produk Anda.

Meningkatkan Kredibilitas Website Agar Terlihat Lebih Professional

Bagi Anda yang sudah menggunakan website untuk berbisnis, kredibilitas tentu menjadi salah satu faktor yang harus benar-benar Anda jaga. Setidaknya, beberapa hal berikut ini bisa meningkatkan kredibilitas website Anda.

1. Menggunakan Domain Berbayar

Meningkatkan Kredibilitas Website - Domain Berbayar

Ini merupakan salah satu elemen kunci jika Anda menginginkan website yang terlihat kredibel dan professional. Menggunakan domain berbayar seperti .id, .com dan .net.

Nama domain merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kredibilitas website, karena domain menjelaskan bahwa website Anda itu benar-benar serius dalam menjalankan bisnis.

Kalau domain websitenya masih .blogspot.com, wordpress.com, .ga atau .tk maka kredibilitasnya perlu ditanyakan. Orang domainnya aja masih gratisan, bagaimana pengunjung mau percaya?

Loading...

Oleh karena itu, gantilah domain website Anda menjadi versi berbayar. Selain terlihat lebih professional, websitemu akan lebih mudah diingat oleh pengunjung. Seperti ada sesuatu yang cukup enak diucapkan dan dilhat juga jika kamu menggunakan jenis domain ini.

Selain itu, alangkah lebih baik lagi jika domain berbayar yang digunakan adalah ccTLD (Country Code Top Level Domain). Perlu kamu tahu, ccTLD ini merupakan domain dengan akhiran negara seperti .id untuk Indonesia, .sg untuk Singapura, .my untuk Malaysia, .ru untuk Rusia dan lain sebagainya.

BacaInilah Pentingnya Menggunakan Domain ID (dot ID) untuk Website Lokal

Biasanya, untuk menyewa domain lokal ini, Anda perlu memiliki identitas negara terkait seperti NIK untuk domain lokal .id.

Karena hal itulah, website yang Anda miliki tidak bisa langsung terverifikasi begitu saja. Berbeda dengan domain berbayar lainnya, domain ccTLD ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya yaitu:

  • Website Anda lebih mudah dicari oleh pengguna lokal atau dalam hal ini pengguna internet di Indonesia.
  • Pengunjung bisa lebih cepat mengenali dari mana negara mana website Anda berasal.
  • Ada jaminan kepemilikan atas merk dagang lokal yang diakses secara mendunia (global).
  • Merk dagang pada website Anda dikenal secara mendunia, namun bisa mendominasi posisi di lokal.
  • Meminimalisir beberapa risiko kesalahan kepemilikan suatu merk dagang.

Baca juga : Cara Memilih Nama Domain yang Bagus dan Baik untuk Brand Bisnis Anda!

2. SSL Certificate

Meningkatkan Kredibilitas Website - SSL certificate
source image : SSL.com

Bagi yang suka berselancar di internet, Anda tentu sudah sering melihat warna hijau pada https dan diawali dengan icon gembok pada browser dan banner. Inilah yang sering disebut dengan SSL Certificate (Secure Sockets Layer Certificate).

Tujuan dari SSL ini agar data-data yang di enkripsi sebelum dikirim dari pengunjung ke server dimana website tersebut menggunakan hosting dari penyedia begitu juga sebaliknya. Dengan begitu, pengunjung bisa lebih aman saat memasukkan data privasi yang harus mereka jaga.

Jika Anda menggunakan website untuk mengelola transaksi belanja atau login member, pengunjung tentu harus memasukkan data-data penting mereka seperti data diri, kartu kredit, no rekening dan lain sebagainya.

Hal ini tentu sangat riskan karena privasi pengguna mungkin saja bisa banyak celah keamanan. Penggunaan SSL merupakan cara untuk meningkatkan kredibilitas website, terutama dimata konsumen.

Dengan adanya SSL certificae ini, data-data tersebut bisa lebih aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pengunjung atau calon pembeli juga akan lebih percaya dengan keberadaan website Anda.

Baca juga : Daftar Penyedia SSL Gratis dan Terbaik yang Bisa digunakan untuk Situs Anda

3. Desain Website

Meningkatkan Kredibilitas Website - Desain Website

Kalau Anda ingin website yang memiliki kredibilitas tinggi, maka sebaiknya pilihlah desain website yang professional. Setidaknya tampilan website Anda terlihat bersih, menarik dan mudah digunakan oleh pengguna (user friendly).

Anda bisa membuat struktur dan navigasi website yang baik dengan menambahkan bagian about, contact us, privacy policy, link social media, sitemap dan disclaimer agar pengguna bisa lebih mengenal website Anda.

Selain itu, tambahkan juga foto team bisnis Anda beserta profil singkatnya, ini akan memberi trust lebih kepada pengguna.

Untuk desain yang lebih user friendly, cobalah untuk menggunakan desain responsive dan mendukung format AMP (Accelerated Mobil Pages).

Anda perlu menggunakan desain seperti ini untuk lebih meningkatkan kredibilitas website dengan memanjakan para pengunjung saat membuka website Anda di smartphone mereka.

Para pengunjung tentu akan lebih menyukai website atau blog yang minimalis, responsive dan cepat untuk loading halaman.

Jangan pernah sekali-kali menggunakan desain statis yang tidak mengubah ukuran layar di versi mobile, ini akan menyulitkan para pengunjung untuk membaca konten-konten di website Anda.

Lebih bagusnya lagi, Anda bisa menambahkan live chat di website Anda. Ini tentu akan memudahkan pelanggan Anda untuk bertanya-tanya jika sewaktu-waktu butuh bantuan.

4. Konten yang Berkualitas

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga harus memikirkan bagaimana caranya membuat konten yang berkualitas.

Semakin baik konten yang Anda publish, maka semakin baik pula pelanggan merespon konten yang ada di website Anda.

Konten di website Anda bukan hanya mengenai tulisan saja, namun bisa juga dengan gambar dan video yang berkualitas.

Di sisi tulisan, website Anda bisa ditambah tulisan informatif yang bisa menambah wawasan pengguna. Gambar dan video mungkin dikhususkan untuk lebih menarik perhatian pelanggan akan produk yang Anda tawarkan.

5. Testimonial Pelanggan

Meningkatkan Kredibilitas Website - Testimoni

Website-website besar seperti Glassdor, Yelp, Tripadvisor, Qerja dan berbagai Sales Page yang sukses bisa menjadi sangat terkenal dan superior, bahkan omzetnya tidak main-main.

Ini tentu erat kaitannya dengan testimonial yang secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan calon pembeli dari alam bawah sadar sekaligus meningkatkan kredibilitas Website.

Adanya testimonial atau review dari pelanggan juga bisa meningkatkan penjualan secara tidak langsung, hal ini karena informasi bisa transparan mengenai pelayanan atau produk yang Anda tawarkan.

Transparan ini bentuknya tidak selalu baik, biasanya ada juga sisi kurangnya. Misalnya “Bajunya sudah diterima. Kualitas produk sangat baik namun pengirimannya cukup lambat. Semoga bisa diperbaiki ke depannya.

Testimonial dari orang-orang yang sudah membeli produk Anda juga bisa mengukur seberapa baik kualitas pelayanan Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mengoreksi kekurangan dalam lini bisnis Anda agar lebih baik lagi. Maka dari itu, berikan juga slot khusus untuk menampilkan berbagai testimonial dari pelanggan website Anda.

6. Alamat dan Kontak yang Jelas

Cara meningkatkan kredibilitas website yang terakhir yaitu dengan memberikan alamat dan kontak yang jelas.

Hal ini akan memudahkan pelanggan jika ingin mengecek kebenaran informasi di website Anda, terlebih yang ingin mengetahui soal perizinan dan keberadaan bangunan fisik.

Selain itu, pelanggan juga bisa lebih mudah untuk menghubungi bisnis Anda secara langsung.

Nah itulah beberapa cara meningkatkan kredibilitas website Anda agar terlihat lebih professional dimata pelanggan.

Dengan memperbaiki dan menambahkan beberapa hal di atas, Anda bisa memberikan sugesti kepada pelanggan bahwa bisnis Anda itu bisa dipercaya.

Mereka akan dengan senang hati membeli atau menggunakan produk Anda tanpa pikir panjang. Hal ini juga bisa meminimalisir tanggapan pengunjung yang menganggap bisnis Anda itu SCAM atau penipuan.


Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *