Cara Meningkatkan Trafik Blog Dengan Trik Sederhana

Cara meningkatkan pengunjung blog bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, walaupun tanpa kita sadari, trik sederhana ini bisa berpengaruh terhadap trafik blog anda setiap harinya.

Kita tidak bisa memaksakan untuk langsung mendapatkan trafik blog dalam waktu yang begitu cepat, semua melalui proses dan tahapan seiring dengan berkembangnya blog anda sendiri.

Trafik pengunjung blog yang baik dan bagus adalah pengunjung unik (unique visitor) yaitu pengunjung yang berasal dari mesin pencari (Google, Bing, yahoo, dll) walaupun pengunjung bukan berasal dari mesin pencari saja.

Bisa juga melalui berbagai media sosial dan pengunjung langsung (direct), biasanya pengunjung langsung ini datang jika sebuah blog sudah mempunyai nama atau sudah populer di jagat internet.

Banyak para blogger yang sedikit frustasi karena blognya sepi dari pengunjung, hal ini kemungkinan ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi terutama jumlah persaingan blog yang setiap hari semakin banyak bertambah.

trafik blog

Dengan niche blog yang rata-rata hampir sama atau ada beberapa faktor lain yang meyebabkan blog tidak laris dengan pengunjung.

Selain pelajaran dan penerapan Β SEO (Search Engine Optimation), cara sederhana mendatangkan pengunjung blog bisa anda lakukan seperti beberapa contoh dibawah ini.

Loading...

1. Perhatikan kecepatan blog

Kaji ulang kecepatan blog anda, apakah sudah memenuhi standar kecepatan yang paling maksimal. Kecepatan blog bisa dipengaruhi beberapa hal, terutama penggunaan template yang baik dan benar.

Baca : Kriteria Template Blog yang Baik dan Harus Anda Terapkan

Jika anda menggunakan jasa hosting yang lambat, segera pindah dan cari hosting yang baru. Karena hosting yang lambat akan berpengaruh buruk terhadap blog anda. Cari referensi tentang cara memilih hosting yang bagus dan berkualitas untuk website Anda. Kecepatan blog berpengaruh juga terhadap peringkat blog anda di mesin pencari dalam hasil pencarian.

2. Membuat artikel yang berkualitas

Pada dasarnya pengunjung blog mencari sumber atau artikel yang lengkap, pihak google sendiri menyarankan membuat artikel yang relevan dengan penjelasan dan keterangan yang memadai. Untuk jumlah (panjang) standar artikel yang baik minimal adalah 300 kata.

Anda bisa juga membuat artikel pilar lebih dari 300 kata, asalkan artikel tersebut relevan dengan topik atau judul posting. Artikel pilar bisa menjadi penguat pada blog anda, terutama di mesin pencari.

3. Membuat judul postingan lebih menarik

Judul posting bisa menjadi penentu pada artikel itu sendiri, semakin menarik judul maka semakin akan tertarik dan penasaran untuk membukanya. Selain itu, judul posting juga mempengaruhi artikel anda dalam pencarian di search engine, optimasi kata kunci (keyword) yang tepat untuk memaksimalkan hasil pencarian.

Baca :Β Cara Membuat Keyword Populer Dan SEO

4. Membidik long tail keyword

Lakukan riset kata kunci yang tepat, anda bisa menggunakan google keyword planner utnuk menguji kata kunci yang banyak di cari. Gunakan long tail keyword (kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata) dengan jumlah pesaing yang sedikit. Untuk lebih jelasnya anda bisa

Baca : Cara menggunakan google keyword planner.

5. Promosikan blog anda

Setelah membuat artikel, jangan lupa mempromosikan blog anda, salah satu yang paling mudah adalah melalui media sosial. Saat ini banyak media sosial yang bisa kita manfaatkan untuk sharing artikel kita, trafik pengunjung yang melimpah juga bisa kita peroleh dengan cara ini.

6. Berkomentar di blog orang lain

Berkomentar secara baik di blog orang lain, tujuan utamanya adalah memperoleh perhatian dari pemilik blog agar berkinjung balik ke blog kita. Selain itu kita juga memperoleh jumlah backlink (baik dofollow dan nofollow) yang memperkuat posisi SERP (Search Engine Result Page) di mesin pencari.

Jika hal tersebut di atas kita lakukan secara teratur, sedikit demi sedikit kita akan memperoleh trafikΒ Β pengunjung. Semua hanya membutuhkan kesabaran saja.

Selain itu kita juga harus konsisten terhadap blog, update secara teratur dengan artikel yang berkualitas akan lebih berpeluang untuk mendapatkan pengunjung. Dari pada aktif sehari, seminggu diterlantarkan.. kecuali blog Anda sudah populer.



Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

152 comments

  1. Trafik dari search engine sulit didapat kalau blognya masih baru, apalagi tidak mengerti tentang dasar SEO. Saat ini, yang saya lakukan untuk blog baru saya (umur 2 bulan) adalah menyebarkannya tautan artikel ke beberapa grup komunitas blogger yang populer.

    Cari panggung dulu

    1. Bisa bgt gan, selain menjadi backlink besar kemungkinan pemilik blog yang agan komenin bakalan berkunjung balik ke blog agan.
      ayo kita saling sapa gan dengan mengunjungi blog ane juga

  2. Gan.. kalo pakai domain gratisan kaya .ga .tk .ml itu mempengaruhi Dengan trafik nggak sih om ?
    Kalau menurut kamu bang..lebih baik pakai . blogspot atau pakai yang domain .ga .ml itu bang ?

  3. Saya punya blog yang umurnya satu tahun , tetapi pengunjungnya tidak ada Master …. perharinya hanya 10 sampai 0 pengunjung Master … apa yang harus saya lakukan? Mohon pencerahannya.

  4. Cocok nih memang kalau mau traffic meningkat harus banyak usaha yang dilakukan, salahsatunya bikin artikel berkualitas..
    Terima kasih sudah berbagi info gan..

  5. Keren banget. Tampilan simple dan ringan, penjelasannya sangat jelas dan rinci. Layaknya travelling asik jalan-jalan di website klik mania dari 1 postingan ke postingan lainnya. Trims mas sangat bermanfaat sekali.

    Mohon review blog saya mas hehehhe, sudah 2 tahun lebih saya ingin berpenghasilan dari adsense tapi saya kebanyakan kendala di artikel. Mohon pencerahannya mas.

  6. Cara yang terbilang mainstream tapi menurut saya sih ampuh…apalagi jika blog sudah lama akan cepat terindex jadi membidik kata kunci long tail adalah cara jutu menurut saya.

  7. Terimakasih infonya mas, kalo dari beberapa point di atas, hal yang paling sulit saya lakukan adalah fokus dan konsisten saat membuat artikel berkualitas, kalo lagi semangat ya semangat banget, kalo lagi males ya keterusan sampai berhari-hari kadang tidak update.

  8. Saya sudah melakukan itu semua mas, tapi kenapa segitu segitu aja ? apa karena memang pencarian untuk kategori dan targeting web saya sedikit ? Karena kalo saya cari di tools keyword, website model kayak saya itu hanya 100-1ribu pencarian perbulan mas, dan saya untuk perbulannya sudah dapat 700an visitor

    1. Penerapan SEO efeknya memang tidak bisa secara instant, tapi apabila dilakukan dengan tepat maka hasilnya akan memuaskan. Untuk target pencarian yang lebih luas, bisa kembangkan artikel sesuai dengan kategori terkait.

  9. Selamat pagi mas…

    kalau untuk blog model listing direktori, itukan hanya berisi tentang nama, telepon, alamat, dan deskripsi singkat (tidak sampai 300 kata). Itu bagaimana mas untuk optimasi nya?

    Terima kasih…
    Salam

  10. Poin “artikel berkualitas” itu yang paling sulit (bagi saya). Blog saya (saat ini) sudah berisi lebih dari 180 artikel, tapi baru 2 artikel yang benar-benar kuat SERPnya. Sisanya hanya lumayan di page one, sisa yang lain bahkan tidak masuk page one sama sekali.

    Dalam 6 bulan saya baru mampu mengumpulkan 1000an visitor perhari. Tapi saya bersyukur. Di luaran sana masih banyak yang membutuhkan waktu hingga lebih dari 1 tahun untuk mendapatkat 1000 visitor perday.

    Bukan berarti saya mudah puas dengan pencapaian saya… tapi saya belajar terus bersyukur dan terus berusaha supaya trafik saya terus naik. Bukan begitu, Mas Gani?

  11. Saya mencoba menerapkan longtail keyword seperti yang diutarakan Mas Gani, sementara ini beberapa artikel lumayan di ranking mesin pencari, cuma untuk masuk ke pageone masih sulit…apa mungkin karena keyword yang saya pilih rata-rata termasuk kategori persaingan berat ya mas..

    1. Sabar dan terus berkarya, Om Bro… ada lho orang yang sudah blogging selama 6 tahun tapi belum pernah berpenghasilan. Tapi hebatnya orang tersebut terus konsisten blogging.

  12. Memang artikel mas Gani selalu memancing untuk segera dibaca, saya baru sebulan ini diterima GA, tapi belum menunjukkan hasil, tapi gapapa yang penting sudah diterima aja dulu hehe…

  13. Tentu saja untuk meningkatkan traffic blog dengan membuat artikel yang berkualitas. Karena pengunjung merasa bahwa masalah mereka akan terselesaikan. Untuk penggunaan long tail keyword juga saya rasa merupakan strategi yang bagus. Tetapi ingat, jangan membuat judul dengan cara menjebak. Karena itu hanya akan membuat pengunjung kecewa dan akan menimbulkan bounce rate yang tinggi.

  14. Tentu saja untuk meningkatkan traffic blog dengan membuat artikel yang berkualitas. Artikel yang berkualitas pasti akan mendapat banyak traffic. Karena pengunjung merasa bahwa masalah mereka akan terselesaikan. Untuk penggunaan long tail keyword juga saya rasa merupakan strategi yang bagus. Tetapi ingat, jangan membuat judul dengan cara menjebak. Karena itu hanya akan membuat pengunjung kecewa dan akan menimbulkan bounce rate yang tinggi.

  15. Harus banyak beljar lagi sama mas gani nih… soalnya saya masih ragu menentukan keyword yang saya coba pratekan apakah sudah benar atau belum untuk menetukan keywordnya.

    1. Beberapa orang blogger ada yang terbukti sukses (ukuran saya) hanya dengan “feeling”. Mereka hanya mengincar page one tanpa peduli berapapun jumlah pencarian dan tingkat persaingan.
      Sepertinya sih untung-untungan, tapi ternyata ada yang berhasil.

  16. Mas, saya mau nanya, blog saya udah lama nih. Udah ada 500 artikel. Tapi page view masih belum stabil, pernah sampai 10.000, 5000, 1000, dan sekarang malah stabil diangka 500. Itu kenapa ya mas? padahal tulis sendiri.
    Yang copas, malah PVnya banyak. Kadang disitu saya merasa sedih mas. Hehehehe…

    Mohon pencerahannya mas

    1. Banyak faktornya mas, mengapa visitor bisa turun..terutama artikel musiman atau keyword sudah tidak populer atau bisa juga karena durasi posting blog kita tidak teratur.
      Selain itu algoritma google juga sering berubah, sehingga peringkat artikel di pencarian timbul tenggelam.

  17. Mas Bro mau tanya nih mas untuk tingkatan trafik yang ideal supaya blog kita mneghasilkan perkiraan sekitar berapa ya mohon bantuannya karena saya lihat histat saya masih 97,2 % First Time Visitor , Page View Masih sekitar 180 dan visitor berkisar 40

    dan apakah blog yang masih menggunakan .com akan lebih baik dibanding .blog.co.id

    Terimakasih mas salam suksek from sumatera selatan

    1. Perbanyak posting aja mas, karena dengan banyak artikel maka akan berpotensi mendaatangkan pengunjung yang lebih banyak pula.
      untuk ekstensi domain bisa gunakan apa saja mas Zafran.

  18. Mas mau tanya ni, sya sudah bebrapakali buat blog, smpai ad yg brumur 2 tahun, tp smpai skrng masih krisis pengunjung, hingga saya skrng ini membuat blog baru,yg umurny baru beberapa bulan,mohon koreksinya terhadp blog baru sy mas (fortech7.blogspot.com). blog sy kali ini tentang teknologi,jadi mau bhas kemjua teknolgi…
    ohh ya.. sya jg berencana mau dftar google ads, apakah sdh memnhi syrt, jk blm krng d bgian mana? mhon pencrhnnya

    Terimaksih

  19. Makasih mas gani tipsnya, pemula kek ane masih butuh banyak arahan.

    Sekarang lagi belajar naikin trafik, kalo saya baca-baca diartikel lain pasti ada poin blog harus SEO friendly, kalo disini gadisebutin pointnya, jadi harus nerapin SEOnya dulu atau nnti aja mas gani?

  20. saya sedang mraktekin tips ini mas gani, lebih fokus di artikelnya yang berkualitas da orisinil.. heheh bila berkenan kunjungan balik dan kasih masukan trimaksih

  21. Terima kasih ilmunya Mas Gani,
    Saya ada sedikit pertanyaan :
    1. Untuk Mengetahui seberapa cepat blog kita, di aksesnya bagaimana? apa ada aplikasinya, blog kita masuk ketegori cepat atau lambat?
    2. Kalau semisal kita hanya menggunakan jasa sewa domain saja tanpa hosting, apa juga berpengaruh tempat jasa hostingnya?
    3. Saat ini salah satu blog saya sedang masa review kedua untuk GA, kalau semisal ternyata blog kita tergolong lambat, apa yang harus di lakukan?
    3. Di luar topik, kalau semisal blog kita sedang masa review kedua, apakah kita harus melepaskan atribut2 iklan dari tempat lain yang saya pasang? semisal bidvertiser dan Acsess Trade.
    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

    1. 1. Bisa menggunakan Gmetrix atau pingdom tool mas.
      2. Bisa mas, sewa domain saja tanpa hosting, Nantinya dari blogger di custom domain tanpa perlu bayar hosting
      3. Kalau blog lambat sebaiknya gunakan template bawan blogger yang sederhana saja, jadi tidak terlalu banyak script yang memakan beban.
      4. Jelas mas,,,kita kan mau daftar adsense, jelas gk boleh ada iklan lain yang terpasang.
      Maaf respon agak telat, maklum sibuk kerja mas Taufik Kurahman.

  22. Saya sendiri masih awam masalah trafik blog cuma merasa aneh saja mas. Saya ada 3blog semuanya cuma nulis saja tanpa optimasi. Kok trafiknya berbeda ya mas. Yang satu ribuan PV perhari dan yang duanya hanya mampu menjaring puluhan PV saja.

    1. Konten bisa embuat pengaruh yag sangat signifikan terhadap SEO mas walaupun tanpa optimasi, mungkin kebetulan konten mas Widdodo benar-benar original jadi bisa mendongkrak dari segi SEO secara natural.

  23. Terima kasih mas Gani atas sharingnya… sangat bermanfaat bagi sy yang masih nu bie..

    Ada sedikit pertanyaan mas…apakah itu berlaku juga buat blog yang ditujukan untuk jualan produk ?

    Terima kasih

  24. menarik, dan yang lebih menarik lagi itu artikel yang sangat erat hubungannya dengan review ke dua blog saya,,,, semoga la dapat keterima adsense, amiiiin….