Dasar dasar Blog

Tinggalkan Cara Ngeblog Anda Yang Sudah Kuno Dan Jadul

Bagaimanapun cara ngeblog seseorang pasti berlainan, mereka, saya ataupun anda pasti punya gaya dan style masing-masing. Itu bagus, karena memang seorang blogger harus mempunyai ciri khas. Yang saya bahas adalah cara ngeblog yang sebaiknya anda tinggalkan, karena sudah termasuk kuno dan ketinggalan jaman.

Saya harus perspektif dalam menulis artikel ini, karena bagaimanapun juga sudut pandang seseorang dalam memilih opini, kepercayaan, dan lain-lain itu berbeda-beda. Hanya saja sebagian yang saya sampaikan mungkin salah satunya bisa dicerna dengan akal sehat dan tidak terkesan ngawur.

Tinggalkan cara ngeblog lama anda

Dalam hal menulis, saya akan memberikan sedikit masukan dalam menulis blog yang baik

Menulis intro (pembuka)

Sebaiknya dalam menulis intro singkat saja, tidak usah terlalu berbelit-belit (ngalor-ngidul nggak karuan) dan langsung pada pokok masalah. Sebagai perbandingan, seorang pengunjung atau pembaca biasanya mencari artikel pada pokok masalahnya saja.

Kalau hanya untuk memperpanjang artikel, sebaiknya pada inti masalah artikel yang akan dibahas. Sebab jika ditempatkan pada intro akan sia-sia, fakta yang ada intro yang terlalu panjang hampir 75% tidak dibaca pengunjung.

Menulis dengan sedikit paragraf

Dalam menulis paragraf sebaiknya jangan terlalu banyak cukup 2 sampai 3 saja kemudian ganti paragraf baru, selain enak dibaca juga tidak akan membuat mata lelah dan terkesan rapi.

Loading...

Jangan menulis banyak sekali tanpa pindah paragraf, ini akan sangat menyiksa pengunjung dan pembaca blog anda. Mata mereka tentunya akan berkunang-kunang untuk menghabiskan 1 paragraf saja.

Ujung-ujungnya tulisan anda yang akan terlewatkan alias tidak terbaca. Satu lagi, tulisan anda akan sia-sia.

Biasakan menulis dengan sub paragraf dengan penebalan 

Biasakan dalam berpindah topik dan penjelasan menggunakan sub paragraf yang ditebalkan hurufnya, contohnya bisa pada sub paragraf ini. Tujuannya adalah memberikan navigasi bagi pembaca dan lebih memberi penjelasan pada setiap pembahasan artikel.

Dalam hal ini bisa kita tambahkan numbered list atau bulleted list dalam sub paragraf tertentu.

Perhatikan juga tanda baca

Selalu perhatikan tanda baca titik dan koma serta spasi pemenggalan yang sesuai. Jangan membuat artikel tanpa koma dan memanjang tidak karuan. Itu namanya artikel yang tidak sopan.

Periksa kesalahan eja

Selalu periksa kembali kesalahan eja dalam kalimat. Ingat, salah menulis mungkin di anggap biasa, tapi bagi sebagian orang akan menganggap hal itu tidak profesional.

Tinggalkan cara ngeblog untuk SEO yang seperti ini

Ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis konten yang berhubungan dengan SEO (search engine optimation)

Menulis judul yang relevan dengan artikel

Jangan membuat judul yang sama sekali tidak relevan dan tidak sesuai dengan artikel. Contohnya, anda sangat kreatif dan bahkan ingin membuat pengunjung mengarahkan mouse dan membuka artikel anda. Tetapi isi artikel yang ada tidak relevan sama sekali dan bahkan tidak nyambung sama judulnya.

Selain mengecewakan pembaca, artikel anda juga akan di anggap tidak relevan. Ujung-ujungnya artikel anda akan tenggelam dalam mesin pencarian google karena artikel yang tidak berkualitas.

Baca juga : Apa Yang Anda Baca? Konten Relevan Atau Menjerumuskan?

Mengulang ulang kata kunci dalam artikel

Sebaiknya hindari pengulangan kata kunci yang terlalu sering, sekarang algoritma google sudah pintar. Bisa membedakan artikel mana yang mengutamakan konten untuk pembaca dan mana konten untuk mencurangi mesin pencarian.

Jika anda ingin artikel bertahan lama dan tidak tenggelam dalam SERP google, sebaiknya menempatkn kata kunci dalam batasan yang wajar saja, jangan sampai google menganggapnya sebagai SPAM.

Baca juga : Cara meningkatkan SERP artikel di pencarian google

Nah, itulah cara ngeblog lama yang harus anda tinggalkan, marilah menulis konten yang bermanfaat bagi pembaca. Intinya artikel enak dibaca dan artikel yang ramah dimata google.

Dan menurut saya, artikel yang berkualitas adalah artikel yang memenuhi beberapa syarat yang saya sampaikan diatas. Kembali ke pendapat orang lain…Mungkin saja belum tentu sama seperti yang sudah saya utarakan.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

22 Comments

  1. Alhamdulillah, saya yang newbie ini dapat pencerahan baru. Terima kasih ilmunya mas

  2. Blog yang sangat keren ini, thanks mas Gani, artikelnya sangat menginspirasi,,,, mohon kritik & sarannya ya mas Gani untuk blog ane ,,

  3. mas. saya udah daftar jadi penulis di klikmania.net, tadi sudah kirim 1 artikel, benar gak sih mas kita dibayar ubtuk tukisan yang kita kirim, saya akan sangat senangbjika itu benar…. mohon konfirmnya

    1. Semua artikel akan diterbitkan jika memenuhi kriteria, semua akan melalui jalur seleksi editor.
      jadi sabar dulu ya mas menunggu review.

  4. Arikelnya sangat Bermanfaat sekali gan terutama buat ane yang masih baru ngeBlog. mas Bisa minta tolong ga apa yang harus saya benahi di blog saya sendiri, minta kritik dan saran nya mass. please mas baik sejagat raya .

  5. Salam kenal mas Gani saya baru mendalami dunia blogging dan artikel sampeyan sangat membantu saya,,terima kasih banyak.
    Kalo tidak keberatan tolong dong kunjungi blog saya dan beri komentar apa yang harus saya benah i,,terima kasih sebelumnya

    1. Sebenarnya kuno nggak kuno itu tergantung style masing-masing blogger 😀
      Disini poin yang diutamakan adalah sajian artikel mas @sigit kuncoro, terutama untuk tampilan diseluler.

      Jika tata letak artikelnya berantakan nggak keliatan enak dibaca 😀

  6. Masukan berarti. makasih ya mas.. bermanfaat nih. saya jg gitu, nulis artikel masih gak punya pegangan, gimana nulis yang tepat dan benar.

      1. Bermanfaat buatku mas.. thanks dah..
        oh ya mas gani.. iklan adsense yang agak gede dibawah judul topik itu ukuran berapa mas? dan nama unit iklannya apa?!

          1. oke… sip. langsung mluncur. iji belajar. soalnya dikasih adsense nih sama sodara.

            1. Manteb, adsense dapet dikasih. Jadi gk usah susah-susah buat daftar.
              Yang penting blog selalu mematuhi kebijakan adsense mas, biar akunnya awet. 😀

  7. memang bener sih mas intro gaperlu panjang-panjang, toh jujur aja saya baca intro artikel ini cuman sekilas dan langsung longkap ke inti pembahasan hehe. nulis dengan sedikit baris per paragraf emg paling ampuh bikin mata enak ngebaca sampe akhir 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *