Dampak Teknologi Virtual Reality

Dampak Teknologi Virtual Reality Pada Manusia dari Segi Positif dan Negatif

Positif Negatif Dampak Teknologi Virtual Reality – Teknologi saat ini tidak bisa kita bendung dengan kemajuan yang ada, setiap hari ada saja teknologi yang muncul. Semua itu memang diperutukan atas kebutuhan yang kita inginkan.

Perkembangan teknologi saat ini yang terus dalam proses diberbagai aspek, salah satunya adalah Virtual Reality. Virtual Reality adalah teknologi  yang mampu berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan kembali oleh komputer.

Virtual Reality menghasilkan gambar berupa 3 Dimensi dan dapat memberikan interaksi kepada penggunanya. Namun ada yang diberikan teknologi Virtual Reality Kepada Manusia.

Dampak Teknologi Virtual Reality

Teknologi Virtual Reality Dapat Memberikan Keuntungan

Virtual Reality dengan keuntungan dan kelebihan terhadap fungsinya tidak diragukan lagi, dan sudah banyak yang menggunakan teknologi ini.

Keuntungan yang diberikan dapat berupa simulasi suatu pekerjaan, memberikan imajinasi saat bermian games,mengisi waktu kosong, menikmati jalan-jalan gratis walau di dalam khayalan.

Sehingga disaat penggunaannya memberikan efek yang besar dimana pengguna merasa objek itu real atau nyata. Berikut contoh sisi positif yang bisa dirasakan dari dampak teknologi Virtual Reality.

Penggunaan didalam Games

Dampak Teknologi Virtual Reality
Virtual Reality Dalam Dunia Games via jakvr.com

Kebanyak sekarang teknologi virtual reality diterapkan di berbagi game, dengan maksud membuat para pemain serasa terlibat langsung di dalam game tersebut.

Perangkat yang mendukung game virtual ini seperti, Samsung Gear VR, HTC Vive, Play Station VR dan Octagon VR.

Loading...

Penggunaan didalam latihan militer

Dampak Yang Diberikan Teknologi Virtual Reality Kepada Manusia
Virtual Reality Untuk Latihan Militer via 1.bp.blogspot.com

Disini para tentara dapat membentuk sebuah formasi atau strategi sebelum terjun langsung ke medan perang. Bahkan lebih dari sekedar itu saja, mereka dapat belajar menjinakkan bom dan belajar menembak.

Penggunaan didalam pelatihan medis

Dampak Yang Diberikan Teknologi Virtual Reality Kepada Manusia
Virtual Reality Dalam Dunia Medis via unimersiv.com

Merubah alat-alat medis dan obat dari dunia nyata menjadikan ke dunia virtual 3 dimensi. Sehingga tercipta sebuah dunia virtual yang baik digunakan oleh dokter dalam praktek pengobatan. Ini termasuk salah satu dampak Teknologi Virtual Reality yang sangat bermanfaat dalam dunia medis.

Penggunaan didalam Fashion

Dampak Yang Diberikan Teknologi Virtual Reality Kepada Manusia
Virtual Reality di dunia Fashion via assets.jalantikus.com

Memasukan semua jenis model fashion baju atau pun celana bisa dilakukan dengan mudah ke dalam virtual. Pembeli bisa mencoba terlebih mana yang cocok untuk mereka terlebih dahulu sebelum akhirnya mereka bayar.

Penjual tidak perlu bersusah payah lagi untuk menunjukan baju atau celana yang mereka tawarkan. Calon pembeli tinggal klik baju yang sudah ada di dalam program virtual reality tersebut.

Dan masih banyak hal positif atas dampak teknologi Virtual Reality kepada manusia. Namun dari dampak positif biasa nya selalu ada dampak negatif yang selalu mengiringnya.

Berikut adalah dampak negatifk yang diberikan teknologi Virtual Reality kepada manusia. Diantaranya adalah.

Gangguan Pada Kesehatan Mata

Dampak Yang Diberikan Teknologi Virtual Reality Kepada Manusia
Teknologi Virtual Reality Kepada Manusia via images.nvidia.com

Para pembuat Virtual Reality saat ini sudah merkomendasikan untuk jangka waktu penggunaan VR tersebut. Mereka merkomendasikan pemakian dengan waktu 12 menit dan tidak untuk anak dibawah 12 tahun. Dampak Teknologi Virtual Reality akan terasa buruk dirasakan bagi mata.

Karena mata akan terfokus pada satu tujuan saja, dan terlebih mendapat cahaya bercambur radiasi yang ditimbulkan. Bahkan selain sakit mata, bisa menimbulkan rasa sakit kepala dan mual akibat pemakaian yang berlebihan.

Pengguna akan menjadi lebih suka dunia maya dari pada nyata

Dampak Yang Diberikan Teknologi Virtual Reality Kepada Manusia
Pengguna akan menjadi lebih suka dunia maya dari pada nyata via i.ytimg.com

Objek yang dibuat Virtual Reality cenderung mengasikan dan tak jarang pengguna menjadi pecandu untuk menikmati dunia yang dibuat Virtual Reality ini.

Pendengaran terganggu

Tidak dikit para pengguna Virtual Reality menaikan volume Virtual Reality lebih tinggi. Bermaksud agar saat gambar dan suara serasa lebih nyata. Tapi ini tidak di anjurkan karena dapat menyebabkan pendengaran terganggu.

Dan masih banyak dampak teknologi Virtual Reality kepada manusia. Tinggal pembaca sendiri menerjemahkan lebih dalam lagi atas dampak baik buruk buruknya dari teknologi ini.

Teknologi bisa menjadi sahabat jika kita memanfatkannya dengan baik, tetapi bisa juga menjadi bumerang untuk kita jika kita tidak mengontrol teknologi yang kita gunakan. Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca semua.



Loading...

Bagikan

Bayu Setyawan Nursanto

Penulis

Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *