Doogee MIX 4 full review

Doogee Mix 4 dengan Kamera Tersembunyi di Balik Layar, Kelebihannya?

Doogee Mix 4 merupakan smartphone yang kabarnya akan menjadi penerus dari seri sebelumnya, yaitu Doogee Mix 2. Pabrikan asal China Doogee ini, seakan semakin mengerti dengan kebutuhan dan gaya hidup para pengguna smartphone.

Style layar lebar dengan sedikit bingkai memang baru populer saat ini, bahkan lebih dari itu, Dooge Mix 4 ini kabarnya bagian depannya nyaris adalah layar semua, lantas apa rahasianya ?

Kamera Doogee Mix 4 Bisa Disembunyikan di Balik Layar

Seperti kita tahu, hampir semua pabrikan smartphone akhir-akhir ini terus menerus berupaya untuk melebarkan layar produknya, hingga nyaris tanpa bingkai.

Namun demikian upaya-upaya tersebut rupanya terganjal dengan berbagai komponen penting dari ponsel itu sendiri, seperti sensor, speaker, hingga kamera depan.

Menyikapi hal tersebut, akhirnya berbagai pabrikan smartphone pun mencari solusi jitu.

Seperti yang dilakukan iPhone X, Essential Phone dan Oppo F7 misalnya, yang menyematkan komponen-komponen penting tersebut pada bagian poni, yaitu suatu takik yang bentuknya menjorok ke bagian dalam layar smartphone itu sendiri.

Ada juga solusi lain, seperti yang ditempuh oleh Xiaomi. Pada seri produknya Xiaomi Mi Mix, perusahaan ini berupaya mengatasi masalah tersebut dengan memindahkan kamera pada salah satu sisi bingkai layar smartphone yang lebih tebal dari sisi yang lainnya.

Menyikapi masalah tersebut, perusahaan Doogee memiliki caranya sendiri. Salah satu solusi unik dan menarik, akan diberikan pada produk terbarunya Doogee Mix 4.

Loading...

Smartphone tersebut telah di desain dengan layar yang hampir sepenuhnya menutupi bagian depan unit smartphone, yaitu dengan rasio hingga 97%.

Hal tersebut dapat diwujudkan Doogee Mix 4, salah satu rahasianya adalah pada mekanisme geser (slider) khusus yang diterapkan pada produk tersebut. Mekanisme slider tersebut hampir menyerupai ponsel jadul seperti Nokia Pisang 8110.

Doogee MIX 4
Image : chinandroidphone.com

Hanya saja pada smartphone Doogee Mix 4 ini, yang digesernya tersebut adalah layarnya bukan penutup keypad seperti pada seri Nokia Pisang tersebut.

Baca Juga : Nokia Pisang Salah Satu Smartphone Paling Dicari Warganet Indonesia

Layar yang bisa digeser

Canggihnya lagi layar berukuran 6,2 inci  tersebut saat digeser ke atas maka akan dapat menyembunyikan komponen kamera depan, dengan catatan kamera tersebut tidak sedang sobat gunakan. Sehingga dengan hal inilah penampilan Doogee Mix 4 hampir tak memiliki bingkai.

Sekedar info luasnya layar Mix 4, atau bahkan iPhone X sekalipun rasio layar terhadap bodinya hanya memiliki nilai 83%, sedikit lebih kecil dengan Essential Phone yang 85%.

Namun sayang pada layar geser Mix 4 tersebut akan ikut menutupi komponen speaker dan sensor jarak, sehingga dampaknya smartphone tidak akan lagi bisa digunakan untuk menelpon saat kameranya dalam kedaan tertutup.

Alhasil saat pemiliknya memiliki keinginan untuk mengambil foto selfie atau bahkan menelpon sekalipun, maka pasti diharuskan untuk menggeser layar lagi untuk memunculkan kembali komponen-komponen tersembunyi tersebut.

Kelemahan lainnya adalah juga terletak pada dimensi ukuran fisik smartphone yang akhirnya menjadi lebih tebal. Hal ini dikarenakan smartphone tersebut perlu mengakomodir mekanisme pada slidernya.

Dimensi Mix 4 ini memiliki ketebalan 11 mm, tentu akan terlihat lebih besar dibandingkan smartphone modern lain yang umumnya memiliki ketebalan antara 7mm sampai 8mm.

Ada juga informasi bahwa smartphone ini akan dibekali dengan under-display fingerprint scanner yang akan tertanam langsung pada layarnya.

Sebelumnya fitur ini pertama kali digunakan oleh Vivo Apex yang juga pop-up (mekanisme khusus) yang memiliki fungsi untuk menyembunyikan kamera depan smartphone.

Spesifikasi Doogee Mix 4

Doogee MIX 4 review
Image by komputerswiat.pl

Melihat penampilan yang kita lihat pada bagian luar Doogee Mix 4 ini tentu sangat terlihat mewah dan mengesankan. Hal ini dikarenakan body smartphone tersebut telah ditutup dengan bahan metal yang memiliki perpaduan dengan konsep layar Full Screen Display berasio 18:9.

Untuk ukuran layaranya sendiri, smartphone ini memiliki bentangan layar dengan lebar 6.0 inchi yang sudah berteknologi IPS LCD. Adapun resolusi layar tersebut adalah 1080 x 2160 pixels ( Full HD+ ) sehingga akan sangat nyaman saat digunakan penggunanya untuk berbagai keperluan.

Kamera Doogee Mix 4

Smartphone ini memiliki kamera yang berkualitas, sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan gambar berkualitas yang memuaskan.

Hadir dengan kamera belakang ganda dengan resolusi 16 MP + 3 MP, tentu akan membuat kamera tersebut mampu menghasilkan hasil jepretan yang jernih.

Apalagi kamera tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur phase Detection Autofocus serta Dual-LED. Sehingga kamera tersebut tetap akan bisa menghasilkan gambar berkualitas, meski mengambil gambarnya di lokasi yang minim cahaya.

Sementara untuk kebutuhan selfinya, pengguna juga dijamin puas. Hal ini dikarenaka smartphone tersebut telah dilengkapi dengan dual kamera beresolusi 8MP + 8MP sekaligus. Selain menghasilkan gambar berkualitas, pengguna juga akan tetap bisa berselfie ria meski di tempat yang gelap.

Doogee Mix 4 Dapat Standbay Hingga Dua Hari

Memiliki kapasitas daya baterai hingga 5000 mAh, membuat smartphone ini mampu aktif selama 2 hari full saat digunakan secara normal.

Kerennya lagi baterai tersebut juga telah dilengkapi dengan teknologi Fast Charging, sehingga walau berkapasitas besar baterai tersebut dapat diisi daya dengan cepat.

Spesifikasi lengkap Doogee Mix 4

· Harga·         Sekitar Rp 4,0 Jutaan
· Status·         Rumor
· Jaringan·         Jaringan GPRS, EDGE, 3G, 4G LTE

·         HSDPA: 42.2 mbps & HSUPA : 5.76 mbps

·         LTE Cat 6 300/50 Mbps

·         Dual SIM

· Dimensi·         Dimensi :

·         Bahan : Metal

·         LED Notifikasi : Ada

· Layar·         Layar 6.0 inci IPS LCD

·         Resolusi 1080 x 2160 pixels

·         Rasio 18 : 9

·         Kerapatan ~ 424 ppi

·         Full Screen Display

·         Corning Gorilla Glass 5

· OS·         Android v7.0 Nougat
· Prosesor·         Chipset : MediaTek Helio P25

·         CPU : Octa Core 2.5 GHz

·         GPU : Mali-T880 MP2

· RAM·         6 GB
· Memori·         Internal 64 GB

·         Eksternal 256 GB

· Kamera Utama·         Dual 16 + 3 MP

·         Phase Detection Autofocus

·         Dual-LED (dual tone) Flash

·         Video [email protected]

· Kamera Depan·         Dual 8 MP + 8 MP

·         LED Flash

· Sensor·         Fingerprint

·         Accelerometer

·         Proximity

·         Ambient Light

· Warna·         Black

·         Blue

·         Gold

· Baterai·         Li-Po 5000 mAh

·         Non-Removable

·         Fast Charging

Harga Doogee Mix 4

Meski pada tabel spesifikasi di atas ada kisaran harganya. Namun pada dasarnya harga smartphone ini belum diketahui. Terlebih sampai saat ini Doogee Mix 4 sendiri belum belum resmi masuk ke negeri ini, jadi dapat kita simpulkan jika sampai saat ini smartphone ini juga belum ada di Indonesia.

Namun demikian, berdasarkan beberapa informasi yang diperoleh besar kemungkinannya jika nanti smartphone ini akan dijual dengan kisaran harga 4 jutaan.

Kelebihan Doogee Mix 4

  • Memiliki desian full body metal yang dipadukan dengan dengan konsep layar Full Screen Display, tentu membuat smartphone ini terlihat mewah
  • Memiliki layar berukuran 6.0 inci IPS LCD membuat smartphone ini sangat nyaman untuk bermain game apalagi hanya untuk sekedar menonton video.
  • Layarnya sudah Corning Gorilla Glass 5, sehingga pengguna akan terhindar dari kekhawatiran dari hal-hal yang tidak diinginkan pada layarnya tersebut.
  • Dikendalikan dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang terkenal dengan memiliki banyak aplikasi serta berbagai fitur terbaru.
  • Ditenagai oleh Prosesor chipset Mediatek Helio P25 dan CPU Octa Core 2.6 GHz, membuat kehandalan performance smartphone ini tak perlu diragukan lagi.
  • Memiliki RAM 6 GB, sehingga sangat mendukung bagi sobat yang sering menggunakan smartphonenya untuk membuka aplikasi lebih dari satu sekaligus (multitasking).
  • Memiliki memori internal yang sangat besar yaitu 64 GB. Bahkan besarnya kapasitas tersebut dapat diperbanyak lagi dengan memori eksternal hingga 256 GB. Dengan hal ini tentu kebutuhan penyimpanan data penggunanya akan sangat terjamin.
  • Memiliki kamera bekualitas yaitu dual kamera belakang dengan resolusi 16 MP + 3 MP yang sudah dilengkapi fitur Phase Detection Autofocus serta dual-LED ( dual tone ) Flash.
  • Kebutuhan selfie pengguna sangat terjamin dengan hadirnya kamera depan beresolusi 8 MP + 8 MP yang sudah dikung fitur LED Flash.
  • Sudah menggunakan sistem pengaman sensor pemindai sidik jari Fingerprint, sehingga kemanan data pengguna menjadi sangat terjamin.
  • Dengan daya batrai 5000 mAh maka penggunanya bisa mengunakan dalam waktu yang sangat lama, bahkan hingga dua hari full saat digunakan secara normal.
  • Baterainya telah dilengkapi teknologi Fast Charging, sehingga meski kapasitas dayanya sangay besar namun tetap dapat diisi penuh dengan cepat.

Kekurangan Doogee Mix 4

  • Smartphone ini belum memiliki sertifikasi IP68, jadi smartphone ini belum tahan terhadap debu dan air.

Bagi sobat yang ingin melihat secara langsung penampakan smartphone tersebut, silahkan bisa melihatnya pada video berikut ini :


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *