7 Fakta Menarik Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia yang Menggeser Bill Gates

Banyak orang yang belum tahu bahwa saat ini orang yang paling kaya di dunia bukanlah Bill Gates lagi. Kekayaan Bos Microsoft tersebut kini sudah dilengserkan oleh Jeff Bezos, sosok brilliant dibalik suksesnya Amazon.com.

Pada awal tahun ini Bloomberg Billionaires Index (BBI) telah menempatkan beliau sebagai orang terkaya seantero jagat. Ia sudah memiliki kekayaan melebihi Bill Gates berkat konsistensinya membangun Amazon.

Saat ini, jumlah kekayaan Jeff Bezos diperkirakan mencapai Rp 1.360 Triliun sementara Bill Gates hanya sekitar Rp 1.238 Triliun.

Berkat perkembangan dunia internet yang begitu pesat, Amazon lambat laun menjadi raksasa e-commerce terbesar di dunia.

Fakta Menarik Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia Saat Ini

1. Sejak Kecil Sudah Menyukai Dunia IT

Sosok Jeff Bezos ternyata sudah memiliki ketertarikan terhadap teknologi semenjak dia masih kecil. Kala itu, ia sering membongkar peralatan elektronik yang ada di rumahnya.

Pernah suatu ketika, Jeff membongkar alarm orangtuanya karena penasaran terhadap kinerja alam tersebut.

Namun bukannya mendapat jawaban, dia malah dimarahi orangtuanya karena alarm yang dibongkar tidak bisa dipasang seperti semula.

Loading...

Rasa sukanya terhadap teknologi mungkin terinspirasi dari kakeknya yang kebetulan bekerja sebagai Direktur Regional Komisi Energi Atom Amerika Serikat. Kakek Jeff benar-benar memberi pengaruh besar terhadapnya tentang teknologi.

Lambat laun, ia tumbuh menjadi seorang remaja yang ambisius. Ia bahkan sempat berhasil merakit robot dan alarm sebagai tanda keamanan untuk kamar dua saudaranya. Sungguh amazing!

2. Sering Pindah Jurusan saat Kuliah

Karena kesukaannya pada dunia teknologi, ia kemudian melanjutkan studi di Palmetto Senior High School lalu bergabung dengan kelompok belajar Student Science Training Program yang diprakarsai oleh Universitas Florida.

Setelah menamatkan belajarnya di SMA, ia kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Princeton dengan mengambil program studi Fisika.

Tetapi, ia akhirnya merasa bahwa prodi yang dipilihnya itu tidak sesuai dengannya. Jeff kemudian lanjut pindah jurusan dan mengambil jurusan Ilmu Komputer.

Setelah menjalani masa-masa perkuliahan, ternyata ia sangat cocok dengan jurusan ini karena ia bisa lebih mendalami seluk-beluk teknologi. Dari sini, bakat dan passionnya mulai terasah menjadi semakin tajam.

Ilmu yang ia pelajari saat duduk dibangku kuliah inilah yang membuatnya menjadi orang terkaya di dunia saat ini. Tentu, tidak ada yang menyangka bahwa dia akan menjadi seseorang yang keren seperti ini.

3. Sempat Jadi Karyawan di Beberapa Perusahaan Teknologi Ternama

Setelah ia lulus dengan predikat cum laude dari Universitasnya, ia kemudian bekerja di Wall Street yang menangani berbagai hal berbau komputer.

Tak lama setelah itu, ia akhirnya bekerja di Fitel, sebuah perusahaan yang fokus menangani pembangunan jaringan perdagangan internasional.

Selanjutnya, ia akhirnya bekerja di perusahaan Banker Trust dimana ia dipercaya untuk mengembangkan aplikasi nasabah dana pensiun.

4. Resign dari Jabatan Tinggi untuk Membangun Amazon.com

Orang terkaya di dunia ini juga pernah menjadi wakil direktur termuda ketika dirinya berusia 26 tahun. Ia dipercaya memegang arah perusahaan investasi dan teknologi DE Shaw & Co.

Akan tetapi, jabatan yang tinggi itu belum bisa ia banggakan. Ia malah memilih resign dan menjadi seorang pengusaha.

Keputusan resign dari perusahaan ternama itu tentu memiliki sebab. Ia ternyata melihat peluang emas terhadap perkembangan teknologi yang bernama Internet.

Pada 1994, ia akhirnya membuat e-commerce pertama yang dinamai Amazon.com. Awalnya, situs Amazon menjual berbagai buku secara online.

Namun seiring berjalannya waktu, e-commerce tersebut semakin berkembang hingga menjadi raksasa seperti ini. Kini Amazon bukan hanya menjual buku saja melainkan produk yang bermacam-macam bahkan ada juga yang aneh-aneh.

5. Kantor Amazon Pertama adalah Garasi Rumahnya Sendiri

Fakta Menarik Jeff Bezos
Amazon first office

Siapa yang menyangka perusahaan besar ini dulunya berawal dari garasi rumah.

Berkat ide dan gagasannya, ia kala itu membangun situs Amazon.com di garasi rumahnya. Berangkat dari kecintaannya terhadap dunia teknologi, ia akhirnya bisa berhasil membangung kerajaan bisnisnya dengan baik.

Terbukti, ia saat ini benar-benar menjadi orang terkaya di dunia.

6. Salip Menyalip Menjadi Orang Terkaya di Dunia dengan Milyarder Lainnya

Bos besar Amazon ini juga ternyata sering salip menyalip menjadi orang terkaya dunia bersama dengan milyarder lainnya. Pada tahun 2016 yang lalu, jumlah kekayaan Jeff Bezos mencapai US$ 66,5 milyar menurut Forbes. Setidaknya, beliau ini mendapat predikat orang terkaya ketiga setelah Bill Gates dan Amancio Ortega.

Selanjutnya pada 2017, Jeff Bezos pernah melengserkan keduanya hingga dirinya menjadi orang terkaya di dunia. Namun, panggung orang terkaya sejagat itu tidak berlangsung lama. Bill Gates kembali menggeser Jeff.

Nah, pada awal tahun ini ternyata Bloomberg Billionares Index menetapkan dirinya menjadi orang terkaya di dunia tahun 2018 dengan jumlah kekayaan US$ 101 Milyar atau sekitar Rp 1.360 Triliun.

Berdasarkan index kekayaan tersebut, Bill Gates menempati urutan kedua dengan kekayaan US$ 92 Milyar atau sekitar Rp 1.228 Triliun.

Selanjutnya ada Warren Buffet di posisi ketiga dengan total kekayaan sekitar US$ 84,4 Milyar atau sekitar Rp 1.131 Triliun.

Ngeri-ngeri sedap ya, kalau kamu punya uang segitu banyaknya kira-kira mau buat apa?

7. Selalu Berinovasi dan Memiliki Gagasan yang Tinggi

Jeff Bezos merupakan salah satu orang yang memiliki kepribadian untuk selalu maju dalam hidupnya. Ia selalu berinovasi untuk menciptakan produk-produk terbaru.

Salah satu inovasi beliau yang juga harus kita lirik adalah rencana besarnya membangun wisata luar angkasa.

Perencanaan ini bukan main-main, ia sangat serius menggagas proyek ini dengan membentuk perusahaan bernama Blue Origin khusus untuk penerbangan luar angkasa.

Kalau terwujud, maka ia akan menjadi pesaing resmi dari perusahaan SpaceX yang digagas oleh Elon Musk. Pada Februari tahun 2017, SpaceX ternyata sudah berhasil mendaratkan roket pertamanya di bulan.

Baca juga:

Itulah beberapa fakta menarik tentang Jeff Bezos, bos besar Amazon yang saat ini menduduki kursi orang paling kaya di dunia. Semoga kisah sepak terjang beliau bisa menginspirasi kita semua untuk sukses menjalani kehidupan.

Mungkin ada sebagian dari kita yang menganggap bahwa hidup itu jangan memikirkan uang, uang itu tidak dibawa mati. Memang benar uang tidak dibawa mati, namun kalau tidak punya uang hawanya kepengin mati aja. Iya gak?

Di jaman yang sekarang ini, kita tidak boleh mengklaim uang dengan begitu entengnya. Setidaknya mindset kita harus dirubah dari yang tadinya suka nyinyir menjadi sadar bahwa kita juga butuh uang untuk menjalani kehidupan.

Toh kalau kita punya uang berlebih, kita bisa gunakan untuk berbagi kepada banyak orang.



Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

  1. Memang dasarnya sudah pembisnis walaupun dengan seadanya lalu menciptakan ide dan berkembang. Jadilah orang terkaya di dunia. terimakasih atas kisa inspiratifnya 🙂