Gaming PC Build Up Vs Rakit Sendiri

Gaming PC Build Up Vs Rakit Sendiri, Manakah yang Lebih Baik?

Gaming PC Build Up (Pre-Built) Vs Rakit Sendiri (Building your own) – Di tahun-tahun ini harga untuk komponen PC semakin lama semakin mahal. Dimulai dari RAM Shortage (Krisis RAM) dikarenakan Smartphone yang semakin marak membuat harga RAM naik menjadi dua kali lipat. Kartu Grafis adalah komponen lain yang juga sedang naik harganya akibat Cryptocurrencies.

Naiknya Harga RAM dan Kartu Grafis

PC Build Up
Source: Logicalincrements

Tahun 2016-2017 yang lalu kita bisa membeli RAM 8GB Dual Channel kit dengan harga kurang dari 800Rb namun sekarang? Untuk 4x2GB DDR4 kamu harus rela membayar sebesar 1.5Juta rupiah.

Sedangkan untuk kartu grafis, Kamu bisa membeli 1050 Ti dengan harga kurang dari 2 Juta dan GTX 1060/RX 480 dengan harga kurang dari 4 Juta. Namun sekarang harga Kartu Grafis tersebut sudah melonjak.

Untuk GTX 1050 Ti kamu harus rela membayar sampai 3 Juta rupiah dan untuk RX 480/1060 harganya sudah mencapai hampir 5 Juta bahkan 6 Juta.

BacaPanduan Lengkap Untuk Membeli VGA (Kartu Grafis)

Akibat kejadian tersebut kebanyakan orang mulai bertanya-tanya bagaimana caranya untuk mendapatkan Performa dan kualitas yang sebanding dengan uang yang mereka keluarkan.

Di mulai dari membeli komponen second atau order dari situs wholeseller luar negeri. Namun yang paling sering menjadi perdebatan adalah PC Pre-Built atau Build Up.

Di indonesia banyak yang menjual PC Rakitan/Sudah jadi/Pre-Built/Build Up di mulai dari penjual besar seperti Digi*** Al**** dan Toko Komputer kecil lainya. Harga yang mereka tawarkan terkadang lebih murah dari rakit sendiri walaupun paling cuma tidak seberapa bedanya.

Loading...

Untuk situs luar negeri seperti Cyberp**** atau ibuyp**** menawarkan PC Pre-built/Build up dengan harga yang sangat murah.

PC Build Up Luar Negeri

PC Build Up
Source: maingear

Untuk PC berspesifikasi i5 8400,8GB RAM,1TB HDD, RX 580 4GB, PSU, CASE dan Keyboard/Mouse hanya dibandrol dengan harga $730 yang jika di rupiahkan sekitar 11 Juta.

Jika kita rakit sendiri dengan spesifikasi yang sama harga bisa sampai 15-18 Juta Rupiah. Tapi jika kita beli dari Indonesia maka kita harus membayar pajak, dan lain-lain sehingga biaya total yang dikeluarkan mungkin akan sama dengan merakit sendiri.

Akan tetapi Cyberp**** dan ibuyp**** terkenal sangat buruk karena menggunakan komponen-komponen kualitasnya rendah. Jadi ya simalakama juga sih jika di pikir-pikir.

Namun di Indonesia, PC Build Up/Pre-Built ini harganya tidak jauh beda jika dibandingkan dengan merakit sendiri. Tidak hanya itu, PC Rakitan di Indonesia juga sangat berbahaya dan lebih baik untuk merakit sendiri dibanding membeli PC Build Up.

Di artikel ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dalam membeli PC Build Up vs Merakit Sendiri.

Kekurangan Membeli PC Build Up/Pre-Built

1. Spesifikasi Yang Tidak Jelas
Source: Ytimage

Jika kita ingin membeli sesuatu terutama elektronik seperti Komputer atau Smartphone, yang pertama kita pentingkan adalah Spesifikasi nya betul tidak?

Apa Processor yang di pakai?, Berapa kapasitas RAM nya?, Apa VGA yang di pakai? dan lain-lain.

Namun sering sekali penjual tidak mencantumkan Detail Spesifikasi secara lengkap dan rinci. Contoh nya saja terkadang mereka hanya mencantumkan nama parts nya seperti:

  • i7 3.6GHz,
  • H310 Mobo,
  • 1TB HDD,
  • VGA Nvidia 4GB
  • Dan yang paling sering men-trigger saya adalah PSU PURE 450 Watt+.

i7 3.6GHz yang mana? H310 merek apa? 1TB HDD merek apa? Nvidia 4GB yang mana? PSU 450 Pure yang mana serinya? Hal tersebut sangat sering terjadi terutama jika penjual nya memang minim pengetahuan atau sengaja melakukanya untuk menipu orang awam.

Penjual besar seperti Digit** all**** juga sama, Mereka sering sekali tidak mencantumkan merek VGA, RAM, HDD dan PSU yang di pakai. Hal tersebut tidak hanya terjadi di indonesia lho, Di luar juga sangat sering terjadi.

Mencantumkan Spesifikasi komponen komputer itu harus lengkap dan jelas karena akan mempengaruhi kualitas dan performa komputer tersebut.

Contoh yang benar:

  • i3 8100
  • Asus Rog Strix B360-I Gaming Motherboard
  • Corsair DDR4 Vengeance LPX PC21000 8GB (2X4GB) – CMK8GX4M2A2666C16
  • 1TB WD Blue 5400RPM SATA3
  • Asus ROG Strix Nvidia GTX 1060 3GB
  • Seasonic Focus 550Watt 80+ Gold, Dll

Terdapat beberapa alasan mengapa penjual tidak mencamtukan Spesifikasinya secara lengkap. Alasan pertama karena memang penjual minim pengetahuan/tidak tahu. Alasan kedua adalah mereka sengaja melakukanya untuk menipu orang awam.

Sebagai contoh orang awam tahunya i7 itu pasti bagus, Namun terdapat beberapa generasi i7.
Contoh i7 yang dimiliki oleh penjual adalah Generasi pertama i7-810 yang sudah sangat ketinggalan.

Karena takut pembeli akan bertanya-tanya/googling kode seri tersebut maka penjual memilih untuk tidak mencantumkanya secara lengkap.

Karena sangat banyak orang awam/termasuk kita juga yang tanpa pikir panjang langsung membeli suatu produk tanpa me-research nya terlebih dahulu dan menyesal di akhir.

Maka dari itu hati-hati jika ingin membeli PC Build Up, Tanyakan secara detail dan jika ada yang janggal maka jangan di beli.

2.Tidak Bisa Bebas Memilih Komponen

Jika kamu membeli PC Build Up/Pre-Built maka komponen PC tersebut tidak dapat di ubah/di ganti sebelum dibeli. Memang kamu bisa memilih sesuka kamu namun terkadang meskipun spek yang lain sudah pas tapi pasti terdapat spek/komponen yang tidak sesuai selera kamu dan itu tidak bisa di ganti.

3. Komponen yang Digunakan Berkualitas Rendah

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa terkadang PC Build Up lebih murah harganya?

Alasan pertama karena mereka memesan komponen nya langsung dari wholeseller/pabrik dalam jumlah besar. Maka dari itu harganya lebih murah, Namun di skenario tertentu mereka juga akan menggunakan komponen yang rendah kualitasnya agar lebih menghemat biaya.

PC Build Up terutama Gaming PC rata-rata menggunakan komponen berkualitas rendah untuk menghemat pengeluaran. Sebagai contoh setiap produk mempunyai penamaan yang menentukan kelas produk tersebut walaupun model nya sama.

Contoh MSI/Asus mempunyai penamaan untuk VGA mereka seperti Gaming X, Armor, Dual OC, ROG Strix, Dll meskipun sebagai contoh sama-sama RX 480 kualitas komponen dan performa yang di berikan akan berbeda.

Para penjual biasanya menggunakan kelas yang paling rendah contoh RX 480 Armor 4GB atau bahkan versi referrence untuk menghemat biaya dan hanya mencantumkan Amd RX 480 di halaman spesifikasi.

Tidak hanya VGA saja, Komponen lain seperti RAM, HDD, MOBO dan PSU atau bahkan AIO pun juga sama. Makanya tidak heran jika mereka hanya mencantumkan model nya saja seperti GTX 1050 Ti, H310 Mobo, 8GB DDR4 4x2GB, 450Watt PSU, Dll dan tidak mencantumkan nya secara lengkap seperti merek dan serinya.

Karena jika pembeli tahu bahwa komponen yang mereka gunakan itu jelek maka produk mereka tidak akan laku, Betul tidak?

Jika ada yang menjawab ” Tidak! kamu juga bisa kok mencari PC Build up yang bagus komponen nya”.

Ya kamu memang bisa, Namun pertanyaanya di sini jika komponen yang digunakan itu memang benar-benar bagus mengapa tidak dicantumkan secara lengkap dan rinci? Akankah kamu dirugikan jika memang barang yang kamu punya itu bagus?

4. Suka Koar-Koar Gimmick Untuk Menarik Pembeli
Source: PCHelpersIndonesia

Buat yang belum tahu apa itu Gimmick, Gimmick singkatnya adalah sesuatu yang digunakan untuk menarik para pembeli. Sering nya Gimmick digunakan sebagai trik/mengelabuhi para pembeli agar tertarik untuk membeli produk dari mereka.

Gimmick yang sering digunakan penjual Indonesia untuk Gaming PC biasanya. Kuat GTA V, Kuat PUBG Lancar jaya no lag, Dll padahal kuat nya sendiri itu tidak jelas. Kuat di resolusi berapa? Settingan Graphics apa? FPS nya dapat berapa? Stabil atau engga FPS nya? Average FPS yang didapat berapa?

Untuk yang sudah master tentang dunia PC Gaming pasti Gimmick tersebut sudah tidak mempan. Bahkan pasti kita malah akan tertawa Namun untuk para Newbie ini bisa menjadi hal yang sangat berbahaya. Sering sekali saya melihat Penjual di forum jual beli yang berhasil menipu para Newbie.

Oleh karena itu jangan terburu-buru dalam membeli sesuatu, Tanyakan kepada yang lebih tau sebelum membeli agar tidak menyesal di akhir.

Do your research, Be Smart!

5. Mengabaikan Komponen Penting Lainya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, PC Build Up sering sekali mengabaikan komponen penting lainya.

Sebagai contoh suatu PC Build Up mungkin memakai Core i7 8700 dan GTX 1060 6GB namun menggunakan Mobo murah seperti H310, RAM murahan, HDD murahan, Case murahan, SSD murahan atau bahkan PSU murahan (No!!). Intinya asal PC nyala dan bisa digunakan saja.

Mereka melakukanya untuk menghemat biaya pengeluaran, Kenapa?

Karena orang awam akan melihat PC tersebut mempunyai Core i7 8700 dan GTX 1060 6GB yang jika di bilang termasuk komponen kelas atas.

Namun orang awam tidak akan melihat komponen lain yang digunakan karena sudah terbius dengan i7 8700 dan GTX 1060, Intinya ya Gimmick lagi Gimmick lagi.

Sering saya melihat PC Build Up dengan spek tinggi contoh:

  • i5 8400
  • Random H310 Mobo
  • 16GB RAM
  • GTX 1070

Namun di scroll ke bawah PSU yang digunakan Corsair VS, FSP Hexa+, Gamemax, Segotep, Dll

Jangan pernah mengorbankan PSU demi komponen lain karena PSU termasuk komponen yang sangat vital dan penting. PSU murahan tidak hanya akan memendekan umur komponen lain Tapi juga membuat performa tidak stabil dan tidak dilengkapi mekanisme keamanan yang lengkap.

Akibatnya PSU bisa gagal dan konslet/meledak sewaktu-waktu dan berdoalah agar komponen lain tidak ikut rusak saat itu terjadi atau tidak membakar rumah kamu.

PSU termasuk komponen paling futureproof yang artinya paling jarang untuk di upgrade. Jika kamu membeli PSU yang bagus dari awal, Kemungkinan kamu tidak perlu membeli PSU lagi sampai 5 tahun kedepanya.

Kelebihan Membeli PC Build Up/Pre-Built

1. Garansi dan Technical Support

Jangan heran jika PC Build Up harganya lebih mahal walaupun menggunakan komponen yang rendah kualitasnya. Hal tersebut dikarenakan PC Build Up dilengkapi dengan Garansi dan Technical Support.

Jika terjadi masalah pada PC Build Up yang kamu beli, Kamu tidak perlu repot untuk memperbaikinya sendiri atau membawanya ke tempat servis. Cukup telefon/datang ke tempat dimana kamu membeli maka mereka akan memperbaikinya.

2. Simpel

Merakit PC itu tidaklah mudah apalagi untuk orang yang masih awam, Merakit PC bisa sangat merepotkan dan membingkan bagi mereka.

Dengan membeli PC Build Up kamu tidak perlu repot-repot untuk mencari komponen, belajar atau merakit nya sendiri. Cukup sediakan uang, Datang ke tempat yang menjual PC Build Up, Pilih dan beli PC tersebut, Selesai.

Kekurangan Merakit PC Sendiri

1. Repot

Merakit PC sangatlah rumit, Merakit nya sih gampang namun memilih komponen yang tepat itu yang sulit.

Ada beratus-ratus komponen PC dan tiap-tiap komponen memiliki generasi dan arsitektur yang berbeda. Hal tersebut mempengaruhi Performa, Stabilitas, Fitur dan Kualitas komputer kita nanti.

Tidak hanya itu setiap komponen juga memiliki soket yang berbeda dan tidak akan kompatibel jika digunakan untuk soket yang tidak sesuai. Belum lagi memilih komponen yang seimbang performanya agar tidak terjadi Bottleneck.

Pokoknya repot dan jika kamu tidak mempunyai ilmu pengetahuan tentang PC sama sekali maka kamu akan tersesat.

2. No Technical Support

Jika terjadi masalah pada PC yang kamu rakit maka tidak ada cara lain selain membawanya ke tempat servis untuk mencari tahu penyebabnya.

Kamu juga bisa memperbaikinya sendiri jika kamu punya ilmunya. Memang repot namun dari situlah kamu bisa mengetahui cara memperbaiki PC dan siapa tau bisa menambah ilmu pengetahuan kamu tentang PC.

Kelebihan Merakit Gaming PC Sendiri

1. Kebebasan Dalam Memilih Komponen

Jika kamu memutuskan untuk merakit PC sendiri maka kamu bebas untuk memilih komponen-komponen yang akan digunakan, Sehingga kamu tidak menghabiskan uang untuk suatu komponen/fitur yang tidak akan kamu manfaatkan nantinya.

2. Kualitas Komponen yang Lebih Bagus

Tidak mau membayar lebih untuk komponen murah demi garansi dan technical support?
Rakit PC kamu sendiri, Dengan begitu kamu dapat memilih dan menyeleksi komponen yang akan kamu gunakan.

3. Rakit Sesuai Selera

Seperti yang sudah dijelaskan, Dengan merakit sendiri kamu mempunyai kebebasan untuk memilih komponen yang akan kamu gunakan.

Dimulai dari Processor, RAM, VGA, Dll dan terutama Case agar kamu dapat menyesuaikan bagaimana Gaming PC kamu akan terlihat nanti.

Ditambah lagi komponen PC yang sekarang sudah dilengkapi RGB lightning seperti RAM, Fans, AIO, PSU (Seriously?), atau bahkan SSD (Saya ga bercanda). Dengan begitu kamu bebas menentukan Desain, Estetika dan Penampilan Gaming PC kamu nantinya.

4. Lebih Murah

Lebih murah disini artinya kamu bisa mendapatkan performa dan kualitas yang sebanding dengan uang yang kamu keluarkan daripada membeli PC Build Up yang Tips Merakit Gaming PC 2018harganya lebih mahal dikarenakan garansi dan technical support.

BacaTips Merakit Gaming PC 2018

Penutup

Bisnis tetaplah bisnis, Jika kita menjalankan suatu bisnis sudah pasti kita ingin untung. Maka tidak lagi mengherankan jika suatu individu mencoba untuk merauk keuntungan sebanyak-banyaknya dengan berbagai cara.

Akan tetapi tidak semua PC Build Up/Pre-Built itu buruk, Terkadang ada yang memberikan performa dan kualitas yang sebanding bahkan lebih baik daripada merakit sendiri. Cuma sulit untuk menemukanya maka dari itu do your research sebelum membeli.

Kita adalah seorang pembeli/consumer, Maka sikap kita harus seperti Consumer dan bukan hanya sekedar Consumer tapi Consumer cerdas yang berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang sebanding dengan uang yang kita keluarkan.

Merakit Gaming PC memang sulit apalagi dalam pemilihan komponen. Tapi jika kamu rela belajar maka tidak ada yang tidak mungkin.

Jika kamu mempunyai pertanyaan atau ingin meminta petunjuk dan saran kamu bisa Join Group PC HELPERS INDONESIA di Facebook. Admin/Mod/Member siap membantu.

Sekian dari saya terima kasih sudah membaca 😀 Share artikel jika berkenan.



Loading...

Bagikan

Penulis

Averyzalia
Averyzalia
Penulis artikel bertema Tech, Personal Computer dan PC Gaming mulai dari level dasar hingga mendalam.
I am here to EDUCATE you.
Averyzalia

Penulis

Penulis artikel bertema Tech, Personal Computer dan PC Gaming mulai dari level dasar hingga mendalam. I am here to EDUCATE you.

Komentar

    edwardusrodin

    ( - 08:56)

    sip mantap, sekali kali buat artikel ttang mini pc gaming, dan cara merakitnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *