Internet

Geopark Ciletuh, Wisata dengan Pemandangan Geopark di Sukabumi, Jawa Barat

Wisata Geopark Ciletuh – Pembaca pasti sering mendengar tentang tempat ini tetapi saya yakin masih banyak pastinya dari para pembaca yang belum datang kesini dengan berbagai alasan seperti jarak yang jauh, waktu yang tidak memadai atau sarana yang tidak mendukung.

Tetapi tidak usah takut, saya akan memberikan penjelasan mulai dari perjalanan ke tempat ini sampai perbekalan yang harus disiapkan jika nanti pembaca siap datang ke Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa barat.

Baca jugaBerlibur Akhir Pekan? 5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Bisa Jadi Destinasi yang Menyenangkan

Perjalanan menuju Geopark Ciletuh

Persiapan yang harus dilakukan untuk perjalanan ke lokasi, jika anda pengguna motor maka saran utama seperti jaket, helm, sepatu beserta persiapan obat-obatan ringan harus disiapkan.

Begitu pula untuk pengendara mobil dengan kelengkapan yang tentunya lebih komplek, karena untuk warga Sukabumi sendiri jarak antara Kota Sukabumi ke Geopark Ciletuh mencapai sekitar 60 Km.

Dengan perkiraan waktu tempuh 3 sampai 4 jam, maka pembaca tinggal tambahkan waktu perjalanan jika pembaca dari luar kota Sukabumi.

Rekomendasi Jalan menuju Geopark Ciletuh

Loading...

Ada tiga jalan menuju lokasi ini, tetapi dua diantaranya tidak saya jamin bahwa kenyamanan pembaca untuk menikmati perjalanan berjalan lancar.

Seperti yang terlihat pada gambar, adalah kondisi salah satu jalan menuju Geopark Ciletuh.

Saya rekomendasikan adalah ke arah Pelabuhanratu dan menuju Jembatan Bagbagan. Walaupun agak jauh tetapi bisa menggunakan jalur ini, seperti pengendara motor bisa menikmati jalanan aspal yang mulus.

Harga Home Stay di Geopark Ciletuh

Jika pembaca kelelahan akibat perjalanan panjang menuju Geopark Ciletuh dan bingung untuk beristirahat, bisa mencari sebuah homestay. Disini untuk mencari hotel sangatlah sulit, karena masih ketat dengan adat perkampungannya.

Tetapi pembaca tidak usah khawatir, karena para warga disini mempunyai inisiatif menyewakan tempat tinggalnya untuk kita tinggali.

Homestay dengan harga perkamar tidak lebih dari Rp 300.000 bisa kita sewa, dan harga tersebut bisa kita nego karena bukan merupakanharga flat atau sebuah patokan harga.

Objek Wisata Geopark Ciletuh dengan Jalur Kendaraan Darat

eopark Ciletuh
Curug Cimarinjung via travel.detik.com (Mukhlis)

Sebenarnya ada banyak objek wisata di Geopark Ciletuh ini, tetapi saya merekomendasikan untuk pembaca 7 diantaranya yang bisa ditempuh dengan kendaraan sendiri.

Diantaranya adalah Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Curug Sodong, Curug Cikanteh, Panenjoan dan Curug Awang.

Perlu diingat bahwa jarak satu objek wisata ke objek wisata yang lain tidaklah dekat, tetapi juga tidak terlalu jauh.

Butuh waktu perjalanan 10 menit sampai 30 menit, jadi pembaca harus mengatur strategi agar bisa mengunjungi semua lokasi.

Objek Wisata dengan Jalur Perahu

Geopark Ciletuh
Pulau Mandra via http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org (FOTO: RON AGUSTA)

Selain jalur darat, ternyata Geopark Ciletuh mempunyai objek wisata menggunakan jalur pantai dengan menggunakan perahu

Tentunya sangat disayangkan sekali bagi pembaca apabila sudah jauh-jauh kesini tetapi tidak bisa melihat objek wisata berupa pulau-pulau kecil ini.

Disini aterdapat 4 pulau kecil yang yang sangat menarik untuk dikunjungi seperti Pulau Karang Daeu, Pulau Manuk, Pulau Kunti, dan Pulau Mandra

Biaya atau ongkos untuk sewa perahu kisaran Rp. 1.000.000 dan bisa digunakan sepuasnya untuk maksimal 11 Orang. Harga ini tentunya masih bisa ditawar, tergantung pemilik perahu sendiri.

Kesimpulan

Jika pembaca berminat mengunjungi Geopark Ciletuh, sebaiknya mempunyai waktu yang agak panjang. Karena jika waktu pembaca hanya sedikit, maka semua kenikmatan alamnya tidak akan bisa Anda rasakan.

Saya sarankan, setidaknya punya waktu minimal 3 hari.

  • Hari pertama untuk perjalanan dengan menikmati pemandangan jalur darat
  • Hari kedua menikmati pulau-pulau kecil dijalur laut.
  • Hari ketiga sebelum pulang, bisa dipergunakan untuk menikmati tempat-tempat yang belum terkunjungi di obyek wisata Geopark Ciletuh.

Itulah rekomendasi saya untuk para traveling mengenai obyek wisata Geopark Ciletuh di Sukabumi, Jawa Barat.

Dokumentasi foto : (Rahmaliza/d’Traveler), travel.detik.com, ciletuhpalabuhanratugeopark.org



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis Novel yang belum mendapatkan kepercayaan dari Publisher tetapi tidak memutuskan semangat juang. Sekarang mencoba untuk berkontribusi dibidang artikel bertemakan games, travel, teknologi, dll. Jika kalian berminat silahkan kunjungi cahayapurnama819801588.wordpress.com. Semoga yang kalian cari ada disana :D

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *