InternetTekno

Google Peringatkan Aplikasi Xiaomi yang Satu Ini, Pengguna Waspada!

Waspadai Aplikasi Xiaomi Yang Satu Ini – Xiaomi Custom Skin MIUI telah menerima berbagai macam kritikan dari para penggunanya. MIUI di anggap terlalu mendorong advertisement melewati aplikasi pre-loaded yang terinstal.

Sampai-sampai Xiaomi sendiri turun tangan dengan menambahkan fitur untuk menghilangkan Ads di MIUI 10 & MIUI 11 pada bulan September lalu.

Namun kali ini, salah satu aplikasi milik Xiaomi kabarnya telah di block oleh Google Play Protect karena dituduh akan mengkoleksi data pribadi untuk tujuan advertisement.

Xiaomi Quick Apps tidak tersedia di PlayStore

Aplikasi tersebut adalah Xiaomi Quick Apps. Berita tersebut datang dari beberapa pengguna smartphone Xiaomi yang melaporkan bahwa mereka menerima pesan peringatan saat meng-update Quick Apps.

Aplikasi tersebut di tahan oleh Google Play Protect dengan pesan peringatan “This app can collect data that could be used to track you.“. Artinya App ini dapat mengambil data yang bisa digunakan untuk melacak anda.

Sedangkan aplikasi Quick Apps sendiri sudah di pre-installed di semua smartphone Xiaomi dan Redmi yang membuat penggunanya tidak bisa meng-uninstal aplikasi tersebut.

Walaupun Quick Apps tidak tersedia di PlayStore, Google Play Protect tetap bisa memindai aplikasi tersebut untuk mencegah malware di smartphone yang mempunyai Google Play Services.

Quick Apps sendiri memang membutuhkan beberapa perijinan pengguna seperti Kalender, Kamera, Kontak, Lokasi, Storage, IMEI, file kredensial pengguna dan bahkan bisa merekam video dan audio juga.

Laporan baru juga mengatakan bahwa aplikasi tersebut akan mengumpulkan semua informasi secara temporer di Storage dan akan meng-unggahnya secara otomatis.

Sepertinya Xiaomi memang masih belum kapok walaupun telah menerima beberapa kritik dari para konsumernya.

Baca juga17 Aplikasi Berbahaya yang Ada di App Store, Ini Daftarnya

Sebelumnya, Aplikasi Quick Apps sendiri tidak pernah di blok oleh Google Play Protect. Namun aplikasi tersebut di blok saat user menginstal update versi V.1.3.0.0

Maka dari itu, jika kamu adalah salah satu pengguna smartphone Xiaomi, diharapkan untuk selalu waspada.

Kamu tetap bisa menginstal aplikasi Quick Apps tersebut namun tentunya resiko di tanggung oleh pihak masing-masing.


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close