Dunia InternetTekno

Group Video Calling WhatsApp Dapat Melakukan Video Calling dengan 4 Orang Atau Lebih

Group Video Calling WhatsApp – Seperti kita tahu bersama, bahwa sejak pertengahan November 2016 silam, pengguna WhatsApp di Indonesia sudah bisa menikmati layanan video call di aplikasi tersebut. Dengan adanya fitur ini tentu sangat menguntungkan bagi para pengguna.

Hal ini dikarenakan pengguna dapat melakukan panggilan video tanpa khawatir pulsanya akan terpotong banyak, terutama jika pengguna menggunakan fasilitas wifi.

Cara Melakukan Video Calling WhatsApp

Video calling WhatsApp, merupakan layanan video calling yang dapat dinikmati baik oleh pengguna Android maupun pengguna iOs. Hanya saja ada sedikit perbedaan baik dari segi penampilan maupun cara menggunakannya.

Baca JugaKisah Sukses Pendiri WhatsApp “Jan Koum” : Aplikasi Instant Messaging yang Digunakan Seluruh Masyarakat Dunia

Pada versi Android, video calling WhatsApp dapat dilakukan dengan cara menekan tombol ikon telepon yang berada di pojok kanan atas pada nama kontak. Umumnya setelah tombol tersebut ditekan, maka akan muncul pilihan Voice Call dan Video Call.

Maka langkah selanjutnya yang harus  kita lakukan untuk menikmati video calling WhatsApp ini, adalah tinggal menekan Video Call.

Group Video Calling WhatsApp

Lain halnya dengan versi iOs. Dalam versi ini di atas nama kontak sobat akan dapat melihat dua ikon yang tersedia di pojok kanannya.

Loading...

Dalam ikon tersebut menampilkan gambar video dan yang satunya lagi adalah gambar gagang telpon. Maka jika sobat ingin melakukan panggilan video, silahkan tekan ikon video tersebut. Sementara ikon gagang telponnya sobat bisa gunakan jika hendak menggunakan telpon, hanya dengan suara saja.

Jadi secara singkat langkah-langkah melakukan video calling WhatsApp adalah sebagai berikut :

  • Pilih kontak yang ingin dihubungi dari daftar kontak WhatsApp yang ada
  • Tekan tombol video call yang letaknya telah dibahas di atas.

Baca JugaCara Menggunakan Whatsapp Di Laptop Tanpa BlueStacks

Group Video Calling WhatsApp

via nanluck.org

Bisa sobat bayangkan, jika seandainya kita melakukan group video calling WhatsApp, layaknya kita melakukan panggilan suara yang disambungkan ke beberapa orang.

Tentu akan sangat menyenangkan, terlebih jika orang-orang yang ada dalam group video calling WhatsApp tersebut, adalah mereka-mereka sahabat atau saudara-saudara kita yang jarang bertemu karena terpisah jarak yang sangat jauh.

Baca JugaWhatsApp Live Location, Bisa Melacak Lokasi Teman Secara Real time

Sudah sejak lama, kabar beredarnya group video calling WhatsApp ini akan bisa segera dinikmati, namun kepastiannya belum juga ada.

Namun pada Selasa 1 Mei kemarin CEO Facebook, Mark Zuckerberg, disela-sela acara kumpul developer tahunan “F8”, yang diadakan di San Jose, Amerika Serikat, sesumbar jika Group Video Calling WhatsApp akan segera hadir.

Fitur Group Video Calling WhatsApp

Sesuai namanya, Group Video Calling ini memungkinkan pengguna WhatsApp dapat menikmati percakapan tatap muka dengan lebih dua orang melalui aplikasi tersebut.

Dengan adanya Group video calling WhatsApp ini, maka fitur video calling yang semula sifatnya hanya interpersonal (dua arah), maka dengan menggunakan fitur group ini akan dapat menyatukan setidaknya 4 orang atau lebih.

Dimana masing-masing orang tersebut dapat saling bertatap wajah dan mengobrol pada aplikasi WhatsApp, sekali pun jarak mereka semuanya saling berjauhan.

Mark Zuckerberg mengklaim jika fitur video calling yang saat ini cuma bisa berdua saja sudah sangat populer. Dirinya berharap fitur group video calling akan bisa dimanfaatkan maksimal oleh para pengguna.

Pengguna WhatsApp diklaim telah menghabiskan 2 miliar menit untuk memanfaatkan fitur Video Calling. Jika fungsinya ditambah untuk panggilan grup, semestinya waktu yang dihabiskan pengguna bisa lebih banyak.

“Group Video Calling akan jadi cara baru untuk orang-orang terkoneksi secara privat dengan teman-teman dekat, grup, dan bisnis,” terangnya, sebagaimana dilansir dari Kompas.com, (2/5/2018).

Pada dasarnya group video calling ini bukanlah ide orisinil dari WhatsApp. Sebab fitur ini sudah cukup familiar di layanan lainnya, seperti Line dan Skype.

Mark Zuckerberg juga mengatakan, selain group video calling, dalam beberapa bulan mendatang WhatsApp juga akan mendukung fitur sticker. Wah semakin membuat penasaran saja ya ? Sepertinya kita hanya bisa berharap  dan bersabar menunggu, agar fitur-fitur tersebut bisa dapat segera dinikmati khalayak luas.

Selain Group Video Calling, Mark Zuckerberg juga mengatakan WhatsApp bakal mendukung fitur “Sticker” dalam beberapa bulan mendatang. Kita tunggu saja kapan fitur-fitur ini benar-benar bisa dinikmati khalayak luas.

Cara Agar Aktivitas Video Calling di WhatsApp Lancar

Sembari menunggu group video calling WhatsApp benar-benar bisa kita nikmati, tidak ada salahnya kita mempersiapkan segala sesuatunya agar kualitas video call kita menjadi lancar. Semoga dengan demikian kita bisa benar-benar siap saat fitur tersebut sudah bisa dinikmati khalayak.

Berikut hal-hal yang harus kita perhatikan, agar video call kita di WhatsApp menjadi lancar, baik sebelum saling terhubung bahkan setelah saling terhubung sekali pun :

Gunakan WhatsApp versi terbaru

Menggunakan WhatsApp versi terbaru, adalah salah satu kewajiban kita jika ingin menikmati fitur video calling WhatsApp, baik yang personal maupun yang video calling group nanti.

Apabila sobat masih menggunakan WhatsApp versi lama, maka tidak akan bisa melakukan video calling karena versi tersebut belum suport terhadap fitur ini. Jika bisa pun harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi memiliki WhatsApp versi terbaru, adalah hal mutlak yang harus sobat miliki jika ingin menikmati fitur video calling ini.

Selain sobat yang harus memiliki versi terbaru dari WhatsApp, tentu saja hal ini berlaku bagi lawan video calling sobat. Jika salah satu diantara pengguna WhatsApp masih menggunakan versi lama, maka dipastikan fitur video calling ini tidak akan bisa dinikmati.

Koneksi Internet Harus Kuat

Koneksi internet yang kuat, adalah salah satu syarat utama agar aktifitas video calling kita menjadi lancar. Karena tidak jarang aktivitas video calling akan sangat terganggu karena sinyal internet yang lemah. Akibatnya gambar dan suara yang dihasilkan dapat menjadi buyar, terputus-putus bahkan tidak tersambung sama sekali.

BacaCara Jitu Memperkuat Jaringan 4G dan Membuat Stabil Sinyal di Smartphone Anda

Jika sobat memiliki anggota keluarga yang harus sering dihubungi via WhatsApp, contohnya yang ada di luar negeri, penulis sarankan untuk memiliki fasilitas Wifi pribadi. Sebab dengan adanya Wifi, maka biasanya layanan internet akan menjadi lancar, setabil dan memuaskan.

Memiliki smartphone berkualitas, terutama dari Segi Kamera

Smartphone berkualitas, merupakan salah satu hal yang harus kita perhatikan guna bisa menikmati layanan video call, dan layanan lainnya dengan kualitas memuaskan.

Dalam layanan video call, yang tidak kalah penting kita perhatikan adalah kualitas kamera pada msartphone yang kita gunakan. Sebab kualitas kamera tersebut, akan sangat menentukan kualitas gambar dan video yang dihasilkan.

Oleh karena itu pilihlah smartphone yang memiliki ukuran pixel yang mumpuni, sebab pixel gambar tersebutlah yang akan sangat menentukan kejernihan gambar yang dihasilkan.

Nah itulah sobat beberapa hal yang harus kita persiapkan, sebelum layanan group video call pada WhatsApp benar-benar bisa kita nikmati. Besar harapan penulis, agar kita semua bisa segera menikmati layanan tersebut, dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, serta untuk berbagai tujuan baik pula tentunya.



Loading...

Baca selengkapnya

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *