Console

Komponen PC Semakin Mahal, Haruskah Gamer Beralih Ke Console?

Haruskah Gamer beralih ke Console? Dengan naiknya harga komponen PC seperti RAM dan VGA (Kartu Grafis) yang sedang terjadi sekarang ini. Para Gamer mulai mencari alternatif seperti membeli barang bekas, Beli dari situs luar negeri, Dll

Namun kegiatan tersebut memakan waktu yang lama dan belum tentu akan memuahkan hasil yang memuaskan. Console seperti PS3, PS4 dan Xbox sudah release bertahun-tahun yang lalu.

Harga mereka yg relatif murah dan dapat memberikan performa yang cukup untuk individual yang hanya sekedar ingin bermain Games membuat Console relatif populer di Indonesia.

Seperti peralatan elektronik yang lain, Console juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Di artikel ini kita akan bahas kekurangan dan kelebihan Console agar kamu dapat mempertimbangan keputusan kamu nantinya.

OPENING

Console sudah di release bertahun-tahun yang lalu seperti Nes (Nintendo Entertaintment system), Atari 2600, Gameboy, Sega Genesis sampai PS1 dan yang terbaru PS4 PRO/Xbox One X.

Bahkan jaman dahulu Console itu jauh lebih populer daripada PC. PS2 sebagai contoh adalah The Best Selling Console Ever (yang paling laris di dunia).

Tidak hanya memberikan kualitas grafis yang cukup memuaskan pada masanya.

Loading...

Title-Title (Games) PS2 yang di keluarkan pun sangat berkualitas seperti GTA Series, Onimusha series, Black, Genji, Shadow Of The Collossus, God of war series, Devil May Cry series, Harvest Moon series, dan masih banyak lagi, Game-Game tersebut meninggalkan banyak sekali kenangan untuk kita :’)

Namun teknologi semakin maju dan tuntutan (Demand) para Gamer pun semakin tinggi, Hal itu memaksa para Developer untuk meningkatkan performa Console mereka.

Itulah yang menjadi penyebab di buatnya PS3, PS4, Xbox One, Dll

Enter PC Gaming

Console
Source: Redbubble.com

Dengan di buatnya PS3, PS4, Dll membuat Console semakin populer,  Namun semakin lama PC Gaming mulai berkembang.

Dengan keluarnya Hardware baru dan Games baru setiap tahunnya membuat PC Gaming mulai merajai dunia Games.

PC Gaming memberikan Performa (Kekuatan hardware) dan fitur yang jauh lebih unggul daripada Console.

Tragedi Dunia PC Gaming

Source: YTimage

PC Gaming semakin populer sampai pada tahun 2016, CryptoCurrencies (Uang elektronik) yang dikenal dengan BITCOIN melunjak harganya.

Hal itu membuat CryptoCurrencies baru bermunculan seperti Ethereum, Zcash, Monero, Dll yang bisa di tambang (Mining) Menggunakan VGA (Kartu Grafis).

Para penambang (Miner) mulai memborong VGA di pasaran dan membuat stock VGA menjadi turun. Penjual pun mengambil keuntungan dari Tragedi tersebut dan menaikan harga VGA di pasaran hingga 2 kali lipat.

Dan ketika para PC Gamer mulai menangisi harga VGA, Masalah lain muncul dan membuat PC Gamer lebih tersiksa lagi yaitu Booming Smartphone.

Tiap tahun Smartphone baru selalu keluar dengan fitur baru dan memberikan peningkatan performa yang tidak jauh lebih bagus dari smartphone sebelumnya (Incremental Upgrades).

Perlu kamu ketahui Smartphone mulai menggunakan Chip RAM yang sama yang di gunakan untuk membuat VRAM VGA (Kartu Grafis).

Di tambah lagi dengan pabrik Skyhynix yang terbakar tahun lalu, Hal tersebut membuat stock RAM menjadi rendah dan tingkat produktivitas VGA pun tidak bisa di naikan.

Hasilnya Stock VGA menjadi rendah dan VGA menjadi langka, Tidak hanya itu harga RAM juga sekarang menjadi 2 kali lipat.

Tahun-tahun ini sungguh menjadi tahun yang sangat gelap untuk para PC Gamer.

Jika kamu seorang PC Gamer tentunya sangat sulit untuk pindah ke Console (Kecuali jika kamu mempunyai keduanya) di karenakan performa PC yang lebih tinggi dan fitur nya yang lebih unggul.

Akan tetapi untuk kamu yang belum punya PC atau ingin merakit PC dan sudah mengetahui harga komponen PC di pasaran saat ini, Console bisa menjadi alternatif yang cukup baik.

Console memang performanya lebih rendah dari PC namun Console juga memberikan fleksibilitas, Kemudahan dan performa yang cukup memuaskan.

Di artikel ini kita akan membahas kelebihan (Pros) dan Kekurangan (Cons) Console.

Kita mulai dari kelebihan.

Kelebihan Console

1. Exclusives

Source: transparent-aluminium.com

Exclusives adalah Games yang di buat dan di keluarkan untuk Platform tertentu seperti PS3, PS4 atau XBox dan tidak di Release untuk Platform lainya.

Beberapa Exclusives seperti Ninja Gaiden series , Halo series, God Of War series, Dead To Right series, Horizon Zero, Bloodborne, Persona series, Yakuza, The Last Of Us, Uncharted, Dll tidak keluar untuk PC.

Games di atas di nilai sangat berkualitas dari segi Gameplay, Story dan Graphic.

2. Fleksibilitas

Source: Mygaming.co.za

Console di buat untuk kenyamanan dan kemudahan.

Controller nya mudah di gunakan, Kecil, Simpel dan Wireless, Tidak hanya itu beberapa Console juga bisa di nyalakan dengan menggunakan Controller lho.

Tidak seperti PC yang harus menggunakan Keyboard dan Mouse agar dapat di gunakan.

Tunggu, Aku bisa kok pakai Gamepad untuk PC dan yang wireless juga ada.

Betul tapi itu saat bermain Game, Untuk memulai komputer dan menggunakan nya kamu harus tetap membutuhkan keyboard dan mouse untuk mengendalikan Interface nya.

3. Harga Lebih Murah

Source: Playstation4 .com

Console lebih murah daripada PC dan performa yang di berikan pun tidak jauh beda dengan PC (Di harga yang sama)

Namun untuk sekarang harga Console memang jauh lebih murah daripada PC.

Harga PS4 PRO di Indonesia sangat beragam mulai dari 4-6 Juta kondisi Baru dengan kapasitas HDD 1TB.

Sebagai contoh Performa PS4 PRO setara dengan PC yang menggunakan 4 Core Modern CPU, 8GB Ram dengan Kartu Grafis RX 470/GTX 970 yang jika di rakit akan membutuhkan biaya lebih dari 10 Juta tanpa monitor dan peripherals.

4. Games Selalu Teroptimisasi dengan baik

Source: Witcher 3

Berbeda dengan Game PC yang terkadang belum teroptimisasi dengan baik dan dapat menimbulkan banyak masalah saat di mainkan.

Game di Console (Most of the times) selalu teroptimisasi dengan baik sehingga kamu tidak perlu khawatir menunggu sampai Developer Game tersebut mengeluarkan Patch untuk memperbaiki kecacatan dalam Game tersebut.

5. Lebih Mudah Di Gunakan

Source: no mans sky

Game di PC terdapat Graphical Settings yang banyak dan rumit yang terkadang sangat membingungkan bagi orang awam.

Jika kamu ingin tahu fungsi graphical settings di game PC Baca:
PC Gamer Wajib Baca!! Fungsi Graphical Settings Di Game PC

Tidak hanya itu setiap Games juga terdapat Spesifikasi Minimal yang bertujuan untuk memberi tahu hardware apa yang harus di gunakan untuk memainkan Game tersebut.

Mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah untuk PC Gamer, Akan tetapi untuk orang awam hal tersebut bisa sangat membingungkan mereka.

Dengan Console kamu tidak perlu menghawatirkan hal itu.

Developer akan memastikan agar Games yang mereka buat dapat di mainkan di Console tersebut dan memberikan pengalaman Gaming yang cukup memuaskan.

6. Gampang Untuk Di Beli

Source: Ytimage

Jika kamu ingin membeli Console caranya itu sangat gampang. Cukup kunjungi toko yang menjual atau order secara online.

Berbeda dengan PC, Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus mencari tahu, Belajar tentang ilmu dasarnya dan mencari komponen-komponen yang dibutuhkan lalu merakitnya sendiri.

Memang banyak penjual yang menjual PC Build Up atau Custom Build yang siap pakai.
Akan tetapi kebanyakan dari mereka selalu melebih-lebihkan produknya maupun dari segi performa, Kualitas Komponen, Dll untuk menipu orang awam.

Dan jika kamu termasuk orang awam maka kamu jelas akan tertipu kecuali jika kamu mau belajar dan tanya kesana kemari untuk mencari informasi, Petunjuk dan pendapat dari orang lain.

Hal tersebut bisa menjadi kegiatan yang sangat melelahkan.

7. No Cheater

Source: Steamcommunity

Berbeda dengan PC Gaming yang jumlah cheater nya sangat banyak di mode Online, Console tidak perlu khawatir dengan para Cheater karena memang sistem keamanan Online Mode untuk Console lebih baik daripada PC.

8. Split-Screen

Source: gigaventure

Beberapa Games di Console terdapat fitur Split-Screen yaitu kamu bisa bermain secara Multiplayer dengan Layar yang terpisah dalam 1 Monitor/TV sedangkan Kebanyakan Game di PC tidak mempunyai fitur ini.

9. Kecil dan Simple

Source: Gamespot

Ukuran Console relatif kecil dan terlihat menarik, Berbeda dengan PC yang biasanya relatif besar dan terlihat kurang menarik (Kecuali jika kamu beli Casing bagus).

Console tidak menghabiskan tempat (Space) sehingga cocok untuk ditaruh di mana saja.

10. Maintenance Free

Source: jonesmedica

PC mempunyai Fans yang cukup banyak sehingga harus rutin di bersihkan karena jika tidak debu akan bersarang di PC kamu dan membuat aliran udara menjadi tersumbat.

Hasilnya temperature komponen PC kamu akan menjadi lebih tinggi dan panas.

Berbeda dengan Console yang jumlah Fans nya lebih sedikit sehingga tidak perlu untuk rutin di bersihkan.

Kekurangan Console

1. Harus Online

Source: emfanalysis

Jika Console yang kamu miliki itu original dan Game yang kamu beli juga Original maka kamu harus terkoneksi ke internet agar kamu dapat memainkan koleksi Game yang sudah kamu beli.

Kecuali jika kamu menggunakan Custom Firmware agar dapat mengisi Game bajakan.

2. Harus Bayar Untuk Bermain Secara Online

Source: mygiftcardsupply

Berbeda dengan PC, Untuk bermain secara online kamu harus membeli Online Subscription dan harganya pun bervariasi tergantung seberapa lama masa aktif kartu Online Subscription tersebut.

Iya memang kamu akan mendapatkan beberapa Games gratis dari membeli Online Subs akan tetapi jika di pikir, Uang yang kamu gunakan untuk membeli Online Subs juga bisa digunakan untuk membeli Games.

Dan lebih baik jika tidak membayar(Gratis) daripara membayar kan? 🙂

3. Tidak Bisa Di Upgrade

Berbeda dengan PC, Kamu tidak bisa meng-Upgrade atau mengganti komponen Console kamu ke yang lebih tinggi agar performanya naik.

Kamu tidak punya pilihan selain harus membeli Console yang baru yang lebih tinggi performanya.

4. Exclusives

Source: The assist man @yt

Betul, Exclusives adalah kelebihan Console tetapi juga kekurangan Console.

Seperti yang sudah saya jelaskan Exclusives adalah Games yang dibuat dan di keluarkan hanya untuk Platform tertentu saja.

Ada Game yang hanya keluar untuk PS4, PS Vita, Nintendo DS atau yang terbaru Nintendo Switch (Zelda Breath Of The Wild)

Dan untuk memainkan Game tersebut tidak ada cara lain selain harus membeli Console tersebut.

Bayangkan jika kamu harus membeli suatu Console hanya karena kamu ingin banget mainin exclusives nya.

5. Backward Compatibility

Source: gametradersusa

PS4 PRO tidak bisa memainkan Game PS1 dan PS2 atau Game yang hanya ada di PS3 begitu juga dengan Console yang lain (Kecuali Xbox).

Berbeda dengan PC yang bisa memainkan Game-Game lama maupun menggunakan emulator atau dengan cara biasa.

6. Performa Lebih Rendah Dari PC

Source: podaholics

Seberapa pun harga atau performa Console, Mereka akan selalu lebih rendah performanya di bandingkan dengan PC.

Namun untuk PC, Semakin tinggi performanya maka harga nya juga akan semakin mahal.

Game di PS3 dan PS4 (Non Pro) rata-rata masih berjalan di 30FPS Locked di Resolusi 792p.

7. No Community Fixes

Source: Nexusmod

PC mempunyai banyak sekali komunitas dan terkadang mereka membuat Patch yang tidak resmi (Unofficial Patch) untuk memperbaiki kecacatan Games di karenakan para Devs yang tidak becus.

Console tidak memiliki komunitas Patch dan harus menunggu Patch Resmi dari Devs.

8. No Mods

Source: Ytimage

Beberapa Games di PC seperti Skyrim, Dark Souls, Dll bisa di Modifikasi menggunakan Sofware tertentu.

Dan karena PC memiliki banyak komunitas, Banyak yang menciptakan Mods secara gratis dan dapat digunakan oleh siapapun.

Berbeda dengan Console, Game di Console jarang sekali ada yang bisa di Mod kecuali Skyrim Special Edition, Itupun jumlah Mod nya sangat terbatas dan beberapa Mods tersebut tidak gratis.

9. Tidak Dapat Di gunakan Untuk Pekerjaan Lain

Console hanya di design untuk entertaintment (Games, Music, Movie, Dll) dan tidak bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lainya seperti Word Processing, Video Editing, Photo Editing, Model designing, Dll

10. No Overclocking

Source: amd

Di PC kamu bisa Overclock Komponen kamu seperti Ram, CPU dan VGA agar performanya meningkat melebihi batasan/limitasi yg sudah di atur oleh pabrik.

Di Console kamu tidak bisa.

11. Indie Games

Source: noobfeed

Indie Games adalah Games yang di buat oleh perorangan.

Contoh Game Horror yang di buat oleh anak Indonesia berjudul Dreadout (Saya ga berani main game itu xD).

Beberapa Game India juga tidak kalah bagus nya jika di bandingkan dengan Games dari Developer besar (AAA)

Game indie jumlahnya sangat banyak di Steam, Namun di Console sangat sedikit.

12. Limited Graphical Option

Di PC kamu bisa mengatur Graphical Settings di Game yang kamu mainkan agar kamu bisa mendapatkan hasil yang Optimal dan Performa Gaming yang lebih baik.

Namun di Console Opsi Graphical Settings itu sangat amat terbatas atau bahkan tidak tersedia sama sekali.

13. Controller Tidak Cocok Untuk Semua Genre

Source: Drake meme, Alibaba, Logitech

Jika kamu pernah bermain Game FPS menggunakan Mouse dan Keyboard lalu di ganti dengan Gamepad pasti akan terasa sangat berbeda.

Menggunakan Mouse dan Keyboard untuk Game seperti FPS dan Strategy itu jauh lebih mudah di bandingkan dengan menggunakan Gamepad.

Iya, Sekarang memang ada Produk Mouse+Keyboard yang bisa di gunakan untuk Console, Namun itu berarti kamu harus mengeluarkan uang lagi dan harga nya pun cukup mahal.

14. Harga Game yang Lebih Mahal

Harga Game untuk Console Rata-Rata lebih mahal dari pada PC.

15. No Steam Sales

Source: Techpowerup

PSN memang terkadang mengadakan Event Discount akan tetapi diskon yang mereka berikan tidak setinggi Steam Sales.

Steam Sales selalu di adakan di Event tertentu seperti tahun baru, Imlek, Mengikuti Musim (Summer sales, Winter Sales, Dll)

Diskon yang mereka tawarkan pun gila-gila an dari 20-80%.

Saya masih ingat saat beli shadow of mordor seharga 30RB kalau ga salah hehehe

Hail Gaben!!

16. Humble Bundle

Source: Wccftech

Humble Bundle adalah situs yang menjual suatu koleksi/paket/bundle Games yang harganya di tentukan oleh pembeli.

Sebagai Contoh, Humble Bundle akan menawarkan kamu beberapa koleksi Game dengan durasi penawaran yang di tentukan dan kamu biasanya hanya cukup membayar sebesar 0.01$ USD

Tapi untuk mengaktifkan Game tersebut kamu harus membayar $1 untuk mendapatkan Steam Keys agar Game tersebut dapat di aktivasi.

Terkadang Humble Bundle menawarkan lebih dari 1 Game, Bisa 3 atau 5 Game sekaligus.

Selain menawarkan Game PC, HB juga menawarkan Game untuk Console namun jumlahnya sangat sedikit.

Jangan khawatir, Humble Bundle adalah situs resmi dan Game yang kamu dapat itu ORIGINAL.

Sebagian uang yang di dapat oleh Humble Bundle akan di sumbangkan ke yayasan tertentu dan sebagian akan masuk ke Devs Game masing-masing.

Namun Kamu harus mempunyai Kartu kredit atau Paypal.

Penutup

Semoga artikel ini membantu kamu yang sedang bingung memilih antara PC atau Console.

Terima kasih sudah membaca, Share dan tinggal komen artikel ini jika berkenan ^_^



Loading...

Bagikan

Penulis

Averyzalia
Averyzalia
Penulis artikel bertema Tech, Personal Computer dan PC Gaming mulai dari level dasar hingga mendalam.
I am here to EDUCATE you.
Averyzalia

Penulis

Penulis artikel bertema Tech, Personal Computer dan PC Gaming mulai dari level dasar hingga mendalam. I am here to EDUCATE you.

Komentar

    Hafidzm

    ( - 07:39)

    Emng bikin perih lihat harga komponen PC skrng

      Averyzalia

      Averyzalia

      ( - 08:13)

      Sabar kakak, Samsung akan membuat pabrik baru untuk menangani RAM shortage, Mungkin jika semuanya berjalan dengan lancar, Harga akan kembali normal pada pertengahan tahun depan

    Dani Aditya

    ( - 15:17)

    Jadi bingung mau beli console / rakit PC XD

      Averyzalia

      Averyzalia

      ( - 05:44)

      Untuk sekarang Console itu bisa menjadi alternatif karena harga komponen PC yang sedang melambung tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *