koin piala dunia indonesia

Ternyata Indonesia Ada di Piala Dunia 1974

Gebyar laga pertandingan piala dunia 2018 ternyata menyita perhatian dunia, pagelaran olah raga 4 tahunan kali ini di selenggarakan di negara Rusia. Hampir semua mata tertuju kesana, termasuk masyarakat Indonesia, khususnya bagi penggila Bola.

Kegiatan nobar (nonton bareng) sudah menjadi hal trending diantara penggemar olah  raga sepak bola, ada yang nobar di cafe, ditempat tertentu seperti di mall, ataupun nobar dirumah.

Dilansir dari Wikipedia, piala dunia pertama kali pada tahun 1930, kejuaraan ini berlangsung di Uruguay dari 13 sampai 30 Juli 1930 yang di ikuti oleh 13 tim (tujuh dari Amerika Selatan, empat dari Eropa, dan dua dari Amerika Utara).

Ternyata pegelaran olah raga bergengsi ini sudah berjalan selama 88 tahun (saat artikel ini dibuat), dan sejak saat itu sudah mulai banyak negara peserta yang mengikutinya, termasuk beberapa negara Asia yang lolos kualifikasi untuk masuk bertanding di piala dunia.

Tahukah anda, bahwa untuk masuk mengikti kualifikasi piala dunia ini sangat sulit. FIFA (Fédération Internationale de Football Association) memberlakukan peraturan yang sangat ketat. Jadi tidak tiap negara berhasil lolos kualifikasi.

Beberapa negara di Asia tenggara juga belum pernah lolos kualifikasi akhir pada piala dunia ini, termasuk Indonesia.

Baca jugaDianggap Sama, Ini Dia Perbedaan Bermain Game dan eSports

Indonesia Ada di Piala Dunia 1974

Meskipun Indonesia belum pernah lolos kualifikasi dan ikut dalam pertandingan piala dunia, namun ada satu hal unik dalam pegelaran olah raga dunia ini, tepatnya tahun 1974 di Jerman barat (sekarang Jerman bersatu).

Loading...

Ada Indonesia di pagelaran piala dunia 1974 tersebut, bukan secara Team, namun melalui koin.

Bergambar macan dan Garuda pancasila, lengkap dengan tulisan Bank Indonesia. Koin itu dipakai oleh wasit Jack Taylor sebagai pengundi sebelum kickoff dalam partai final antara Jerman barat dan Belanda.

koin piala dunia indonesia
Koin seri cagar alam 1974 bank Indonesia : sumber, numismatikaindonesia

Franz Beckenbauer sebagai kapten tim Jerman barat kala itu sempat penasaran pada koin tersebut, koin bernilai Rp. 2000 itu dibuat khusus tahun 1974 dalam seri “Cagar Alam”.

Sebutan resmi koin ini adalah conservation coin collection WWF yang dibuat oleh pemerintah Indonesia bekerja sama dengan lembaga konservasi WWF dan IUCN.

Koin ini dicetak oleh Royal mint dari Inggris dalam jumlah terbatas untuk penggalangan dana demi program pelestarian alam.

Selengkapnya, lihat video dibawah ini :

Wah, patut bangga juga ya sebagai warga negara Indonesia yang menjadi bagian dalam piala dunia, walaupun hanya koin. Mudah-mudahan di tahun-tahun kedepan TimNas Indonesia menjadi bagian dalam ajang pertandingan bergengsi kelas dunia ini



Loading...


Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *