Internet

Inilah 9 Hal Menarik Tentang Belitung Si Negeri Laskar Pelangi

Belitung atau biasa dijuluki Negeri Laskar Pelangi merupakan sebuah pulau yang berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

Di Pulau Belitung sendiri terdapat dua kabupaten, yaitu Kabupaten Belitung yang berada di sisi barat Pulau Belitung dan Kabupaten Belitung Timur yang tentunya berada di sisi timur Pulau Belitung.

Pulau Belitung mulai terkenal setelah munculnya film Laskar Pelangi pada tahun 2008 yang disutradarai oleh Riri Riza.

Berikut 9 hal menarik tentang Belitung yang perlu kamu ketahui.

  1. Film Laskar Pelangi ternyata lebih menggambarkan keadaan di Belitung Timur

Laskar Pelangi via http://montasefilm.com

Cerita di film Laskar Pelangi merupakan adaptasi dari buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata.

Laskar Pelangi ini menceritakan tentang perjalanan hidup 10 anak pemberani yang bersekolah di SD Muhammadiyah Gantong dengan latarbelakang potret kehidupan di Belitong pada masa lalu.

SD Muhammadiyah Gantong ini tentunya berlokasi di Belitung Timur. Kebanyakan lokasi yang digunakan dalam film Laskar Pelangi pun adalah di Belitung Timur.

Mungkin hanya adegan saat di pantai saja yang dilakukan di Belitung, yaitu di Pantai Tanjung Tinggi.

Namun secara menyeluruh, dampak yang ditimbulkan dari adanya film Laskar Pelangi ini memang terasa dari seluruh penjuru Pulau Belitung.

Kemunculan film Laskar Pelangi seolah memberikan daya tarik tersendiri bagi Belitung, bahkan sampai saat ini julukan sebagai Negeri Laskar Pelangi telah melekat di nama Belitung.

  1. Banyak Tokoh yang berasal dari Negeri Laskar Pelangi

Andrea Hirata
Andrea Hirata via http://tribunnews.com

Popularitas Belitung memang semakin meningkat pada tahun 2012 yaitu dengan naiknya Ir. Basuki Tjahja Pernama, M.M. atau biasa lebih dikenal dengan Ahok sebagai wakil Gubernur DKI Jakarta.

Ahok sebelumnya telah menjadi Bupati Belitung Timur pada masa jabatan tahun 2005 hingga tahun 2006.

Tidak hanya Ahok saja, Basuri Tjahaja Purnama yang merupakan adik kandung Ahok juga pernah memimpin Belitung Timur pada tahun 2010 hingga tahun 2015.

Selain dari keluarga Tjahaja Purnama masih banyak tokoh lain yang juga berasal dari Belitung, sebut saja Chandra Lie pemilik dari Sriwijaya Air dan NAM Air.

Emron Pangkapi yang merupakan wakil ketua umum Partai Persatuan Pembangunan. Dan tentunya Andrea Hirata yang merupakan pencetus istilah Negeri Laskar Pelangi.

Terlepas dari tokoh-tokoh yang berasal dari Belitung itu semua, Belitung saat ini memang sudah menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang cukup diperhitungkan.

  1. Pariwisata di Belitung terus mengalami peningkatan

Welcome To Belitung
Welcome To Belitung via http://m.radarbangka.co.id

Terkenalnya Belitung di mata masyarakat Indonesia dan manca negara bukanlah hanya sebuah opini yang asal-asalan saja.

Hal ini ditunjukkan oleh data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, dimana pada tahun 2015 jumlah wisatawan nusantara maupun asing di Belitung sebanyak 251.440 wisatawan.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 16,48% pada tahun 2016, yaitu sebanyak 292.885 wisatawan.

Tak jauh berbeda dengan jumlah wisatawan di Kabupaten Belitung Timur, berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur.

Jumlah wisatawan nusantara maupun asing pada tahun 2015 sebanyak 167.680 wisatawan. Pada tahun 2016 jumlahnya meningkat menjadi 232.871 wisatawan.

Kondisi tersebut tentu sangat membanggakan mengingat Negeri Laskar Pelangi ini merupakan daerah yang baru saja ditunjuk sebagai salah satu destinasi prioritas pariwisata pada tahun 2015 lalu.

Baca jugaFakta dan Hal Keren Yang Perlu Kita Ketahui Mengenai Kota Batam

  1. Pantai di Belitung layaknya surga dengan segala keindahannya

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi via http://www.paketwisatabelitung.id

Pantai di Belitung bukanlah pantai pada umumnya yang sering dijumpai di selatan Pulau Jawa yang memiliki ombak besar atau pantai di Pulau Bali dengan hamparan pasir putih dan tebing tingginya.

Pantai di Belitung memiliki ciri khas tersendiri yang menghiasi setiap pantainya, yaitu keberadaan batu granit dengan ukuran sedang hingga besar yang tersebar di sekitar pantai.

Ombaknya yang tenang seolah memunculkan rasa ketenangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Belitung.

Keunikan dari pantai di Belitung inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk datang berkunjung ke Belitung. Sebut saja Pantai Tanjung Tinggi sebagai salah satu lokasi shooting Laskar Pelangi,

Selain itu ada juga pantai Tanjung Kelayang yang menjadi andalan wisata Kabupaten Belitung, serta Pantai Penyabong sebagi primadona pantai di sisi selatan Belitung.

Ketiga pantai tersebut hanyalah sebagian kecil dari keindahan pantai di Negeri Laskar Pelangi.

  1. Objek wisata yang cukup bervariasi, namun tidak kalah menarik

Danau Kaolin
Danau Kaolin via http://takaitu.com

Berbicara soal wisata, Negeri Laskar Pelangi tidak hanya mempunyai pantai saja tetapi masih banyak alternative lainnya.

Kita akan disuguhkan dengan tempat wisata menarik lainnya, seperti Danau Kaolin dan Open Pit Kik Karak yang keduanya merupakan bekas lokasi pertambangan.

Kedua lokasi ini saat ini sudah populer sebagai tempat wisata di Belitung.

Museum Kata Andrea Hirata dan Replika Sekolah Muhamadiyah Gantong yang berada di Belitung Timur merupakan salah satu wisata berlatar film Laskar Pelangi.

Replika sekolah tersebut bahkan dibuat semirip mungkin dengan kondisi sebenarnya. Selain itu masih ada juga Kampoeng Ahok dan tentunya wisata pulau-pulau kecil yang berada di sekitar Pulau Belitung.

  1. Transportasi di Belitung yang sudah semakin mudah

Bandara H.A.S Hanandjoedin
Bandara H.A.S Hanandjoedin via http://www.tribunnews.com

Pulau Belitung sebenarnya merupakan pulau yang tidak terlalu besar.

Wisatawan bahkan dapat memutari Pulau Belitung, baik dari Kabupaten Belitung menuju Kabupaten Belitung Timur atau sebaliknya dalam waktu satu hari saja dengan kendaraan pribadi.

Lokasi objek wisata di Negeri Laskar Pelangi ini pun juga tidak terlalu jauh. Selain itu lokasi wisatanya pun juga dapat dijangkau dengan mudah oleh wisawatan.

Keberadaan Bandara H.A.S. Hanandjoedin di Kota Tanjung Pandan sangat mempermudah akses wisatawan dari luar untuk masuk ke Pulau Belitung.

Namun untuk transportasi darat di Pulau Belitung, keberadaan angkutan umum masih tergolong sangat jarang ditemui.

Oleh karena itu, saat berkunjung ke Pulau Belitung sangat disarankan untuk menyewa sepeda motor atau mobil untuk mempermudah mobilitas saat berada disana.

  1. Pulau-Pulau kecil bagaikan bintang penghias Negeri Laskar Pelangi

Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas via http://anekatempatwisata.com

Selain Pulau Belitung sebagai pulau utamanya, di sekitar Pulau Belitung juga terdapat pulau-pulau kecil yang terus berkembang sebagai destinasi wisata.

Pulau-pulau kecil ini diantaranya yaitu Pulau Mendanau, Pulau Leebong, Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, dan masih banyak pulau kecil lainnya.

Pulau tersebut tentunya hanya dapat dijangkau dengan perahu melalui dermaga terdekat. Perahu dapat disewa dari nelayan setempat atau melalui jasa travel yang sudah bekerjasama dengan nelayan.

Pulau-pulau kecil di Belitung ini juga memiliki pantai yang sangat indah. Pemandangan pesisir dengan latarbelakang lautan biru semakin menegaskan bahwa pulau ini memang surganya pantai di Indonesia.

Untuk dapat menikmati keindahan pulau-pulau kecil di Belitung, para wisatawan harus pintar memilih waktu untuk berkunjung.

Apabila berkunjung pada musim hujan, tentunya ombak di lautnya akan lebih besar dan sangat berisiko untuk menyeberang dengan menggunakan kapal.

  1. Tempat penginapan yang sudah menjamur dimana-mana

BW Suite Hotel
BW Suite Hotel via http://www.bobocantik.com

Perkembangan yang cukup pesat pada sektor pariwisata ini selanjutnya memunculkan peluang tersendiri bagi investor luar maupun masyarakat setempat.

Bagi para investor, momen lahirnya pariwisata di Negeri Laskar Pelangi tentu dapat digunakan untuk berinvestasi.

Saat ini dapat kita lihat banyak sekali hotel dan resort yang sudah mulai dibangun dan dikembangkan oleh para investor. Banyak hotel dan resort yang sudah didirikan dekat dengan lokasi wisata.

Masyarakat setempat pun tentu tidak mau ketinggalan berpartisipasi dalam mengambil peluang ini.

Masyarakat setempat dapat menjadi penyedia tempat makan, penyedia homestay, penyedia kapal, atau bahkan tourguide bagi wisatawan.

Khususnya di Desa Keciput sudah banyak masyarakat setempat yang membuka usaha homestay. Homestay ini biasanya bekerjasama dengan pihak travel yang membawa wisatawan dari luar Belitung.

  1. Branding Pariwisata Belitung oleh Pemerintah

Negeri Laskar Pelangi WAUU
Belitong WAUU via http://dispar.belitungkab.go.id

Pemerintah Belitung telah berupaya mempromosikan pariwisata melalui event atau kegiatan yang dapat medongkrak potensi wisata di Belitung.

Event besar yang sudah pernah diadakan yaitu penyambutan Sail Indonesia pada tahun 2011 dan tahun 2017.

Dikutip Dari posbelitung.com, beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata Belitung telah memperkenalkan branding pariwisata Belitung, yaitu “WAUU” secara resmi.

WAUU merupakan singkatan dari Wonderful, Authentic, Unique, dan Unforgettable yang memiliki filosofi dari warna-warni huruf bercorak pelangi.

Adanya peran langsung dari pemerintah ini tentunya diharapkan dapat terus meningkatkan kemajuan di Belitung. Baik bagi masyarakatnya dana alam di Belitung tentunya.

Keindahan Belitung dengan keramahan penduduknya akan membuat wisatawan yang sudah pernah datang ke Belitung selalu ingin kembali berkunjung ke Belitung suatu saat nanti. Seolah menegaskan akan Pesona Belitong Si Negeri Laskar Pelangi.


Loading...
Baca selengkapnya

Penulis, Traveler, Geographer

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close