Warning : Invalid Activity Adsense Bukan Hanya Klik Iklan Sendiri

Ini yang menjadi ancaman bagi sebagian publisher google adsense yang bisa menyebabkan banned akun adsense. Selama ini kita mengenal istilah Invalid activity adsense, yaitu kegiatan atau aktifitas tidak sah yang sangat tidak diperbolehkan oleh pihak adsense terutama klik iklan sendiri.

Perlu diketahui bahwa Invalid activity adsense bukan hanya pelanggaran atas klik iklan sendiri, pihak google menjabarkannya lebih luas lagi. Aktifitas tidak valid ini meliputi beberapa hal, nah ini yang harus di pahami betul oleh publisher agar akun adsense tidak terancam banned.

Pengertian dasar invalid activity adsense

Secara garis besar google menyebutkan aktifitas tidak valid mencakup klik atau tayangan apa pun yang melambungkan secara palsu biaya pengiklan atau penghasilan penayang. Intinya aktifitas yang secara di sengaja dan merugikan pihak pengiklan adalah suatu bentuk invalid activity.

Invalid Click Activity

  • Ini yang paling banyak terjadi dan dilakukan oleh publisher adsense, baik klik dengan sengaja ataupun tanpa sengaja terhadap iklan di web atau blognya sendiri.
  • Bentuk kegiatan tidak sah lainnya adalah menyuruh orang lain untuk klik iklan untuk blog penayang adsense, atau bertukar klik atau giliran klik iklan atau lebih dikenal dengan arisan klik.

Pihak google akan menilai kegiatan klik iklan tanpa minat dengan mengetahui sumber IP address yang sama, dan hal ini akan di anggap sebagai kegiatan yang tidak valid dan justru akan membahayakan akun adsense anda sendiri.

Untuk lebih memahami invalid activity adsense, simak video dibawah ini.

Kebijakan penempatan iklan

Loading...

Penayang tidak boleh menggunakan trik atau praktik penipuan untuk memicu klik yang tidak disengaja pada iklan. Pastikan penempatan iklan pada posisi yang tepat di situs Anda.

  • Perhatikan penempatan iklan pada bagian header, usahakan jangan tertutup oleh menu dropdown yang menyebabkan klik iklan tanpa sengaja.
  • Hindarkan penempatan iklan yang sejajar dengan gambar dalam satu sidebar atau satu laman yang menyebabkan klik tidak sengaja.
  • Beri jarak yang sesuai antara satu unit ukuran iklan dengan unit iklan lainnya.

Baca selengkapnya : Penempatan Iklan Yang Dilarang Dan Melanggar Kebijakan Adsense

Perhatikan cara situs Anda dipromosikan

Pemicu banned akun adsense dan termasuk dalam tayangan tidak valid adalah sumber lalulintas situs, salah satu contoh yang paling banyak dilakukan adalah promosi situs melalui pihak ketiga dengan cara membayar agar mendapatkan trafik.

Penayang harus sangat berhati-hati bila membeli lalu lintas atau menyiapkan kampanye iklan dengan pihak ketiga. Sebelum mengadakan kontrak dengan jaringan iklan, Anda harus memastikan bahwa mereka tidak akan pernah menampilkan situs Anda di munculan atau sebagai hasil dari tindakan yang dilakukan aplikasi perangkat lunak. Harap perhatikan juga bahwa penayang yang menggunakan iklan online jenis apa pun harus mematuhi Pedoman Mutu Laman Landas Google.

Baca : sumber resmi dari google

Hindarkan Refresh Halaman Blog Secara Berulang-ulang

Bentuk Kegiatan Invalid activity adsense lain adalah melihat halaman blog sendiri atau merefresh berulang-ulang. Seperti yang kita tahu adsense juga akan membayar jumlah setiap halaman yang tayang disitus kita walaupun tidak terjadi klik.

Perhitungan pembayaran adsense ini sering disebut dengan BPS (Biaya per seribu tayangan), dalam metode ini pengiklan menawar 1.000 tayangan yang terlihat aktif atau sedikitnya 50% bagian iklan ditampilkan di layar selama setidaknya satu detik.

Baca : Sumber resmi dari google

Jadi jika kita melakukan refresh halaman berulang-ulang atau lebih sering akan dianggap sebagai tindakan Invalid activity adsense yang merugikan pihak pengiklan.

Ancaman Banned Akun Adsense Bagi Publisher

Sistem google menggunakan filter canggih untuk membedakan antara kegiatan normal oleh pengguna dan kegiatan yang dapat menghadirkan ancaman dan merugikan pihak pengiklan.

Beberapa contoh kegiatan ini mencakup klik atau tayangan yang dihasilkan oleh pengguna tidak etis, robot dan sumber kunjungan otomatis serta tayangan tidak valid.

Jika anda beberapa kali melakukan kegiatan Invalid activity adsense yang sudah disebutkan di atas, maka pihak Adsense akan memberikan peringatan terkait pelanggaran yang anda lakukan.

Peringatan tersebut bisa berupa email yang ditujukan kepada pemilik akun adsense, jika anda tidak melihat atau membuka kiriman email yang dimaksud akan membawa petaka bagi akun adsense anda. Karena email tersebut adalah sebagai bentuk peringatan.

Dalam beberapa kasus email pemberitahuan ini tidak disampaikan oleh pihak adsense, yang kita tau selanjutnya adalah iklan sudah tidak tayang lagi di blog atau sudah dinonaktifkan pihak Adsense.

Invalid activity adsense

Nah, kalau sudah seperti gambar di atas siapa yang akan menyesal?

Perlu anda tau, pihak google tidak akan membayarkan penghasilan yang sudah didapatkan. Alasannya adalah mengembalikan dana kepada pemilik atau pihak pengiklan.

Bagaimana jika Invalid activity adsense dilakukan oleh pihak lain?

Sebagai publisher adsense sudah tentu kita selalu menjaga dan selalu mematuhi pedoman google adsense, tetapi mungkin ada saja pihak yang kurang berkenan dengan keberadaan akun adsense kita. Banyak cara bisa dilakukan agar cepat atau lambat akun adsense kita terkena banned.

Hal ini yang seharusnya kita waspadai agar terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka bisa saja melakukan bom klik pada iklan adsense secara berulang-ulang sampai puluhan bahkan sampai ratusan kali, dengan cara manual atau menggunakan bot click.

Laporkan Invalid activity adsense

Untuk mengantisipasi hal ini anda harus memantau jumlah klik yang tidak biasa pada dashboard adsense anda, melihat sumber lalulintas menggunakan Google analytic dan amankan akun adsense anda dengan melepas sementara semua kode unit iklan dalam blog.

Anda bisa melaporkan hal ini pada halaman pemberitahuan peristiwa sabotase dan mengisi formulir dibawah ini

Formulir Kontak Klik Tidak Valid

Harap sertakan data apa pun dari log atau laporan lalu lintas situs, aplikasi seluler, dan/atau saluran YouTube Anda yang menunjukkan alamat IP, perujuk, atau permintaan mencurigakan yang dapat menjelaskan terjadinya aktivitas tidak valid.

Invalid activity adsense

Dihalaman panduan adsense tidak disebutkan secara terperinci mengenai Mencekal IP tertentu agar tidak mengeklik iklan, tapi hal ini bisa dilakukan oleh pengguna WordPress dengan sangat mudah melalui cPanel.

Invalid activity adsense

Anda harus bisa melakukan analisa atau sumber lalulintas yang dianggap tidak valid pada dashboard google analytic dan melakukan pencekalan IP address yang dicurigai melakukan sabotase.

Iklan atau akun dinonaktifkan

Meskipun tindakan sabotase dilakukan oleh pihak ke 3, tanggung jawab akun adsense adalah pihak publisher sepenuhnya. Terkadang hal ini yang membuat kita menjadi jengkel, dan keputusan sepenuhnya adalah menunggu dari pihak adsense.

Jika anda benar-benar tidak melakukan kegiatan Invalid activity adsense yang dimaksud kemungkinan pihak adsense akan memberi keringanan dan akun adsense anda akan aman.

Tetapi jika pihak Adsense belum benar-benar yakin atas segala bukti invalid activity maka akan ada penangguhan akun adsense selama 30 hari. Seperti kejadian beberapa waktu lalu pada blog Juragan cipir milik mbak Indri Lidyawati.

Dalam masa itu iklan akan di nonaktifkan sementara oleh pihak Adsense.

Invalid activity adsense

Akun Adsense dinonaktifkan selamanya

Apakah sampai separah itu? Hanya karena Invalid activity adsense maka akun adsense terkena banned? Seperti penjelasan di atas bahwa pihak Adsense tidak mau merugikan advertiser (pengiklan).

Jika publissher tidak dapat membuktikan tingkat kesalahan serta bukti memadai yang dilakukan terkait Invalid activity maka pihak Adsense akan menonaktifkan akun adsense selamanya atau banned permanen.

Invalid activity adsense
Kalau sudah begini anda mau demo ke siapa?

Nah, kalau sudah begini anda mau demonstrasi ke siapa? Sia-sia sudah perjuangan selama ini menulis artikel siang malam kalau pada akhirnya sumber pendapatan dari blog dihentikan paksa oleh google Adsense.

Kesimpulan

Sebaiknya hindarkan kegiatan Invalid activity adsense yang akan memicu pada banned akun Adsense secara permanen. Marilah saling menjaga kepentingan antara pihak pengiklan dan google sebagai perantara untuk menghasilkan uang dari blog.

Sedikit tidak menjadi masalah, asalkan berkah…

Dan satu lagi, akun Adsense anda akan panjang umur dan terhindar dari Banned permanen.

Wasalam.



Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Jadwal Kapal

    ( - 02:00)

    Gan apakah aman jika iklan adsen di taruh dengan iklan dari produk lainya seperti iklan dari Mgid… kan sama sperti adsen gan Mqid itu.. mohon di bantu gan

    Avatar

    Jadwal Kapal

    ( - 01:59)

    Gan apakah aman jika iklan adsen di taruh dengan iklan dari produk lainya seperti iklan dari Mgid… kan sama sperti adsen gan Mqid itu.. mohon pencerahannya gan…

    Avatar

    Banyak yang sudah jadi korban nih, walaupun yang klik orang lain yang jadi korban tetap pemilik website

    Avatar

    Densena

    ( - 01:39)

    kalau balas komentar di blog kan kita ngerefres otomatis. Dan kalau balas komentar terus otomatis ngerefres terus. Masak iya sampek segitunya adsense.. Cuma gara² kita ngerefres. Terus solusinya gimana mas..?

    Avatar

    Teknolime

    ( - 03:41)

    dan ini baru saja terjadi pada web saya beberapa waktu lalu :’) dan sekarang sudah bisa setelah diajukan banding

    Avatar

    van

    ( - 05:58)

    apakah ini jg pengaruh klo adsense cm untuk youtube aj? mhnjwbnya thanx

    Avatar

    DP BBM 23

    ( - 13:01)

    mas mau tanya nih, critanya 9 bulan lalu saya diterima GA, dan iklan sukses di pasang pda blog saya, namun beberapa minggu lalu akun GA nya di nonaktifkan dgn alsan invalid activity,

    nah karena saya memasang script iklan nya secara manual ( dlm arti tiap kali buat postingan, saya sisipi kode iklan ) lalu pas akun GA nya di banned, saya tidak mengahupus satu per satu kode iklan yg sdh terlanjur di pasang…

    selang 1 minggu saya malahan daftar ulang, masih blog yg sama tp beda email, alhasil emang bisa di terima, bahkan sampai detik ini iklan GA msh tampil ( dgn akun baru ),

    yang jd pertanyaannya, beberapa mneit lalu di dashboard GA nya ada tulisan, yg intinya satu atau beberapa blog melnaggar kebijakan GA, dan di suruh mengahpus kode iklan yg dianggap melanggar pada salah satu postingan saya, dan stlah saya hapus kode nya, peringatan tersebut hilang…

    apakah saya harus menghapus semua kode iklan GA yg dulu ( akun yg di banned ) pda semua postingan, dan diganti dgn kode iklan pda akun baru, atau biarkan saja, tapi klo misal dibiarkan saja apa nanti akun GA nya gk bakalan di banned ??

    mohon jawabannya mas, terimaksih sebelumnya 🙂

    owh ya blog saya www[dot]kata-anak[dot]tk… saya pakai domain gratis dri freenom

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:04)

      Halo mas,,
      Untuk pelanggaran yang mas sebutkan adalah jenis page-level enforcements violation. Intinya yang melanggar kebijakan Adsensse hanya halaman atau URLyang disebutkan saja. Untuk mengatasi masalah ini, cukup hilangkan kode iklan yang disebutkan pada URL tersebut, setelah itu klik tombol review, maka permasalahan akan ditinjau dalam waktu 7 – 10 hari.

      Untuk memasang kode iklan secara otomatis bisa gunakan tutorial ini : Panduan Lengkap Memasang Kode Iklan Adsense Di Blogspot

      kalau untuk blog WordPress bisa menggunakan plugin.

    Avatar

    Sigit

    ( - 10:56)

    Makasih infonya mas Gani, btw berarti bisa saja web yang kita pasangi ads di isengi sama orang lain ya? biar jadi invalid click activity.

    Avatar

    adul

    ( - 12:13)

    Mas, mau tanya kalo edit-edit artikel kan harus refresh, kira2 berapa maksimal refresh untuk edit artikel supaya tidak dianggap invalid activity?

    Avatar

    Badree

    ( - 02:27)

    Mohon bantuan bang ,! Jika penulis blog tapi bukan pemilik blog ,trus klik iklan di blog yang dia jadi penulis disana ,apakah itu masuk pelanggaran ?

    Avatar

    Dudu

    ( - 02:34)

    Mas Gani mohon maaf mau nanya nich, kalau kita menempatkan alamat tautan postingan blog kita di status facebook apakah aman terhadap akun adsense?
    soalnya ada yang mengatakan aman, ada juga yang mengatakan tidak aman terhadap adsense.
    Mohon pencerahannya dari Mas Gani. Trimakasih

    Avatar

    Ridwan

    ( - 19:04)

    Mas mau tanyak ,, kan kita juga harus balas komenan dari pengunjung ,, lah masalah ny kita wktu balas komenan kan mau tidak mau harus membuka artikel kita ,, jika yg komen banyak gmana mas ?? Apa bisa disebut invalid activity .. thankz mas

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:49)

      Komentar bisa dibalas melalui dashboar blog. Gunakan saja google publisher toolbar, agar lebih aman merefresh halaman sendiri.

        Avatar

        Dudu

        ( - 02:37)

        kalau menggunakan google publisher toolbar berarti harus pake browser Google chrome ya mas?

    Avatar

    miid

    ( - 14:30)

    terimakasih pencerahannya suhu. share ilmunya sangat bermanfaat. thanks

    Avatar

    Pagi Mas Gani, mohon dijawab :
    1. Bagaimana caranya menganalisa sumber lalulintas yang dianggap tidak valid pada dashboard google analytic dan melakukan pencekalan IP address yang dicurigai melakukan sabotase?
    2. Berapa batasan earning youtube per hari agar tidak terjadi invalid activity (pembengkakan biaya advertiser)
    3. Dulu saya earning per hari mencapai 100$ nggak lama kemudian adsense saya banned (invalid activity)
    4. Setelah banned adsesne, channel youtube tidak bs dipindahkan ke akun merk maupujn email lainnya, ratusan ribu subscriber pun melayang.
    Terima kasih, maaf pertanyaan terlalu banyak, tp itu point penting agar tidak terjadi invalid activity.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:37)

      Halo mas, langsung saja ya.
      1. Bagaimana caranya menganalisa sumber lalulintas yang dianggap tidak valid?
      Google sendiri mendefinisikan aktifitas tida valid seperti pada link ini : Definisi traffic tidak valid dan dan penjelasan ini untuk membantu mencegah traffic tidak valid untuk analisa realtime visitor bisa lihat pada rentang tanggal yang terdapat di google Analytic.

      Untuk pencekalan IP address, bisa dilakukan dengan cara ini : Mengecualikan lalu lintas internal dan Membuat filter alamat IP

      2. Untuk batasan earning youtube sebenarnya tidak bisa ditentukan, tergantung ramai tidaknya channel dan jumlah tayangan video. Untuk batasan aman selalu cek dashboard Adsense apabila terjadi lonjakan klik yang tidak wajar.

      3. Untuk pertanyaan ini saya tidak bisa jawab, sebenarnya kalau terjadi lonjakan earning yang tidak wajar bisa dilaporkan ke pihak Adsense. Apabila terkena banned bisa langsung ajukan banding, dan 80% akun akan dikembalikan apabila sebelumnya ada pelaporan.

      4. Channel youtube tidak bisa dipindahkan ke akun merk atau email lain, kemungkinan channel melanggar ketentuan dan pedoman komunitas Youtube.

    Avatar

    waze

    ( - 16:07)

    Paragraf yang menjelaskan alasan tentang aktivitas klik yang menurut Anda tidak sah

    apa kah ada cara lain untuk mengatasipasi ini?

    bagian ini di isi apa mas ???

    Avatar

    jensen

    ( - 10:48)

    Mas mau tanya
    klo kita pasang iklan yg bukan dari adsense itu suatu pelanggaran bukan?
    Trs klo misalkan kita buat link download di blog, (isi link downloadnya sejenis pdf, doc)trs dilinknya itu bayak sekali iklan itu gimana mas pelanggaran bukan?

    Avatar

    Ari Nurhansah

    ( - 13:39)

    kalo misal kita klik like vidio kita, dan komenttar di channel kita sendiri pake account google lain apakah bisa di sebut kecurangan ? tolong jawab mas 🙂

    Avatar

    fachmi

    ( - 01:34)

    Beh klo misalkan video youtube kita yg nonton sndri dengan ip yg sama tpi gak di percepat nonton nya hanya berulang ulang. Itu kena omelan gak yah dari adsen trus kena hukum nya apah. Soal nya punya ane kena bom klik slama 30hari gak bisa di buka akun youtube nya.

    Avatar

    Cecep Solihin

    ( - 21:12)

    Mau tanya donk.saya pertama kali main adsense yotube..bulan ini sudah dapat earning 2,1 jt di adsense..yg saya mau tanyakan…status pelanggaran di adsense saya aman artinya bersih.smntra di youtube saya ada pelanggaran hak cipta 1 saja 1..apakah ada penangguhan nantinya?

    Avatar

    Tafsi

    ( - 23:53)

    Mas, apakah invalid actvity itu normal? Saya pernah baca artikel katanya invalid traffic memang tidak bisa dihindari. Sedikit banyaknya pasti ada. Kalau iya, ada gak sih mas patokan angka invalid trafik yang normalnya berpa persen gitu?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 19:44)

      Invalid trafik biasanya tejadi boot, atau serangan dari pihak tertentu. Dalam hal ini prosentase tidak dapat dipastikan.

    Avatar

    hobi kami

    ( - 16:58)

    mas gani,, kalau dengan cara memasang adblock di browser sendiri itu bisa di jadikan jalan keluar enggak agar tidak terjadi klik iklan sendiri..?jadi di browser kita ga akan ada muncul iklan..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 19:29)

      Iya, pakai Adblock juga bisa agar iklan tidak terlihat 😀

    Avatar

    Ada Semua

    ( - 09:02)

    Bang, 5 hari lalu blog saya sy daftarkan utk jd publisher adsense. Terus barusan saya dapet balesan dr adsense bawasannya intinya:
    “We have detected invalid click activity on your adsense acount” kira2 seperti itu.
    Yg jadi pertanyaan sya, lah wong saya baru daftar adsense, iklan juga blm tampil karena masih dalam review google adsense kok terjadi klik tidak valid ya bang… saya heran nan aneh.
    Itu klo msalah gtu gmna bang??

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:02)

      Kalau iklan belum tampil ya tidak bisa invalid activity sebenarnya mas, kegiatan invalid biasanya apabila iklan di klik sendiri.
      bisa jadi sistem google yang mengalami masalah.

    Avatar

    handika

    ( - 12:38)

    Saya disetrap Google gak boleh kerja selama 30 hari ke depan karena invalid click activity yg saya rasa bukan kesalahan saya, karena saya pun curiga 3 hari sebelumnya jumlah klik sekitar 60-120an, tetapi 2 hari terakhir klik yg saya dapat melonjak tajam ke angka 460, dan akhirnya kemarin kena suspend.
    Akun Adsense saya pakai ID A, sedangkan akun Youtube saya pakai ID B, apakah setelah 30 hari penangguhan itu dilepaskan maka akun Adsense saya kembali normal dan akun Youtube saya bs monetize lg (icon dollar berubah hijau kembali)?

    Avatar

    kode

    ( - 11:24)

    mas, kira2 bom klik itu berapa kali max klik ya bisa mencapai invalit clik, soalnya teman suka iseng2 klik iklan ane

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:44)

      Klo bom klik jumlahnya ratusan mas, dalam waktu yang singkat..Namanya juga Bom 😀

    Avatar

    wigi

    ( - 06:11)

    Permisi mau tanya mas klo akun adsense udah dinonaktifkan krna invalid clik apa saya bisa daftar adsense baru lagi dengan email yg baru dengan komputer yg sama.. apa nantinya gk dicurigai oleh pihak adsense

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:16)

      Masih bisa mas wigi, clear browser saja..aman kok 😀

        Avatar

        wigi

        ( - 07:10)

        Iya oke makasih mas sukses slalu yha 🙂

    Avatar

    KenaSiakl

    ( - 16:53)

    bang nanya dong, yutub saya kyk nya kena bom klik orang, musti trus ke suspend 30 hari, jadi musti gimana nih?
    bisa ngecek siapa dan asal IP yang klik?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:24)

      Lapirkan kejadian mas..tentang invalid activty, linknya ada di artikel mas.

    Avatar

    harun

    ( - 03:58)

    agar iklan diklik gimana caranya mas ? apa biarin begitu saja? mohon penceahan

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 04:45)

      Penempatan iklan harus strategis agar pengunjung langung bisa melihat keberadaan iklan.

    Avatar

    wendy

    ( - 14:42)

    Maaf gan.. mau nnyk
    Kn gni.. klu sya klik iklan sya sendiri tpi sebulan sekali atau dua bulan sekali.. apakah bisa di sebut klik tidk valid?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 21:44)

      Betul, karena semua ip address dan nama perangkat sudah terekam oleh robot cookies google.Kecuali menggunakan perangkat lain 😀

        Avatar

        wendy

        ( - 03:50)

        oke mas makash ya info nya..
        tpi mas sya mau nyak lg lah 😀 soal nya mask pemula
        kn gni saya melihat vidio saya sendiri.. supaya views nya bnyk.. karna sya mau mendapat kn dolar nya dari perseribu iklan yg tayang.. tpi gk saya klik iklan yg muncul.. itu di langgar gk oleh om google mas? dn di kera gk pertayangan nya dgn ip yg sama? maskh mas sebelum nya udh ngerespon 🙂 🙂

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 03:55)

          Lha kalau dilihat sendiri apa nggak capek nantinya?:D tidak menjadi masalah kalaupun dilihat sendiri, tetapi nilai perseribu tayangnya juga akan rendah karena mendapat lalulintas dengan IP yang sama secara berulang-ulang.

          Sebaiknya share ke medsos atau bisajuga di forum yang membahas video youtube 😀

            Avatar

            wendy

            ( - 04:00)

            oke mas gani 🙂
            makash ya mas info nya 🙂 😀 hehe soal nya kuota malam sayang kagak di pakek 😀 skli lg makash ya mas

    Nino Artikel

    Nino Artikel

    ( - 06:50)

    Saya terharu mas. 🙁

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:57)

      Wah…Kenapa sampai terharu?
      Akhir ceritanya happy ending lhoo mas Nino. 😀

    Avatar

    Terima kasih Infonya Mas Gani,
    Kalau boleh tau, bisa gk ya blog kita yang lagi review kedua, kita selingi dengan Ads yang lain, BidVertiser semisalnya. Mohon pencerahannya?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 15:52)

      Lha tujuannya kan mau daftar adsense, ya sebaiknya jangan pasang iklan lainnya. Ibarat mau melamar gadis, tapi udah punya pacar 😀

    Avatar

    Makasih mas atas infonya.

    Tapi ada yg mau saya tanyakan mas.
    Untuk yg iklan di header berrti tidak apa2 kalau dipasang tidak menutupi menu drop down?

    Soalnya setelah saya baca postingan mas di IAPD, saya langsung buru2 mndahin iklan dari header ke sidebar..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:09)

      Oh, tidak apa-apa mas bayu jika iklan terlihat jelas. Artinya tidak terganggu oleh style dropdown yang menyebabkan klik secara tidak sengaja.

    Avatar

    Ika Puspa Fitriani

    ( - 22:45)

    kalau sumber lalu lintas gak jelas asalnya itu bahaya gak ya mas?

    takutnya bisa menyebabkan invalid activity..
    mungkin mas gani punya tips untuk mengatasinya ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:05)

      Sumber lalu lintas bisa dari mana saja, bisa juga dari sumber iklan dan mitra iklan google seperti double click. Biasanya earning akan berkurang otomatis jika terjadi klik yang tidak valid, jika jumlah imresinya dalam batas wajar (di bawah 10 %) masih dalam posisi aman.

      #Maaf, link terdelete otomatis.

    Avatar

    BINTANG SHARE

    ( - 19:35)

    Makasih ilmunya, bro! Bermanfaat banget.
    Lam kenal juga 🙂

    Avatar

    Isrofi Achmad

    ( - 17:56)

    Maksih banget infonya mas Gani, selama ini saya sering banget buka blog sendiri. Melihat preview artikel sebelum dipublish apah itu juga termasuk invalid activity Mas Gani?.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 19:38)

      Menurut halaman bantuan google iya mas, lebih aman jika menggunakan google toolbar for publisher.
      Saya akan update artikelnya besok.

    Avatar

    Saifullah I

    ( - 17:16)

    emm kalau sering cek blog/postingan tapi mengaktifkan pengganti “Jangan lacak laman anda sendiri” (statsBlockingCookie?action=SET&callback..bla..bla..bla..). kira aman dari Invalid Activity gak itu mas +Gani?….

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 17:30)

      Jangan lacak halaman sendiri adalah fitur untuk tidak menghitung halaman blog, jadi yang terhitung adalah murni halaman pengunjung.

      Tapi ini tidak berlaku buat adsense, script iklan yang terpasang dan ditampilkan dalam halaman bowser akan tetap dihitung aktif.

      Ini akan terhitung sebagai tayangan tidak valid jika melakukan refresh
      berulang-ulang atau membuka halaman blog sendiri terlalu sering.

      Dampaknya akan dirasakan bagi pemasang iklan dengan metode BPS (Biaya Per seribu tayang) karena sebagian hitungan halaman berkurang.

      Pihak google akan menganggap hal ini adalah invalid activity, karena halaman tampil terus menerus dengan IP address yang sama,

      Dalam hal ini pemilik blog tidak boleh berlebihan melakukan hal ini, karena dianggap merugikan pihak pengiklan.

    Avatar

    Di jadikan pengalaman berharga bos.biar nanti ke depan nya tidak melakukan kecerobohan lagi.
    Bila invalid activity menerpa.sia sia sudah pengorbanan selama ini.dan siap siap lah merangkak dari nol lagi.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 16:24)

      Betul bos, jangan melakukan kesalahan yang akhirnya merugikan diri sendiri. Kita semua tau kalau mendapatkan akun adsense sekarang ini sangatlah sulit.

      Sebaiknya bisa menjaga sampai kita mendapatkan hasil yang sesuai dengan pengorbanan waktu selama ini.

    Avatar

    Makasih infonya mas, yang ingin saya tanyakan masalah “klik iklan dengan sumber IP address yang sama”. Blog saya kan khusus membahas bus dan travel. Iklan yang muncul seringnya perusahaan otobus juga wisata. Bagaimana jika ada pengunjung dengan 1 IP melakukan dua kali klik di dua iklan berbeda, satunya iklan bus dan satunya iklan tempat wisata atau hotel. Apakah itu masuk kategori invalid click. Makasih…

      Ganisebastian

      Ganisebastian

      ( - 15:23)

      Google bisa pastikan bahwa sumber lalulintas berasal dari mana, apakah klik yang datang dari minat pembaca atau sekedar iseng.

      Selama trafic datang dari mesin pencari itu aman-aman saja, walaupun terjadi klik sampai 5 kali juga masih bisa dikatakan klik yang syah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *