Artikel Adsense

Warning : Invalid Activity Adsense Bukan Hanya Klik Iklan Sendiri

Ini yang menjadi ancaman bagi sebagian publisher google adsense yang bisa menyebabkan banned akun adsense. Selama ini kita mengenal istilah Invalid activity adsense, yaitu kegiatan atau aktifitas tidak sah yang sangat tidak diperbolehkan oleh pihak adsense terutama klik iklan sendiri.

Perlu diketahui bahwa Invalid activity adsense bukan hanya pelanggaran atas klik iklan sendiri, pihak google menjabarkannya lebih luas lagi. Aktifitas tidak valid ini meliputi beberapa hal, nah ini yang harus di pahami betul oleh publisher agar akun adsense tidak terancam banned.

Pengertian dasar invalid activity adsense

Secara garis besar google menyebutkan aktifitas tidak valid mencakup klik atau tayangan apa pun yang melambungkan secara palsu biaya pengiklan atau penghasilan penayang. Intinya aktifitas yang secara di sengaja dan merugikan pihak pengiklan adalah suatu bentuk invalid activity.

Invalid Click Activity

  • Ini yang paling banyak terjadi dan dilakukan oleh publisher adsense, baik klik dengan sengaja ataupun tanpa sengaja terhadap iklan di web atau blognya sendiri.
  • Bentuk kegiatan tidak sah lainnya adalah menyuruh orang lain untuk klik iklan untuk blog penayang adsense, atau bertukar klik atau giliran klik iklan atau lebih dikenal dengan arisan klik.

Pihak google akan menilai kegiatan klik iklan tanpa minat dengan mengetahui sumber IP address yang sama, dan hal ini akan di anggap sebagai kegiatan yang tidak valid dan justru akan membahayakan akun adsense anda sendiri.

Untuk lebih memahami invalid activity adsense, simak video dibawah ini.

Kebijakan penempatan iklan

Loading...

Penayang tidak boleh menggunakan trik atau praktik penipuan untuk memicu klik yang tidak disengaja pada iklan. Pastikan penempatan iklan pada posisi yang tepat di situs Anda.

  • Perhatikan penempatan iklan pada bagian header, usahakan jangan tertutup oleh menu dropdown yang menyebabkan klik iklan tanpa sengaja.
  • Hindarkan penempatan iklan yang sejajar dengan gambar dalam satu sidebar atau satu laman yang menyebabkan klik tidak sengaja.
  • Beri jarak yang sesuai antara satu unit ukuran iklan dengan unit iklan lainnya.

Baca selengkapnya : Penempatan Iklan Yang Dilarang Dan Melanggar Kebijakan Adsense

Perhatikan cara situs Anda dipromosikan

Pemicu banned akun adsense dan termasuk dalam tayangan tidak valid adalah sumber lalulintas situs, salah satu contoh yang paling banyak dilakukan adalah promosi situs melalui pihak ketiga dengan cara membayar agar mendapatkan trafik.

Penayang harus sangat berhati-hati bila membeli lalu lintas atau menyiapkan kampanye iklan dengan pihak ketiga. Sebelum mengadakan kontrak dengan jaringan iklan, Anda harus memastikan bahwa mereka tidak akan pernah menampilkan situs Anda di munculan atau sebagai hasil dari tindakan yang dilakukan aplikasi perangkat lunak. Harap perhatikan juga bahwa penayang yang menggunakan iklan online jenis apa pun harus mematuhi Pedoman Mutu Laman Landas Google.

Baca : sumber resmi dari google

Hindarkan Refresh Halaman Blog Secara Berulang-ulang

Bentuk Kegiatan Invalid activity adsense lain adalah melihat halaman blog sendiri atau merefresh berulang-ulang. Seperti yang kita tahu adsense juga akan membayar jumlah setiap halaman yang tayang disitus kita walaupun tidak terjadi klik.

Perhitungan pembayaran adsense ini sering disebut dengan BPS (Biaya per seribu tayangan), dalam metode ini pengiklan menawar 1.000 tayangan yang terlihat aktif atau sedikitnya 50% bagian iklan ditampilkan di layar selama setidaknya satu detik.

Baca : Sumber resmi dari google

Jadi jika kita melakukan refresh halaman berulang-ulang atau lebih sering akan dianggap sebagai tindakan Invalid activity adsense yang merugikan pihak pengiklan.

Ancaman Banned Akun Adsense Bagi Publisher

Sistem google menggunakan filter canggih untuk membedakan antara kegiatan normal oleh pengguna dan kegiatan yang dapat menghadirkan ancaman dan merugikan pihak pengiklan.

Beberapa contoh kegiatan ini mencakup klik atau tayangan yang dihasilkan oleh pengguna tidak etis, robot dan sumber kunjungan otomatis serta tayangan tidak valid.

Jika anda beberapa kali melakukan kegiatan Invalid activity adsense yang sudah disebutkan di atas, maka pihak Adsense akan memberikan peringatan terkait pelanggaran yang anda lakukan.

Peringatan tersebut bisa berupa email yang ditujukan kepada pemilik akun adsense, jika anda tidak melihat atau membuka kiriman email yang dimaksud akan membawa petaka bagi akun adsense anda. Karena email tersebut adalah sebagai bentuk peringatan.

Dalam beberapa kasus email pemberitahuan ini tidak disampaikan oleh pihak adsense, yang kita tau selanjutnya adalah iklan sudah tidak tayang lagi di blog atau sudah dinonaktifkan pihak Adsense.

Invalid activity adsense

Nah, kalau sudah seperti gambar di atas siapa yang akan menyesal?

Perlu anda tau, pihak google tidak akan membayarkan penghasilan yang sudah didapatkan. Alasannya adalah mengembalikan dana kepada pemilik atau pihak pengiklan.

Bagaimana jika Invalid activity adsense dilakukan oleh pihak lain?

Sebagai publisher adsense sudah tentu kita selalu menjaga dan selalu mematuhi pedoman google adsense, tetapi mungkin ada saja pihak yang kurang berkenan dengan keberadaan akun adsense kita. Banyak cara bisa dilakukan agar cepat atau lambat akun adsense kita terkena banned.

Hal ini yang seharusnya kita waspadai agar terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka bisa saja melakukan bom klik pada iklan adsense secara berulang-ulang sampai puluhan bahkan sampai ratusan kali, dengan cara manual atau menggunakan bot click.

Laporkan Invalid activity adsense

Untuk mengantisipasi hal ini anda harus memantau jumlah klik yang tidak biasa pada dashboard adsense anda, melihat sumber lalulintas menggunakan Google analytic dan amankan akun adsense anda dengan melepas sementara semua kode unit iklan dalam blog.

Anda bisa melaporkan hal ini pada halaman pemberitahuan peristiwa sabotase dan mengisi formulir dibawah ini

Formulir Kontak Klik Tidak Valid

Harap sertakan data apa pun dari log atau laporan lalu lintas situs, aplikasi seluler, dan/atau saluran YouTube Anda yang menunjukkan alamat IP, perujuk, atau permintaan mencurigakan yang dapat menjelaskan terjadinya aktivitas tidak valid.

Invalid activity adsense

Dihalaman panduan adsense tidak disebutkan secara terperinci mengenai Mencekal IP tertentu agar tidak mengeklik iklan, tapi hal ini bisa dilakukan oleh pengguna WordPress dengan sangat mudah melalui cPanel.

Invalid activity adsense

Anda harus bisa melakukan analisa atau sumber lalulintas yang dianggap tidak valid pada dashboard google analytic dan melakukan pencekalan IP address yang dicurigai melakukan sabotase.

Iklan atau akun dinonaktifkan

Meskipun tindakan sabotase dilakukan oleh pihak ke 3, tanggung jawab akun adsense adalah pihak publisher sepenuhnya. Terkadang hal ini yang membuat kita menjadi jengkel, dan keputusan sepenuhnya adalah menunggu dari pihak adsense.

Jika anda benar-benar tidak melakukan kegiatan Invalid activity adsense yang dimaksud kemungkinan pihak adsense akan memberi keringanan dan akun adsense anda akan aman.

Tetapi jika pihak Adsense belum benar-benar yakin atas segala bukti invalid activity maka akan ada penangguhan akun adsense selama 30 hari. Seperti kejadian beberapa waktu lalu pada blog Juragan cipir milik mbak Indri Lidyawati.

Dalam masa itu iklan akan di nonaktifkan sementara oleh pihak Adsense.

Invalid activity adsense

Akun Adsense dinonaktifkan selamanya

Apakah sampai separah itu? Hanya karena Invalid activity adsense maka akun adsense terkena banned? Seperti penjelasan di atas bahwa pihak Adsense tidak mau merugikan advertiser (pengiklan).

Jika publissher tidak dapat membuktikan tingkat kesalahan serta bukti memadai yang dilakukan terkait Invalid activity maka pihak Adsense akan menonaktifkan akun adsense selamanya atau banned permanen.

Invalid activity adsense
Kalau sudah begini anda mau demo ke siapa?

Nah, kalau sudah begini anda mau demonstrasi ke siapa? Sia-sia sudah perjuangan selama ini menulis artikel siang malam kalau pada akhirnya sumber pendapatan dari blog dihentikan paksa oleh google Adsense.

Kesimpulan

Sebaiknya hindarkan kegiatan Invalid activity adsense yang akan memicu pada banned akun Adsense secara permanen. Marilah saling menjaga kepentingan antara pihak pengiklan dan google sebagai perantara untuk menghasilkan uang dari blog.

Sedikit tidak menjadi masalah, asalkan berkah…

Dan satu lagi, akun Adsense anda akan panjang umur dan terhindar dari Banned permanen.

Wasalam.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

67 Comments

  1. Gan apakah aman jika iklan adsen di taruh dengan iklan dari produk lainya seperti iklan dari Mgid… kan sama sperti adsen gan Mqid itu.. mohon di bantu gan

  2. Gan apakah aman jika iklan adsen di taruh dengan iklan dari produk lainya seperti iklan dari Mgid… kan sama sperti adsen gan Mqid itu.. mohon pencerahannya gan…

  3. kalau balas komentar di blog kan kita ngerefres otomatis. Dan kalau balas komentar terus otomatis ngerefres terus. Masak iya sampek segitunya adsense.. Cuma gara² kita ngerefres. Terus solusinya gimana mas..?

  4. dan ini baru saja terjadi pada web saya beberapa waktu lalu :’) dan sekarang sudah bisa setelah diajukan banding

  5. apakah ini jg pengaruh klo adsense cm untuk youtube aj? mhnjwbnya thanx

  6. mas mau tanya nih, critanya 9 bulan lalu saya diterima GA, dan iklan sukses di pasang pda blog saya, namun beberapa minggu lalu akun GA nya di nonaktifkan dgn alsan invalid activity,

    nah karena saya memasang script iklan nya secara manual ( dlm arti tiap kali buat postingan, saya sisipi kode iklan ) lalu pas akun GA nya di banned, saya tidak mengahupus satu per satu kode iklan yg sdh terlanjur di pasang…

    selang 1 minggu saya malahan daftar ulang, masih blog yg sama tp beda email, alhasil emang bisa di terima, bahkan sampai detik ini iklan GA msh tampil ( dgn akun baru ),

    yang jd pertanyaannya, beberapa mneit lalu di dashboard GA nya ada tulisan, yg intinya satu atau beberapa blog melnaggar kebijakan GA, dan di suruh mengahpus kode iklan yg dianggap melanggar pada salah satu postingan saya, dan stlah saya hapus kode nya, peringatan tersebut hilang…

    apakah saya harus menghapus semua kode iklan GA yg dulu ( akun yg di banned ) pda semua postingan, dan diganti dgn kode iklan pda akun baru, atau biarkan saja, tapi klo misal dibiarkan saja apa nanti akun GA nya gk bakalan di banned ??

    mohon jawabannya mas, terimaksih sebelumnya 🙂

    owh ya blog saya www[dot]kata-anak[dot]tk… saya pakai domain gratis dri freenom

    1. Halo mas,,
      Untuk pelanggaran yang mas sebutkan adalah jenis page-level enforcements violation. Intinya yang melanggar kebijakan Adsensse hanya halaman atau URLyang disebutkan saja. Untuk mengatasi masalah ini, cukup hilangkan kode iklan yang disebutkan pada URL tersebut, setelah itu klik tombol review, maka permasalahan akan ditinjau dalam waktu 7 – 10 hari.

      Untuk memasang kode iklan secara otomatis bisa gunakan tutorial ini : Panduan Lengkap Memasang Kode Iklan Adsense Di Blogspot

      kalau untuk blog WordPress bisa menggunakan plugin.

  7. Makasih infonya mas Gani, btw berarti bisa saja web yang kita pasangi ads di isengi sama orang lain ya? biar jadi invalid click activity.

  8. Mas, mau tanya kalo edit-edit artikel kan harus refresh, kira2 berapa maksimal refresh untuk edit artikel supaya tidak dianggap invalid activity?

  9. Mohon bantuan bang ,! Jika penulis blog tapi bukan pemilik blog ,trus klik iklan di blog yang dia jadi penulis disana ,apakah itu masuk pelanggaran ?

  10. Mas Gani mohon maaf mau nanya nich, kalau kita menempatkan alamat tautan postingan blog kita di status facebook apakah aman terhadap akun adsense?
    soalnya ada yang mengatakan aman, ada juga yang mengatakan tidak aman terhadap adsense.
    Mohon pencerahannya dari Mas Gani. Trimakasih