jaringan 4G LTE

Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke Jaringan 4G LTE

Dewasa ini, hampir semua smartphone terbaru sudah mulai mendukung jaringan 4G LTE. Baik dari smartphone kelas menengah ke atas maupun smartphone kelas menengah ke bawah.

Tidak hanya smartphone saja sih sebenarnya, kartu paket internet juga rata-rata sudah menyediakan kuota 4G yang lebih banyak dibanding kuota jaringan 2G/3G.

Dirangkum dari arenaLTE, 4G LTE (Long Term Evolution) sebenarnya sudah mulai dikomersialkan sejak akhir tahun lalu. Sebagai jaringan dengan koneksi internet tercepat di atas 3G / HSDPA tentu memberikan harapan kepada pengguna untuk bisa berselancar di dunia maya tanpa harus menunggu lama.

Di atas kertas, kecepatan koneksi internet 4G LTE memang bisa mencapai 150 Mbps, jauh lebih kencang jika dibandingkan dengan jaringan 3G/HSDPA yang hanya memiliki kecepatan 14 Mbps.

Tapi..

Sangat-sangat jauh berbeda dengan kenyataan di lapangan. Untuk jaringan 3G/HSDPA saja saya belum pernah merasakan hingga 14 Mbps, paling kencang hanya mentok di 2 Mbps saja. Malahan jaringan 3G/HSDPA jauh lebih baik dibanding jaringan 4G LTE di kota saya, Pekanbaru.

Jika saya pergi ke desa, saya bahkan tidak bisa mengakses jaringan 4G LTE karena jaringan tersebut belum tersebar secara merata.

Kuota 4G Lebih Banyak dibanding Kuota 2G/3G

Seperti yang sudah saya bilang di awal tadi, bahwa jika kamu membeli kartu paket internet biasanya jaringan 4G memiliki kuota internet yang lebih banyak dibanding jaringan 2G/3G. Ini merupakan salah satu strategi dari operator seluler untuk mengampanyekan 4G kepada masyarakat.

Loading...

Sebelumnya, beberapa operator seluler di Indonesia juga telah menyelenggarakan edukasi dan sosialisasi mengenai jaringan 4G LTE ini. Memang masih dalam ruang lingkup kota-kota besar dan diharapkan kedepannya jaringan 4G akan merata hingga ke pelosok desa.

Bagi kamu yang tinggal di wilayah dengan dukungan 4G LTE, inilah waktu yang tepat untuk mengupgrade smartphone. Karena, banyak sekali keuntungan yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya pada smartphone non 4G.

Smartphone 4G LTE dengan Harga Terjangkau

4G LTE

Selain tersedianya kuota internet 4G dengan harga yang relatif murah, kini beberapa vendor smartphone juga berlomba-lomba menciptakan semarthone 4G LTE dengan harga yang ramah di kantong. Bahkan dengan budget dibawah 1 juta pun kamu sudah bisa memiliki smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Vendor lokal seperti Advan, Evercoss, dan Smartfren memang terkenal memproduksi smartphone low budget. Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menjajal smartphone 4G LTE.

Namun, dengan harga yang low budget tersebut tentunya fitur-fitur yang ditawarkan pun masih terkesan standar (yang penting sudah bisa 4G guys.. hehe). Jadi, jangan terlalu berharap lebih jika menginginkan smartphone dengan performa di atas rata-rata.

Dukungan Chipset Smartphone dengan Biaya Produksi yang Murah

Sebagai jantungnya smartphone, chipset merupakan salah satu komponen penting yang  menyediakan jaringan 4G LTE pada sebuah smartphone. Mengapa smartphone 4G LTE saat ini bisa dibilang cukup murah? Karena rata-rata produsen smartphone menggunakan chipset dengan biaya produksi yang murah juga.

MediaTek dan Snapdragon misalnya, chipset yang tidak asing lagi bagi pengguna smartphone saat ini. Sebab, kedua chipset ini banyak digunakan pada smartphone-smartphone kelas menengah ke bawah. Bahkan, dengan budget USD 50 saja sudah bisa mendukung jaringan 4G LTE.

Baca Juga:

Penutup

Sudahkah smartphone kamu mendukung 4G LTE? Yuk, upgrade sekarang juga. Tentunya disesuaikan dengan kantong juga ya guys. Semoga kedepannya jaringan 4G sudah bisa dinikmati secara merata oleh para pengguna smartphone di Indonesia.

Semoga bermanfaat.



Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Komentar

    Avatar

    deasikumbang

    ( - 07:28)

    Nanti dulu sepertinya untuk 4G.
    Jariangannya itu ampuun..

      M. Z. Fauzi

      M. Z. Fauzi

      ( - 14:49)

      Hehe.. Kalau untuk kecepatan saya rasa memang masih kalah dengan 3G. Tapi, nggak ada salahnya dicoba sebab paket internet 4G menawarkan kuota yang lebih banyak dibanding 2G/3G. Harganya juga jauh lebih murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *