Kenapa Internet Harus Bayar

Internet Kok Bayar! Kenapa Tidak Gratis Saja? Ini Alasannya

Alasan Kenapa Internet Harus Bayar – Sebagai pengguna internet, kamu mungkin pernah bertanya-tanya kenapa kalau mau internetan itu harus bayar dulu dan mengapa tidak gratis saja seperti halnya acara Televisi.

Pertanyaan semacam ini mungkin pernah terlintas dipikiranmu, namun entah karena sibuk atau karena hal lainnya. Pertanyaan ini tiba-tiba saja hilang terpendam dalam pikiran sehingga bikin penasaran apa jawabannya kalau teringat kembali.

Sebab hal itu, Klik Mania mencoba untuk membantu mengingatkanmu kembali tentang pertanyaan yang bikin penasaran tersebut melalui ulasan kenapa internet harus bayar. Seperti faktanya, jika ingin terhubung dengan internet, pengguna terlebih dahulu dituntut untuk membeli pulsa terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa membeli paket internet.

Setelah pembelian paket berhasil, pengguna bisa membuka internet dengan mengakses situs apa pun yang diinginkan, baik itu Google.com, Facebook.com ataupun Klik Mania 😀

Namun begitu, hal demikian tidak akan terjadi kalau saja sebelumnya kamu tidak membeli pulsa. Ya, tanpa adanya pulsa kita tidak bisa melakukan transaksi pembelian paket data/kuota internet.

Itu artinya, jelaslah sudah kalau internet itu tidak gratis dan harus membayar terlebih dahulu kalau ingin menggunakannya. Tapi kenapa internet harus bayar ya?

Alasan Kenapa Internet Harus Bayar

Pada dasarnya, Internet itu sebenarnya gratis. Yang menyebabkan penggunanya harus membayar adalah karena operator jaringan. Maksudnya, uang yang kita habiskan buat beli pulsa atau paket data selama ini bukan di ambil oleh pemilik internet atau website, melainkan operator jaringan.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali contoh operator jaringan yang menawarkan fasilitas internet. Di antaranya adalah Telkomsel, XL, Indosat Ooredo, Tri Indonesia, Axis, Smartfren, Bolt dan lainnya.

Loading...

Dari sekian banyaknya operator itu, salah satunya mungkin pernah kamu gunakan untuk mengakses internet. Misalnya, sekarang ini kamu sedang menggunakan kartu As (Telkomsel) dan pernah beli pulsa untuk beli paket internet, maka itu sama saja artinya kamu menyerahkan uang tersebut ke operator Telkomsel.

Dengan kata lain, setiap uang yang kamu gunakan buat beli pulsa dan paket internet, itu semua merupakan bagian dari keuntungan operator jaringan yang kamu gunakan.

Kenapa Operator Jaringan Yang di Untungkan?

Dalam hal ini, mungkin rasanya sangat tidak adil kalau hanya operator jaringan yang hanya diuntungkan. Pasalnya, orang yang sepantasnya menerima keuntungan itu adalah mereka yang membuat situs-situs di internet, tapi kenapa faktanya tidak demikian?

Alasan sebenarnya cukup sederhana, yakni karena yang membuat kamu bisa mengakses website itu adalah operator jaringan. Ya, operator jaringan jangan dipikir adalah perusahaan yang hanya mencari keuntungan secara pasif.

Kenapa Internet Harus Bayar

Sebaliknya, operator jaringan itu adalah perusahaan yang mencari keuntungan secara aktif karena mereka membangun/menyewa berbagai macam infrastuktur, salah satunya adalah tower BTS.

Tower BTS adalah salah satu infrastruktur penting untuk mendukung berbagai macam kegiatan komunikasi, mulai dari telponan, smsan hingga internetan. Jadi, tanpa adanya tower, smartphone tidak akan bisa mendapatkan sinyal sehingga membuat kita tidak bisa melakukan kegiatan komunikasi pula.

Baca : Transformasi Perkembangan Jaringan Ponsel dari Generasi 0 Sampai 4G LTE

Dengan demikian, sangatlah wajar apabila operator jaringan mendapatkan keuntungan dari penggunanya, baik melalui transaksi pembelian paket nelpon, sms dan paket data. Nah, sudah terjawab kan sekarang kenapa internet harus bayar.


Loading...

Bagikan

fitra

Penulis

Komentar

    Avatar

    bin

    ( - 09:33)

    emang negara ini ga punya duit apa buat bikin tower jaringan operator sendiri,yg jelas di negara ini intinya duit makanya klo ha punya duit jangn main internet biar ga makan ati

    Avatar

    umaru

    ( - 13:58)

    mau internet gratis versi sendiri mah bisa aja sih, prtama terbangin satelit, hubungin sama satelit lainya, buat tower, router dimana mana se indonesia, trus urus sendiri dah tuh system jaringanya, intinya tetap harus ada uang bray kwkwkwk

    Avatar

    12345678

    ( - 06:31)

    Kenapa tower sama jaringannya tidak dipegang sama pemerintah?
    Padahal kalau sama pemerintah mungkin akan menjadi gratis ataupun lebih murah

    Avatar

    Anton

    ( - 05:13)

    Internet itu sebenarnya gratis? Yang bener aja Kang kalau memakai istilah. Internet sejak awal ditemukan tidak gratis karena disana ada investasi uang untuk peralatan, gaji pegawai, dan lain sebagainya.

    Untuk menemukannya saja dibutuhkan biaya dan tentunya menunjukkan bahwa internet tidak pernah gratis. Pemakaian kalimat yang bombastis sekali dan tidak sesuai dengan kenyataan sama sekali. Hal ini membuat seakan-akan internet mirip oksigen atau air yang tersedia di dunia nyata, kemudian dikomersialkan, sebenarnya tidak dan jauh berbeda.

    Internet buatan manusia dan selalu membutuhkan biaya sejak lahirnya.

    Jadi, jangan pernah berpikir bawah akan ada internet gratis. Kalau ada yang gratis sebenarnya biaya ditanggung oleh pihak yang lain, tetapi tetap saja sebenarnya tidak gratis.

    Avatar

    evander smith

    ( - 10:35)

    Kenapa bukan pemerintah aja yang ngelola BTS dan menyediakan jaringan (sperti yang dilakukan operator saat ini)?

    Avatar

    rico

    ( - 07:47)

    Lalu siapa yg punya tower BTS tersebut.? knp pihak operator harus menyewa tidak di beli saja.?

    Avatar

    Riizhu

    ( - 01:32)

    Gak masalah sih bayar, tapi jangan mahal-mahal aja XD. 10rb dpt 1GB menurutku itu udah ideal sih.

    Kalau mahal ntar bakal banyak yang akhirnya terjerumus ke pergaulan bebas (baca: Gretongers).

    Avatar

    Tera Pimusik

    ( - 04:17)

    Jadi ngebayangin gan enak banget kali ya, kapan internet gratis ada di Indonesia hahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *