Artikel Adsense

Guru Go Blog : Kerja Sampingan Guru Menjadi Blogger Sukses Sebagai Publisher Adsense

Guru gu blog? Apa salahnya seorang guru menjadi blogger? Bukan hal yang aneh, sebabΒ ini bisa menjadi kerja sampingan guru yang menjanjikan. Karena pekerjaan seorang blogger bisa di lakukan siapa saja, kapan saja dan di mana saja.

Termasuk seorang guru yang notabene mempunyai hobi menulis atau menyampaikan mata pelajaran kepada muridnya, bisa di tuangkan kedalam tulisan ke dalam blog dan menjadi sebuah arsip yang bisa dibuka kapan saja.

Lantas apakah hal ini bisa menjadi sumber uang sebagai penghasilan tambahan? Tentu saja bisa banget..Baiklah, mari kita lanjutkan artikel ini.

Merupakan moment yang sangat tepat jika kerja sampingan guru adalah membuat blog, sebab sebagian materi sudah barang tentu di kuasai. Seorang guru setiap hari sudah bergumul dengan mata pelajaran yang di sampaikan sehingga materi tersebut terkadang hafal di luar kepala.

Alangkah baiknya jika di arsipkan dan dikumpulkan dalam satu wadah yang di sebut dengan blog. Dengan begitu seorang guru bisa berkarya dan memberikan penghasilan tambahan.

Lantas bagaimana seorang guru menghasilkan uang dengan blog?

Sebagai seorang pembelajar tentunya sudah sangat akrab sekali dengan hal menulis, apakah anda tahu jika setiap tulisan yang anda buat bisa di jadikan uang?

Baiklah, setiap tulisan yang dikumpulkan setiap hari akan berkembang menjadi sebuah kumpulan artikel. Dan jika artikel tersebut sudah banyak akan berpeluang memancing pengunjung untuk datang dan mencari artikel yang di butuhkan.

Semakin banyak artikel yang bermanfaat, akan semakin banyak mendatangkan pengunjung. Dari sinilah akan tercipta trafik sehingga kondisi blog akan menjadi ramai oleh visitor. Dari trafik inilah uang akan dihasilkan.

Kok bisa?? Dibawah ini penjelasannya.

Menghasilkan uang dari monetisasi blog

Salah satu hal yang berpotensi untuk menghasilkan uang dari blog dan sebagai kerja sampingan guru adalah memonetize blog tersebut. Silahkan daftarkan blog anda ke Google adsenseΒ dan jika blog di setujui, anda sudah bisa memulai mendulang dolar dari blog anda sendiri.Β  Ini adalah peluang usaha baru .

Baca : Syarat daftar adsense untuk blog agar di setujuiΒ 

Tentunya blog yang di daftarkan harus memenuhi kriteria dan ketentuan dari google adsense dan tidak melanggar TOS. Jika artikel yang dimuat adalah bahan pembelajaran dan seputar ilmu pengetahuan, maka kemungkinan besar akan segera mendapat persetujuan dari Tim Adsense.

Apakah seorang guru mempunyai banyak waktu untuk mengelola blog?

Untuk menjadi seorang blogger sukses tidaklah dibutuhkan waktu seharian penuh buat mengurus blog, kita bisa mengerjakan blog manakala ada waktu luang atau waktu longgar setelah tugas utama menjadi guru.

Bahan atau materi posting bisa berkembang dengan sendirinya berdasarkan pengalaman mengajar atau pengalaman lain yang berhubungan dengan sekolah.

Mengapa saya begitu antusias bahwa menjadi blogger adalah kerja sampingan guru yang menjanjikan?

Saya mempunyai paman, dia setiap hari mengajar di sebuah sekolah swasta di kota saya. Hobinya memang menulis dan dia salurkan melalui blog, saat ini rutinitas tersebut sudah di jalani selama hampir 3 tahun.

Dan sampai saat ini pula sudah menerima beberapa kali pembayaran dari google adsense. Jumlahnya cukup fantastis, sehingga saat ini beliau bertambah rajin untuk menulis artikel setiap hari.

Baca : Perhitungan google adsense membayar anda

Penutup

Kerja sampingan guru menjadi seorang blogger sebenarnya bukan menjadi keharusan, tetapi jika mempunyai waktu luang bisa kita manfaatkan untuk hal hal positif dan tentunya menghasilkan.

Saya dulu juga seorang murid, dan ingin berbagi pengalaman bermain google adsense untuk ibu atau bapak guru, semoga ada seorang guru saya yang membaca artikel ini.

Hormat saya kepada beliau… yang telah mendidik untuk hal hal yang berguna bagi banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

23 Comments

  1. Guru Go Blog? Haha Sangat menarik πŸ˜€
    Iya juga ya gan, mau apapun kerjaanya kalo punya bakat menulis sebenernya bisa jadi penghasilan juga kalo dituangin ke blog plus pake adsense.

  2. Salam Kenal Maz… wah kalo semua guru satu pemikiran dan mind set ama Maz gani pasti Indonesia cepat maju nie mas kayaknya….. dan tentunya muridnya juga bisa ketularan…., tapi yg saya lihat sekarang ini ndak seperti itu, ndak kayak jaman dulu seorang guru bekerja pengabdian, sekarang udah berbeda 360 derajat, apalagi menjelang UNAS seperti ini !!! Tapi yah….. itu tanggung jawabnya sendiri-sendiri…. Saya sendiri juga belajar maz dah tuwir….. wong belajar khan ndak kenal usia to maz ? tul khan ? Tetap semangat maz…..

  3. niche info…saya seorang guru sjk awl desember 2015 aktif blog plus Adsense…sering gnta-gnti niche.
    pling tepat niche buat guru apa ya mas…krn blm bsa hsilkan tiap bulan…nie.
    mksih mas atas berkenan jwabannya.

    1. Sebenarnya yang paling tepat adalah niche pendidikan πŸ˜€ , tetapi tidak menutup kemungkinan membuat niche yang banyak dicari pengunjung agar bisa mendongkrak trafik.

  4. Guru kalau bisa jadi blogger itu hebat banget. Selain bisa membagikan ilmunya secara offline, juga bisa secara online. Nah, kalau guru yang sampai sekarang masih honorer dan ingin mencari penghasilan tambahan, mungkin jadi seorang blogger adalah salah satunya dan patut untuk dicoba. Semangat bagi para guru!!! Sukses selalu

  5. selamat siang dan met kenal.
    begini sebaiknya pake blog dengan domain berbayar atau gratisan yang ikut dalam publisher adsense

      1. trims mas atas jawbanya, tetapi yang lebih baik itu bagus mana?
        sebab perbedaanya terasa antara berbayar dan gratisan…
        mohon jawb..

        1. Kalau boleh bilang jujur, blog berbayar lebih lengkap fiturnya masboy, tapi untuk tahap belajar bisa gunakan blog gratis.

          Kalau menurut saya tergantung yang mengelola mas, asalkan konsisten…blog gratisan juga tidak akan kalah bersaing dengan blog berbayar πŸ˜€

          1. oh demikian, yang penting konsisten isi blog dengan artikel-artikel yang orginal, untuk 1 blog berapa artikel setiap hari, terus berapa kata yang disukai adsense..

            1. Wah..maaf balesnya agak tersendat, sambil kerja ni mas πŸ˜€

              Iya, buat artikel yang original minimal 300 kata atau lebih banyak lebih bagus.

              Update artike minimal 3 kali seminggu, Setah blog berumur 3 – 4 bulan bisa didaftarkan ke Adsense.

              1. 1 blog batasan artikel berapa ribu artikel?, dan blognya 1 niche atau gado2 gan?

                1. Terserah kemampuan masboy mau buat artikel berapa ribu juga bisa.

                  Mulai saja dari apa yang dikuasai, blog niche akan berpeluang mendapatkan pengunjung yang lebih spesifik.

  6. Maaf pak ganisebastian, saya tulisnya gabung guru “GoBlog”. Tulisan guru Go Blog sangat menarik. Saya juga sedang “GoBlog” mudah-mudahan rejeki menghampiri diriku. ha ha ha.

  7. Lha gmn gak banyak Mas Gani, lha wong pemilik blog tiap view juga terhitung kok πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ , ternyata sebelum view blog sendiri harus ngaktifin fitur “Don’t track your own pageviews”. meski skrg sdh tidak bisa, tapi masih bisa pke kode “API Callback”. he ^_^

    1. Siipp mas, Nah itulah arti pengalaman, biar bisa mempelajari hal hal baru. Saya dulu di blogger juga gitu :D. Punya PV banyak tapi PV sendiri. Tapi lain halnya jika di WP yang bisa di atur untuk hanya melihat count dari pengunjung secara murni, walau terkadang datang juga pengunjung robot. πŸ˜€

  8. Yang penting harus pintar-pintar membagi waktu saja Mas Gani… saya juga kurang lebih 2 bulan belajar ngeblog, tujuan utamanya ya sharing yang bermanfaat aja. Perkara diterima Adsense atau tidak yaa “dipikir karo mlaku ae” he…. dari awal nyoba daftar Adsense saja sudah salah caranya, yang saya daftarin malah blognya orang πŸ˜€ , yaa gak apa2lah itung2 dapat pengalaman dan melatih kesabaran. Yang penting bisa berbagi ala kadarnya sudah senang banget Mas. Apalagi Visitornya sudah 7000 an, meski cuma berkunjung saja he ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close