Ulasan Bisnis

Keunggulan Bisnis Kuliner, 5 Hal yang Membuat Kalian Yakin untuk Memulai Usaha

Keunggulan bisnis kuliner ada berbagai macam bentuknya. Hal ini pula yang menjadikan banyak sekali orang berlomba-lomba untuk memulai sendiri berbisnis kuliner.

Mulai dari membuka restoran, cafe, katering, sampai pada kedai kecil yang menyediakan sarapan pagi. Pilihan bisnis kuliner tersebut tergantung dari jumlah modal yang anda miliki dan kemampuan memasak yang telah ada.

Dengan besarnya modal, membuka cafe yang bergaya western bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, jika belum memiliki banyak modal, membuka kedai sarapan pagi dipinggir jalan bisa menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin berbisnis kuliner.

Fleksibilitas dalam hal modal ini jugalah yang menjadi salah satu keunggulan bisnis kuliner yang akan kita bahas disini.

Lalu untuk mengetahui lebih lanjut tentang keunggulan bisnis kuliner yang lainnya. Berikut penjelasan lebih jauh tentang keunggulan bisnis kuliner tersebut.

1. Makanan Pasti Dibutuhkan Semua Orang

keunggulan bisnis kuliner

Keunggulan bisnis kuliner yang pertama adalah adanya fakta bahwa makanan adalah kebutuhan pokok yang pasti dibutuhkan oleh semua orang. Semua orang didunia ini mulai dari anak-anak sampai kakek-nenek pasti membutuhkan asupan makanan untuk menunjang aktivitas mereka.

Kebutuhan akan makanan inilah yang merupakan peluang yang bisa kita manfaatkan dengan membuka bisnis kuliner.

Artinya selagi masih ada manusia didunia ini, bisnis kuliner masih memiliki potensi untuk kita jalankan. Ditambah lagi dengan adanya fakta bahwa pertumbuhan manusia setiap tahun terus mengalami peningkatan. Sehingga semakin banyak pula jumlah mulut yang membutuhkan makanan.

Bisnis yang Mudah Lenyap

Keunggulan bisnis kuliner inilah yang jarang sekali dimiliki oleh berbagai bisnis yang lain. Ambil saja contohnya bisnis yang  mati akibat adanya perubahan teknologi yang lebih maju.

Pertama adalah bisnis wartel (Warung Telekomunikasi), bisnis ini pada awalnya merupakan bisnis yang sangat laris dipasaran karena pada saat itu orang belum banyak memiliki Handphone seperti sekarang. Sehingga orang yang perlu menelpon saudara mereka membutuhkan jasa wartel dan akhirnya berkembanglah bisnis ini.

Namun seiring berkembangnya teknlogi munculah telpon genggam yang memiliki harga yang semakin terjangkau untuk dimiliki. Akhirnya semakin banyak pula masyarakat yang memiliki telpon genggam untuk berkomunikasi dan bisnis wartel menjadi tidak berkembang dan mati ditelan kemajuan teknologi.

Contoh selanjutnya adalah yang sedang marak-maraknya dibanyak kota besar di Indonesia yaitu keberadaan transportasi online. Saat belum ada taksi atau ojek online, keberadaan angkutan umum dan taksi menjadi primadona oleh sebagian besar masyarakat untuk berpergian.

Sadar bahwa banyak yang membutuhkan jasa mereka menjadikan banyak angkutan umum tidak terlalu memperhatikan pelayanan yang mereka berikan kepada masyarakat yang menggunakan jasa mereka. Sopir yang ugal-ugalan dan terlalu lamanya menunggu penumpang menjadi masalah yang seolah-olah biasa dimata mereka.

Sampai pada akhirnya munculah transportasi online yang menawarkan tarif yang jauh lebih murah ditambah dengan pelayanan yang optimal.  Keberadaan mereka tentu saja menjadi pilihan oleh banyak pelanggan dibandingkan angkutan umum yang telah ada.

Termasuk Bisnis Sepanjang Massa

Dua kasus bisnis yang mati akibat perubahan teknologi, sepertinya tidak berlaku pada bisnis kuliner. Perhatikan saja, warung makan telah ada sejak zaman dahulu, mulai dari abad pertengahan yang dipenuhi kedai makan sederhana sampai sekarang dengan banyaknya cafe kekinian di kota-kota besar.

Teknologi bahkan bukan malah melenyapkan bisnis kuliner tapi malah mendukung keberadaan mereka. Contohnya saja dengan berkembangnya katering online, dimana para pebisnis kuliner memanfaatkan teknologi untuk menjaring pelanggan yang menggunakan aplikasi smartphone. Bukan itu saja, teknologi juga mampu memperkuat bisnis kuliner dengan adanya tambahan untuk melakukan pesan antar via internet.

Keunggulan bisnis kuliner diatas seharusnya menjadikan kalian tidak perlu ragu lagi untuk memulai usaha.

2. Perputaran Uang yang Cepat

Keunggulan bisnis kuliner yang kedua adalah adanya perputaran uang yang cepat didalamnya. Hal ini dapat terjadi karena bisnis kuliner memiliki pelanggan setiap harinya karena orang pasti membutuhkan makanan setiap hari.

Keunggulan bisnis kuliner inilah yang menjadikan perputaran modal dan keuntungan dapat berlangsung setiap hari. Sehingga keuntungan yang didapatkan dapat langsung anda nikmati dan modal dapat kembali diputar untuk berbisnis keesokan harinya.

Perputaran uang yang cepat inilah yang membuat para pebisnis kuliner dapat mengetahui keuntungan dan kerugian dengan segera. Jadi disaat terjadi kerugian, para pelaku usaha dapat segera melakukan evaluasi dengan segera dan memperbaiki usaha yang mereka jalankan.

Namun cepatnya perputaran uang dalam bisnis kuliner jangan membuat anda terlena. Sebab, anda sebagai pebisnis tetap perlu untuk menyisihkan sebagian keuntungan untuk diinvestasikan dalam pengembangan bisnis menjadi lebih besar lagi. Jadi, jangan langsung menggunakan keuntungan yang didapatkan untuk memenuhi keinginan anda.

Perputaran uang yang cepat bisa anda dapatkan jika anda membuka bisnis kuliner yang memiliki dasar pemenuhan kebutuhan kebutuhan, contohnya usaha sarapan pagi dan rumah makan.

Kedua bisnis kuliner ini hampir dipastikan dibutuhkan oleh semua orang yang artinya kemungkinan perputaran uang anda akan semakin cepat berjalan.

Namun, jika bisnis kuliner yang anda masuki adalah cafe yang berkonsep kekinian dan menawarkan menu ringan seperti es krim atau kentang goreng  maka kemungkinan perputaran uang tidak terlalu signifikan.

Mengapa demikian ?

Cafe biasanya dijadikan tempat orang-orang untuk nongkrong dan mengobrol dengan teman-temannya. Hal ini biasanya sangat jarang mereka lakukan di hari biasa dan kebanyakan berlangsung pada akhir pekan saja. Artinya bisnis kuliner yang anda rintis hanya akan ramai pada hari-hari tertentu saja bukan setiap hari.

Jika anda tetap mengusung konsep cafe yang berfungsi untuk nongkrong maka anda perlu strategi tambahan agar usaha anda memiliki perputaran uang yang optimal setiap harinya.

Bisa dengan menawarkan harga yang lebih murah sehingga banyak anak muda yang datang ke cafe anda setiap harinya. Atau anda bisa memberikan fasilitas wi-fi agar banyak orang yang tertarik untuk datang ke cafe anda.

Rumah Makan Itu Bisnis yang Hebat

Hal diatas tidak akan tejadi jika anda memilih rumah makan atau sarapan pagi sebagai bisnis kuliner anda.

Pernahkah kalian melihat ada rumah makan yang selalu ramai setiap hari tapi tidak menawarkan fasilitas wi-fi ?

Atau pernahkah kalian melihat rumah makan yang banyak orang rela antri berjam-jam tapi hanya mereka makan di kursi dan meja yang sederhana ?

Banyak sekali dan inilah bukti bahwa bisnis kuliner masih sangat diperlukan selama manusia membutuhkan makan.

Orang rela antri untuk makan disana karena rumah makan menawarkan menu kebutuhan pokok yang diperlukan manusia. Mereka tidak menawarkan rumah makan sebagai tempat nongkrong selama berkan-jam.

Menekankan kualitas makanan yang baik dengan harga yang terjangkau menjadi strategi yang tepat agar rumah makan mendapatkan perputaran uang yang cepat.

3. Banyak Target Pasar yang Bisa Dibidik

Target Pasar Luas Via pinterest.com

Keunggulan bisnis kuliner selanjutnya adalah banyaknya target pasar yang bisa kita bidik. Hal ini dikarenakan makanan dibutuhkan oleh setiap umur, mulai dari bayi sampai kakek nenek bisa menjadi target pasar potensial.

Luasnya target pasar yang dibidik menjadikan potensi keuntungan berbisnis kuliner akan semakin besar. Jadi jika anda memutuskan untuk memulai bisnis kuliner cobalah untuk menggaet sebanyak-banyaknya pasar dari setiap kalangan umur.

Kita ambil contoh saja dengan CFC yang terkenal dengan menu ayam gorengnya. Selain menyediakan menu untuk orang dewasa, CFC juga memiliki menu untuk anak-anak yang memiliki porsi yang sesuai dengan mereka. Hal ini dikarenakan CFC mengetahui bahwa pelanggan mereka bukan Cuma orang dewasa saja tapi juga banyak anak-anak ikut  menikmati sajian yang ditawarkan.

Atau anda bisa juga meluaskan pasar kepada orang-orang yang sedang menjalankan pola diet khusus. Anda bisa menawarkan kepada mereka jenis makanan sehat tertentu dengan asupan gizi yang seimbang. Hal ini perlu dilakukan, karena saat ini telah banyak sekali masyarakat yang mengikuti pola hidup sehat seperti ini.

Jadi untuk meluaskan potensi pasar, tidak ada salahnya jika anda mulai masuk menawarkan menu sehat kepada mereka.

Ide Pasar yang Lain

Selain itu semua ternyata masih sangat banyak pengembangan pasar yang bisa dibidik dalam bisnis kuliner. Contohnya anda bisa mengembangkan katering makanan khusus bekal anak-anak yang biasa disebut dengan Bento. Bento merupakan bekal makanan yang diadopsi dari Jepang dimana makanan yang disajikan memiliki bentuk yang unik.

Sehingga hal ini akan lebih mengundang nafsu makan para anak-anak yang melihatnya. Dikarenakan Bento termasuk menu makanan yang cukup rumit membuatnya, menjadikan pasar yang anda bidik adalah masyarakat menengah ke atas.

Namun, masyarakat menengah ke bawah tetap bisa anda bidik melalui jenis makanan yang lain. Sebagai contohnya anda bisa membuka kedai makan dengan target pasar para mahasiswa yang sedang merantau. Para mahasiswa ini pasti lebih memilih makanan dengan porsi yang besar dan harga yang murah untuk mereka konsumsi.

Jadi cobalah anda mulai memasuki pasar mereka dengan menawarkan menu makanan yang mengenyangkan tapi harga yang ditawarkan murah.

Hal ini pasti akan lebih mengundang para mahasiswa tersebut untuk mencoba makanan yang anda tawarkan.

Tentukanlah ide pengembangan bisnis kuliner yang akan anda bidik. Perluaslah pasar yang telah ada karena semakin besar dan luas pasar akan semakin besar pula potensi keuntungan yang akan didapatkan.

4. Modal yang Tidak Terlalu Besar

Keunggulan bisnis kuliner yang selanjutnya adalah modal untuk memulainya tidaklah terlalu besar. Bahkan dengan uang 500 ribu rupiah, anda telah bisa berdagang bisnis kuliner sederhana seperti sarapan pagi dan gorengan.

Jadi kendala modal seharusnya bukanlah suatu permasalahan saat anda memilih bisnis kuliner untuk dijalankan. Dengan dana yang terbatas saja mampu memulai bisnis, apalagi anda memiliki modal dalam jumlah yang besar. Tentu akan semakin banyak pula pilihan bisnis yang bisa dijalankan.

Keunggulan bisnis kuliner dalam hal modal sepertinya tidak berlaku dalam bisnis yang lain, contohnya saja bisnis rental motor atau warnet.

Sekecil-kecilnya modal yang diperlukan untuk memulai bisnis rental motor adalah anda paling tidak harus memiliki satu unit motor yang akan disewakan. Harga satu unit kendaraan bekas pun saat ini paling murah 3 jutaan, itu pun jenis matic lama yang sudah semakin sedikit peminatnya.

Lalu bisnis warnet, paling tidak dalam memulainya anda membutuhkan satu unit komputer dan jaringan internet. Jika di total kemungkinan modal yang harus dikeluarkan adalah 3 jutaan ke atas dan nyatanya tidak mungkin untuk memulai usaha dengan modal tersebut.

5. Inovasi Bisa Anda Lakukan

Keunggulan bisnis kuliner yang terakhir adalah memungkinkan anda untuk melakukan inovasi yang berkelanjutan. Orang-orang yang memiliki jiwa kreativitas yang tinggi pasti sangat menikmati menjalankan usaha kuliner.

Inovasi yang kita lakukan bisa berbagai macam mulai dari menu, tampilan rumah makan, dan promosi yang mengundang para pelanggan untuk datang ketempat anda.

Berinovasi dalam hal menu makanan dan minuman merupakan hal yang sangat penting untuk anda lakukan, apalagi jika bisnis kuliner yang anda bidik adalah cafe tempat banyak anak muda nongkrong.

Asahlah kreativitas kalian dengan menciptakan menu-menu unik yang tidak ada di cafe lain.Sehingga disaat para pelanggan ingin mencoba makanan, tempat yang akan mereka tuju adalah cafe anda.

Bukan Cuma jenis makanannya saja yang harus unik, inovasi bisa juga anda lakukan lewat berbagai macam nama yang unik dan menarik.

Sebagai contohnya anda bisa melihat kreativitas pendiri mi abang adek yang terkenal dengan sajian indomie yang sangat pedas. Dengan ide yang terbilang sederhana, dimana mereka hanya menambahkan indomie dengan cabe yang luar biasa banyaknya untuk dicicipi para pelanggan. Ide tersebut ternyata menarik minat banyak pelanggan untuk mencoba datang ke warung makan yang mereka dirikan.

Belum lagi dengan nama makanan yang unik mulai seperti indomie pedas mampus, makin menambah daya jual warung makan yang mereka tawarkan.

Inovasi yang Lainnya

Inovasi dalam hal tampilan bisa juga anda lakukan untuk menambah daya tarik dalam bisnis kuliner yang sedang dijalankan. Saat ini banyak sekali cafe yang memberikan dekorasi ruangan yang unik sehingga para pelanggan bisa berfoto disana dan kemudian mereka upload kemedia sosial masing-masing.

Bukankah ini memberikan anda keuntungan yang berlipat ganda ?

Pertama anda diuntungkan dengan banyaknya pelanggan yang tertarik dengan cafe yang memiliki tampilan yang unik. Kedua anda bisa melakukan promosi secara Cuma-Cuma lewat para pelanggan yang mengupload foto mereka yang sedang makan di cafe yang anda dirikan.

Banyaknya kesempatan untuk melakukan inovasi dalam bisnis menjadikan usaha pada bidang kuliner patut anda coba dan jalankan.

Keunggulan Bisnis Kuliner Harus Bisa Dimanfaatkan

5 keunggulan bisnis kuliner yang telah disebutkan diatas bisa menjadi inspirasi bagi anda yang akan memulai usaha namun masih bingung untuk memulai dari mana.

Bisnis kuliner yang telah terbukti mampu bertahan dari zaman ke zaman merupakan keungulan terbesar yang dimiliki oleh bisnis kuliner. Kemajuan teknologi bukan malah mematikan bisnis kuliner tapi malah mendukung para pelaku bisnis untuk berkembang menjadi usaha yang lebih besar lagi.

Belum lagi adanya fakta bahwa waralaba yang paling murah saat ini adalah waralaba jenis makanan dan minuman. Dimana kita hanya perlu mengeluarkan biaya waralaba sekitar 5 sampai 10 juta saja,  hal ini tentu tidak bisa kita temui pada jenis waralaba yang lain.

Modal kerja yang tidak terlalu banyak menjadikan bisnis kuliner hampir bisa dilakukan oleh setiap level pengusaha. Mulai dari pengusaha yang memiliki keterbatasan modal sampai kepada pengusaha yang memiliki modal yang melimpah.

Jadi, tunggu apa lagi, mulailah bisnis kuliner sekarang juga dan manfaatkan berbagai keunggulan yang bisa kita dapatkan dari berbisnis kuliner.

Selamat Berwirausaha !


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

One Comment

  1. Bisnis kuliner adalah lifetime business. Mungkin yang harus terus berinovasi adalah bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk mendukung bisnis makanan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close