Kisah Inspiratif

Kisah Sukses Andy Rubin si Penemu Android Sampai Smartphone Essential

Kisah sukses Andy Rubin tentu saja tidak akan pernah terpisah dari Android. Karena Andy Rubin adalah sosok penting dibalik terciptanya Android. Sistem operasi Android telah berkembang pesat hingga menguasai separuh lebih dunia teknologi komunikasi terutama smartphone. Android mulai dikenal dari versi 1.0 dan Cupcake hingga saat ini sudah mencapai Android Nougat.

Baca : Transformasi Perkembangan OS Android dari Masa ke Masa Hingga Sekarang

Kisah sukses Andy Rubin semakin melesat semenjak Android diakuisisi oleh perusahaan teknologi terbesar Google yang telah membesarkan Android sekaligus membawa penemu dan pengembangnya. Hal ini memberikan banyak pelajaran bagi Andy Rubin untuk terus mengembangkan harapan harapannya. Karena mimpinya adalah menjadi ahli robotika dan teknologi.

Tidak cukup untuk hanya melihat Android sukses di pasaran, Andy Rubin memutuskan untuk keluar dari Google. Andy Rubin memilih untuk kembali membuat sebuah ciptaan yang baru dan fresh. Andy Rubin mendirikan Essential products Inc. yang fokus pada pengembangan teknologi yang terintegrasi. Yaitu menggabungkan berbagai perangkat untuk bekerja bersama sama.

Berikut ini Perjalanan dan Kisah Sukses Andy Rubin si Penemu Android:

  1. Masa Kecil Andy Rubin

    Kisah Sukses Andy Rubin
    Andy Rubin dan Android via thewestsidestory.net

Andy Rubin dilahirkan pada tanggal 22 Juni 1963 di New Bedford Amerika Serikat, sehingga memiliki kebangsaan Amereika. Ayah Andy Rubin adalah seorang psikolog yang bekerja ditempat Andy Rubin lahir, yaitu di New Bedford. Kemudian ayah Andy Rubin memutuskan untuk meninggalkan karirnya sebagai psikolog menjadi wirausaha yang menjual barang barang elektronik.

Sejak saat inilah bakat Andy Rubin mulai terlihat yaitu dalam bidang robotika elektronik. Andy Rubin sering mengotak atik barang dagangan ayahnya yang kebetulan disimpan di dalam kamarnya. Sehingga kemampuan Andy Rubin dalam bidang elektronik semakin menjadi jadi. Dari sinilah kisah sukses Andy Rubin dan kemampuannya terus berkembang dan menjadi seperti saat ini.

  1. Memiliki Sifat Sangat Geek

Andy Rubin memang sangat geek atau memiliki kemampuan yang fokus pada satu bidang yaitu teknologi. Andy Rubin sangat menyukai hal hal yang berbau teknologi dan senang mengotak atik barang barang elektronik. Sehingga barang barang dirumahnya dilengkapi dengan teknologi canggih yang diciptakannya sendiri.

Kabarnya untuk masuk ke rumah Andy Rubin tidak membutuhkan kunci. Untuk masuk ke dalam rumah hanya perlu memindai retina mata kemudian pintu akan otomatis membuka. Tentu saja apabila gambar retina mata sudah disimpan dala sistem. Selain itu, ia memiliki beberapa mainan helikopter yang bisa terbang secara otomatis. Ditambah lagi dengan home theater system di rumahnya yang juga memiliki kecanggihan.

  1. Pendidikan Andy Rubin

Andy Rubin adalah lulusan tahun 1981 di Horace Greeley Highschhool di Chappaqua, New York. Ia lulus dari sekolah setelah 4 tahun karena jenjang pendidikan di sekolah ini memang dari kelas 9 sampai 12. Sekolah Andy Rubin ini termasuk sekolah menengah terbaik di Amerika dan terbukti lulusannya menjadi orang orang besar. Misalnya Dave Arnaboldi penulis dan pendiri museum, Joe berlinger direktur film, Heather Paige Kent aktris, Jordan Mechner pembuat game dan masih banyak lagi.

Setelah lulus sekolah menengah, Andy Rubin melanjutkan pendidikannya ke Utica College dengan mengambil jurusan Ilmu komputer dan lulus pada tahun 1986. Kampus ini adalah kampus privat yang berada di Utica New York. Kampus ini telah meluluskan para ahli seperti David P. Weber, Frank Lentricchia dan David F. D’Alessandro. Dari sinilah kemudian kemampuan Andy Rubin semakin berkembang dan tak terbendung lagi.

Kisah sukses Andy Rubin masuk dalam catatan daftar lulusan terbaik dari kedua sekolah ini. Karena dari sekian puluh ribu lulusan, hanya beberapa saja yang ditulis namanya sebagai lulusan yang memiliki karier yang hebat. ini tentu saja menjadi hal yang sangat perlu untuk kita tiru, yaitu menjadi lulusan yang dapat membanggakan almamater.

  1. Perjalanan Karier dan Kisah Sukses Andy Rubin

Setelah lulus dari kuliah, Andy Rubin kemudian bekerja pada sebuah perusahaan optik bernama Carl Zeiss A.G. pada divisi robotika. Hal ini sesuai dengan impiannya untuk bekerja pada bidang robotika. Kemudian pada tahun 1989 ia pindah ke Apple dan masuk pada bagian manufacturing. Tidak lama setelah itu ia dipercaya untuk menjalankan proyek Apple yaitu General Magic.

Lepas dari Apple pada tahun 1999, Andy Rubin mendirikan perusahaan Danger Inc.. Perusahaan ini fokus pada pembuatan perangkat portable dengan fungsi scanning dan information resource bernama sidekick. Tahun 2008 Danger Inc.. dibeli oleh microsoft namun sejak 2004 Andy Rubin sudah mulai mengembangkan Android.

Visinya adalah untuk membuat sebuah platform yang flexibel. Tahun ini, setelah hengkang dari Android, Andy Rubin muncul kembali dengan temuannya yang tidak kalah mengejutkan.

Kisah sukses Andy Rubin tidak hanya berhenti sampai pada kesuksesan Android. Andy Rubin terus saja berinovasi sehingga menghasilkan banyak produk produk unggulan. Keberhasilan Android menjadi batu loncatan bagi Andy Rubin untuk terus berkembang dalam bidang teknologi komunikasi.

  1. Menjadi Bagian Dari Apple

Andy Rubin bekerja di Apple Inc.. diawali dengan kejadian yang sangat unik. Kejadian itu terjadi ketika Andy Rubin liburan pada tahun 1989 di Cayman Island. Secara tak sengaja ia bertemu dengan Bill Caswell yang sedang bertengkar dengan pacarnya. Andy Rubin mengajaknya untuk menginap sementara. Ternyata Bill Caswell adalah salah satu pekerja Apple Inc.. yang kemudian mengajak Andy Rubin untuk bekerja di Apple.

Di Apple Inc.. Andy Rubin mendapatkan tugas pada bagian manufacturing untuk beberapa waktu. Selanjutnya Andy Rubin mendapat tugas pada bagian riset dan dipercaya oleh Apple Inc. untuk menjalankan proyek General Magic. General Magic adalah proyek yang diharapkan oleh Apple Inc. untuk menjadi primadona Apple dalam bidang telekomunikasi terutama telepon genggam. Namun ternyata hasil project ini kurang diminati pasar hingga akhirnya ditutup.

Dari perusahaan besar ini Andy Rubin cukup banyak mendapatkan pelajaran hingga menjadi jalan untuk kisah suksesnya dalam bidang teknologi komunikasi. Karena selanjutnya Andy Rubin mendirikan sendiri perusahaan Danger Inc. dan menciptakan sidekick. Namun pada akhirnya produk sidekick ini kemudian di akuisisi oleh microsoft untuk dikembangkan, dan Andy Rubin memilih untuk hengkang bahkan sebelum diakuisisi.

  1. Menciptakan Android

Semenjak hengkang dari Danger Inc.. Andy Rubin mulai mengembangkan sebuah operating system bernama Android, yaitu pada tahun 2004. Pengembangan Android berasal dari sebuah tujuan sederhana yaitu ingin membuat sebuah platform yang fleksible dan mudah untuk diupgrade yang digabungkan dengan berbagai pengembang perangkat. Dalam proses pengembangan ini Andy Rubin dan timnya belum terlalu membuka diri dengan pihak lain.

Pada tahun 2005 pergerakan Andy Rubin ternyata dilirik oleh Google. Hingga akhirnya Android OS diakuisisi oleh Google dan menjadi salah satu anak perusahaannya. Meskipun Android Inc.. dibeli namun Google tetap menarik Andy Rubin untuk menjadi bagian didalamnya. Andy Rubin didapuk sebagai pemimpin dalam pengembangan Android.

Dibawah pimpinan Andy Rubin Android mampu menguasai lebih dari separuh teknologi smartphone di Dunia. Bahkan perkembangannya bisa mengalahkan Windows Phone dan iOS yang unggul lebih dulu. Hal ini membuat Andy Rubin menjadi salah satu pejabat tinggi di Google yaitu Vice President Android Inc.. Namun pada tahun 2013 Andy Rubin lagi lagi berubah haluan, ia diangkat menjadi bagian dari divisi robotic di Google.

  1. Mendirikan Essential

Tahun 2014 lalu, Andy Rubin akhirnya benar benar meninggalkan Google. Jiwa kreasinya mungkin tidak cukup untuk hanya melihat Android terus berkembang menjadi lebih besar. Andy Rubin kembali menciptakan hal-hal baru dibidang kecerdasan buatan (AI), robotic dan augmented reality yaitu Playground Global. Perusahaan ini memiliki pendanaan yang cukup besar untuk terus berkembang.

Kabarnya, tahun ini setelah lebih dari dua tahun meninggalkan Google, Andy Rubin akan kembali meluncurkan platform hasil oprekannya. Andy Rubin dan keempat puluh anak buahnya yang diambil dari Apple Inc.. dan Alphabhet Inc.. milik Google telah membuat perusahaan baru yang diberi nama Essential. Perusahaan ini bertujuan untuk membuat platform yang menggabungkan beberapa perangkat untuk bekerja bersama sama dimanapun.

Andy Rubin telah mendaftarkan Essential Products Inc.. pada bulan November tahun 2015 lalu dengan regulator California. Selain itu pada akhir tahun 2016 Essential telah terdaftar dengan paten Amerika dan trademark office. Produk yang sudah di daftarkan antara lain tablet, smartphone, beberapa aksesoris dan software operasi komputer yang dipasang pada ponsel. Tentu saja ini menjadi sinyal untuk spesifikasi Essential.

Produk yang diciptakan ini adalah produk produk kelas premium yang akan bersaing dengan iPhone yang merupakan produk dari Apple Inc. dan Pixel yang merupakan produk dari Google Inc.. Harga smarphone ini kurang lebih akan sama dengan iPhone 7 yang belum lama ini telah diluncurkan oleh Apple Inc.. Produk dari Essential Inc. memiliki kualitas terbaik dan masuk dalam golongan High-End dengan teknologi yang serba baru.

  1. Paten yang Dimiliki

Sebagai penemu dari berbagai hal, Andy Rubin selalu mendaftarkan produknya agar memiliki paten. Pada saat di Danger Inc.. Andy Rubin memiliki tiga buah paten yang didaftarkan pada tahun 2000. Paten paten ini berkaitan dengan metode dalam rekayasa teknologinya pada robotic.

Meskipun Andy Rubin tidak terlalu lama di Google namun ia telah menghasilkan tidak kurang dari 15 paten dari tahun 2007 sampai dengan 2012. Paten ini tentu saja tentang produk produknya yang berhubungan dengan teknologi komunikasi. Mulai dari mekanisme engsel pada alat elektronik, komunikasi secara wireless, hingga bandwith pada perangkat mobile.

Dengan terus berkarya, Andy Rubin tentu akan terus menambah daftar paten yang dimilikinya. Apalagi ia akan meluncurkan beberapa produk barunya. Kisah sukses Andy Rubin ini tentu saja sangat menginspirasi bagi kita. Karena paten selain untuk mengakui hak cipta sebuah produk, juga akan menjadi catatan dan pengakuan dari orang lain.

  1. Biodata Singkat

Setelah penjelasan panjang dan lebar tadi, berikut ini adalah profil singkat dari kisah sukses Andy Rubin si penemu Android agar lebih mudah dalam memahami.

  • Nama: Andrew E. ‘Andy’ Rubin
  • Tempat dan Tanggal Lahir : New Bedford New York Amerika Serikat, 22 Juni 1963
  • Kebangsaan: Amerika Serikat
  • Riwayat Pendidikan:
    • Sekolah Menengah di Horace Greeley High School
    • Mendapat gelar Bachelor of Science bidang ilmu komputer dari Utica College
  • Expertise: Computer programmer, engineer, entrepreneur, venture capitalist
  • Riwayat Pekerjaan:
    • Carl Zeiss A.G. pada divisi robotika
    • Manufacture di Apple Inc.
    • Founder Danger Inc.,
    • Wakil Presiden Senior di Android Inc.,
    • Divisi robotika di Google Inc..

Sekian tadi perjalanan dan kisah sukses Andy Rubin si penemu Android sampai smartphone Essential. Kita dapat belajar dari kegigihan dan kerja kerasnya yang membawanya hingga ke puncak kesuksesan. Namun, Andy Rubin bukanlah orang yang mudah puas, sehingga terus saja berinovasi dan menghasilkan penemuan penemuan baru yang luar biasa.

Oh iya, jangan lupa untuk menantikan hasil karya Andy Rubin selanjutnya yaitu Essential yang kabarnya akan di luncurkan tahun ini.


Loading...
Baca selengkapnya

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Sedang belajar menulis tentang Android, Media Sosial, Peternakan dan Pertanian.

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close