Kisah Inspiratif

Kisah Sukses Jack Ma, Awalnya hanya Guru Miskin Kini Jadi Orang Terkaya

Kisah sukses Jack Ma bisa menjadi inspirasi positif bahwa perjuangan adalah cara terbaik untuk sukses. Sukses tak selalu datang dari orang yang memiliki kecerdasan luar biasa dan terlahir dari keluarga yang berada.

Ditengah kehidupan yang sempit dan kecerdasan yang apa adanya, kesuksesan tetap bisa diraih asalkan mau berusaha dan berjuang kengan sepenuh hati.

Saat ini, Jack Ma sebagai founder Alibaba.com adalah salah satu orang terkaya ketiga di China dan juga orang terkaya ke-20 sedunia, dan masuk dalam jajaran 10 besar orang terkaya di dunia tekno.

Dirinya adalah orang pertama China yang masuk dalam majalah forbes sebagai biliuner dunia. Selain itu, pada tahun 2015 namanya kembali muncul di forbes sebagai orang paling berpengaruh ke – 23 di dunia

Pengusaha yang dulu hanyalah seorang guru miskin itu kini memiliki harta kekayaan US$ 38,2 miliar atau setara dengan Rp 565,36 triliun. Nilai kekayaan itu merupakan catatan per Agustus 2018.

Sebuah prestasi yang luar biasa yang dapat dibuktikan oleh seorang anak yang lahir dari keluarga kurang beruntung dan mantan seorang guru bahasa Inggris.

Berita terbaru, Jack Ma berkunjung ke Indonesia untuk melihat pertandingan sekaligus menghadiri penutupan Asian Games 2018.

Dan ternyata, kedatangan Jack Ma ke Indonesia ini cukup menarik perhatian banyak orang.

Loading...

Kisah Sukses Jack Ma – Pendiri Alibaba yang tak Pernah Mengenal kata Menyerah

kisah sukses jack ma
indowarta.com

Riwayat Hidup Jack Ma

Jack Ma atau Ma Yun lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China tanggal 10 september 1964.

Orang tuanya adalah pemusik dan pendongeng tradisional yang hanya mendapatkan tunjangan pensiun sebesar Rp. 500.000 untuk menghidupi keluarga.

Nama panggilan Jack ia dapatkan karena seorang sahabat penanya susah untuk menyebut nama Ma Yun jadi memanggilnya dengan panggilan “Jack”

Jack Ma pernah ditolak di banyak sekolah dasar karena nilai matematikanya yang tidak baik. Masa SMP dan SMA pun sama.

Dirinya harus berkali – kali mengikuti tes agar bisa diterima karena nilai akademisnya yang kurang baik

Namun untuk urusan bahasa Inggris, Jack Ma adalah jagonya. Dirinya belajar bahasa Inggris selama 8 tahun kepada turis di hotel dekat sungai Hangzhou.

Dirinya rela bersepeda selama 45 menit untuk sampai kesana dan belajar langsung dengan turis hotel

Berkat interaksi yang ia lakukan sembari belajar dengan orang – orang luar negeri membuat pikiranya terbuka.

Jack Ma merasa apa yang ia dapatkan di buku dan pelajaran sekolah ternyata berbeda dengan kehidupan luar yang diceritakan oleh para turis

Selanjutnya Jack Ma melanjutkan sekolah di Universitas Keguruan Hangzhou. Dikampus tersebut dirinya mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Fokus kuliahnya adalah untuk mengajar di bahasa inggris di sekolah menengah. Dirinya menyelesaikan studi dengan gelar sarjana bahasa inggris

Selesai kuliah, Jack Ma mulai mengajar. Selama mengajar, Jack Ma hanya mendapatkan bayaran sebanyak 100 – 120 renbi atau setara dengan Rp 114.000 – Rp 142.000 dalam sebulan.

Sering ditolak saat melamar pekerjaan

kisah sukses jack ma Alibaba

Setelah tahun 1992 saat perekonomin China mulai berkembang, Jack Ma mencoba mendaftar di banyak lowongan pekerjaan.

Namun malang, dirinya selalu ditolak dan ditolak tiap kali mendaftar pekerjaan. Salah satu pengalaman pahit Jack Ma saat melamar pekerjaan adalah ketika KFC membuka lowongan di Hangzhou.

Dari 24 pelamar yang mendaftarkan diri, hanya dirinya seorang yang ternyata tidak diterima. Mencoba untuk menjadi polisi juga dirinya gagal

Saya menjalani hidup yang pahit, Saya juga bukan dari keluarga berada dan berkuasa,” ujar Jack Ma saat di Forum Ekonomi Dunia, Davos, Swiss, Januari 2015

Mulai mengenal Internet dan Kisah Sukses Jack Ma Mulai Terukir

Tahun 1995 adalah pertama kali dirinya mencoba internet. Berkat kemampuan bahasa, dirinya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Amerika Serikat.

Ketika itu, ia diminta menjelajahi dunia lewat internet yang baru muncul. ”Tidak, tidak, tidak,” katanya, karena komputer barang mahal dan dia tak paham

Karena dipaksa, ahirnya Jack Ma mau mencoba internet. Saat itu Jack Ma mencoba mengetikan keyword “beer” dan “China” namun ternyata tidak ada situs asal Cina yang membahas tentang itu.

Semua pencarian yang mucul adalah situs luar negeri. Berdasarkan hal tersebut, dirinya ingin membuat situs yang memberikan informasi di China

Berbekal rasa penasaranya dirinya yang tak memiliki kemampuan koding atau dunia internet mencoba membuat situs tentang jasa terjemah ke bahasa China.

Hanya beberapa jam saja, dirinya banyak mendapatkan email yang membantunya untuk mengembangkan situs tersebut

Cerita lain mengatakan bahwa Jack Ma sempat membuat perusahaan komputer dengan bermodal pinjam dari saudaranya sebesar USD 2.000 dolar.

Dirinya mendirikan perusahaan komputer tanpa sebelumnya mengetahui tentang komputer, internet, dan juga menyentuh keyboard-pun hanya sempat beberapa kali saja

Jack Ma Mendirikan Alibaba

Sebelum mendirikan Alibaba, Jack Ma sempat bekerja di kementrian Luar Negeri China dengan menawarkan jasa penjualan produk China menggunakan akses internet.

Namun, Jack Ma bukan tipe pegawai negeri yang suka dengan birokrasi berbelit – belit, ahirnya dirinya lebih memilih muncur dari kerjanya

Selepas kerja disana, Jack memutuskan untuk membuat situs sendiri di tahun 1999. Jack Ma membuat situs bernama Alibaba yang saat ini membuat kisah sukses Jack Ma.

Alibaba adalah sebuah situs retail pertama yang menghubungkan para eksportir dari China dengan pembeli dari luar negeri

Dengan pelan namun pasti Alibaba makin berkembang meski di tiga tahun pertamanya tidak menghasilkan uang. Namun Jack Ma percaya bahwa ini hanya persoalan waktu saja dan kedepan akan banyak yang dapat dihasilkan dari Alibaba

Saat perusahaan – perusahaan di internet semain menjamur ditahun 2002, Jack mampu bertahan atas kompetitor – kompetitornya.

Bagi Jack kerja keras dan bagaimana membantu konsumen untuk bisa untung adalah moto utamanya

Konsumennya ternyata banyak yang mendapatkan keuntungan berkat Alibaba, Jack menuturkan pernah dibayari makan oleh seseorang yang tak dikenalnya saat direstoran ”Saya pernah makan di sebuah restoran di AS.

Tiba saat membayar, saya diberi tahu petugas restoran, saya telah dibayari sebuah perusahaan yang berhasil menjual produk karena Alibaba.”

Baca juga : Kisah Sukses Adam Kho : Bocah Bodoh yang Menjadi Milyader muda

Kisah Sukses Jack Ma dan Alibaba Mendunia

kisah sukses jack ma Alibaba

Ditahun 2014 Jack Ma sesungguhnya sudah merubah nasibnya dari orang biasa yang lahir dengan latar belakang ekonomi lemah telah menjadi seorang milyader.

Mantan guru bahasa Inggris ini menambah suksesnya setelah Alibaba melepas saham perdananya di bursa saham Amerika Serikat.

Dalam pelepasan saham di initial public offering (IPO), Sahamnya mencetak sejarah sebagai termahal di dunia, tembus USD 25 miliar

Saat tahun 2016, kekayaannya naik dengan drastis sampai USD 25,8 miliar atau setara dengan 347 triliun. Para pengamat mengatakan bahwa Alibaba akan semakin meroket di tahun – tahun berikutnya

Cucu Presiden Jiang Zemin tercatat sebagai salah satu pimpinan perusahaan Alibaba.

Selain itu New Horizon Capital, sebuah perusahaan pemodal yang turut didirikan putra Perdana Menteri Wen Jiabao, menjadi salah satu pemilik saham di Alibaba

Alibaba awalnya tidak didukung oleh pemerintah China, namun sekarang Jack malah menolak bantuan yang diberikan oleh Pemerintah China. Jack menuturkan bahwa :

Bertemanlah dengan pemerintah, tetapi jangan menjadi mitra bisnis. Ini tidak langgeng. Memang walnya saya memohon dan ditolak. Sekarang mereka datang dan saya tolak karena bisa mengganggu keluwesan bisnis

Jack adalah orang yang termasuk haus dengan Ilmu pengetahuan, meskipun dirinya telah sukses, namun Jack melanjutkan kuliahnya di Cheung Kong Graduate School of Business, Beijing.

Jack juga mengidolakan tokoh film Forrest Gump, karena dalam film tersebut menceritakan tentang sebuah keyakinan akan perjuangan

Istri Jack, Zhang Ying adalah tipe istri yang selalu mendukung suaminya untuk meraih kesuksesan. Zhang Ying pernah berujar bahwa :

”Suami saya tidak ganteng, tetapi saya suka sebab dia pria yang bisa melakukan hal yang tak bisa dilakukan pria lain.”

Alibaba berkembang pesat

Saat ini Alibaba melayani 800 juta transaksi tiap harinya.

Selain itu, Alibaba juga menciptakan sistem pembayaran online Alipay dengan bantuan Jerry Yang (salah satu pendiri Yahoo), Goldman Sach, dan Softbank Alibaba tumbuh makin pesat tiap harinya

Taobao Marketplace dan Tmall.com adalah situs jasa pengiriman dibawah induk perusahaan Alibaba yang mendominasi di China.

Jack Ma sebagai CEO tengah mencoba untuk bisa bersaing dan mengungguli situs Amerika Ebay. Saat tahun 2014 saja Alibaba sudah memiliki nilai perusahaan lebih dari USD 200 Miliar dollar

Baru – baru ini, Jakc Ma berjumpa dengan Presiden terpilih Amerika, Donald Trump yang dikenal kurang baik dalam hubungan perdagangan bilateral dengan China.

Namun Jack meyakini bahwa dirinya dengan Trump bisa bermitra dengan baik

Pelajaran yang Dapat di Ambil dari Kisah Sukses Jack Ma

Kisah sukses Jack Ma ini sangatlah inspiratif. Latar belakang keluarga ekonomi lemah tak membuatnya menyerah dengan keadaan.

Dirinya berubah menjadi sosok inspirator yang jenius hingga julukan “Crazy Jack” tersemat padanya karena ide – ide gilanya

Istri yang selalu mendukungnya adalah salah satu sumber yang membuat Jack selalu semangat pantang menyerah.

Meski ketika kecil dirinya banyak ditolak disekolah karena nilai matematika yang buruk, namun dirinya tak pernah merasa itu adalah sebah halangan untuk suskse

Jack pernah berujar ketika mengisi seminar :

”Sebab, kita hidup di era dengan kesempatan besar. Maka jangan pernah menyerah dan mengeluh”

Jack Ma adalah orang yang memiliki keyakinan, semangat juang, kerja keras, dan pantang menyerah. Pil pahit dan getirnya dunia telah ia habiskan, hingga kesuksesan bisa ia nikmati

Baca Juga : Kisah Sukses JK Rowling : Ibu Rumah Tangga yang Menciptakan Dunia Sihir Harry Potter



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Penikmat kopi hitam dan mendoan anget banyumasan

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *