InternetTekno

Laptop dan Smartphone Lokal Yang Kualitasnya Tidak Kalah Dengan Produk Impor

Potensi pasar Laptop dan Smartphone lokal di negara kita masih sangat menjanjikan. Karena berdasarkan penelitian, bahwa permintaan konsumen akan alat elektronik yang berbasis komputer ini terus mengalami peningkatan. Namun pangsa pasar produk digital ini masih dominasi oleh merk-merk produk asing. Padahal sudah banyak sekali produk hasil karya anak negeri yang kualitasnya tidak kalah dengan brand impor.

Hal ini bisa berarti, bahwa apakah masyarakat kita banyak yang belum mengenal produk elektronik dalam negeri, ataukah mereka memang lebih suka dengan merk impor. Kalau kita teliti, produk asing tentu saja lebih mahal, karena terkena cash pajak bea cukai dan biaya pengiriman.

Jika masyarakat kita sudah banyak yang sadar dan mengerti betapa besar manfaatnya jika membeli laptop atau smartphone buatan lokal. Tentu saja produk dalam negeri akan lebih laris dari brand impor. Karena bagaimanapun, dengan membeli barang buatan negeri sendiri, akan membantu meningkatkan perekonomian negara. Dan yang lebih penting lagi, bisa mengurangi angka inflasi yang di alami negara kita setiap tahun.

Laptop dan Smartphone lokal sudah banyak yang berhasil menembus pasar dunia dan menjadi barang ekspor. Hal ini bisa diartikan bahwa kualitas barang elektronik buatan anak negeri, memang layak atau bahkan bisa melampaui mutu dari produk luar negeri.

Daftar beberapa Laptop dan Smartphone lokal buatan negeri sendiri

1. Axioo

Perusahaan laptop dan smartphone lokal ini berdiri sejak tahun 2004, dan telah membangun 3 pabriknya di Jakarta. Axioo sudah berhasil melangkah ke pasar dunia, dan produknya telah banyak dinikmati oleh masyarakat negara-negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, Vietnam dan Malaysia.

laptop dan smartphone lokal
Sumber gambar tabloidkomputer.com

Selain itu, produk Axioo juga banyak digunakan masyarakat di negara Turki dan Jerman. Keberhasilan ini membuat perusahaan asing Intel Inside, mau menjalin kerja sama pada tahun 2010. Perusahaan processor raksasa tersebut memberikan kepercayaan kepada Axioo untuk memimpin sebuah konsorsium. Ada beberapa negara produsen laptop yang mengikuti konsorsium itu.

Dalam konsorsium tersebut, Axioo diberi mandat untuk membuat tampilan design serta penataan spareparts yang akan digunakan para anggotanya. Perusahaan Intel juga memberikan kesempatan kepada Axioo untuk mencoba processor generasi keduanya yang pertama kali dari semua produsen laptop di dunia..

Tentu saja pihak Intel memberikan kepercayaan tersebut, bukan dengan penilaian yang sembarangan. Mereka tentunya sudah mengetahui bahwa kualitas produk Axioo telah memenuhi standar internasional untuk produk laptop dan smartphone lokal.

Perusahaan Axioo turut membantu pemerintah Indonesia dalam mengurangi angka pengangguran. Hal ini mereka lakukan dengan mengadakan seminar-seminar di sekolah-sekolah SMK seluruh Indonesia. Program yang mereka rencanakan adalah, mencari tenaga kerja ahli dari lulusan SMK untuk ditempatkan di pabrik-pabriknya.

Tentunya rencana baik ini perlu kita dukung sepenuhnya dengan membeli produk-produk mereka. Laptop Axioo ditawarkan dengan harga antara 3-5 juta rupiah dari yang termurah sampai kelas menengah. Produk elektronik ini memiliki keunggulan dalam design serta performa mesin yang tangguh untuk digunakan sehari-hari.

Axioo juga memproduksi smartphone, ponsel cerdas ini ditawarkan dengan harga yang bisa di jangkau oleh masyarakat Indonesia. Harga yang di patok berkisar antara 1-2 jutaan dengan mutu yang tidak kalah dengan produk-produk sejenis dari luar negeri.

2. Advan

Perusahaan Advan adalah sebuah pabrikan laptop dan smartphone lokal yang berdiri sejak tahun 2000 di Jakarta. Pada awalnya, pabrik Advan membuat produk-produk elektronik untuk kebutuhan PC. Demi mengikuti permintaan pasar, mereka kemudian membuat alat digital modern seperti laptop, smartphone, LED, flashdisk dan lain-lain.

vandroid-tablet
Sumber gambar suparno.blogspot.com

Perusahaan ini memiliki pabrik di kota Semarang, dan telah mempekerjakan lebih dari ribuan karyawan. Harga produk Advan sangat terjangkau di kantong masyarakat kita. Harga lebih murah yang mereka tawarkan, bukan karena kualitasnya kalah sama brand impor. Namun karena produknya dibuat di negeri sendiri, sehingga tidak perlu membayar pajak bea cukai dan biaya pengiriman barang impor.

Produk buatan anak negeri ini bisa diterima dengan sangat baik di masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengguna laptop dan Smartphone yang di dominasi oleh anak-anak muda, yang suka dengan aplikasi game biasa maupun game 3D.

Pada tahun 2014, Advan mencoba untuk go Internasional dengan menjalin kerjasama dalam bidang promosi bersama klub raksasa Spanyol, Barcelona selama 2 tahun. Selanjutnya, Advan bisa menggunakan fitur-fitur dan logo klub. Selain itu juga menampilkan gambar para pemain bintang Barcelona seperti Lionel Messi, Neymar dan pemain lainnya sebagai ikon dari produk smartphonenya.

3. BYON

laptop dan smartphone lokal

Nama BYON ternyata singkatan dari Build Your Own Notebook, sebagai sebuah perusahaan yang membuat produk laptop dan smartphone lokal asli dari Indonesia. Notebook BYON dengan ukurannya yang kecil, mudah di bawa kemana saja. Selain itu, produk buatan negeri sendiri ini mesinnya juga terkenal bandel dan kuat.

Sepertinya kelebihan dan kelemahannya tidak jauh beda dengan produk elektronik yang sejenis lainnya. Karena satu-satunya kelemahan yang biasa terjadi pada produk ini adalah, baterainya bisa mengalami drop setelah pemakaian selama 2 tahun. Ini merupakan hal yang biasa dan sering terjadi pada produk laptop. Karena, baik merk notebook dari dalam maupun luar negeri, akan mengalami hal yang sama setelah pemakaian terus menerus selama 2 atau 3 tahun.

4. XENOM

laptop dan smartphone lokal
Image via http://www.xenompc.com

Seorang gamer sejati pasti tahu dengan notebook dengan merk Xenom ini. Ya, ini adalah notebook hasil besutan anak negeri yang lebih di khususkan untuk di pakai segala macam gaming. Rasanya, tidak afdhol jika seorang gamer belum pernah merasakan kehebatan brand laptop yang satu ini. Karena dengan penggunaan sparepart yang berkualitas tinggi. Notebook Xenom telah mendahului perkembangan para pesaingnya, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kalau soal kualitas, notebook Xenom bisa mengungguli produk-produk dari luar negeri. Dengan desain yang inovatif, produk ini juga memiliki keunggulan dengan tampilan yang berkelas, baik dilihat dari luar maupun dari dalam. Dengan tampilan keyboard yang bisa menyala, memberikan nuansa tersendiri bagi para gamer dan semua pemakainya.

Xenom menggunakan spare parts pilihan yang sangat berkualitas agar para gamer bisa semakin mantap  menggunakan produk ini. Tentu saja performa mesinnya pun tidak perlu di ragukan lagi, sehingga para gamer bisa menggunakan laptop ini selama 24 jam tanpa perlu takut akan cepat rusak.

Harga yang ditawarkan memang diatas rata-rata dari laptop gaming biasa. Kebanyakan, notebook Xenom ditawarkan dengan harga di atas Rp.10 juta rupiah. Standar yang umum bagi sebuah notebook gaming yang berkualitas tinggi. Selain itu, Xenom merupakan pabrikan dari Indonesia yang pertama kali menggunakan processor Intel generasi keempat.

Jika kita ingin membeli laptop gaming, tentu saja tidak perlu melirik produk ekspor. Karena di negara kita juga ada produsen notebook yang mutunya tidak kalah dari merk luar negeri dan bahkan kualitasnya bisa dikatakan, di atas standar produk impor.

Baca : Perhatikan Hal ini Sebelum Kamu Memilih dan Membeli Laptop Gaming!!!

5. Zyrex

laptop dan smartphone lokal
Image by http://zyrex.com

Zyrex juga salah satu brand elektronik dalam negeri yang memproduksi laptop dan PC. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1996 ini, memang tidak begitu populer di negara kita. Karena produknya memang tidak tersedia di setiap toko elektronik ataupun di mall-mall.

Laptop Zyrex memang kalah populer dari produk-produk impor. Namun performa mesinnya tidak kalah jika di adu dengan brand luar negeri. Selain itu, Zyrex adalah produsen laptop dan smartphone lokal yang membidik konsumen kalangan menengah dengan menawarkan harga yang sangat terjangkau.

Notebooknya yang termurah bisa dibeli dengan uang 2 jutaan, yang menggunakan Intel Atom dan Ram 1 GB. Tentunya untuk mereka yang pemakaian laptopnya standar dan tidak berat.

Sedangkan untuk spesifikasi Core i3 dengan kecepatan 2.1 GHz dan RAM 4 GB, di tawarkan pada kisaran harga 4 jutaan. Jenis laptop ini mampu digunakan untuk pemakaian yang agak berat dan gaming kelas menengah.

6. Forsa

laptop dan smartphone lokal
Image from http://www.forsa.co.id

Bagi para gamer, biasanya tidak asing dengan laptop Forsa yang notabene buatan Indonesia ini. Pabriknya berada di kota Surabaya. Produk-produknya memang lebih support untuk penggunaan gaming yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Ternyata merk lokal ini tidak minder untuk bersaing dengan produk impor demi memenuhi kebutuhan dalam negeri yang lebih banyak menyukai produk laptop gaming.

Forsa berani membuat notebook gaming yang memasang harga lebih mahal dari para pesaingnya. Dari segi kualitas, Performa mesin Forsa bisa dikatakan lebih bandel dari produk luar yang sekelas. Karena beberapa penggunanya juga merasakan, bahwa sparepartnya lebih awet dari produk lainnya.

Kelemahannya adalah, bahwa marketingnya tidak begitu begitu gencar sehingga brand produk ini kurang populer. Sayang sekali, padahal ini adalah salah satu laptop tangguh yang pernah dibuat oleh anak-anak kreatif dari bangsa ini. Dan banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum tahu dan mengenalnya.

Baca juga : Tips Membeli Laptop Baru Bekas Secara Online, Offline, atau Kredit

Kebanyakan produk laptop dan smartphone lokal tidak mau melakukan promosi secara besar-besaran. Sehingga banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa brand laptop buatan anak negeri yang memiliki kualitas bagus dan tidak kalah dengan produk impor.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close