Blogging

Inilah 16 Manfaat Blogging yang Harus Anda Ketahui

Menulis di media online (Blogging) tidak hanya berperan untuk berbagi informasi kepada orang lain. Ada banyak sekali manfaat blogging yang bisa didapatkan oleh mereka yang menjalankan aktivitas ini, salah satunya adalah menghasilkan uang.

Sayangnya, masih banyak orang yang malu untuk menjadi seorang blogger dengan alasan mereka tidak memiliki bakat dalam menulis. Padahal untuk menjadi blogger, seseorang tidak perlu memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menulis, dengan mengetahui dasar-dasar menulis saja sudah cukup untuk menjadi blogger.

Selain kemampuan dalam menulis, seseorang juga diharapkan memiliki minat dalam membagikan informasi kepada khalayak umun. Tentu kemauan yang kuat dalam berbagi, menjadi salah-satu syarat yang penting demi menjaga konsistensi dalam mengelola blog tersebut.

…Lalu, apa saja manfaat blogging yang dapat kita dapatkan?

Keuntungan yang bisa di dapat dari melakukan kegiatan blogging tidak hanya berupa uang saja. Karena masih ada sejuta manfaat blogging lain yang bisa didapatkan dari kegiatan sederhana ini. *Berikut merupakan keuntungannya :

15 Manfaat Blogging yang Bisa Anda Dapatkan

Manfaat Blogging

1# Membuat bisnis baru, serta menghasilkan uang

Di jaman seperti sekarang ini, pekerjaan yang mudah serta uang yang cukup banyak adalah hal yang sulit didapatkan. Untuk anda yang serius terhadap aktivitas blogging, maka secara tidak langsung anda telah menciptakan bisnis anda sendiri. Selain itu uang yang bisa didapatkan dari blog juga terbilang sangat besar dan menggiurkan.

Sayangnya, meski uang yang bisa didapat dari kegiatan blogging ini cukup besar, tapi pekerjaan ini terbilang cukup sulit. Bekerja sebagai seorang blogger, tidak semata-mata membuat kehidupan anda menjadi lebih baik, bahkan banyak pemula yang memutuskan untuk berhenti ngeblog. Bekerja sebagai blogger, menandakan bahwa anda perlu mempunyai kesabaran yang ekstra.

Hal tersebut lantaran modal menjadi blogger yang profesional itu cukup besar tetapi harus menunggu waktu yang lama untuk merasakan hasilnya.

…Berarti menjadi blogger itu susah?

Jika pertanyaannya seperti itu, maka jawabannya adalah  SUSAH.

Seperti yang dikatakan di atas bahwa menjadi blogger itu harus menunggu waktu yanglama, bahkan ada yang menunggu hingga bertahun-tahun untuk bisa merasakan hasilnya.  Makanya, kebanyakan pakar dan saya sendiri juga sangat menyarankan untuk menjadi blogger berdasarkan hobi. Mengelola blogger dengan atas dasar hobi, dapat menjadi “obat stress” pada saat mengelola blog tersebut, terutama pada saat sepi pengunjung atau ditolak Adsense berkali-kali.

Terlepas dari itu, mengelola blog dengan dasar hobi membuat fokus anda selalu tertuju untuk memberikan artikel bermanfaat. Sehingga dengan waktu yang tidak terasa akhirnya anda mampu menghasilkan uang dari blog yang dikelola.

2# Menjaring lebih banyak konsumen baru

Manfaat blogging yang kedua ini, sepertinya sangat berpengaruh untuk anda yang memiliki atau menjual suatu produk. Apa yang membuat blog mampu memberikan manfaat dalam penjualan produk?

Saya pikir blog lebih ampuh dalam menjaring konsumen baru dibandingkan dengan penggunaan website. Jarang sekali website toko online mendapatkan ranking di halaman Google, sehingga akan sedikit orang yang mengenal dan mengunjungi website anda. *ingat, website anda bukanlah website sekelas lazada dsb yang sudah merajai pasar online.

…Mengapa blog lebih ampuh dibanding website?

Jika anda mempunyai sebuah blog dan fokus terhadapnya, maka sudah dipastikan blog anda seiring waktu dapat menduduki halaman pertama mesin pencari untuk berbagai macam kata kunci. Dengan munculnya blog di halaman pertama, tentu akan semakin banyak orang yang mengunjungi blog tersebut dan melihat apa yang ada di sana, termasuk iklan yang terpasang.

Iklan yang anda pasang pada blog, akan berkesempatan dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia. Bila mereka merasa cocok, bukan tidak mungkin jika ponsel anda akan kebanjiran sms dan telepon dari orang-orang yang ingin mengorder produk milik anda.

3# Bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik

Selain untuk dijadikan sumber penghasilan, manfaat blogging juga dirasakan pada saat mencari kerja. Meskipun tidak semua perusahaan memberlakukan hal seperti ini. Tetapi beberapa perusahaan mencari pegawai berdasarkan statusnya di internet.

…Mengapa perusahaan mencari pegawai melalui media online?

Pegawai mengambil peran yang sangat penting bagi perusahaan, sehingga perusahaan harus benar-benar ketat dalam menyeleksi calon pegawainya. Media online seperti blog, bisa saja dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menjaring pegawa-pegawai berkualitas.

Dengan merekrut penulis blog sebagai karyawan, maka mereka tidak perlu bertele-tele dalam menyeleksi. Hal tersebut dikarenakan kualitas penulis blog bisa langsung dilihat dari kualitas tulisan dan karya mereka pada blog tersebut.

…Anggap saja seperti ini.

Anda adalah fotografer yang mengelola sebuah blog pribadi bertopik dunia fotografi, dan dalam blog tersebut anda menyajikan beberapa macam tutorial kamera, serta memamerkan beberapa hasil foto anda yang sangat indah dipandang.

Hal ini tidak menutup kemungkinan bila di kemudian hari ada perusahaan yang membuka blog anda. Lalu tertarik untuk mengajak anda bekerja di perusahaan tersebut karena tertarik dengan hasil foto yang anda sajikan pada blog tersebut.

Tidak hanya itu, karena status anda merupakan karyawan yang dipanggil (Anda tidak mendaftar kerja, tapi mereka yang menghubungi anda) maka besar kemungkinan anda dapat menentukan gaji yang diinginkan. Sedangkan pihak perusahaan akan memikir ulang untuk menolak permintaan tersebut, karena anda merupakan calon karyawan yang memiliki bobot bagi kemajuan perusahaan mereka.

Selain itu, anda dapat menambah keuntungan dengan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan (Bila ada penawaran pekerjaan), namun tetap mengelola blog sebagai bisnis yang juga tidak kalah untungnya. Anda dapat menyajikan informasi yang dirasa bermanfaat untuk banyak orang. Setelah itu anda bisa mendaftarkannya ke program penghasil uang seperti Google Adsense, dan Amazon.

4# Mengasah keterampilan dan wawasan yang dimiliki

Manfaat Blogging

Anda yang memutuskan untuk menjadi blogger, pastinya memiliki keterampilan tersendiri untuk dibagikan kepada orang lain. Akan tetapi menjadi seorang blogger ternyata tidak semata-mata menjadikan anda hanya sebagai penyedia informasi. Melainkan anda dapat mengasah kembali keterampilan yang dimiliki menjadi lebih baik lagi.

…Mengapa ngeblog bisa mengasah keterampilan

Dengan menulis blog, otomatis anda akan menjadi seorang pembaca yang aktif. Maksudnya, pada saat mengalami krisis ide, pastinya anda akan mencari refrensi-refrensi lain di internet dan juga buku. Dengan aktif membaca, andapun akan merasakan berbagai macam manfaat bagi keterampilan.

Kita ambil contoh anda adalah seorang penulis blog teknologi dan komputer, suatu hari anda mengalami kekurangan ide yang berdampak buruk bagi blog anda (Blog jadi tidak pernah update). Untuk mengatasi hal tersebut anda memutuskan untuk mencari refrensi dengan membeli sebuah buku yang membahas cara mengoprasikan internet secara gratis.

Dengan terbelinya buku tersebut, sudah pasti anda akan membaca dan menemukan apa yang tidak anda ketahui sebelumnya. Selain itu andapun akan dengan mudah menyerap dan menguasai isi dari buku itu.

Karena setelah membaca buku tersebut anda akan menulis ulang inti dari buku tersebut dengan bahasa serta cara penyampaian yang unik dan berbeda dari sebelumnya.

5# Sarana belajar untuk siap menerbitkan buku pertama

Manfaat Blogging

Dengan menjadi seorang blogger, otomatis pekerjaan anda sehari-hari tidak akan terlepas dari menulis, menulis, dan menulis. Kegiatan menulis yang dilakukan secara rutin ini menyebabkan anda semakin siap untuk menjadi penulis yang lebih profesional lagi.

Anda dapat belajar dari kisah sukses Raditya Dika, aktor dan penulis terkenal yang satu ini mengawali kariernya hanya dari mengelola blog pribadi. Disebutkan bahwa bang Radit ini mempunyai blog yang dijadikan seperti buku harian online, dengan memberikan tulisan berupa kisah kesehariaannya di sekolahaan. Tanpa dia sadari, dengan menyematkan beberapa humor dalam setiap tulisan yang dia buat, mampu membuat tertawa orang yang membacanya.

Hal tersebut menjadi nilai plus bagi pengunjung blog bang Radit, dan sekarang ini bang Radit semakin di kenal sebagai seprang aktor, dan penulis buku yang terkenal. Bahkan kini dia menjadi sutradara dalam beberapa film yang dia perankan.

Kisah bang Raditya Dika seharusnya menjadi inspirasi dan motivasi untuk seluruh kalangan blogger.  Kita harus rajin-rajin menulis dan berkarya untuk bisa menjadi salah-satu dari jutaan blogger sukses seperti bang Radit.

Keuntungan lain yang bisa anda peroleh dari menggunakan blogger sebagai sarana belajar menulis, yaitu anda dapat menargetkan konsumen buku anda sedari sekarang. Ya.. anda harus mengelola blog tersebut dengan serius untuk mendapatkan pengunjung setia yang besar jumlahnya. Sehingga anda tidak perlu repot lagi mencari pelanggan dari buku yang anda terbitkan suatu hari nanti.

6# Belajar melatih kedisiplinan

Manfaat blogging yang bisa anda dapatkan selanjutnya, yaitu melatih kedisiplan yang dimiliki. Kedisiplinan tentu merupakan syarat utama jika seseorang ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya.

…Terus, bagaimana bisa blogging mampu melatih kedisiplinan kita?

Mudahnya seperti ini, menulis blog merupakan kegiatan yang tergolong sebuah hobi, dan semua orang juga tahu bahwa hobi merupakan aktivitas yang tidak dapat dipaksakan. Oleh karenanya, tidak ada paksaan dari pihak manapun pada saat seseorang mengelola dan menulis blog. Mereka dapat menulis setiap hari, seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali (Semua terserah kemauan penulisnya).

Pada saat seorang admin blog dapat menulis kapanpun mereka inginkan, di sinilah peran disiplin mulai berlaku. Seandainya tujuan mereka menulis blog adalah menghasilkan uang, tentu mereka harus lebih giat dalam menulis dan memperkaya konten blog.

Dalam dunia blogging, orang yang malas akan tersingkir dengan mudah, hal tersebut juga berlaku untuk blog yang jarang update. Sehingga, kesuksesan yang akan diraih adalah murni dari kemauan sendiri. Dia akan meraih sukses jika rajin menulis, atau waktunya akan terbuang sia-sia jika tidak konsisten dalam mengurus blog.

Karena kebiasaan menulis dengan teratur inilah, seseorang akan terbiasa menjalankan hidup dengan lebih disiplin. Bayangkan saja, untuk mengelola dan menulis blog yang tidak tahu kapan bisa merasakan hasilnya saja sudah disiplin. Apalagi untuk pekerjaan-pekerjaan lain yang sudah pasti memberikan dia upah.

7# Belajar melatih kedisiplinan

Manfaat blogging yang bisa anda dapatkan selanjutnya, yaitu melatih kedisiplan yang dimiliki. Kedisiplinan tentu merupakan syarat utama jika seseorang ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya.

…Terus, bagaimana bisa blogging mampu melatih kedisiplinan kita?

Mudahnya seperti ini, menulis blog merupakan kegiatan yang tergolong sebuah hobi, dan semua orang juga tahu bahwa hobi merupakan aktivitas yang tidak dapat dipaksakan. Oleh karenanya, tidak ada paksaan dari pihak manapun pada saat seseorang mengelola dan menulis blog. Mereka dapat menulis setiap hari, seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali (Semua terserah kemauan penulisnya).

Pada saat seorang admin blog dapat menulis kapanpun mereka inginkan, di sinilah peran disiplin mulai berlaku. Seandainya tujuan mereka menulis blog adalah menghasilkan uang, tentu mereka harus lebih giat dalam menulis dan memperkaya konten blog.

Dalam dunia blogging, orang yang malas akan tersingkir dengan mudah, hal tersebut juga berlaku untuk blog yang jarang update. Sehingga, kesuksesan yang akan diraih adalah murni dari kemauan sendiri, dia akan meraih sukses jika rajin menulis. Atau waktunya akan terbuang sia-sia jika tidak konsisten dalam mengurus blog.

Karena kebiasaan menulis dengan teratur inilah, seseorang akan terbiasa menjalankan hidup dengan lebih disiplin. Bayangkan saja, untuk mengelola dan menulis blog yang tidak tahu kapan bisa merasakan hasilnya saja sudah disiplin, apalagi untuk pekerjaan-pekerjaan lain yang sudah pasti memberikan dia upah.

8# Mendapatkan pengetahuan seputar SEO dan Website

Manfaat Blogging

Dengan mengelola sebuah blog dengan serius, maka anda akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai SEO dan Website.  SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization, dan ilmu yang membahas mengenai optimasi mesin pencari ini menjadi ilmu yang mahal.

…Mengapa mahal?

Karena banyak orang yang membutuhkan jasa SEO untuk website dan blog yang mereka kelola. Jika anda mampu mempelajari SEO sampai ke akar-akarnya, maka anda bisa menjual jasa anda dengan harga yang mahal (Jasa seo bisa dibayar hingga jutaan rupiah).

Inilah yang harusnya membuat anda beruntung jika menjadi seorang blog yang selalu “ingin tau” bagaiman cara mengelola blog yang baik dan benar. Mempelajari SEO bisa jadi membawa keuntungan buat anda.

Tidak hanya pengetahuan SEO, anda juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan website dan blog. Seperti HTML, CSS, Javascript, Plugin, dan masih banyak lagi yang bisa anda dapatkan.

Tapi, untuk menguasai semua itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Anda perlu sedikit demi sedikit mempelajari dan mempraktekkannya di website/blog pribadi milik anda. Setelah menerapkannya berulang-ulang dipastikan anda dapat mahir dalam bidang website tersebut.

Memiliki keterampilan yang lebih dalam mengelola website juga sangat menguntungkan untuk anda, untuk jasa membuat website saja bisa dibanderol dengan harga 3juga/website. Mungkin jika sudah jago nanti, anda bisa menyediakan jasa dengan harga yang lebih murah untuk dapat bersaing denga penyedia jasa yang sudah memiliki nama.

9# Tempat mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran anda

Manfaat Blogging

Manfaat blogging yang tidak kalah pentingnya, yaitu dengan blog anda diberikan kesempatan untuk bebas mengekspresikan apa yang ada di dalam benak dan pikiran anda.

Jika anda merasa memiliki pemikiran yang cemerlang, tetapi bingung untuk menceritakannya kepada siapa. Ada baiknya untuk menuliskan ide tersebut di blog yang anda miliki. Dengan menulis ide di blog, mungkin saja ada orang lain yang menyukai gagasan dan ide yang anda tuliskan.

Orang yang menyukai ide dan gagasan anda, mungkin akan mengajak anda bekerja sama untuk merealisasikan ide tersebut. Dengan begitu, anda bukan hanya diberikan kesempatan untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikiran, tetapi mampu menghasilkan uang juga melalui ide dan hasil kerja sama tersebut.

10# Anda dapat membantu sesama

Blogging juga memberikan manfaat untuk anda dalam membantu sesama. Dengan menyajikan informasi yang berkualitas dan bermanfaat, maka dipastikan akan banyak orang yang merasa terbantu dan berterimakasih atas tulisan anda.

…Mengapa membagikan informasi menjadi sebuah keuntungan?

Seperti yang diajarkan sejak kecil kepada kita, bahwa membagikan informasi tidak akan membuat kita merugi. Akan tetapi dapat membuat kita semakin untung. Memang keuntungan tidak akan terasa seketika itu juga, tetapi dikemudian hari dipastikan anda akan mudah mendapat keuntungan dan kemudahan oleh karena kebiasaan berbagi tadi.

11# Mengasah keterampilan dalam menulis

Manfaat Blogging

Agak mirip dengan poin nomor empat, manfaat blogging yang kesepuluh adalah anda mampu mengasah kemampuan dalam menulis sebuah artikel yang menarik untuk di baca.

Untuk anda yang bukan berasal dari kalangan penulis (Basic seorang penulis), sudah pasti awal mula mengelola blog menjadi sesuatu yang sulit. Terutama kesulitan untuk menentukan bagaiman cara menjadikan pengetahuan menjadi sebuah tulisan yang dapat berguna untuk orang lain.

Dengan rajin menulis di blog, meskipun tulisan tersebut masih jauh dari kata sempurna tetapi lama-kelamaan anda bisa mendapatkan skill yang lebih baik dalam bidang menulis.

Kesulitan awal dalam menulis biasanya datang dari penentuan ide pokok, serta pemilihan kata yang tepat untuk membangun sebuah tulisan. Hal tersebut hanya dapat di atasi jika anda menulis dengan rajin setiap hari. Menulis setiap hari menjadikan anda terbiasa untuk mengembangkan ide, dan menemukan gaya penulisan yang merupakan ciri khas setiap penulis.

Maka yang perlu anda lakukan adalah belajar, belajar, dan belajar. Sedangkan dalam kasus ini, yang anda pelajari tentunya adalah belajar menulis. Bagaimana menjadikan sebuah ide menjadi tulisan yang bisa bermanfaat jika di baca dan bagaimana menjadikan sebuah ide menjadi tulisan yang mampu dicerna oleh orang lain.

12# Dapat membangun jaringan bisnis dan pertemanan

Manfaat blogging yang tidak kalah menguntungkan lainnya, yaitu dengan blog anda mampu membangun sebuah jaringan bisnis maupun pertemanan.

Di dunia ini, atau kita berbicara khusus di Indonesia saja sudah ada lebih dari 100 juta blog yang terdaftar. Jika satu orang mengelola 1 blog maka jumlah blogger di Indonesia benar-benar banyak sekali.

Dengan menjadi salah-satu dari mereka, andapun akan berkesempatan mendapatkan teman, serta rekan bisnis baru. Contohnya seperti saya yang akhirnya bisa berkenalan dengan Mas Gani Sebastian yang merupakan Founder dari blog KlikMania ini, serta berkenalan dengan banyak blogger lain di luaran sana.

…Punya banyak teman itu mudah

Iya, beneran… nyari teman baru itu mudah kok, salah-satunya dengan menjadikan blog sebagai medianya.

Hal ini semakin didukung lagi apabila anda adalah seorang blog yang memiliki karya yang luar biasa. Dengan karya yang anda miliki sudah pasti banyak orang yang ingin lebih kenal lebih dalam lagi tentang anda.

Selain mendapat teman baru, anda bisa juga memperluas jaringan bisnis anda serta mendapatkan rekan bisnis baru dari dunia maya. Untuk anda yang memiliki bisnis, mendapatkan jaringan yang luas tentu akan sangat menguntungan. Mungkin di antara mereka ada yang berminat untuk membeli produk anda, atau bisa juga diajak bekerja sama untuk sama-sama memajukan bisnis yang dimiliki.

…Terus bagaiman cara mendapatkan teman dan rekan bisnis dari blogging?

Cara yang saya sarankan, pertama-tama tentu dengan menerbitkan artikel yang berkualitas dan bermanfaat untuk banyak orang. Artikel berkualitas tersebutlah yang nantinya akan menjadi cerminan diri anda sendiri. Kedua, anda perlu aktif dalam berbagai komunitas blog yang ada. Entah itu komunitas regional di daerah anda, maupun komunitas online yang ada di sosial media.

Dengan keikutsertaan dan keaktifan anda pada komunitas tersebut, suda pasti akan ada banyak orang yang mengenal anda. Hal tersebut bisa lebih baik lagi, jika anda memiliki sebuah karya yang luar biasa, Sehingga anda terkesan “WAW” pada komunitas tersebut.

13# Nama anda akan semakin tenar dan dikenal luas

Manfaat Blogging

Keuntungan atau manfaat blogging yang bisa dirasakan, sekarang datang dari nama yang semakin populer di kalangan pengguna internet. Sudah banyak orang yang merasakan enaknya menjadi “Artis” oleh karena blog yang dikelolanya.

…TAPI

Menurut pengamatan yang saya lakukan, saya lebih banyak menemukan blogger yang menggunakan identitas palsu (Anonim), ketimbang mereka yang berani menunjukkan identitas aslinya.

Dari hasil pengamatan tersebut, sudah terbukti bahwa banyak orang yang masih malu mengakui diri sebagai seorang yang berprofesi sebagai penulis blog. Padahal tidak semua blogger yang menggunakan identitas anonim adalah blogger copaser. Masih banyak dari mereka yang menulis konten original, tapi tetap saja malu untuk menggunakan identitas pribadi.

Hal tersebut memunculkan sebuah pertanyaan : Apa yang membuat mereka malu untuk menggunakan identitas pribadi, dan mengapa harus malu menjadi seorang blogger?

Kebanyakan orang malu mengatakan dirinya adalah seorang penulis blogger, karena masyarakat yang belum terlalu menerima kata “Internet” sebagai sebuah pekerjaan.

Sebagai contoh, saya pernah ditanyai oleh tetangga yang curiga akan gerak-gerik saya (Kebanyakan diem di rumah ngurusin blog). Kira-kira seperti ini pertanyaannya “Bang, kerja dimana sekarang?”, saya dengan santainya menjawab “Oh, nganu neng, abang kerja di internet aja sekarang”. Terus si eneng manjawab dengan nada nyeletuk, “Elehh, si abang bukannya nyari kerja, malah internetan doang gimane sih”, haha kalau seperti ini saya hanya bisa terdiam sambil berkicau di dalam hati saja. “Abang kerja neng, kerja di internet, bukan mainan internet”.

Ya.. mungkin hal kecil seperti itulah yang menyebabkan seseorang malu untuk mengakui jika dirinya adalah seorang penulis blog. Padahal seorang blogger bisa mendapatkan uang yang lebih besar ketimbang mereka yang bekerja di perusahaan. Bahkan bisa lebih besar dari gaji PNS *Tapi dengan catatan, bahwa mereka konsisten dalam mengelola blog tersebut.

…Mari kita lihat kisah Linda Ikeji, agar tidak malu mengakui profesi sebagai blogger

Linda Ikeji, awalnya bukanlah siapa-siapa dan bukan juga orang yang layak untuk dikenal secara luas. Linda hanyalah seorang wanita yang bekerja sebagai model dan jurnalis pada perusahaan biasa. Profesi tersebut dijalankannya selama 8 tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk berhenti, dan memulai kariernya menjadi seorang penulis blog.

Wanita kelahiran Afrika ini dikenal kuga sebagai Aktivis yang rajin hadir dalam kasus-kasus kesenjangan sosial, hal tersebut dikarenakan ia memang memiliki perhatian yang lebih di dunia sosial, terutama pada negaranya sendiri.

Dia juga merupakan aktivis yang turut mengumpulkan serta menyumbangkan sejumlah uang miliknya untuk digunakan dalam penanganan penyakit Ebola pada tahun 2014 lalu. Dia merupakan aktivis yang memiliki sejumlah penghargaan. (Outstanding Blogger of The Year dan Best Gossip & Gist Blog at the Media Broad Awards terkait aktifitasnya di dunia blogging).

From zero to hero

Diperkirakan Linda Ikeji mulai menggeluti dunia blogging pada tahun 2003. Dia memulainya dengan modal pengetahuan tentang blog yang terbatas (From zero to hero) Alamat blog yang dikelolanya diberi nama seperti aslinya.

Ini juga yang membuat Linda Ikeji menjadi blogger yang saya bahas dalam artikel ini *Karena dia tidak malu menggunakan namanya dan tidak malu menjadi seorang blogger.

Linda Ikeji menjadi seorang blogger yang sukses meskipun hanya menggunakan platform blog gratisan (Blogger), bahkan hingga saat ini beliau belum berkeinginan untuk menyewa sebuah hosting pribadi. Sama seperti blogger pemula yang lain. Pada awalnya Linda Ikeji harus konsisten mempublikasikan artikel, meskipun tanpa di bayar sama sekali.

Bahkan hingga tahun 2007 Linda Ikeji tidak kunjung merasakan hasil dari kegiatan menulis di blog, hingga ia akhirnya mencoba untuk lebih giat denga menulis hingga 25 artikel dalam sehari.

Blog Linda Ikeji akhirnya menunjukkan perkembangannya pada tahun 2010 dan mulai menghasilkan uang untuk Linda dari beberapa orang yang memasang iklan pada blog tersebut, manfaat blogging mulai dirasakan oleh Linda Ikeji lantaran mampu menghasilkan hingga 100.000 dollar dalam hitungan perbulan. Jika dirupiahkan total bisa mendapatkan 1 miliar lebih. WAW.

Sumber penghasilan blog Linda Ikeji berasal dari Google Adsense, dan iklan lokal yang memasang pada slot banner yang disediakan oleh Linda Ikeji. Perjalanannya menuju kesuksesan bukanlah tanpa halangan, bahkan blognya pernah dihapus oleh Google karena alasan yang tidak jelas.

Tapi,  penghapusan semena-mena tersebut tidaklah bertahan lama karena Linda Ikeji yang telah terkenal, dibantu oleh pengunjung setia dalam mengajukan banding kepada pihak Google. Sosok Linda Ikeji, seharusnya mampu membuat kita menjadi pribadi yang lebih bangga terhadap profesi blogging ini. Toh blogger merupakan pekerjaan yang halal.

Manfaat lain jika menjadi blogger yag terkenal…

Seperti pada kasus blog Linda Ikeji yang sempat dihapus oleh pihak Google. Dengan eksistensi dari sanga penulis, menjadikan blog Linda Ikeji dapat dipulihkan dengan pengajuan banding yang didukung oleh jutaan fansnya dari seluruh dunia.

Hal yang berbeda akan menimpa bila blog tersebut merupakan blog yang tidak terkenal dan tidak memiliki banyak pendukung dalam mengajukan banding. Sehingga menjadi terkenal juga akan berpengaruh dalam mengatasi masalah internal dalam blogging seperti kasus Linda Ikeji ini.

Dengan menjadi penulis blog yang terkenal, anda juga akan mampu mendapatkan teman yang banyak, serta memiliki banyak fans dari seluruh dunia *biar kayak artis. Karya anda yang luar biasa dan berbobot tentu akan menarik minat pengguna internet dan akan membuat diri anda semakin terkenal. ( Blog terkenal, pendapatan lancar, penulisnya juga terkenal).

Selain itu, ada lagi keuntungan dalam menjadi penulis blog yang eksis adalah kita bisa menerbitkan buku dengan lebih menargetkan siapa yang akan menjadi konsumennya *sudah saya jelaskan tadi.

Maka dari itu, jangan malu untuk mengakui diri sebagai seorang penulis blog, dan ketahuilah bahwa menulis merupakan kegiatan yang tidak mudah dan tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Menulis merupakan bagian dari menciptakan karya yang bernilai seni dan bermanfaat bagi sesama.

14# Belajar lebih banyak tentang minat orang lain

Manfaat Blogging

Manfaat blogging yang lain adalah anda dapat belajr lebih banyak lagi mengenai minat dan karakter orang lain. Mengetahui karakter dan minat seseorang mampu menjadikan anda sebagai pribadi yang lebih baik di masyarakat.

Mempelajari karakter dan minat seseorang, bisa diapatkan ketika anda membaca komentar dan tanggapan yang diberikan pengunjung pada konten yang anda sajikan. Dari komentar tersebut bisa anda lihat bagaimana reaksi, minat, serta kepribadian orang lain. Mungkin banyak orang yang menyukai konten dengan topik A, atau ada juga yang menyukai konten dengan topik B.

Selain pada komentar, andapun dapat mempelajarik minat pengguna internet dengan melihat statistik postingan yang populer pada blog anda. Misalkan topik teknologi adalah yang populer bagi kalangan blog anda.

Hal tersebut juga mampu membuat anda bisa membuat konten blog yang lebih tertarget dari sebelumnya. Dengan mengetahui minat pengunjung blog terhadap suatu topik, maka anda bisa menciptakan lebih banyak topik yang mereka sukai dan menyajikan apa yang menjadi minat pengunjung.

15# Menciptakan pengaruh di masyarakat

Manfaat Blogging

Untuk manfaat blogging yang satu ini, sebenarnya lebih cocok dijalankan oleh mereka yang memiliki kepentingan tersendiri, mungkin seperti politik, atau aktivis.

Menciptakan pengaruh yang dimaksud, adalah membuat sebuah konten atau artikel yang didalamnya berisikan beberapa kalimat yang mampu mengajak serta merubah cara pandan seseorang. Hal tersebut sangat cocok digunakan untuk mereka yang sedang bersaing merebut kursi politik, bersaing dalam bisnis dan perusahaan, dan sebagainya tanpa merugikan pihak yang lainnya.

Sayangnya, banyak orang yang melenceng dari hal ini dengan membuat artikel yang kontroversial, dan tidak terbukti kebenarannya. Sangat disayangkan juga beberapa dari penulis artikel seperti ini, selalu menyematkan beberapa kalimat yang menyinggung suku, agama, ras, dan antar golongan, yang hanya berpotensi menyulut pergesekan sosial dan saling benci.

Hal ini juga menyebabkan kita harus berhati-hati dalam membaca artikel yang terdapat di internet, terutama untuk yang belum terbukti kebenaran dari artikel tersebut.

Jika anda merasa tidak pernah menerbitkan artikel yang mampu merubah pandangan seseorang… Berarti anda termasuk kedalam penulis blog dengan meraih sukses berdasarkan kepercayaan, jumlah pengagum (Fans), serta penghargaan yang diraih selama karier perbloggingan.

16# Tempat menyalurkan hobi menulis

Manfaan blogging yang tidak kalah penting, serta terakhir dalam bahasan kita kali ini, yaitu blog adalah sarana untuk menyalurkan minat dan hobi yang lebih dalam bidang menulis.

Saya sendiri, menjadi penulis blog sejak tahun 2010, dan merasa bahwa dengan adanya blog menjadikan waktu saya tidak terbuang sia-sia. Untuk anda yang memiliki hobi di bidang menulis, sudah pasti tulisan yang bisa anda hasilkan akan jauh lebih berkualitas jika dibandingkan dengan tulisan saya ini. Sehingga apa yang anda tulis dapat berkesempatan untuk populer serta menduduki peringkat pada mesin pencarian Google.

Menyalurkan hobi menulis pada blog, tidak seperti menulis pada buku harian yang menjadikan karya anda tidak dapat dinikmati oleh orang lain. Dengan hadirnya blog, anda dapat menulis dan membagikan tulisan tersebut untuk kemudian dibaca oleh orang lain.

Bahkan, apabila anda memulai karier blogging berdasarkan hobi, maka anda berkesempatan untuk merasakan 14 manfaat blogging lain, terutama dalam hal menghasilkan uang.

Baca Juga :  21 Blog dengan Penghasilan Terbesar yang Mampu Menginspirasi Anda

Saya rasa sekian saja artikel mengenai 15 manfaat blogging yang harus anda ketahui ini. Sebagai seorang pemula, saya sering kali tidak menyadari bahwa terdapat manfaat blogging yang luar biasa bagi kehidupan sehari-hari saya.

Ingatlah bahwa selalu ada manfaat blogging dan menulis bagi seluruh orang, terutama untuk mereka yang konsisten.  Semoga anda bisa merasakan 15 manfaat blogging ini, salam blogger.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close