manfaat smartphone

5 Manfaat Smartphone Yang Bisa Membuat Kita Lebih Produktif

Seberapa besar manfaat smartphone untuk Anda? Saat ini Smartphone dianggap sebagai biang keladi untuk banyak penyakit sosial. Smartphone-lah yang membuat generasi saat ini begitu tergantung pada ponsel mereka, kehidupan mereka seolah terputus dari sekelilingnya, dan lebih asyik dengan kehidupan sosial media mereka, begitulah gerutu sebagian besar pengamat sosial.

Bagaimana pun yang namanya teknologi bagaikan dua sisi mata uang, kita tidak bisa memandang hanya dari satu sisi saja. Ada dampak negatif tapi tentu ada juga dampak positifnya. Begitu juga dengan smartphone.

Kemajuan tekologi smartphone kian hari kian pesat, pada tataran fungsi teknologi telah membawa smartphone menjadi sebuah perangkat yang multi guna. Tidak hanya untuk komunikasi visual dan verbal saja, tetapi manfaat smartphone juga telah menjadi sebuah alat yang mendukung kinerja manusia dalam berbagai aktifitas.

Dalam dunia kerja misalnya, teknologi yang yang ada pada smartphone nyatanya mampu mendukung kita untuk lebih produktif. Berbagai aplikasi yang ada di smartphone, baik yang bawaan atau produk pihak ke tiga, bisa kita gunakan dalam membantu meringankan kerja kita.

5 Manfaat Smartphone Yang Bisa Membuat Kita Lebih Produktif

manfaat smartphone

1. Smartphone Memungkinkan Kita Kerja Dimana Saja

Sebuah smartphone yang tersambung ke internet memungkinkan kita untuk menyimpan data di penyimpanan cloud. Google Drive tersedia di iPhone dan Android, dan dilengkapi dengan kemampuan edit dokumen. Hal ini memungkinkan kita untuk membuat dan mengubah dokumen dimana saja, tanpa harus membuka PC atau laptop kita.

Program lain seperti Evernote, Dropbox juga Google Keep bisa dipergunakan dan terkoneksi ke penyimpanan berbasis cloud Google, kita bisa menyimpan file-file besar dan semua dokumen tanpa perlu khawatir mengenai memori dan keamanan file. Yang diperlu dikhawatirkan paling kuota internetnya saja, cukup atau tidak nih hehehe.

Dengan terkoneksinya ke internet melalui penyimpanan cloud, manfaat smartphone mampu membuat kita tetap bekerja dengan produktif di mana pun kita berada, dan kita bisa membuka file atau dokumen dan mengerjakannya dengan segera.

Loading...

2. Smartphone Satu Untuk Semua

Smartphone mampu menjadi apa yang kita butuhkan, maksudnya manfaat smartphone mampu mengambil alih peran dari tiap perlengkapan lain yang biasa kita bawa. Ini tentunya bisa memperingan beban tas kita jika mesti bepergian jauh.

Beberapa “peran” smartphone misalnya bisa jadi alat dokumentasi apalagi sekarang kualitas kamera smartphone kian besar dan canggih. Smartphone bisa jadi pengganti notebook atau buku catatan sekalipun, Evernote atau Google Keep di smartphone bisa kita gunakan dengan lebih praktis.

manfaat smartphone

Smartphone bahkan dapat digunakan sebagai perangkat pembayaran melalui aplikasi seperti Squarecash, Venmo, Apple Pay dan Google Wallet. Jadi kita tidak perlu khawatir kalau bepergian jauh dan lupa tidak membawa uang tunai.

Jadi kita bisa menyimpan kamera, notebook, buku, bahkan dompet ketika bepergian. Smartphone satu untuk semua.

3. Smartphone Membantu Mewujudkan Rencana Harian

Dengan smartphone, kita memiliki tool yang bisa memudahkan segala hal yang telah direncanakan. Dimulai dari aplikasi kalender yang akan mengingatkan kita akan waktu yang telah diagendakan, dan GPS yang dapat membantu kita menemukan tempat yang kita tuju.

Kita juga bisa membeli tiket pesawat, bus, bioskop dan memesan taksi atau Go Jek dengan smartphone. Sekarang hampir setiap perusahaan jasa telah membuat aplikasi untuk smartphone agar bisa lebih memudahkan pelanggan.

4. Smartphone Membantu Tetap Terlibat Dalam Komunitas

Dengan smartphone kita bisa lebih mudah mengakses panggilan, IM, email dan banyak lagi, yang menjadikan kita untuk tetap up to date pada semua informasi. Misalnya, IPhone dapat diatur untuk memeriksa email baru setiap setengah jam, satu jam atau disesuaikan berdasarkan seberapa sering kita ingin memeriksa email tanpa harus sengaja membuka email via PC atau notebook.

Pesan teks memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan cepat, bisa melakukan percakapan sekaligus, misalnya grup, sehingga menguragi potensi antrian dalam saluran telepon. Dengan menjaga sistem peringatan aktif atau notifikasi, smartphone dapat memberitahu kita tentang setiap pembaruan yang terjadi sehingga kita dapat tetap terlibat dalam percakapan dari mana saja.

5. Smartphone Membantu Dengan Lebih Cepat

Sebuah smartphone dapat secara signifikan mengurangi waktu kita dalam melakukan pekerjaan. Contohnya, memeriksa email sekarang cukup dengan membuka aplikasi, tak perlu buka notebook. Mau mendokumentasikan sesuatu tak perlu mengambil kamera DLSR, cukup jepret dengan kamera hape.

Baca : Tips Menghilangkan Suara Kamera iPhone Saat Mengambil Gambar

Mau nyatat dokumen tak perlu nyari buku dan pulpen, cukup ketik di Evernote atau Google Keep. Mau bayar belanjaan tak perlu ngeluarin dompet, cukup pakai Squarecash, Venmo, Apple Pay dan Google Wallet.

manfaat smartphone

Sebuah smartphone memungkinkan kita meminimalisir alat dan cara dalam bekerja atau beraktifitas. Bayangkan saja, kita cukup menggunakan satu alat untuk menggantikan berbagai macam alat.

Smartphone, sebagaimana buah teknologi yang lainnya bisa berdampak negatif tapi bisa juga berdampak positif. Smartphone mungkin sebuah teknologi yang dapat membunuh produktifitas, tapi manfaat smartphone juga mampu meningkatkan produktifitas ketika dipergunakan dengan benar.


Loading...

Bagikan

Penulis

Avatar
ahmadandriana
Seorang karyawan swasta di sebuah penerbitan dan perusahaan kreatif ternama di Bandung. Posisi terakhir sebagai content creative writer. Pemilik blog www.tuturahmad.com
Avatar

Penulis

Seorang karyawan swasta di sebuah penerbitan dan perusahaan kreatif ternama di Bandung. Posisi terakhir sebagai content creative writer. Pemilik blog www.tuturahmad.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *