Membuat Artikel SEO Pada Blogspot

Membuat Artikel SEO Pada Blogspot dengan Cara Mudah Bagi Pemula

Membuat Artikel SEO Pada Blogspot – Meningkatkan kualitas artikel SEO merupakan salah satu cara untuk menaikkan traffic pengunjung pada sebuah Blog atau Website. Namun nyatanya dalam membuat sebuah artikel dengan kualitas SEO tidak semudah yang difikirkan oleh banyak orang.

Diperlukan sebuah alat khusus untuk dapat membuat artikel menjadi berkualitas dan tentunya alat tersebut relatif mahal. Ditambah lagi bagi seorang blogger pemula yang tidak memiliki budget besar.

Alat untuk meningkatkan kualitas SEO sebuah artikel mungkin dapat ditemukan pada platform WordPress dengan hanya memasang plugin Yoast SEO. Alat ini dengan mudah untuk di install pada platform WordPress dan pastinya gratis untuk digunakan.

Namun untuk menggunakan alat ini kita tetap harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk membeli domain dan hosting. Sehingga saat ini para Blogger memang lebih cenderung menggunakan platform keluaran Google yaitu Blogspot.

Blogspot sendiri merupakan platform yang sangat mudah digunakan bahkan bagi orang yang baru mengenal dunia blogging sekalipun. Tidak seperti blog gratis pada WordPress yang tidak bisa dipasang iklan seperti google Adsense.

Blogspot memiliki kemampuan untuk menampilkan iklan yang sebelumnya sudah disetujui oleh pihak google. Oleh sebab itu, wajar saja Blogspot menjadi pilihan terbaik oleh para Blogger pemula ataupun master.

Namun terdapat kendala yang menjadi perhatian para Blogger ketika menggunakan Blogspot ini. Fitur plugin SEO yang tidak dapat ditanamkan pada platform menjadi kendala yang cukup besar untuk memiliki konten dengan kualitas SEO yang baik.

Hal inilah yang sering kali menjadi keraguan para Blogger pemula yang memang belum terlalu mendalami teknik Blogging yang baik dan benar.

Loading...

Membuat Artikel SEO Pada Blogspot

Baik atau tidaknya kualitas sebuah artikel dapat dibagi menjadi dua kriteria utama.

  • Pertama adalah kualitas dalam segi konten yang informatif.
  • Kedua adalah teknik penulisan yang mengacu pada kriteria mesin pencari (SEO).

Sebuah artikel berkualitas tidaklah selalu memiliki skor SEO yang tinggi dan begitupun sebaliknya. Artikel dengan skor SEO tinggi tidak selalu berkualitas dalam segi konten.

Konten dan SEO merupakan hal yang berbeda tetapi memiliki tujuan yang sama yakni meningkatkan traffic pengunjung.

Sebuah artikel dengan konten yang sangat bermanfaat tentu saja menjadi modal utama agar para pengunjung betah dan dapat berkunjung kembali.

Namun tanpa teknik penulisan yang tepat (SEO), bagaimana pengunjung dapat menemukan artikel yang bermanfaat tersebut. Karena pada dasarnya para pengunjung akan memilih artikel pada halaman pertama (page one) saja.

Untuk artikel kali ini, saya hanya akan memaparkan bagaimana membuat sebuah artikel SEO pada Blogspot saja. Untuk membuat artikel berkualitas saya sudah memaparkannya pada blog pribadi saya dengan judul “Ciri-Ciri Artikel Berkualitas SEO“.

Untuk membuat artikel SEO pada Blogspot, silahkan perhatikan beberapa langkah berikut ini.

Melakukan Survey Keyword

Kata Kunci atau Keyword merupakan penentu utama dalam metode penelusuran sebuah artikel dimesin pencari seperti Google. Biasanya kita hanya mengetik kata kunci saja ketika mencari informasi, seperti “Trendi Info” ataupun “Klik mania”.

Terdapat dua jenis kata kunci dalam teknik SEO yakni Multiple Keyword dan Long Tail Keyword.

Multiple keyword memiliki banyak kelebihan dibandingkan Long Tail Keyword karena kita bisa menempatkan beberapa kata kunci di dalam sebuah artikel bahkan sebuah kata Typo sekalipun.

Namun tentu saja keyword jenis ini tidak bisa digunakan menggunakan platform Blogspot. Oleh sebab itu Long Tail Keyword menjadi alternatif lain untuk membuat sebuah kata kunci.

Baca disiniCara menggunakan Long Tail Keywords Untuk Judul Posting Blog

Dengan melakukan riset kata kunci ini, diharapkan kita memiliki keyword yang cukup kuat untuk bersaing dalam mesin pencari Google.

Banyak alat yang dapat kamu gunakan secara gratis untuk menentukan Long Tail Keyword ini seperti Google Trend. Namun, kamu bisa mencoba trik yang saya gunakan dalam menentukan keyword dengan menggunakan fitur “Saya Sedang Beruntung” pada kolom Google.

Biasanya kita akan diberikan opsi pencarian ketika mengetikkan sebuah kata atau kalimat. Semakin sedikit opsi yang diberikan berarti semakin sedikit orang yang menggunakan kata kunci tersebut.

Dengan ini kamu dapat lebih mengurangi persaingan dalam mendapatkan posisi Page One. Kamu dapat melihat contoh melalui gambar berikut ini.

Membuat artikel SEO pada Blogspot
Fitur “I’m Lucky” Google

Namun menurut pandangan saya pribadi, sebuah keyword dengan persaingan yang ketat merupakan hal yang baik untuk meningkatkan kemampuan kita dalam menulis.

Untuk dapat bersaing dengan artikel di Page One Google, yang perlu kamu lakukan adalah dengan memberikan informasi yang lebih detail dan terperinci.

Hal ini akan membuat Robot Google memilih artikel kamu pada urutan pertama karena dianggap lebih layak menjadi sumber informasi.

Menulis Artikel Sesuai Standar Penulisan

Seperti yang saya utarakan sebelumnya bahwa jumlah kata akan mempengaruhi kualitas SEO artikel kamu. Walaupun kebanyakan sumber menyebutkan bahwa jumlah minimal kata hanya 300 kata saja.

Saya dapat dengan tegas menyatakan bahwa jumlah kata yang digunakan adalah secukupnya. Jika artikel yang akan kamu jabarkan memerlukan jumlah kata hingga 1.000 kata, maka hal ini perlu dilakukan.

Rincian artikel yang sangat detail sangat disukai oleh Robot Google. Jika artikel yang sudah ada hanya membahas 5 tips, kamu bisa membuat artikel dengan ide yang sama namun dengan memaparkan lebih banyak tips.

Namun hal ini bukan berarti kamu membuat artikel menjadi bertele-tele.

Selain itu ada hal yang perlu dilakukan dalam membuat artikel SEO pada Blogspot yaitu jumlah kata dalam satu kalimat dan dalam satu subjudul.

Usahakan untuk membuat sebuah kalimat tidak lebih dari 20 kata dan membuat penjabaran dalam sebuah sub judul tidak lebih dari 300 kata.

Hal ini untuk membuat nyaman para pembaca. Kalimat yang tidak terputus-putus dan terlihat terlalu panjang dalam sebuah sub judul, akan mengurangi efisiensi para pembaca dalam mendapatkan informasi.

Menempatkan Keyword Pada Lokasi Yang Tepat

Dalam membuat artikel SEO pada Blogspot, hal yang paling perlu diperhatikan adalah menempatkan keyword pada lokasi yang tepat.

Tidak banyak Blogger pemula mengetahui bahwa Blogspot memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan sebagai pengganti tools SEO.

Berikut langkah-langkah menempatkan keyword untuk membuat artikel SEO pada Blogspot.

1. Memanfaatkan Judul Artikel

Langkah pertama dalam membuat artikel SEO pada Blogspot adalah meletakkan keyword yang sudah ditentukan pada judul.

Robot Google akan mempertimbangkan judul sebagai keyword pertama dalam mesin pencarian. Penempatan keyword pada judul yang disarankan adalah pada kata pertama judul dan tidak ada pengulangan di dalamnya.

Sebagai contoh :

Keyword yang ditentukan adalah “Membuat artikel SEO pada Blogspot“, sehingga judul yang paling tepat adalah “Membuat Artikel SEO Pada Blogspot Dengan Cara Mudah Bagi Pemula”.

Dengan mempertegas keyword pada judul, mesin pencari akan mendeteksi artikel kamu untuk muncul di halaman pertama pencarian.

Selengkapnya disiniTehnik Mengolah dan Menempatkan Kata Kunci Pada Artikel

2. Memanfaatkan Meta Pencarian

Meta pencarian merupakan fitur yang sangat jarang digunakan oleh para Blogger terlebih bagi pemula. Meta pencarian ini merupakan perwakilan dari isi artikel yang kamu buat.

Untuk menyeting fitur ini kamu dapat melihat gambar berikut.

Membuat artikel SEO pada Blogspot
Setelan Meta Deskripsi

Untuk memanfaatkan fitur ini dalam membuat artikel SEO pada Blogspot, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Yang pertama adalah dengan menempatkan keyword dibagian awal meta pencarian dengan tujuan sama dengan penempatan pada judul sebelumnya

Meta Pencarian

Selain itu tidak boleh ada pengulangan kata kunci dalam meta pencarian ini dan juga jumlah karakter yang disarankan hanya 150 karakter saja.

Untuk itu buatlah kalimat dengan menarik dan mewakili isi konten artikel yang kamu buat. Artikel yang memiliki meta pencarian akan tampak seperti gambar berikut ini.

Contoh Hasil Fitur Meta Pencarian

3. Memanfaatkan Penyetingan URL

Selanjutnya dalam membuat artikel SEO pada Blogspot adalah dengan mengubah struktur URL otomatis. Sebuah URL biasanya akan menampilkan judul sebagai tautan yang akan digunakan.

Misalnya saja judul yang dibuat adalah “Membuat Artikel SEO Pada Blogspot Dengan Cara Mudah Bagi Pemula”, maka URL yang muncul akan menjadi https://www.domain.com/2017/12/membuat-artikel-seo-pada-blogspot-dengan.html.

  • Jika URL yang muncul pada bagian pertama merupakan keyword yang kamu gunakan, maka kamu tidak perlu mengubahnya.
  • Namun, jika URL yang muncul bukanlah keyword yang diinginkan, maka kamu perlu mengganti dengan keyword yang kamu gunakan sesuai format penulisan URL tersebut.

Untuk mengganti URL kamu dapat melihat gambar berikut ini.

Namun, bagi artikel yang sudah terlanjur terpublish, URL tidak dapat lagi di ubah. Oleh sebab itu perhatikan format penulisan URL dengan cermat.

Mengubah Tautan Otomatis

4. Menuliskan Keyword Pada Kalimat Pertama dan Heading

Jika kamu memperhatikan artikel ini dan beberapa artikel saya yang lain, akan ada kalimat yang sebenarnya tidak memiliki hubungan dengan kalimat yang selanjutnya.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan kekuatan kata kunci pada mesin pencarian. Dengan meletakkan kata kunci di kalimat pembuka, maka Robot Google akan menemukan artikel kamu dengan lebih mudah.

Selain itu, kita juga wajib membuat Heading atau Subheading (sub judul H2, H3) yang mengandung keyword. Anda bisa membacanya disini : Membuat Sub Judul Di Artikel Untuk Memaksimalkan Hasil Pencarian Google

Namun beberapa Blogger beranggapan bahwa teknik ini membuat tampilan artikel menjadi tidak enak dipandang. Karena akan terkesan rancu jika heading atau subheading mengandung kalimat yang cukup panjang.

Untuk itu, gunakanlah metode ini sewajarnya saja dengan tidak mengurangi kualitas artikel. Membuat artikel SEO pada Blogspot, berarti “memaksakan” artikel untuk dapat dibaca dengan mudah oleh Robot Google nantinya.

5. Menyebar Keyword Pada Artikel

Membuat artikel SEO pada Blogspot memang terletak pada efektivitas keyword. Untuk itu, dengan sering memunculkan keyword pada artikel, maka akan meningkatkan efektivitas keyword sebagai kata kunci pencarian pengunjung.

Idealnya keyword yang disebar yaitu 1% hingga 2,5% dari jumlah kata.

Sebagai contoh, jumlah kata artikel sebanyak 1.000 kata, maka keyword yang muncul minimal 10 hingga 20 kali saja.

Silahkan perhatikan artikel ini dengan seksama, akan sering muncul kalimat yang sama persis. Metode ini disebut dengan Keyword Density.

6. Memanfaatkan Gambar Artikel

Langkah selanjutnya adalah dengan menyisipkan keyword pada gambar yang kamu gunakan. Sebagai informasi, gambar tidak menjadi tolak ukur seberapa tinggi skor SEO yang akan kamu dapat.

Karena sebenarnya Robot Google tidak dapat membaca sebuah gambar, tetapi hanya teks saja. Untuk itu, gunakan fitur Alt Attributes dan Title Image untuk meletakkan kata kunci.

Bayangkan saja jika kamu menggunakan 5 buah gambar dengan menyisipkan keyword didalamnya. Tentu saja hal ini akan semakin menguatkan skor SEO artikel yang kamu buat.

Selain dengan menempatkan keyword pada posisi yang tepat, langkah selanjutnya dalam membuat artikel SEO pada Blogspot adalah dengan menerapkan langkah-langkah berikut ini.

Menggunakan Internal dan Eksternal Link

Internal Link merupakan tautan yang masih relevan yang sengaja dibenamkan pada kata-kata dalam artikel yang ditautkan pada artikel lainnya di dalam sebuah website.

Sedangkan Eksternal link atau sering disebut outbound link adalah tautan yang berasal dari sumber luar web yang bertujuan sebagai penguat pernyataan atau sebagai sumber referensi.

Internal dan Eksternal link ini akan sangat berguna dalam membuat artikel SEO pada Blogspot.  Internal link akan memperkuat artikel yang kamu buat karena memiliki konten relevan yang lebih banyak untuk dibaca oleh pengunjung.

Eksternal link berguna ketika artikel tersebut muncul dimesin pencarian. Oleh karena kamu menautkan artikel kamu pada artikel luar tersebut, secara tidak langsung artikel kamu juga akan ikut muncul pada halaman pencarian.

Menggunakan Backlink Yang Relevan

Backlink adalah link yang mengarah pada situs web kita dari situs lain yang dapat meningkatkan posisi SERP di Google. Jumlah backlink yang dimiliki situs adalah nilai popularitas situs tersebut.

Namun biasanya para Blogger pemula sering menyalah artikan Backlink dengan Partner.

Pada beberapa forum diskusi yang saya temukan, para Blogger sering mengajak Blogger lainnya untuk sekedar menempatkan Link websitenya saja pada halaman depan. Padahal cara ini bukanlah cara yang efektif.

Menggunakan Backlink untuk membuat artikel SEO pada Blogspot adalah dengan mengulas artikel dan menempatkan link artikel asli didalamnya.

Inilah cara yang paling direkomendasikan dalam membuat sebuah backlink.

Namun metode ini juga penuh akan resiko jika kita mendapatkan backlink secara kebetulan dari website yang melanggar ketentuan Google Adsense. Seperti pornografi, perjudian, SARA, dan sebagainya.

Baca disini5 Sumber Backlink Berkualitas Yang Bagus Untuk SEO

Oleh sebab itu, trik yang paling mudah adalah dengan ikut berpartisipasi pada sebuah media yang menerima penulis lepas. Dengan itu kita bisa menanamkan Backlink dengan syarat relevansi yang benar.

Menyiapkan Blog Gratisan Untuk Pendukung

Cara terakhir dalam membuat sebuah artikel SEO pada Blogspot adalah dengan membuat Blog yang banyak mengulas artikel yang kita buat.

Memang hal ini sedikit merepotkan karena kita harus mengelola dua buah akun. Namun, usaha tidak akan menipu hasil. Teknik manual seperti ini sebenarnya lebih efektif untuk meningkatkan skor SEO artikel yang kita buat.

Kesimpulan

Menjadi seorang penulis Blog atau Website tidak hanya memerlukan kemampuan menulis artikel saja. Tetapi dibutuhkan trik dan uji coba agar mendapatkan metode yang memudahkan kita dalam meningkatkan traffic.

Untuk itu, selain membuat artikel dengan konten yang bermanfaat, kamu dapat mencoba untuk ikut serta ambil bagian menjadi penulis di Blog atau website. Sehingga kamu akan memiliki pengalaman yang cukup untuk membuat artikel SEO pada Blogspot.

Selamat berkarya.


Loading...

Bagikan

etrosinaga

Penulis

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Komentar

    Avatar

    RuangLaptop

    ( - 04:34)

    Untuk jaman sekarang , ya itu masih benar tapi lebih beratkan fokusnya ke UX si user/pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *