Cara membuat desain icon

Mendulang Banyak Dollar dengan Membuat Desain Icon

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Mempunyai sebuah skill desain merupakan sebuah bakat tertentu yang dimiliki oleh manusia, saya pribadi sering mengasah kemampuan desain walau sebenarnya masih pemula. Di artikel kali ini, kita bakalan ngebahas tentang bagaimana caranya mendapatkan dollar dengan membuat desain icon.

Saya pribadi sebenarnya juga sudah mulai menjual icon-icon saya di sebuah platform yang bernama Iconfinder. Nah biar saya perjelas dulu isi artikel ini.

Disini kita akan ngebahas tentang step by step untuk mendapatkan dollar dengan cara membuat desain icon, berikut ‘silabus’nya, hehe.

  1. Belajar icon desain
  2. Mulai menjual icon lewat marketplace Iconfinder
  3. Mempromosikan icon yang kita jual di Iconfinder

Baik langsung aja kita bahas.

Belajar Mendapatkan Dollar dengan Membuat Desain Icon

1. Belajar Icon Desain

Ada banyak tipe atau style icon sekarang ini, namun yang saya tau bahwa style icon yang sedang trend sekarang adalah line style dan filled line style.

Berikut ini adalah contoh icon dengan line style.

membuat desain icon
line style icon

Menurut saya pribadi, line style icon lebih mudah untuk dibuat dibandingkan filled line style, karena kita hanya perlu memikirkan satu warna saja untuk bagian border atau line dari icon tersebut.

Mungkin para pembaca sekalian bertanya-tanya, ‘software apa untuk membuat desain icon?

Loading...

Kalau saya pribadi, saya lebih suka menggunakan Adobe Illustrator, karena memang saya sudah terbiasa. Namun bagi teman-teman yang mau alternatif Adobe Illustrator, teman-teman mungkin bisa mencicipi salah satu software dibawah ini.

  1. Gravit Designer (gratis/open source)
  2. Inkscape (gratis/open source)
  3. Affinity (berbayar)
  4. Sketch (berbayar, khusus untuk Mac)
  5. CorelDraw (berbayar)
  6. …Software vector lainnya

Yup, intinya temen-temen bisa memanfaatkan software yang berbasis vector untuk membuat desain icon. Namun teman-teman juga bisa menggunakan Adobe Photoshop

Di Adobe Photoshop basisnya kan vexel/raster/bitmap, jadi mungkin menurut saya agak sulit saat membuat icon.

Selanjutnya ada yang namanya filled line style. Agak mirip sebenarnya dengan line style, namun style yang satu ini punya perbedaan, yaitu seperti namanya, icon dengan style ini memiliki ‘isi’ berupa warna.

Berikut ini contoh filled line style icon.

membuat desain icon
Sumber: Iconfinder (Berkah Studio)

Tapi memang jika saya perhatikan, filled line style ini memang terlihat lebih indah ketimbang versi line style (menurut saya loh ya).

Nah untuk membuat icon-icon seperti diatas, temen-temen bisa searching di internet tentang bagaimana caranya membuat desain icon dengan style diatas.

Nah ada satu website yang menurut saya bagus banget buat temen-temen untuk belajar tentang icon desain, silahkan klik link berikut: Bejalar Bikin Icon

2. Menjual Hasil Design Icon

Untuk bisa menjual hasil karya kalian, tentunya kalian sudah mempersiapkan karya yang akan dijual.

Disini kita akan memanfaatkan salah satu marketplace yang cukup terkenal, yaitu Iconfinder. Bagi para pembaca yang belum mengetahui apa itu Iconfinder, disini saya akan njelasin sedikit tentang marketplace powerful ini.

Seperti halnya Lazada, Tokopedia, atau marketplace yang lainnya, Iconfinder juga merupakan sebuah marketplace yang mempertemukan antara seller dengan para buyer.

Namun yang membedakan antara Iconfinder dengan Toped, Lazada, dan yang lainnya adalah konten atau prouk yang dijual.

Kalau Lazada itu kan menjual berbagai macam barang-barang fisik, namun Iconfinder menjual berbagai macam produk digital yang berbentuk icon, dan otomatis barang-barangnya juga berbentuk digital.

Nantinya para pembeli icon di Iconfinder akan mendapatkan file berupa file vector atau format image yang lainnya.

Saya asumsikan temen-temen sudah bisa mendaftar akun di Iconfinder, jadi gak usah saya jelaskan gimana caara daftarnya ya.

Disini saya bakal ngejelasin aja gimana syarat-syarat agar icon yang kamu submit ke Iconfinder bisa di accept oleh pihak Iconfinder.

Selalu buat icon yang kohesif

Maksudnya kohesif itu apa? Saya pribadi juga masih rada gak paham apa itu kohesif (secara teori), tapi yang jelas, kohesif dalam konteks disini adalah, icon yang kamu buat harus selaras ukurannya dengan icon yang lain.

Jadi nanti gak ada yang namanya icon yang satu itu terlalu panjang atau terlalu tinggi, intinya semua ukurannya itu konsisten.

Selalu teliti sebelum mengirim icon

Ini pengalaman saya pribadi, yakni ketika saya sudah meng-upload icon pac, saya merasa bahwa icon pack tersebut sudah fix untuk siap dijual, tapi ternyata gagal pada tahan review.

Pihak reviewer dari Iconfinder menyampaikan bahwa ada beberapa icon saya yang ternyata terdapat fill (atau masih berisi warna, karena niatnya bikin icon line style). So, sebelum kamu mau ngirim icon, cek dulu iconnya yah.

Buatlah tag yang tidak sedikit

Saat kamu hendak meng-upload icon di Iconfinder, nantinya kamu akan disuguhkan dengan form yang mengharuskan kamu untuk mengisi tag per iconnya.

Tag tersebut berguna banget buat kamu biar icon yang kamu jual mudah dicari oleh orang, jadi minimal tag yang harus ada pada setiap icon adalah 4 tags.

3. Mempromosikan Icon

Oke tips selanjutnya adalah dengan mempromosikan icon yang tadi kita jual di Iconfinder. Disini kita akan memanfaatkan berbagai macam media.

1. Buat Fanspage di Facebook

Cara yang pertama adalah dengan membuat fanspage di Facebook, dan mulailah mengupdate info-info yang bermanfaat setiap harinya secara teratur di fanspage tersebut, apa saja yang penting bermanfaat.

Nah tentunya disela-sela kamu ngeposting info-info kamu juga rajin promosi hasil icon buatan kamu.

2. Buat akun di Instagram

Tak dipungkiri, Instagram sekarang bagus banget buat ladang bisnis terutama bisnis yang berkaitan dengan desain grafis.

Kamu tinggal membuat akun Instagram, nah kemudian mulailah upload karya-karya kamu di akun Instagram tersebut sambil memberi tag atau tagar supaya gampang di search di Instagram.

3. Gunakan media periklanan AdWords

Cara ini memang agak banyak mengeluarkan modal, namun hasil yang bakal kamu dapatkan bakalan powerful Insya Allah.

Dengan beriklan di AdWords, tentunya nanti kamu membutuhkan website pribadi untuk menjual icon-icon kamu (untuk yang satu ini memang gak ada kaitannya dengan Iconfinder, jadi disini istilahnya self-publishing).

Sebenarnya masih banyak banget cara-cara yang bisa kamu pakai untuk mempromosikan icon buatan kamu.

Namun tentu gak semuanya bisa saya share, karena mengingat waktu dan tenaga, tapi ketiga tips diatas bakalan membuat kamu jadi jutawan, Insya Allah.

Penutup

Baiklah temen-temen sekalian, udahan dulu ya sharingnya. Semoga artikel tentang gimana caranya dapet banyak dollar dengan membuat desain icon ini bisa ngebantu kamu dalam mencari rejeki.

Sekian artikel ini saya buat, jangan lupa juga beli icon di akun Iconfinder saya ya, hehe. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Loading...

Bagikan

Abdullah

Penulis

Hanya seorang muslim biasa.

Komentar

    Avatar

    Ian

    ( - 14:04)

    Assalamualaikum mas Abdullah, saya ingin bertanya untuk kuantitas yang perlu diupload agar dapat menghasilkan sekitar 100$ pertama di thenounproject maupun website – website yang lain.
    saya baru bermain sekitar 2 bulanan diwebsite – website tersebut.

    Terima kasih.

    Avatar

    Idwar imanullah

    ( - 15:41)

    Wah Makasih atas wawasannya….
    Seneng banget jadi tau tentang icon2 Bisa di jual pula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *