InternetMakalah dan proposal

Membuat Resume Online, Cara Menarik Minat Pemberi Kerja di Era Kekinian

Membuat Resume Online – Mencari pekerjaan di era saat ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana saat ini untuk melamar pekerjaan bisa dilakukan via online.

Saat ini, para pencari kerja tak perlu repot-repot lagi untuk menulis dengan tangan, karena pihak pemberi kerja sudah melek teknologi, sehingga kita hanya tinggal membuat tulisan di Microsoft Word, kemudian mengirimkannya.

Baca juga : Syarat Dan Kelengkapan Melamar Kerja Dengan Email 

Menulis via Word

Sebagian dari kita mungkin belum mengetahui bahwasanya Microsoft Word sudah menyediakan beberapa template untuk membuat resume.

Untuk membuat resume via Word, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Word > New > Templates > Resumes and Cover Letters.

2. Pilih resume yang akan digunakan, setelah itu klik Download.

3. Edit sesuai kebutuhan, kemudian simpan templatenya.

Loading...

Menggunakan template bawaan Word memang mudah, namun terkadang kita masih kurang puas karena tampilannya yang begitu-begitu saja.

Jika kamu tidak puas dengan template bawaan Word, silakan untuk membuatnya sendiri, sebagaimana resume pada umumnya.

Surabaya, 16 Januari 2018
Kepada
Yth. Bapak …
HRD PT. …
Jl. …

Dengan hormat,

Dan seterusnya ….

Namun, jika kamu masih kesulitan untuk membuat resume sendiri, silakan download contoh resume yang sudah jadi di sini!

Membuat Resume Online Bisa Menjadi Solusi

Jika masih kurang sreg dengan contoh resume yang sudah disebutkan tadi, maka kamu bisa membuat resume secara online. Bagaimana caranya? Ini dia caranya.

1. CV Maker

membuat resume online
Gambar: CV Maker

Untuk mulai menggunakan CV Maker, kamu bisa login via Facebook atau Google Plus. Setelah sukses login, silakan klik Create a new CV.

Setelah itu akan muncul kolom Enter a name for your CV, silakan kamu isi dengan My CV atau CVku. Kemudian untuk Language, pilih bahasa Inggris, karena CV Maker masih belum support bahasa Indonesia.

Dan untuk Industry, silakan kamu pilih Energy, Industrial atau yang lainnya, lalu klik ok. Setelah itu, kamu akan dibawa ke dashboard area dan silakan mengisi kotak-kotak yang sudah disediakan, seperti:

1. Basic information

2. Work experience

3. Qualifications

4. Education

5. Interests

6. References

2. VisualCV

visualcv
Gambar: VisualCV

Selain CV Maker, VisualCV juga bisa diandalkan untuk membuat resume online. Untuk segera atau lebih cepat menggunakan VisualCV, ada baiknya kamu login via LinkedIn atau Google Plus.

Setelah sukses login akan ada tiga pilihan, yaitu:

1. Import resume/CV

2. Use template example

3. Start from scratch

Kamu bisa pilih nomor dua, setelah itu pilih template yang ingin digunakan. Kemudian, lakukan pengeditan, dan satu hal yang harus kamu ketahui ketika menggunakan VisualCV adalah hasil akhir yang akan didapat berbentuk PDF.

3. Resume.com

resumecom
Gambar: Resume.com

Resume.com adalah situs selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat resume online. Di situs ini, kamu bisa berkreasi sedemikian rupa untuk membuat resume yang menarik.

Untuk memudahkan proses login di Resume.com, kamu bisa klik Create a resume. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan template, seperti:

1. Traditional

2. Large

3. Heavy

4. My Employment

5. Side Panel, dll.

Silakan kamu pilih template yang menurutmu paling bagus, kemudian yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengisi nama lengkap, alamat email, dan kategori pekerjaan.

Setelah selesai, kamu akan dibawa ke dashboard area dan silakan melakukan pengeditan. Adapun untuk mendownload template, kamu bisa klik Publish > kemudian pilih download PDF atau Word.

4. LiveCareer

livecareer
Gambar: LiveCareer

Untuk membuat resume online via LiveCareer, kamu bisa login dengan akun Facebook atau Google Plus. Setelah itu, silakan klik Create New di My Resume. Jika sudah, akan muncul beberapa template dan silakan kamu pilih.

Selanjutnya isi beberapa kolom yang sudah disediakan, seperti:

1. First name

2. Last name

3. Street address

4. City

5. State/Province

6. Zip code

7. Phone, dll.

Kurang lebih ada lima sheet yang harus diisi ketika ingin membuat resume online via LiveCareer, yaitu:

1. Resume heading

2. Work history

3. Education

4. Skills

5. Professional summary

Jika lima sheet sudah diisi secara lengkap, maka resume yang kamu buat sudah bisa didownload.

5. Resume Genius

resumegenius
Gambar: Resume Genius

Sama seperti situs-situs sebelumnya, dimana kamu bisa login via Facebook dan Google Plus, maka di Resume Genius pun kamu juga bisa login lewat Facebook dan Google Plus.

Setelah berhasil masuk, langsung saja klik Build a Convincing Resume. Kemudian, ada beberapa template yang bisa kamu gunakan dan silakan kamu memilihnya.

Setelah memilih salah satu template yang menurutmu paling bagus, silakan mengisi kotak-kotak yang disediakan dalam beberapa sheet, seperti:

1. Contact info

2. Work experience

3. Education

4. Additional skills

Setelah pengisian selesai, kamu bisa langsung mendownloadnya.

6. TopCV

cvtop
Gambar: TopCV

Jika situs lain untuk login harus via Facebook dan Google Plus, maka di sini login via Twitter bisa dilakukan. Setelah berhasil masuk, silakan klik create CV. Kemudian, pilih template gratis atau yang tidak ada tanda premium di bawahnya.

Ketika menggunakan TopCV ada tiga elemen penting yang harus diisi, yaitu nomor telepon, alamat email dan alamat domisili. Di sini pun tidak ada fitur preview, sehingga untuk kamu yang ingin melihat hasil akhir harus benar-benar mendownloadnya.

Bagaimana mendownloadnya? Klik saja Save CV, maka kamu akan dibawa pada halaman baru dan silakan klik download di sana. Adapun untuk hasil akhirnya, kamu akan mendapatkan file berupa PDF.

7. Kick Resume

kickresume
Gambar: Kick Resume

Akan ada dua pilihan ketika kamu ingin menggunakan Kick Resume, yaitu create new resume dan use sample. Adapun untuk memudahkan proses pengeditan, sebaiknya kamu pilih create new resume, karena di create new resume terdapat tiga template gratis.

Bagaimana dengan use sample? Template yang disediakan jauh lebih bagus, namun sayangnya ketika ingin mendownload, kamu diharuskan membayar terlebih dahulu.

Selain ketujuh situs yang sudah disebutkan tadi, masih ada beberapa situs lain yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat resume online, di antaranya adalah:

1. DoYouBuzz

2. Resumonk

3. Novoresume

4. CVs Intellect

5. Resume Companion

6. HipCV

7. Jobulo

Membuat Resume Apakah Masih Efektif?

Sebagian orang yang menanyakan apakah membuat resume masih efektif atau tidak, kemungkinan besar karena mereka sering menjelajah beberapa situs lowongan kerja.

Kita ambil contoh Karir.com. Di situs ini, para pencari kerja ternyata tidak diwajibkan untuk membuat resume via word atau online, karena ketika kamu sudah melengkapi profil di Karir.com, maka secara otomatis akan menjadi sebuah resume.

Dan uniknya, ketika kamu hendak mengajukan lamaran cukup menekan apply dan tinggal menunggu hasil akhirnya, diterima atau ditolak.

Jadi, apakah masih efektif membuat resume? Tergantung situasi, karena tiap perusahaan berbeda-beda. Namun, untuk kamu yang suka dengan kesederhanaan bisa menggunakan layanan situs pencari kerja yang tidak mengharuskan penggunanya membuat resume atau cukup melengkapi data pribadi saja.

Kesimpulan

Berkaca dari pengalaman pribadi dan mungkin pengalaman setiap orang, yang namanya membuat resume itu gampang-gampang susah, karena kita harus menulis, menghabiskan kertas, dan tulisan pun harus bagus.

Jika kesulitan dengan menulis sendiri, maka solusinya adalah membuat resume online. Mengapa resume online? Karena kita bisa melakukan sedikit editing, kemudian menyimpannya.

Baca: Susah Cari Kerja? Situs Ini Akan Membantu Kamu Mengajukan Lamaran Kerja

Itulah tadi pembahasan yang bisa disampaikan mengenai membuat resume online. Semoga ulasan yang sudah disebutkan ini dapat membantumu dalam membuat resume online, sekaligus menambah informasi.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *