membuka online shop

Tips Sukses Membuka Online Shop Dari Awal

Toko online atau kerap dibilang online shop. Hal yang satu ini sudah tak asing didengar ditelinga kita namun melihat pengalaman teman-teman yang membuka online shop. Tidak semuanya mengalami yang namanya kesuksesan.

Lantas bagaimana cara membangun online shop yang sukses? Apa yang dibutuhkan? Dari pada bingung mending simak postingan klik mania kali ini.

Online shop semakin berjamur

Bayangkan saja seberapa banyak online shop yang kita temui di social media. Barang yang dijual juga sangat beragam. Bahkan sebagian perusahaan menawarkan jasa untuk membuka online shop.

Lantas apakah benar membuka online shop sangat menguntungkan? Atau malah merugikan? Atau malah ditengah-tengah. Tiap online shop sudah dikatakan memiliki segi popularitas tersendiri. Tidak semua online shop dapat berkembang pesat begitu saja.

Ada juga online shop yang membutuhkan tahapan untuk meraih yang namanya kesuksesan. Jelas disetiap bisnis pasti ada yang namanya perjuangan. Bahkan untuk mendapatkan pekerjaan saja butuh perjuangan.

Seperti layaknya pengangguran yang tidak ada pekerjaan. Pasti dia harus berusaha dan berjuang untuk mencari pekerjaan. Kecuali dia mendapat tawaran untuk berkerja dari saudara teman atau siapalah itu.

Lanjut ke online shop. Banyak dari teman-teman anak SMA yang mencoba membuka online shop. Yang paling mudah adalah membuka online shop dengan social media seperti instagram. Tapi ada juga yang menggunakan bbm sebagai lapaknya.

Loading...

Dari sekian banyak teman-teman yang membuka online shop. Ada beberapa yang sukses ada beberapa yang, yah biasa saja. bahkan ada yang nggak ada kabar sama sekali. Mungkin ini karena semangat yang berbeda.

Kebanyakan pengusaha muda atau pebisnis muda terkadang sering patah semangat saat mengalami yang namanya kegagalan. Namun disinilah yang namanya jiwa dagang atau jiwa pebisnis yang diuji.

Tips bagaimana cara membuka online shop yang sukses

membuka online shop

1. Pilih produk yang pas dengan kamu

Kebayang kamu membuka online shop yang jelas kamu nggak paham betul dengan produk yang kamu jual? Jelas akan memberikan kesulitan bagi kamu sendiri. Kesulitan pertama kamu akan susah saat merestok barang karena kamu tidak paham barang tersebut yang mana yang bagus yang mana yang tidak.

Kekurangan kedua jika kalian tidak memahami produk adalah jika kalian diminta untuk menjelaskan juga akan sulit. Ini sangat berpengaruh juga kepada hasil penjualan kalian. Nggak mau kan online shop yang dibangun jadi bangkrut karena kalian tidak bisa menjelaskan produk yang kalian jual?

Maka dari itu intinya jika kalian mau membuka online shop pastikan barang yang kalian mau jual itu bukan barang asing. Setidaknya kalian paham deh.

2. Jual barang yang up to date

Up to date. Jelas harus. Online shop juga mengalami perkembangan yang sangat pesat setiap saatnya. Karena barang yang dijual juga harus up to date. Seperti contoh menjual baju. Jelas harus up to date.

Bahkan penjual keong sekalipun menggunakan barang yang up to date. Pernah kan kalian melihat tukang keong yang memodif rumah keongnya dengan gambar-gambar kartun. Bahkan sekarang keongnya ada rumah lagi. Nah itu yang disebut up to date.

Bisa juga kalian menjual barang-barang yang sedang ngetren. Karena hal ini jelas akan menguntungkan kalian. Rating sangatlah penting dalam mencari peluang bisnis. Jadi kalian harus pandai-pandai mencari waktu yang tepat.

3. Buka toko yang mempunyai specialisasi

Specialisasi yang dimaksud adalah hal yang khusus, seperti misalkan kamu membuka olshop khusus barang-barnag cewek. Atau khusus baju kaos distro. Yang lain seperti kaos sablon.

Specialisasi ini sangatlah penting karena orang yang menjadi konsumen juga mempunyai pilihan tersendiri. Sehingga ketika sang konsumen ingin membeli produk cewek dia akan mencari lapak anda.

Banyak baranng-barang yang bisa dijual secara mudah. Seperti kaos. Banyak sekali tempat-tempat untuk membeli kaos dan kemudian kalian dapat menjualnya kembali. Sangat menguntungkan bukan.

Kaos sablon juga sangat menguntungkan. Ditambah lagi yang membeli kaos anda adalah orang-orang Banyak baranng-barang yang bisa dijual secara mudah. Seperti kaos. Banyak sekali tempat-tempat untuk membeli kaos dan kemudian kalian dapat menjualnya kembali. Sangat menguntungkan bukan.

membuka online shop
Produk fashion RA Jeans via http://www.beritasatu.com

Kaos sablon juga sangat menguntungkan. Ditambah lagi yang membeli kaos anda adalah orang-orang yang berasal dari organisasi. dari grup-grup yang ingin membuat kaos komunitas. Waw itu namanya rezeki nomplok.

Toko sepatu online juga terkadang dapat memberi suatu jaminan. Terutama cewek-cewek banyak yang menjual sepatu di online shopnya. Ya hal ini dikarenakan sepatu adalah benda yang tak lepas dari kehidupan sehari-hari. Teutama untuk mahasiswa.

Jika kalian tidak tertarik didunia fashion. Kalian bisa membuka toko yang menjual barang-barang elektronik seperti gadget atau aksesoris hp. Lebih mudah kan? Modal yang dikeluarkan juga tak mesti besar.

Sesuai pengamatan saya. Banyak dari teman-teman saya yang membuka lapak toko elektronik. Kebanyakan barang yang mereka jual meliputi barang-barang yang ada hubungannya dengan laptop/ pc seperti Flash Disk, headset, Speaker Eksternal dan barang-barang lainnya.

4. Learn from the pros!

Belajar dari orang yang sudah berpengalaman. Siapa sih yang tidak kepingin mengkuti jejak sukses seseorang? Jelas mau lah. Tapi pada kenyataannya orang yang sudah sukses jarang membagi ilmunya.

Karena pada dasarnya orang yang sukses itu terkadang berjuang sendiri tanpa ada yang membimbing mereka. Maka dari itu budaya pelit ilmu sering terjadi. Mungkin dari sebagian sobat Klik Mania yang membaca artikel ini pernah merasakan hal tersebut?

Saat menanyakan suatu hal kepada orang yang sudah ahli. Namun dia tidak memberikan jawaban langsung? Malah mereka memberikan jawaban yang tidak nyambung sama sekali dengan pertanyaan kita. Jawabannya seperti ngawur bego gitu? Pernah kan? Begitu juga dengan saya. Masih banyak orang yang pelit ilmu di Indonesia ini.

membuka online shop
Learn from the pros

Ya mungkin alasan terbesar mereka kenapa tidak memberikan kalian jawabannya adalah supaya kalian ingin belajar. Belajar mandiri tanpa membebani orang. ya bagus. Tapi setidaknya memberikan solusi kan lebih baik dari pada tidak.

Menjadi suatu kebanggaan jika kita sukses dengan usaha sendiri. Tanpa bantuan orang lain. Apalagi kita sudah sering merasakan jatuh bangun dan pahitnya dunia bisnis. Jelas mental bisnis kalian akan terbentuk dengan sendirinya.

Hal ini juga sangat berguna jika seandainya bisnis kalian sedang mengalami titik jatuh. Kalian akan lebih mudah bangkit karena mental single fighter kalian yang sudah dibentuk dari awal.

Tapi ingat jika kalian mempunyai seseorang yang bisa menjadi pedoman jelas akan menjadi sangat membantu bukan? Sama seperti kita main game ada sebagian gamers yang membutkan bantuan cheat. Ataupun walktrough agar misi dapat terselesaikan dengan mudah. Sama juga kondisinya dengan bisnis dimana bisnis juga berlaku sistem seperti itu.

Disini kalian ditantang untuk berani mencoba. Nah pandai-pandailah dalam mendekati orang sukses terebut. Ingat orang sukses jelas tahu maksud terselubung jika kalian mendekat ke mereka hanya untuk mencuri ilmunya. So kalian harus main safety.

Kenapa mereka bisa tahu? Karena jauh sebelum anda mereka sudah mendapatkan hal seperti itu. Mungkin jika kalian memang kepingin tahu caranya atau kisahnya kalian jujur-jujuran saja.

Karena kebanyakan orang yang sudah sukses senang sekali orang yang jujur. Maka dari itu manfaatkanlah celah ini. Heheh.

5. Jangan putus asa

Semua point diatas bersumber pada point yang satu ini. Jika sekali mengalami kegagalan anda sudah putus asa. Maka habislah karir anda. Pernah mengdengar kisah-kisah sukses para miliyarder sekarang?

Seperti pengarang buku harry potter yang mendapat banyak sekali penolakan ketika dia ingin menerbitkan novelnya itu? Tapi dia tidak menyerah begitu saja. Jelas dia bangkit dan mencoba ke penerbit lain. Sampai pada akhirnya novelnya terbit dan mendapat posisi best seller.

Semenjak ada novel harry potter bermunculan juga fans-fans fanatik novel tersebut. Kebayang kan jika penulis novel Harry potter saat pertama mengalami penolakan langsung putus asa dan meninggalkan draft novelnya begitu saja dan membuka usaha baru seperti jualan cilok.

Mungkin sekarang dia tidak akan terkenal dan mendapat banyak uang. Mungkin dia tidak akan dikatakan seorang penulis yang hebat. Paling dia hanya dikatakan tukang jual cilok.

Iya kalau cilok yang dijual bisa menyaingi penjualan bukunya. Tapi jika tidak pasti dia akan sangat menyesal dikemudian hari.

Tidak hanya penulis buku Harry Potter. Bahkan perusahaan ayam yang sering kita makan juga dulunya mengalami banyak eksperimen. Kalian pasti sudah tahu kan perusahaan ayam apa yang saya maksud?

Ya! Sebut saja ayam goreng tiga huruf. Ya KFC. Saya sebut inisialnya saja ya. Eh memang gitu ya namanya? Okelah. Jika kalian melihat sejarahnya apakah pembuat kfc langsung dapat membuat ayam yang sangat enak, krunchy dan bikin nagih tanpa adanya eksperiment terlebih dahulu? Jelas tidak.

Jelas semuanya berasal dari ketekunan dan tekat yang kuat pastinya.

Intinya untuk memulai sesuatu ingatlah. Mulailah dan jalanilah. Jika mungkin kalian mengalami yang namanya stuck? Ingat cari cara agar kembali seperti semula.

Kalian bisa memakai cara yang unik untuk menaikan reputasi dagangan anda. Jelas produk yang berbeda akan lebih menarik konsumen. Maka dari itu jadilah berbeda dan jalani dengan ketekunan.

Baca ini juga yah : 5 Jenis Usaha Yang Sangat Prospek Di Lokasi Kampus

Selamat mencoba. Semoga sobat pembaca Klik Mania sukses selalu.

-RJ-



Loading...

Bagikan

Penulis

Richard Goodboy
Richard Goodboy
Mahasiswa yang hobi menulis 🙂

Find me:
Instagram : Chardsonz

Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya 🙂
Youtube : Youtube.com/chardsonz
Richard Goodboy

Penulis

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Komentar

    Avatar

    fakriahmad

    ( - 17:09)

    bagai mana buka olsop ya

    Avatar

    suntik putih

    ( - 06:22)

    emang bener gan, klo dalam berusaha ga boleh putus asa dan pantang menyerah, biasa dlm berbisnis ada pasang surut, jd keep fighting.

    Avatar

    dedy

    ( - 06:59)

    motivasi didalam artikel ini sangat mensuport para pemula buat membuka lapak jualan onlain…thanks gan..tetap semangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *