Usaha Sarapan Pagi

Sukses Membuka Usaha Sarapan Pagi : Bisnis Modal Kecil yang Bisa Dijalankan Siapa Saja

Menjalankan usaha sarapan pagi merupakan peluang yang sangat menguntungkan, apalagi kita bertempat tinggal di kota besar yang memiliki aktivitas yang sangat padat. Masyarakat dikota besar seringkali tidak memiliki waktu untuk menyiapkan sarapan saat akan memulai aktivitas kerja ataupun sekolah. Sehingga mereka lebih memilih untuk membeli sarapan diluar rumah sebelum melakukan aktivitas.

Kesempatan seperti inilah yang bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha sarapan pagi dan meraup keuntungan. Dengan menyediakan berbagai jenis sarapan pagi, usaha kita akan menjadi tujuan orang-orang untuk sekedar berhenti membeli sarapan.

Usaha sarapan pagi memiliki banyak sekali keuntungan untuk dijalankan, mulai dari waktu kerja yang relatif pendek, modal usaha yang tidak besar, dan sangat cocok dijalankan oleh para mahasiswa ataupun ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan.

Sebelum memulai untuk menjalankan usaha ini, ada baiknya kita mencari tahu apa saja tips sukses berbisnis sarapan pagi. Agar usaha yang kita jalankan dapat terus berjalan dan tidak berhenti ditengah-tengah jalan karena kurangnnya persiapan. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan jika ingin membuka usaha sarapan pagi.

Usaha Sarapan Pagi

Tips Sukses Menjalankan Usaha Sarapan Pagi

Tempat Haruslah Strategis

Seperti yang dijelaskan diawal bahwa usaha sarapan pagi memiliki pasar pekerja dan mahasiswa yang tidak bisa menyiapkan sarapan pagi sebelum mereka melakukan aktivitas. Oleh karena itu, pilihlah tempat usaha yang sekiranya bisa dijangkau oleh pasar yang kita target.

Jika kebetulan rumah tinggal berada dekat dengan lingkungan kampus dan perkantoran, hal ini sangat menguntungkan. Anda bisa membuka usaha tanpa harus memikirkan untuk membayar sewa lapak.

Namun jika kita tidak berada dalam lokasi yang strategis untuk berdagang. Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sistem berpindah menggunakan kendaraan yang anda miliki. Manfaatkan mobil atau motor yang anda miliki untuk mendukung anda dalam menjalankan bisnis sarapan pagi.

Loading...

Dengan sistem seperti ini, anda akan memiliki keuntungan berupa kemudahan untuk mendapatkan lokasi yang strategis yang dekat dengan pelanggan. Selain itu dengan sistem seperti ini anda sebagai pemilih usaha tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat berdagang.

Jika cara berpindah tidak bisa anda lakukan karena tidak memiliki kendaraan, maka cara terakhir yang harus dilakukan adalah dengan mencari lokasi berdagang yang sangat strategis. Pilihlah lokasi yang ramai dan sering dilalui orang saat akan melakukan aktivitas. Lokasi berdagang yang mudah dilihat pelanggan akan memudahkan anda untuk mendapatkan laba dalam usaha yang dijalankan.

Memiliki Banyak Variasi Makanan

Usaha Sarapan Pagi
liandamarta.com

Tersedianya makanan dalam bisnis sarapan pagi ini sangat tergantung dari kemampuan kita dalam memasak makanan yang akan dijual. Jika anda adalah orang yang pandai memasak berbagai jenis makanan makan memberikan variasi makanan kepada pelanggan adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika tidak memiliki skill memasak, apa yang harus dijual dan ditawarkan.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan terlebih dahulu fokus untuk belajar satu jenis makanan dan pastikan anda benar-benar tahu dan paham. Belajar dari video tutorial di Youtube atau bertanyalah dengan ibu anda yang lebih pintar dalam memasak.

Masakan yang bisa anda coba adalah bubur ayam, bubur kacang ijo, nasi kuning, nasi uduk, atau gorengan. Jangan langsung mempelajari semua resep karena hasilnya tidak akan optimal apalagi anda tidak pernah memasak makanan tersebut sama sekali.

Cara kedua yang bisa dilakukan jika anda tidak memiliki skill memasak sama sekali adalah dengan menjadi reseller kue untuk sarapan pagi. Carilah dipasar-pasar pedagang yang menjajakan kue dengan harga yang lebih murah untuk kemudian dijual kembali kepada pelanggan.

Namun saat anda menggunkan cara ini, hal yang harus benar-benar diperhatikan adalah kualitas kue yang dimiliki pedagang. Pastikan rasanya enak dan disukai oleh anda dan juga pelanggan anda nantinya.

Kebersihan Harus Dijaga

Usaha Sarapan Pagi
Breakfast via https://ridwanderful.files.wordpress.com

Kebersihan dalam menjalankan usaha sarapan pagi meliputi kebersihan tempat usaha dan kebersihan makanan yang anda tawarkan. Kebersihan tempat usaha bisa dijaga dengan mencari lokasi usaha ditempat yang layak bukan ditempat yang dekat dengan selokan, tempat sampah, atau yang lainnya. Sampah yang berserakan akibat aktivitas usaha harus segera dibersihkan agar tidak memberikan kesan kotor kepada pelanggan anda.

Selanjutnya adalah kebersihan makanan yang anda sajikan kepada pelanggan. Jika anda berjualan dekat dengan jalan maka gunakalah tirai penutup agar makanan tidak bercampur dengan debu jalan. Piring, sendok, dan gelas untuk menyajikan makanan harus anda pastikan bersih dari kotoran apapun dan siapkan juga tempat khusus untuk membersihkan piring dan gelas kotor.

Perlunya menjaga kebersihan dalam bisnis ini karena pelanggan sangat sensitif dengan hal ini. Meskipun anda menawarkan harga yang lebih murah tapi tidak memperhatikan kebersihan tempat ataupun makanan, maka bisa dipastikan pelanggan tidak akan kembali lagi ke tempat anda.

Siapkan lap bersih untuk membersihkan meja, piring, dan gelas. Jangan lupa juga dengan sapu lidi untuk membersihkan sampah yang berserakan disekitar lokasi anda berdagang. Bawalah selalu kantong plastik besar yang akan digunakan untuk tempat sampah sementara agar kebersihan dapat selalu terjaga.

Cita Rasa Makanan

Usaha sarapan pagi yang senantiasa bertahan, disaat mereka memiliki cita rasa makanan yang disukai oleh pelanggan yang datang. Sebelum membuka usaha ini, ada baiknya anda bertanya dengan keluarga atau teman-teman dekat tentang cita rasa makanan yang anda buat. Jika sebagian besar mereka berkata bahwa makanan yang anda buat enak, maka anda sudah memiliki tanda bahwa usaha yang akan dijalankan bergerak ke arah yang positif.

Walaupun tujuan sarapan adalah untuk mengisi perut yang sedang lapar, bukan menjadi alasan cita rasa tidak anda perhatikan. Cita rasa yang unik dan berbeda dengan saingan akan menjadikan anda memiliki nilai lebih dimata pelanggan. Pelanggan yang menyukai rasa masakan yang anda buat memiliki potensi menjadi pelanggan tetap. Jadi, jangan pernah menyepelekan cita rasa saat anda membuka usaha sarapan pagi.

Keuntungan Menjalankan Bisnis

Waktu Kerja yang Lebih Singkat

Keuntungan pertama yang akan anda rasakan saat membuka usaha sarapan padi adalah waktu kerja yang singkat. Dalam menjalankan usaha sarapan pagi waktu yang dibutuhkan untuk berdagang hanya sekitar 4 jam saja, mulai dari pukul 6 – 9 pagi. Namun waktu tersebut bisa lebih singkat lagi jika makanan yang anda jajakan telah habis diburu pelanggan.

Hal yang perlu diperhatikan lagi saat menjalankan usaha ini adalah perlunya waktu untuk menyiapkan makanan anda sebelum siap untuk dijual kepada pelanggan. Anda harus bangun sangat pagi untuk mempersiapkan masakan anda, mulai dari memasak bubur atau mulai menggoreng gorengan.

Walaupun anda memakai sistem membeli dari pedagang kue yang ada dipasar, tetap menuntut untuk berangkat pagi ke pasar dan berburu kue-kue. Jika tidak anda lakukan, maka konsekuensinya kue yang akan dibeli telah habis duluan.

Cocok Dijalankan Oleh Ibu Rumah Tangga/Mahasiswa

Usaha Sarapan Pagi
Sarapan pagi nasi pecel via http://jombangcityguide.blogspot.co.id

Waktu kerja yang singkat inilah yang menjadikan bisnis sarapan pagi sangat cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga ataupun mahasiswa sebagai pekerjaan sampingan. Dengan demikian pekerjaan utama sebagai ibu dan mahasiswa tidak terbengkalai dan dapat terus berjalan dengan baik.

Hasil yang menguntungkan dari berbisnis sarapan pagi bisa menjadi tambahan pemasukan untuk keluarga mereka dan tambahan uang jajan bagi para mahasiswa.

Modal yang Relatif Kecil

Dalam menjalankan bisnis sarapan pagi, anda tidak memerlukan banyak modal untuk segera memulai. Jika anda adalah seorang ibu rumah tangga, maka modal kerja seperti panci, kompor, piring, gelas, dan yang lainnya bukanlah sebuah masalah yang besar. Hal ini dikarenakan anda telah memilikinya sebagai perlalatan rumah tangga, maka manfaatkanlah hal tersebut.

Biaya bahan baku yang dibutuhkan untuk membeli kue-kue dipasar tradisional bisa didapatkan dengan modal 500.000 rupiah saja. Begitupun dengan beras untuk membuat lontong sayur dan bubur ayam. Pasar tradisional telah menyediakan bahan baku yang anda butuhkan untuk memulai usaha dengan modal yang sangat sedikit.

Modal menjadi sangat besar jika anda memulai usaha dengan menyewa ruko untuk berdagang bukan memanfaatkan tempat tinggal atau kendaraan yang ada. Dengan demikian besar kecilnya modal untuk memulai usaha ditentukan dengan kreativitas anda dalam mengelola apa yang anda miliki.

Banyak Dibutuhkan Oleh Masyarakat

Usaha sarapan pagi sangat dibutuhkan dikota besar yang memiliki penduduk yang super sibuk, sehingga mereka tidak sempat menyiapkan sarapan untuk memulai aktivitas. Menjalankan bisnis yang banyak dibutuhkan oleh orang menjadikan kesempatan bisnis untuk berkembang dan maju sangatlah besar. Kejelian melihat peluang inilah yang anda perlukan untuk memanfaatkan peluang menjadi usaha yang menguntungkan.

Temukan tempat-tempat yang memiliki banyak pekerja dan mahasiswa di dekat tempat tinggal anda. Jadikan mereka sebagai target pasar usaha yang akan anda jalani.


Loading...

Bagikan

Wahyu Utama

Penulis

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Komentar

    Avatar

    Kolomsatu

    ( - 17:21)

    Terimakasih artikelnya mas,
    Saya setuju dengan artikelnya, paling utama sih mencari daerah yang ramai penduduk. Apalagi pada pemukiman yang warganya kerja di perusahaan dan bersifat bertandang, biasanya mereka tidak sempat untuk menyiapkan makanan untuk sarapan pagi. ataupun daerah kampus. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup bagus untuk daerah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *