memeriksa riwayat domain

Memeriksa Riwayat Domain, Tindakan Penting yang Harus Diambil Sebelum Membeli Website

Memeriksa Riwayat Domain – Dengan jumlah pembaca yang begitu banyak per harinya, sudah tidak mengherankan apabila suatu website mampu menarik minat seseorang untuk membelinya.

Selain faktor pembaca yang begitu banyak, tampilan, dan potensi besar di masa depan, juga menjadi alasan kuat mengapa seseorang mau membeli suatu website.

Memeriksa Riwayat Domain Juga Penting

Memeriksa riwayat domain adalah memeriksa masa lalu dari situs yang ingin dibeli. Jadi, Anda bisa melihat konten-konten apa saja yang sebelumnya sudah dipublikasikan kepada publik.

Dalam poin ini, tempatkanlah diri Anda seperti mesin pencari yang selalu mencari-cari informasi penting dari suatu website. Lagipula, tindakan memeriksa riwayat domain adalah tindakan yang harus dilakukan agar suatu hari nanti tidak timbul penyesalan.

Jadi, selain faktor pembaca, tampilan, dan potensi. Anda juga harus mempertimbangkan riwayat domain (situs).

Cara Memeriksa Riwayat Domain

Untuk melakukan pemeriksaan domain, Anda bisa memanfaatkan Wayback Machine dari Archive.org. Apa itu Wayback Machine?

Wayback Machine adalah fitur yang diberikan Archive.org untuk mencari informasi mengenai halaman-halaman web yang ada di dunia maya.

Adapun untuk Archive.org sendiri adalah perpustakaan nirlaba yang banyak menyimpan informasi mengenai buku gratis, film, perangkat lunak, musik, situs web, dan masih banyak lagi.

Loading...

Sekarang, mari kita mulai langkah memeriksa riwayat domain.

1. Masukkan alamat domain di Wayback Machine.

Contoh:

memeriksa riwayat domain

2. Jika riwayat suatu website tidak tersedia akan muncul tulisan Wayback Machine doesn’t have that page archived. Namun apabila tersedia, maka akan muncul garis-garis hitam.

Contoh:

3. Silakan klik pada garis hitam pertama atau garis hitam berikutnya, maka di bawah garis-garis tersebut akan muncul deretan tanggal dan bulan yang bisa Anda pilih.

Contoh:

Bundaran-bundaran berwarna yang terdapat di dalam deretan tanggal dan bulan, menunjukkan berapa kali Wayback Machine merayapi Klik Mania.

4. Dengan melakukan klik pada bundaran-bundaran berwarna tersebut, Anda akan mengetahui tampilan atau konten-konten dari website yang ingin Anda beli.

Jadi, apabila Anda ingin membeli suatu website, jangan lupa untuk memeriksa riwayat domain dengan menerapkan cara-cara di atas.

Pelajaran Lain yang Bisa Dipetik

Selain digunakan untuk mengetahui konten-konten terdahulu, Wayback Machine juga dapat memberikan pelajaran, yaitu pelajaran bagi para blogger yang sampai saat ini malas mengurusi blognya.

Apa pelajarannya?

Pelajarannya adalah membangun sebuah website itu tidak mudah. Dibutuhkan niat, kerja keras, dan konsistensi agar suatu website menjadi besar.

Lihatlah Klik Mania atau mungkin IDNTimes yang ketika meluncur di dunia maya masih tampil ala kadarnya. Namun kini, kedua website tersebut perlahan tumbuh dan mulai memberikan banyak manfaat.

Jadi, ketika semangat mengurusi blog kendur. Cobalah untuk membuka Archive.org dan mulailah menjelajah dengan Wayback Machine ke beberapa website agar semangat mengurusi blog kembali muncul.

Kesimpulan

Riwayat domain (situs) cukup penting bagi Anda yang memang ingin membeli suatu website. Dengan melihat riwayatnya, tentu Anda sudah bisa menakar berapa uang yang akan Anda keluarkan.

Meski hanya segelintir orang yang memilih membeli website, setidaknya langkah-langkah di atas bisa membantu Anda dalam menghitung harga, melihat konten, dan mengetahui berapa lama sang pemilik (penjual) membangun websitenya.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Komentar

    Avatar

    makasih nih, tipsnya bisa dipake buat nyari expired domain..

    Avatar

    lagu mp3 baru

    ( - 12:02)

    Kayaknya sih beneran bisa work nih

    Avatar

    lagu mp3

    ( - 02:29)

    kalau domain bekas apa masih bisa ranking di google?

    Avatar

    mp3 dangdut

    ( - 17:04)

    Alhamdulillah akhirnya nemu juga caranya

    Avatar

    mp3 baru

    ( - 14:46)

    Izin bookmark ya gan terima kasih banyak

    Avatar

    gudang lagu

    ( - 14:44)

    Rada bingung juga sih.. tapi alhamdulillahnya pernah dapet yg masih bersih..

    Avatar

    mp3 gratis

    ( - 17:07)

    Aku pernah ada 1 garis lurus di tahun 2018. Apakah itu domain bekas?

    Avatar

    Mamat Setiono

    ( - 21:18)

    Saya dulu pernah beli domain tapi saya tidak mengecek apakah itu domain bekas apa hasil banned adsen yg dulu banget. alhasil blog saya tidak pernah di terima adsense

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *