Review ProdukTekno

Fitur Terbaru Find My Device, Bisa Melacak dan Menemukan Smartphone Hilang dengan Mudah

Find My Device merupakan aplikasi terbaru dari Google, yang akan sangat berguna untuk mencari smartphone android sobat yang hilang. Dengan memiliki aplikasi Find My Device ini, sobat tak perlu lagi pusing menemukan smartphone hilang, atau bahkan hanya sekedar lupa menaruhnya dimana.

Sobat pasti masih ingat, jika pada tahun 2013 lalu Google pun sebenarnya sudah memperkenalkan fitur device manager. Pada dasarnya fungsinya hampir sama dengan Find My Device, yaitu untuk melacak lokasi perangkat saat pemiliknya tidak mengetahui keberadaannya.

Tips lain yang sudah dibahas sebelumnya : 

Pada dasarnya di semua smartphone yang menggunakan sistem operasi Android KitKat ke atas, sistem untuk melacak perangkat secara default telah terpasang.

Oleh karena itu, sebelum sobat mengalami kehilangan jejak smartphone androidnya, sangat disarankan untuk segera melakukan set-up pelacakan  smartphone Android terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan bahwa GPS pada perangkat aktif sehingga memudahkan pencarian nantinya. Untuk mendapatkan hasil pelacakan yang cukup akurat, silahkan sobat aktifkan dengan mode akurasi tinggi.

Caranya tinggal masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih lokasi dan selanjutnya pilih mode akurasi tinggi.

Sedangkan untuk mengaktifkan pelacakan dan menemukan smartphone hilang pada android, silahkan masuk kembali ke menu pengaturan.

Loading...

Pilih menu Google, dan kemudian masuk ke daftar pilihan keamanan (security). Dalam menu ini sobat tinggal memilih opsi Find my Device, untuk kemudian mengaktifkannya.

Setelah ke dua hal tersebut dilakuan, maka saat smartphone android sobat hilang, maka akan bisa menemukannya melalui situs Android.

Fitur Terbaru Find My Device Aplikasi dari Google

Bagi sobat yang tertarik untuk menggunakan aplikasi Find My Device, silahkan miliki terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui Google Play Store.

Terdapat beberapa fitur terbaru yang sudah bisa Anda nikmati dari aplikasi besutan Google ini yang akan lebih mudah menemukan smartphone hilang atau hanya terselip.

Aplikasi tersebut akan sangat membantu melacak keberadaan smartphone melalui desktop atau pun perangkat lainnya.

Cara Menemukan Smartphone Hilang Melalui Aplikasi Find My Device

Untuk membantu sobat dalam menggunakan aplikasi Find My Device, khususnya saat digunakan untuk mencari smartphone android yang hilang, berikut ini dijelaskan beberapa caranya :

1. Menampilkan lokasi terakhir

Fitur ini akan sangat berguna, terutama jika saat smartphone yang hilang tersebut tidak terkoneksi dengan internet.

Dalam hal ini maka Find My Device, akan memanfaatkan riwayat lokasi Google Maps, untuk menemukan lokasi saat ini yang tidak bisa ditampilkan, karena smartphone yang hilang tersebut tidak terhubung dengan internet.

Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke halaman Google melalui ponsel atau komputer
  • Ketikan pada kolom pencarian kata “temukan perangkat saya,” atau “find my device.”
  • Setelah itu, kemudian sobat akan diminta masuk pada akun Gmail yang tersingkronisasi dengan smartphone Android.

Selain menggunakan cara tersebut, sobat juga bisa langsung menggunakan Google Maps melalui Find My Device. Dengan hal ini maka sobat bisa menelusuri riwayat lokasi perangkat degan mudah.

Dengan mengetahui lokasi terakhir keberadaan smartphone sobat, maka pencarian bisa difokuskan pada satu titik tersebut sehingga sangat efektif dan efisien, untuk segera menemukan smartphone Android yang dicari.

Untuk melakukan penelusuran smartphone Android yang dimaksud, silahkan sobat awali dengan mengklik Maps Timeline. Dalam fitur ini sobat bisa menelusuri berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun perangkat sobat.

2. Menampilkan titik koneksi Wi-Fi terakhir

Banyaknya fasilitas wifi yang tersedia, tidak menutup kemungkinan jika pengguna smartphone lupa menaruh smartpone di suatu tempat penyedia wifi.

Sifat manusia yang terkadang pelupa, atau sedang banyak pikiran tak sedikit yang akhirnya meninggalkan barang miliknya begitu saja di suatu tempat, termasuk meninggalkan smartphone miliknya.

Menyikapi hal tersebut, maka Google Find My Device dengan fitur terbaru memiliki kemampuan untuk menampilkan lokasi wifi terakhir dimana sobat mengaksesnya melalui smartphone yang hilang tersebut.

Bukan hanya memberi tahu dimana terakhir kali smartphone mengakses wifi. Bahkan aplikasi ini juga akan sekaligus memberi tahu titik lokasi smartphone tersebut mengakses wifi untuk terakhir kalinya.

Hal ini tentu akan sangat membantu bagi sobat denga mobilitas tinggi. Terutama yang sering berpindah tempat ke tempat lainnya dalam satu hari.

Dengan adanya fitur terbaru ini, maka sobat bisa langsung menemukan smartphone hilang di tempat terakhir yang di kunjungi.

3. Menampilkan informasi daya baterai

find my device

Dengan kemampuan terbaru aplikasi Find My Device yang bisa memantau sisa baterai pada smartphone, maka pengguna bisa memperkiraan waktu smartphone tersebut untuk standbay.

Dengan demikian sobat bisa berusaha maksimal untuk mencarinya dan menemukan smartphone hilang sesegera mungkin.

Sebab jika daya baterainya habis, maka pencarian tidak akan bisa dilakukan. Melalui aplikasi ini mewajibkan smartphone yang dicari, harus dalam keadaan aktif.

4. Menderingkan ponsel dari jarak jauh, mengunci layar, hingga menghapus data

find my device

Jika kita merasa smartphone kita ketinggalan di tempat kerja, dan kebetulan masih ada rekan kerja kita di sana. Maka kita bisa meminta tolong sahabat kita untuk mengecek keberadaan smartpone sobat tersebut. Sehingga dengan demikian akan lebih efektif dan efisien.

Dalam membantu menemukan smartphone hilang, sobat bisa menggunakan fitur dering (Play Sound). Sehingga akan semakin mudah untuk menemukannya. Melalui fitur tersebut, sobat bisa membunyikan nada dering smartphone meskipun dengan jarak yang sangat jauh.

Dengan adanya fitur ini, bahkan sobat tak perlu khawatir, sekali pun sebelum smartphone hilang dalam keadaan senyap tanpa nada. Melalui aplikasi ini smartphone sobat akan tetap bisa berdering dengan volume maskimal selama lima menit.

Jika smartphone sudah ditemukan, silahkan sobat tekan tombol power untuk mematikan bunyi deringnya.

Lantas bagaimana jika smartphone tak juga ditemukan alias benar-benar hilang ?

Hal ini tentu sangat mungkin terjadi, terlebih jika smartphone yang dimaksud hilang di tempat umum. Selain kemungkinan besar dibawa orang, bisa juga smartphone tersebut ada yang menyembunyikannya.

Untungnya jika sobat sudah memasang aplikasi Find My Device, hal-hal buruk semacam ini pun ada solusinya.

Untuk menghindari data dicuri orang lain, penyalahgunaan aplikasi smartphone, seperti whatsapp, media sosial bahkan telegram. Maka sobat bisa segera mengunci layar smartphone agar tidak bisa digunakan siapa pun, terutama orang-orang dengan itikad buruk.

Saat mengaktifkan fitur ini, maka sobat akan diwajibkan mengisi password untuk kemudian layar smartphone tersebut terkunci langsung. Dalam lock screen tersebut, juga akan sekaligus menampilkan pesan khusus.

Dalam pesan khusus tersebut, pengguna bisa menambahkan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh orang yang menemukan smartphone tersebut.

Anda akan diminta mengisi password untuk mengunci layar perangkat, sekaligus menampilkan pesan khusus yang akan muncul di lock screen.

Pengguna pun bisa menambahkan nomor ponsel yang bisa dihubungi jika seseorang berhasil “menyelamatkan perangkat”, dan untuk nomor ponsel ini bersifat opsional. Artinya terserah penggunanya mau diselamatkan atau tidak nomor telpon tersebut.

Jika tidak ada itikad baik dari penemu smartphone, atau bahkan sangat khawatir akan keamanan data-data penting yang ada dalam smartphone tersebut, maka sobat bisa menghapus semua data yang tersimpan di smartphone tersebut.

Untuk melakukan itu, sobat tinggal pilih opsi hapus (erase), maka setelah itu semua data akan hilang dan smartphone akan me-reset secara otomatis.

5. Menggunakan Wearable Device berbasis Android

menemukan smartphone hilang
Sumber gambar : Playstore

Dengan menggunakan aplikasi Find My Device, maka sobat akan bisa menemukan perangkat lain yang berbasis Android.

Misalnya sobat bisa mencari smartphone yang hilang dengan menggunakan smartwatch, atau pun sebaliknya sobat bisa mencari smartwatch yang hilang melalui smartphone Android.

Namun syarat utamanya, kedua perangkat tersebut fitur lokasinya dalam keadaan aktif.

Untuk mencari dengan fitur ini, sobat cukup mengucapkan ” Hey Google, Find My Device,” melalui Google Asisstant. Selain itu, sobat bisa melakukan cara ini melalui opsi  “Find my phone”pada menu awal yang dicantumkan pada Wear OS (Android Wear).

Saat sudah terlacak maka smartphone tersebut akan berdering dengan volume maksimal, sekali pun sebelum hilang menggunakan pengaturan senyap tanpa suara.

Penting untuk di ingat, semua cara yang telah disebutkan tersebut hanya akan bisa dilakukan jika smartphone Android dalam keadaan hidup, tidak dinon aktifkan, dan tidak kehabisan daya baterai.

Selain itu GPS pada smartphone juga harus dalam keadaan aktif, tersambung dengan internet baik melalui data selular maupun wifi.



Loading...

Baca selengkapnya

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *