Tekno

Tips Mengatasi Lag di Android dengan Fitur Developer Options (Tanpa Root)

Tips Mengatasi Lag di Android dengan Fitur Developer Options (Tanpa Root) – Memiliki smartphone dengan performa yang cepat dan responsive tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Apalagi jika kita hanya memiliki satu smartphone dan itulah yang kita gunakan sehari-sehari untuk menunjang setiap aktivitas dan pekerjaan kita.

Namun, ada kalanya smartphone yang kita gunakan mulai melambat dari sisi performa dan kecepatan responsivitasnya. Salah satu penyebabnya misalnya karena komposisi hardware yang termasuk dalam kategori standar.

Sebenarnya, untuk mengatasi mengatasi Lag di Android atau responsivitas smartphone yang menurun tidaklah terlalu sulit. Karena, sistem operasi Android itu sendiri telah menyediakan fitur Developer Options atau jika smartphone kita dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Opsi Pengembang.

Apa sih Developer Options itu?

Developer Options atau Opsi Pengembang adalah fitur tersembunyi yang terdapat pada menu Setelan. Mengapa disembunyikan? Karena pada dasarnya Developer Options ditujukan bagi para Developer (Pengembang) atau bagi pengguna yang ingin mendapatkan User Experience lebih pada smartphone nya.

Untuk pengguna awam bagaimana? Sebenarnya sah-sah saja jika pengguna lainnya ingin mengakses fitur ini. Namun, harus berhati-hati agar tidak terjadi error pada smartphone.

Cara Memunculkan Developer Options

Umumnya para produsen smartphone menyembunyikan fitur ini, namun ada juga beberapa produsen yang memang telah menyediakan fitur ini sejak awal. Kamu bisa mengeceknya langsung di menu Setelan, jika kamu tidak menemukannya artinya fitur tersebut memang sengaja disembunyikan.

Untuk memunculkannya, kamu bisa mengikuti step-step berikut ini:

1. Buka menu Setelan atau Setting
2. Pilih About Phone
3. Tekan 5-7 kali pada opsi Build Number atau Nomor Bentukan hingga muncul pesan “Sekarang Anda adalah Seorang Pengembang”
4. Kemudian kembali lagi ke menu Setelan
5. Pilih Developer Options, lalu aktifkan

Loading...

Tips Mengatasi Lag di Android

Setelah mengaktifkan fitur Developer Options, maka akan muncul beberapa pilihan yang bisa kamu atur disana. Kamu bisa mengikuti step-step di bawah ini untuk settingannya.

developer options

1. Pada tab Gambar(Drawing), kamu bisa mengubah Skala Animasi Jendela (Window Animation Scale), Skala Animasi Transisi (Transition Animation Scale) , dan Skala Durasi Animator (Animator Duration Scale) menjadi 0.5x (semakin kecil semakin cepat, untuk default nya dari masing-masing opsi tersebut adalah 1x).

developer options
2. Pada tab Render yang dipercepat Perangkat Keras (Hardware Accelerated Rendering) silakan ceklis pada bagian Paksa Perenderan GPU (Force GPU Rendering), Force 4x MSAA, dan Nonaktifkan Lapisan HW (Disable HW Overplay).

developer options
3. Pada tab Apl (Apps), silakan ceklis Jangan Simpan Kegiatan (Don’t Keep Activities) dan Tampilkan semua ANR (Show All ARNs). Dan pada opsi Batas Proses Latar Belakang (Background Process Limit) ubah menjadi maksimal 3 proses.

4. Selanjutnya, restart smartphone kamu dan rasakan perubahannya.

Baca juga:

Akhir Kata

Semoga mengatasi Lag di Android ini bisa membantu mengatasi masalah teman-teman mengenai smartphone yang sudah menurun responsivitasnya. Memang tips tersebut tidak serta-merta menjadikan smartphone teman-teman menjadi secepat kilat (sadar diri dengan komposisi hardware di smartphone masing-masing ya :D). Namun, harapannya bisa sedikit membantu untuk mengurangi masalah tersebut.

Punya pengalaman yang berbeda? Yuk share di bawah. Semoga bermanfaat guys.



Loading...

Baca selengkapnya

zakiyfauzi

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

9 Comments

  1. Saya kurang begitu setuju dengan Force GPU Rendering dan Force 4x MSAA.

    Kenapa?
    Memang jika menggunakan Force GPU Rendering Tugas cpu akan di ringankan, yg tadinya CPU bertugas memproses Graphical task dengan menggunakan Force gpu rendering GPU akan mengambil alih tugas tersebut.
    Hasilnya CPU akan bisa lebih fokus dalam megerjakan task nya yg tidak berkaitan dengan grafis.

    Tapi karena GPU performanya lebih tinggi maka akan memakan daya baterai yg lebih banyak. tidak hanya itu tidak semua game/apps bisa di jalankan jika opsi tersebut di hidupkan.

    Terus yg ke 2 Force 4X MSAA, 4X MSAA adalah salah satu tipe anti aliasing yg di gunakan untuk mencegah jaggies pada gambar dan jika di enable maka gambar akan terlihat lebih mulus.
    Ini paling berguna untuk apps seperti Games tapi di apps lain perbandingan nya tidak akan terasa.
    Jika hardware Smartphone kamu cukup tinggi maka meng-enable opsi ini tidak menjadi msalah.
    Tapi jika hardware nya rendah, Menggunakan opsi ini akan ada impact nya ke performa dan malah menjadikan smartphone kalian lebih lambat.
    Tidak hanya itu MSAA adalah salah satu tipe anti aliasing yg demanding (power hungry) jadi opsi ini juga tidak hanya akan impact keperforma tapi juga akan mengkonsumsi banyak daya i.e boros baterai.

    Good article just not great, Keep on posting.

    1. setuju..tidak semua aplikasi/ game bisa berjalan jika force gpu rendering aktif dan 4xMSAA memang betul membuat gambar dilayar nyaman sekali di lihat tapi buas sekali makan daya batrai

  2. Bro klo rubah skala animasi ada efek nya gak ke grafik

  3. Kalo di kolom jangan simpan kegiatan di aktifkan kadang berpengaruh saat kita kembali ke menu gan.,
    Dia jadi agak lambat pas kembali ke menu utama., terutama kalo pake tema android yg bukan standaran.,
    Kalo paksa render ke 2d mah sebagian android beresiko.,
    Dan jangan lupa non aktifkan karena semakin tinggi tampilan grafis pasti juga bakalan semakin menguras performa smartphone kamu., otomatis baterai lah yg jadi korban.,

    1. Tergantung smartphonenya juga Mas. Ada yang menyertakan Developer Options ada juga yang tidak. Sudah mengeceknya dengan metode di atas?

  4. Untuk bagian tab aplikasi, jika pada jangan simpan kegiatan di ceklis, apakah setiap Game yang kita mainkan akan mengulang dari awal lagi, atau tetap lanjut (tetap di save pada level permainan tersebut)?
    Terimakasih…

    1. Setau saya masih menyimpan mas. Namun, jika ragu bisa mengatur skala animasi saja, diubah semuanya menjadi 0.5x.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *