InternetTekno

Cara Menghentikan Akses dan Menghapus Aplikasi Pihak Ketiga dari Akun Google

Cara Menghapus Aplikasi Pihak Ketiga dari Akun Google – Masih terasa hangat peristiwa Cambridge Analytica yang mengambil data dari jutaan pengguna Facebook melalui layanan pihak ketiga, yang akhirnya menyebabkan Facebook mengalami Krisis, terutama masalah kepercayaan.

Hal ini pula yang menjadikan pihak ketiga sebagai musuh terbesar bagi pengguna sosial media ataupun pemilik akun. Untuk itu kamu harus tahu siapa saja yang dapat melihat informasi personal kamu di semua akun.

Pengambilan data tersebut, sebenarnya dapat terjadi di hampir semua akun entah itu Facebook, Twitter maupun akun Google.

Ada bagusnya, kamu memperhatikan siapa saja yang dapat melihat dan menggunakan data akun kamu. Tindakan seperti ini sebagai antisipasi dari tindakan kejahatan yang terjadi di dunia maya.

Pada dasarnya Google memiliki kesamaan dengan Facebook, yaitu menggunakan API (Application Programming Interface) untuk masuk. Yang mana, hal ini memungkinkan kita masuk diberbagai layanan atau aplikasi dengan akun Google yang kita miliki.

Sebenarnya dengan melakukan hal seperti ini tidak merepotkan kita untuk melakukan daftar pada suatu layanan atau aplikasi. Padahal, dengan mengaitkan akun Google dengan suatu layanan dapat riskan terkena pengambilan data tanpa kita ketahui.

Hal ini dapat terjadi karena, ketika kita mau memberikan akses kepada pihak ketiga mereka akan meminta beberapa informasi dari akun yang kamu miliki.

Walaupun yang mereka tahu hanya lah informasi dasar seperti nama, alamat email, perkirakan usia dan hal – hal dasar lainnya.

Menghentikan Akses dan menghapus aplikasi pihak ketiga dari Akun Google

Kelola akses pihak ketiga yang telah kamu izinkan.

Untuk mengetahui aplikasi atau layanan apa saja yang kamu izinkan untuk mengakses informasi mengenai kamu silakan ke sini. Di sana akan ada daftar mengenai aplikasi yang kamu izinkan untuk mengakses informasi.

Tampilan tersebut juga sudah mencakup aplikasi komputer dan ponsel kamu. Tanpa kita sadari banyak aplikasi yang telah kita berikan akses ke akun google kita.

Walaupun informasi tersebut digunakan sebagai pelayanan untuk kamu. Seperti layanan belanja akan meminta data orang yang ada lingkaran anda.

Untuk menghentikan akses dan menghapus Aplikasi pihak ketiga tersebut sangatlah mudah, hanya dengan mengikuti langkah langkah sebagai berikut.

1. Klik link berikut ini. Setelah itu masuk dengan akun google kamu.

2. Setelah masuk, kamu akan mendapatkan beberapa aplikasi yang mengakses akun google kamu.

menghapus Aplikasi pihak ketiga

 

3. Kemudian pilih salah satu aplikasi yang ingin dihentikan akses ke akun kita. Kemudian klik “Hapus Akses“.

menghapus Aplikasi pihak ketiga

Setelah melakukan langkah langkah di atas kita telah menghentikan dan menghapus Aplikasi pihak ketiga untuk mengakses akun Google kita.

Perlu diperhatikan, curigailah situs – situs yang tidak terverifikasi bisa jadi di dalam situs tersebut bisa menimbulkan sebuah kejahatan.

Untuk menjaga agar akun pribadi tetap aman silahkan baca juga referensi ini :  5 Cara Mengantisipasi Hacker yang Harus Kamu Ketahui


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang pemuda yang masih muda, pemilik dari website www.erincoodi.web.id

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close