Bisnis OnlineBlogging

12 Cara Ampuh Menghasilkan Uang dari Blog

Menghasilkan Uang dari Blog – Sebagai seorang Blogger, terutama untuk anda yang telah memiliki cukup banyak pengunjung setia. Tidak ada salahnya bila sesekali, anda menginginkan “Upah” dari Blog tersebut.  Bukan hanya berupa komentar dan dukungan, tetapi “Upah” berupa bayaran yang pantas.

Mencari uang melalui Internet, seakan susah-susah gampang. Bahkan, mencari uang melalui Internet tidak hanya dapat ditempuh melalui Blog saja, karena banyak media-media lain di Internet yang menawarkan penghasilan untuk mereka yang menekuninya.

Hanya sajaa, dalam artikel yang saya tulis ini. Kita akan memfokuskan tentang bagaimana cara untuk menghasilkan uang melalui kegiatan Blogging. Sudah banyak pula yang telah merasakan, serta membuktikan bahwa cara-cara tersebut sangat ampuh untuk menghasilkan uang dari blog.

Apa mencari uang melalui blog itu diperbolehkan ?

Mungkin banyak yang memiliki pertanyaan seperti itu, pasalnya menginginkan imbalan melalui apa yang dibagikan melalu Blog, akan menimbulkan kesan tidak ikhlas dalam berbagi.

Namun, jika kita terus-terusan berbagi tanpa adanya pemasukan ( Modal bayar listrik, bayar pulsa modem, serta tagihan doman dan hosting).  Maka yang berbagi lama-lama bisa ‘Keok’ dong. hehe 😀

Oleh karenanya, mencari cara untuk menghasilkan uang dari blog, menurut saya adalah sesuatu yang diperbolehkan. Dan kegiatan tersebut benar-benar diperbolehkan apabila anda mencari uang sambil berbagi. Atau, dalam mengelola Blog, harus ada keseimbangan dalam berbagi informasi, dan juga mencari penghasilan.

Baca Juga : Blogging Sebagai Hobi, Cara Untuk Membangun Blog yang Sukses

Saya belum punya blog, tapi tergiur banget . . Ada saran mas ?

Waduh. .

Loading...

Saran saya yang jelas cuma satu, yaitu buatlah blog pribadi mas sedari sekarang.

Karena, meskipun kemungkinannya tetap ada. Tetapi Blog baru biasanya akan kalah saing terhadap blog-blog  yang telah besar dan memiliki nama. Dengan membuat blog seawal mungkin, mas akan berkesempatan untuk mendapatkan pengunjung-pengunjung setia, yang juga akan membantu kelancaran mencari uang melalu Blog tersebut.

Baca Juga : Platfrom Terbaik Untuk Pemula, WordPress Atau Blogger ?

Untuk permulaan, bisa menggunakan platform Blogger saja untuk membuat blog pertama mas. Nanti kalau sudah memiliki trafik yang mantap, bisa lah melakukan migrasi ke WordPress tanpa kehilangan pengunjung. Atau, tetap saja gunakan Blogger, karena kemudahan dalam salah-satu monetisasi.

12 Cara Ampuh Menghasilkan Uang dari Blog

Menghasilkan Uang dari Blog

 

1# Menjual produk sendiri

Pastinya cara menghasilkan uang dari blog yang pertama, datang dari produk anda sendiri.

Ya. .

Jika anda merupakan seseorang yang memiliki produk di dunia nyata, seperti produk wirausaha, kerajinan tangan, dan sebagainya. Anda dapat mengiklankan produk tersebut pada blog yang anda miliki.

Tetapi, ada beberapa kelemahan saat menjual produk pribadi menggunakan blog yang dikelola. Kelemahan akan muncul, terutama jika blog anda merupakan blog yang sepi pengunjung, atau diragukan kebenarannya.

Saran saya sih, jika anda hendak menjual produk sendiri, sebaiknya anda besarkan dulu blog tersebut sampai benar-benar terkenal. Selain itu, menyewa Domain Top Level (.com .net. .org .dst) juga sangat dianjurkan untuk menambah rasa kepercaan calon konsumen anda.

2# Menjadi publisher Google Adsense

Wah . . . Google Adsense

Ya, program PPC yang sangat terkenal, dan seakan menjadi primadona blogger ini sepertinya paling banyak diminati oleh mereka yang hendak mendapatkan uang melalui blog.

Saat ini, sudah banyak situs dan blog yang mengikuti program iklan ini, beberapa di antaranya juga merupakan situs besar seperti Kompas, Merdeka, dan Kaskus. Sudah banyak orang yang telah sukses, karena mengikuti program Adsense ini. Bahkan. beberapa di antara mereka, menuturkan bahwa Adsense merupakan penghasilan utama mereka saat ini. *Penghasilannya gede ya 🙂

Namun, untuk mendaftar menjadi seorang publisher tidaklah mudah. Anda perlu menyiapkan blog agar benar-benar memiliki konten yang berkualitas, dan memenuhi syarat pendaftaran, selain itu patikan Blog anda telah memiliki trafik cukup besar (karena penghasilan berasal dari klik pengunjung).

3# Menulis artikel yang mereview bisnis seseorang

Menghasilkan Uang dari Blog

Kegiatan yang bernama Paid for Review ini, cukup menguntungkan untuk anda yang tergiur menghasilkan uang dari blog.

Sistem kerjanya sendiri, anda diharuskan membuat tulisan yang mereview kegiatan atau keunggulan dari perusahaan dan bisnis konsumen anda. Sedangkan konsumen yang berasal dari perusahaan, biasanya akan menghubungi anda melalui kontak, atau melalu pihak Advertiser yang akan menghubungin anda.

Tetapi, jika anda berhasil mendapatkan perusahaan yang ingin di review, biasanya mereka berani membayar mahal untuk anda. Yah, sekitar 4 sampai 5 ratus ribuan lah. Untuk anda yang benar-benar berminat, ada baiknya untuk memancing mereka, dengan menuliskan artikel yang bertopik review yang berkualitas pada blog anda.

4# Mengikuti program iklan PPC

PPC atau Pay per Clik, adalah cara menghasilkan uang dari blog, yang dihitung berdasarkan jumlah klik iklan yang tayang pada blog anda.

Salah satu penyedia PPC yang sangat populer yakni Google Adsense. Ya, seperti yang sudah di bahas tadi, bahwa Adsense adalah program primadona yang benar-benar menggiurkan.

Kelebihan menjadi publisher PPC, yakni anda tidak perlu repot mengganti iklan atau memasang iklan, karena cukup memasangkan kode iklan sekali saja, maka sistem Adsesnse akan mencari iklan yang sesuai untuk pengunjung blog anda.

Namun, kekurangannya yaitu harus mencari pengunjung karena tanpa pengunjung, iklan tidak akan di klik dan tidak akan menghasilkan uang. Selain itu, megikuti program seperti ini penuh dengan resiko banned, salah satunya karena anda dianggap telah melakukan klik iklan sendiri, dan tindakan lain yang dianggap sebagai kecurangan.

5# Menyediakan slot iklan mandiri pada blog anda

Menghasilkan Uang dari Blog

Ikaln mandiri merupakan cara menghasilkan uang dari blog yang selanjutnya.

Anda yang hendak menyediakan iklan mandiri, maka pertama-tama harus menyediakan ruang kosong untuk tempat iklan pada blog anda. Biasanya iklan yang digunakan adalah iklan banner, dengan ukuran yang berbeda-beda tergantung kesepakatan.

Tidak seperti iklan Google Adsense atau PPC lain, anda akan mendapatkan uang pada saat slot iklan berhasil disewakan. Sedangkan besar pembayaran sendiri akan tergantung dari kesepakatan anda dan konsumen anda.

Tetapi ada kekurangannya juga, karena tidak seperti iklan PPC yang rata-rata telah bertarget. Maka, iklan yang ada pada blog anda tidak akan pernah berubah-berubah, dan bisa saja menyebabkan pengunjung tidak senang. Selain itu, blog anda diwajibkan memiliki pengunjung yang sangat banyak setiap harinya jika ingin slot cepat tersewa, karena konsumen tidak akan mau menyewa ruang iklan yang tidak berpotensi di lihat sama-sekali.

6# Menjual buku karangan pribadi

Cara ini sangat cocok apabila blog anda merupakan blog yang mengambil topik cerita fiksi, atau cerita pendek. Sangat bagus lagi, bila anda memiliki kelebihan dalam menulis, atau merupakan seorang penulis buku.

Nah, blog yang anda miliki dapat digunakan sebagai media untuk memasarkan buku-buku karangan anda kepada masyarakat luas. Karena pengguna internet cukup banyak, serta pengunjung blog anda yang memang cukup besar, maka penjualan buku anda dijamin akan sangat laku.

Contoh blogger yang menjual buku karangan pribadinya, yakni Bung Enigma. Bung Enigma ini memiliki blog yang membahas cerita fiksi dan mitologi, menurut pandangan dan caranya sendiri. Nah, saat dia meluncurkan buku, tentu saja banyak pengunjung setianya yang “berebutan” untuk mendapatkan buku karangan Bung Enigma tersebut.

Selain menjual buku, banyak juga blogger senior yang telah menjual E-book. Menjual Ebook, dipilih karena alasan kemudahan dalam membuatnya, serta kemudahan dalam pengiriman kepada konsumen. Saya sendiri, sering sekali membeli E-book dari beberapa blogger yang merupakan inspirasi saya.

7# Mengikuti program afiliasi

Menghasilkan Uang dari Blog

Mengikuti program afiliasi juga dapat membuat anda menghasilkan uang dari blog.

Apa itu afiliasi . . . ?

Afiliasi ini merupakan cara menghasilkan uang, dengan mempromosikan produk atau jasa milik orang lain. Biasanya sih, anda tidak perlu membeli atau memiliki produk atau jasa tersebut, karena anda akan memperoleh uang pada saat pengunjung memebeli produk mereka, melalui penawaran yang anda lakukan.

Jika anda berminat untuk mencobanya, anda bisa bergabung dengan afiliasi seperti Hostgator. Sedangkan kelebihan yang dapat anda rasakan, yakni anda tidak perlu disusahkan dengan membuat produk, dan tugas anda hanya membuat promosi agar pengunjung tertarik untuk membeli melalui penawaran anda.

Kekurangannya sih, uang yang didapatkan akan tergantung seberapa penghasilan kita, jadi bila tidak ada yang membeli melalui penawaran kita, ya sama saja.

8# Menjual template Blogger atau WordPress

Menghasilkan Uang dari Blog
Image from : http://www.elegantthemes.com

Kalau anda merasa memiliki skill yang lebih dalam merancang template, maka cara ini perlu untuk dicoba.

Sekarang ini, semakin banyak orang yang berminat untuk menjadi seorang Blogger. Entah itu karena minat, atau karena uang, yang pasti jumlah pengguna yang bertambah tersebut tentu saja membuat kebutuhan akan template semakin besar.

Jika anda memiliki blog yang memiliki banyak pengunjung dan terkenal, maka tidak ada salahnya untuk merancang template milik anda sendiri, dan mengiklankannya pada situs Blog milik anda. Untuk masalah penghasilan, akan tergantung dari seberapa baguskah SEO, dan Responsive dari template buatan anda tersebut.

Sebagai saran, buatlah template yang benar-benar mendukung iklan seperti Adsense dan PPC lain, karena mereka yang membeli biasanya ingin melakukan kegiatan periklanan. Selain itu, menargetkan mereka yang ingin mendaftar Adsense juga sangat cocok, karena Adsense juga sangat ketat dalam template saat pertama kali mendaftar.

Namun, kekuranan dalam hal ini ada pada kebiasaan orang yang lebih suka hal berbau gratisan. Jadi, anda akan bersaing dengan mereka yang membagikan template secara cuma-cuma, sehingga kunci kesuksesan anda yakni teknik promosi yang jitu untuk mengikat hati pelanggan.

9# Menyediakan jasa

Anda yang memiliki keahlian tertentu, dapat juga memanfaatkannya sebagai sarana menghasilkan uang dari blog. Dalam menyediakan jasa, sebenarnya anda dapat menyediakan jasa apapun itu, seperti :

  • Membuat website
  • Design grafis
  • Jasa menulis artikel
  • Jasa Optimasi SEO

Nah, semua jasa dapat dicoba untuk mendulan pundi-pundi rupiah dari blog yang anda kelola. Selain itu, cara kejanya juga tidak terikat oleh waktu, karena anda akan mulai bekerja apabila telah memiliki pesanan.

Dan untuk penghasilannya . . .

Tergantung dari harga yang anda patok, dan juga jumlah pemesan anda. .

10# Ikutan kontes SEO

Menghasilkan Uang dari Blog

Nah, kalau yang ini biasanya digemari oleh mereka yang merasa sudah senior dalam urusan perbloggingan.

Tetapi, untuk anda yang merupakan pemula juga bisa saja mengikuti kontes SEO ini, asalkan sudah mengerti sedikit demi sedikit. Biasanya, ada juga yang telah menyiapkan blog mereka untuk diikutkan kontes dari awal mereka mengelola blog tersebut.

Mengapa banyak yang tertarik ya . . ?

Tentu jawabannya dikarenakan Hadiah. Ya, untuk juara satunya biasanya akan mendapatkan hadiah, berupa uang sebesar 5 sampai 10 juta, atau bisa lebih tergantung pihak yang menyelenggarakan kontes tersebut.

Selain itu, anda juga akan menjadi blogger terkenal. Bahkan, pamor anda sebagai penulis blog terkenal juga akan mengangkat nama blog yang anda kelola, sehingga anda berkesempatan untuk menerima kunjungan tambahan dari blog anda.

Bukan hanya sekedar kontes untuk pamer skill dan mencari uang. Dalam mengikuti kontes SEO, tentu saja kemampuan anda akan semakin bertambah, dikarenakan anda harus belajar lagi dan lagi untuk mengoptimasi blog. Dan silaturahmi antar sesama blogger yang berpartisipasi juga akan terjalin 🙂

11# Meminta donasi kepada pengunjung

Meminta donasi ?? Why not . .

Tidak ada yang melarang anda untuk meminta donasi kepada pengunjung, bahkan blog yang baru berdiri pun dapat meminta donasi kepada pengunjungnya.

Tetapi . .

Anda juga perlu melihat blog yang anda kelola, apakah blog tersebut bermanfaat untuk banyak orang

Jika memang bermanfaat untuk banyak orang, maka tidak ada salahnya untuk meminta donasi. Dan perlu diperhatikan juga, bahwa dana yang didapatkan tidak boleh dipergunakan untuk kepentingan pribadi secara 100%.

Jadi, anda boleh menggunakannya untuk sekedar membeli makan, tetapi penting juga untuk menggunakan uang tersebut sebagai modal mengelola blog. Yah, seperti untuk membeli doman, membeli hosting, membeli template, atau membeli buku yang dapat digunakan untuk dijadikan refrensi artikel.

Sedangkan untuk yang merasa blognya tidak bermanfaat untuk orang lain, silahkan saja tetap menaruh tombol donasi pada blog yang dikelola. Tetapi, memangnya ada yang mau donasi . . ?? ? Hehe 😀

12# Menjual Blog tersebut

Cara yang terakhir dalam menghasilkan uang dari blog, yakni dengan menjual blog tersebut.

Mengapa, kok dijual . . . ?

Ya, kalau untuk blog yang benar-benar dibesarkan dengan cinta sih sebenarnya agak berat dalam merelakannya dijual. Maka dari itu, dalam membuat sebuah blog ( Blog yang di khususkan untuk dijual ), anda jangan terlalu mencintai blog tersebut. Tetapi, anda tetap harus memberikan konten-konten yang berkualitas pada blog tersebut..

Ada yang minat memangnya ya ? ?

Pertanyaanya bagus sekali. Jika anda mengelola blog yang abal-abal, tentu saja tidak ada yang berminat. Tetapi, jika blog tersebut merupakan blog yang memiliki rangking bagus, serta telah mendominasi halaman pertama, tentu saja banyak orang bersedia untuk membeli blog tersebut.

Blog yang dijual, biasanya akan berharga lebih tinggi lagi apabila telah dilengkapi dengan Domain dan Hosting profesional. Bahkan, untuk blog yang telah memiliki Doman dan Hosting, serta pengunjung yang banyak perharinya dapat menembus harga puluhan juta.

 

Baca Juga : 15 Kebiasaan Buruk Blogger yang Wajib Anda Hindari

Menjadi seorang Blogger memang kadang menyenangkan, tetapi kadang dilanda kesusahan. Kesusahan bisa meliputi koneksi mati, listrik nunggak dan dicabut PLN, atau diusir pak RT karena jarang keluar kosan. Semua itu memang wajar bila pada akhirnya kita menginginkan apa yang kita kerjakan (bagikan dalam blog) dapat menghasilkan uang untuk kita, dan cara yang yang saya berikan di atas merupakan beberapa jalan yang dapat ditempuh.

Sekian saja artikel saya mengenai cara mendapatkan menghasilkan uang dari blog. Dari cara-cara yang sudah saya bagikan tersebut, silahkan untuk mempraktekkannya. Dan semoga beruntung 🙂



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Vilandus

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

8 Comments

  1. Sebagian besar yang disebutkan diatas sudah saya geluti namun yang memberikan penghasilan cuma dari Google Adsense hehe