Internet

Menikmati Indahnya Wisata Alam di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu

Bagi yang sedang melakukan kegiatan berlibur ke Provinsi Bengkulu, Anda bisa menikmati indahnya wisata alam di kabupaten Lebong. Karena daerah ini menyimpan banyak sekali obyek wisata menarik yang sayang sekali apabila dilewatkan.

Wisata arung jeram Lebong Rafting

Apabila Anda seorang pecinta arung jeram jangan sampai tidak mencoba Wisata arung jeram Lebong Rafting. Lokasinya berada di desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu.

Sejarah berdirinya arung jeram ini diperkenalkan pada tahun 2013 dengan melakukan survei penelusuran sungai yang dilaksankan oleh club arung jeram Lebong Rafting. Track arung jeram ini dimulai dari Desa Talang Baru Kec. Topos menuju Desa Talang Leak Kec. Bingin Kuning sepanjang 30 Km.

Wisata Alam di Kabupaten Lebong
Sumber gambar : Lebong rafting

Wisata arung jeram Lebong Rafting ini memiliki panjang jalur 7 – 14 Km dengan jarak tempuh normal 2-3 jam.. Tempat ini adalah salah satu Wisata Alam di Kabupaten Lebong sudah mendapatkan rekomendasi aman untuk melakukan kegiatan arung jeram, dan tentunya masih mengikuti standar SOP yang berlaku.

BacaInformasi Penting dan Tips Rafting yang Aman

Lokasi wisata arung jeram Lebong Rafting bisa ditempuh melalui 2 kabupaten, melalui jalur Kabupaten Bengkulu Utara atau melalui kabupaten curup.

Standar waktu yang ditempuh untuk kendaraan roda 4 minimal akan memakan waktu lebih kurang 4 setengah jam dari pusat kota. Dan untuk kendaraan roda 2 kita bisa menempuh lebih kurang 4 jam dari pusat kota.

Camping Ground

  • Wisata arung jeram Lebong Rafting
    Camping Ground via phinemo.com

Camping merupakan kegiatan rekreasi dan paling favorit untuk keluarga, perusahaan dan instansi pemerintah. Kegiatan camping ini memberikan manfaat yang banyak diantaranya untuk mempererat hubungan kekeluargaan, kerabat, dan kolega kerja. Wisata ini ditawarkan di alam Danau Tes yang terletak di Kabupaten Lebong Selatan.

Loading...
  • Fun Games

    Wisata arung jeram Lebong Rafting
    Kegiatan Fun Games via 3.bp.blogspot.com

Fun games adalah permainan yang menekankan unsur-unsur kebersaman, kerjasama team yang dapat Anda temukan pada Wisata Alam di Kabupaten Lebong.

Objek Wisata Goa Lobang Kacamata

  • Wisata arung jeram Lebong Rafting
    Objek Wisata Goa Lobang Kacamata via visitbengkulu.net

Objek wisata lobang kacamata merupakan lokasi penambangan emas yang dibuat oleh peninggalan Belanda, terletak di Desa Lebong Tambang, Kec. Lebong Utara. Lobang raksasa ini merupakan sisa aktifitas kegiatan penambangan emas yang dilakukan oleh saat kolonial Belanda di masa itu, saat ini emasnya sudah habis maka kini dijadikan obyek wisata alam di kabupaten Lebong.

Lobang Kacamata ini berbentuk 2 buah lingkaran besar. Goa ini dibentuk di awal tahun 1900-an dilakukan eksploitasi pertambangan. Saat ini masyarakat lebong menjadikan tempat ini sebagai tempat penambangan bersifat tradisional.

Aktivitas penambangan emas tradisonal ini merupakan daya tarik bagi wisatawan yang ingin melihat lebih dekat cara penambangan emas tradisonal.

Karena bentuk lobang unik menyerupai  kacamata, maka masyarakat sekitar memberi nama Goa Lobang Kacamata. Obyek wisata Goa Lobang Kacamata ini berada di dalam bukit atau di dinding bukit berbatu yang merupakan pintu masuk ke dalam lokasi penambangan.

Waktu yang bagus untuk berkunjung ke Goa Lobang Kacamata ini adalah mulai dari pukul 09.00 WIB hingga menjelang siang, karena susana di dalam goa cukup terang. Walaupun tidak terlalu banyak cahaya matahari masuk tetapi sangat cocok bagi anda yang ingin mengabadikan bagian dalam Goa Lobang Kacamata.

Apabila ingin berkunjung ke objek wisata ini, cukup mudah dengan menggunakan alat transportasi seperti mobil ataupun motor.

Objek Wisata Danau Picung

  • Wisata arung jeram Lebong Rafting
    Objek Wisata Danau Picung via 4.bp.blogspot.com

Danau Picung dulunya adalah bekas galian orang-orang Belanda dan sebagai tempat untuk memutar kincir pengolahan emas. Bekas galian inilah yang kemudian mengeluarkan mata air dan terus menerus sampai sekarang kini bekas galian tersebut dikenal dengan nama Danau Picung.

Danau ini menyimpan banyak sejarah yang bercerita tentang awal mula munculnya kabupaten Lebong. Saat masa revormasi, daerah lebong ini juga telah ikut berkontribusi dalam memulai proses pembangunan Monumen Nasional yang berada DKI Jakarta. Menurut sejarah, sebagian emas yang terdapat di puncak Tugu Monas ini berasal dari daerah Lebong.

Danau ini juga ada satu momen indah yang cukup banyak dinantikan juga oleh para pengunjung yaitu saat matahari baru akan mulai menampakkan diri.

Pengunjung dapat mengunjungi tempat ini dari Goa Lobang Kacamata lebih kurang setengah jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda 2.

Objek Wisata Air Putih

  • Wisata arung jeram Lebong Rafting
    Objek Wisata Air Putih via lh3.googleusercontent.com

Wisata Air putih merupakan salah satu wisata alam di kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, lokasinya berada di Desa Air Putih, Kecamatan Pinang Berlapis.

Yang membuat unik dan berbeda dengan destinasi wisata yang lain, wisata air putih lebong ini adalah perpaduan antara air dingin dan air panas yang mengalir ke dalam satu sungai. Airnya yang dingin dan sangat segar langsung mengalir dari sumber mata air yang berasal dari Gunung Semelko.

Di sungai ini terdapat air yang mengeluarkan panas, pengunjung biasanya membawa telur ayam untuk direbus didalam air panas yang dikeluarkan dari pingir-pingir tanah.

Perjalanan dari Goa Lobang Kacamata lebih kurang sekitar 30 menit untuk sampai di wisata air putih Lebong. Selama perjalanan, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan yang sejuk karena melintasi perbukitan.

Objek Wisata Telaga Putri 7 Warna

  • Wisata arung jeram Lebong Rafting
    Objek Wisata Telaga Putri 7 Warna

Telaga Putri Tujuh Warna yang berada di Desa Rimbo Pengadang. Air Dingin  perbatasan dengan Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong.

Untuk mencapai lokasi, para wisatawan harus menempuh dengan berjalan kaki melintasi jalan setapak lebih kurang dua jam perjalanan menuju lokasi objek wisata. Telaga Putri Tujuh Warna dapat anda tempuh 20 km dari pusat kota Curup Kab. Rejang Lebong, atau sekitar 120 km dari Kota Bengkulu.

Objek wisata Telaga 7 Bidadari merupakan Wisata Alam di Kabupaten Lebong yang unik. Setiap telaga memiliki air yang berwarna 7 macam. Telaga terdiri dari dua jenis telaga besar yang berdiameter sekitar 50m yang memiliki warna Biru, merah, putih, dan keabuan. Sedangkan pada telaga kecil yang berada tak jauh dari telaga besar memiliki warna kuning, coklat, dan hitam

Setibanya tiba dilokasi pertama pengunjung menemukan telaga biru. Telaga biru merupakan kolam yang terbentuk secara alami dengan memiliki sumber air panas yang lumayan besar. Dan telaga biru ini memiliki ukuran lebih kurang  berdiameter 10 m,beserta beberapa kolam kecil di sekitarnya.

Sekitar telaga Biru pengunjung akan menjumpai sekumpulan telaga kecil yang memiliki warna kuning, hitam dan coklat. Dari telaga biru pengunjung baru akan menemukan telaga lainnya dengan berjalan kaki sekitar 200 meter.

Asal mula diberikannya nama telaga Puteri Tujuh Warna Konon katanya di telaga yang berwarna putih dilarang untuk menyebutkan kata puteri. Hal  ini di percaya apabila menyebut kata puteri maka semburan mata air yang besar di tengah danau akan semakin membesar. Oleh karena itu akhirnya di beri nama telaga Puteri Tujuh Warna.

Objek Wisata Air Terjun Paliak

  • Wisata arung jeram Lebong Rafting
    Objek Wisata Air Terjun Paliak via assets.kompas.com

Untuk menuju kelokasi air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter pengunjung harus melalui jalan setapak dan harus menyebrangi sungai dengan waktu memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam perjalanan. Untuk menuju kesana membutuhkan ekstra tenaga yang penuh.

Disana tidak sedikit bila pengunjung beruntung dapat melihat indahnya bunga terbesar dunia Rafflesia Arnoldy yang bertebaran disisi-sisi perjalanan menuju air terjun.

Objek Wisata Danau Tes

Wisata Alam di Kabupaten Lebong
Indonesia-Tourism.com

Danau Tes memiliki pemandangan menarik untuk kita lihat, kawasan danau yang terletak di Kecamatan Lebong Selatan. Dikelilingi kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Danau Tes juga menyimpan pesona alam yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Selain tempat sebagai tempat wisata alam di Kabupaten Lebong, danau tes merupakan pusat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Bengkulu. Danau yang terbentang dari Kutei Donok (Kota Donok) sampai ke Kelurahan Tes Kecamatan Lebong merupakan danau terbesar di Provinsi Bengkulu dengan luas 750 hektare.

Di danau ini pengunjung dapat menyaksikan aktivitas  yang mayoritas mata pencahariannya adalah petani dan nelayan.

Rutinitas sehari – hari penduduk lokal di sekitar danau adalah mengolah sawah, memancing, dan menangkap ikan di danau. Pada tiap tahunnya di akhir bulan Mei, di tempat ini biasanya diadakan acara ritual panen kizing atau tiram air tawar.

Masih banyak Wisata Alam di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu, belum termasuk yang ada di Kabupaten lainnya. Dari pada penasaran lebih baik kunjungi langsung saja kota Bengkulu dan cari tahu objek wisata yang ada di Bengkulu atau kunjungi LEBONG RAFTING Arung Jeram Sungai Ketahun.



Loading...

Baca selengkapnya

Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *