Artikel Adsense

10 Cara Jitu Dan Mudah Meningkatkan CPC AdSense Anda

Jika Anda adalah seorang Blogger dan akan menjadikan Adsense sebagai sumber pendapatan utama Anda, maka Anda tidak bisa mengabaikan pentingnya optimasi Adsense. Ketika kita berbicara tentang optimasi Adsense, ada banyak hal yang harus dibahas tentang bagaimana cara meningkatkan CPC AdSense, dan target utama kita adalah untuk mendapatkan CPM tinggi dan mendapatkan lebih banyak dollar dari klik yang diperoleh.

Meskipun CTR AdSense Anda baik bukan berarti dollar yang mengalir ke pundi-pundi Anda akan baik juga. Hal ini adalah sesuatu yang umum terjadi pada blog non-bahasa Inggris. Jika blog Anda termasuk dalam kategori pengiklan AdSense yang mendapatkan lalu lintas besar tapi produktifitas Adsense dari blog Anda masih rendah, maka saatnya bagi Anda untuk memahami poin-poin yang akan saya bahas pada posting ini, dan ini pasti akan membantu untuk meningkatkan CPC AdSense Anda dan pendapatan Anda secara keseluruhan.

10 Cara meningkatkan CPC AdSense

Mari kita mulai dengan menjawab pertanyaan dasar pertama dan kemudian kita akan pindah ke beberapa tips untuk melakukannya dalam rangka meningkatkan CPC AdSense Anda.

CPC (Cost Per Click) atau BPK (Biaya per klik), yaitu Anda akan dibayar pada setiap klik pada iklan yang Anda pasang pada Blog Anda. Mungkin Anda memperhatikan publisher Adsense banyak berbicara tentang CTR dan kurang memperhatikan CPC/ BPK.

Jika Anda benar-benar serius tentang berapa pendapatan yang akan Anda peroleh dari Adsense maka perhatian Anda harus lebih fokus pada CPC/BPK daripada CTR. Mendapatkan ribuan tayangan iklan pada blog Anda tidak akan banyak membantu tapi blog dengan BPK yang baik akan dapat membuat perbedaan besar.

BPK/CPC tidak ada hubungannya langsung dengan lalu lintas blog yang Anda miliki, namun jika Anda menyadari dan melihat blog mikro-niche, Anda akan menyadari bahwa meskipun blog jenis ini tidak memiliki lintas situs yang tinggi namun blog mikro-niche memberikan lebih banyak uang dari Adsense.

Alasannya sederhana, yaitu eCPM untuk blog tersebut sangat tinggi sehingga Anda dibayar dengan bayaran yang tinggi juga untuk BPK Anda, dan kemudian ada faktor lain seperti persaingan iklan, Kata kunci dan banyak lagi.

1. Niche

Cara meningkatkan CPC AdSense pertama yang yang harus dilakukan adalah memilih niche yang tepat untuk blog atau website yang akan Anda buat. CPC (Cost Per Click) iklan tergantung pada topik yang Anda tulis di dalam blog Anda.

Loading...

Baiklah, saya akan bagikan informasi kepada Anda tentang Niche apa saja yang memiliki nilai klik tinggi. Berikut ini adalah daftar niche yang dapat memberikan nilai klik tinggi:

  • Domain – Blog Internet Domain Seperti GoDaddy, Namecheap dll memiliki nilai CPC tertinggi.
  • Gadget – Gadget seperti produk Apple
  • Google – Google Produk
  • Microsoft – MS Office
  • Perbankan
  • Mobil
  • Kesehatan
  • Perumahan
  • Kredit rumah
  • Pekerjaan
  • Hangout & Romantis – adalah niche dengan CPC terendah.

2. Jawablah pertanyaan pengunjung blog Anda

Artinya adalah, bahwa blog Anda harus menjawab pertanyaan yang sedang dicari oleh pembaca. Jadi sebelum menulis blog, cobalah menemukan apa yang sedang dicari oleh pembaca di Internet dan kemudian Anda harus menyajikan solusi kepada mereka lewat tulisan Anda.

Meningkatkan CPC AdSense

Ini adalah cara meningkatkan CPC AdSense yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan pendapatan AdSense

Ingat Anda harus selalu terlibat langsung dengan pembaca Anda. Konten Anda harus selalu disesuaikan dengan niche yang Anda bidik sehingga semakin banyak pengunjung blog dapat membaca artikel Anda, karena pengunjung blog merasa memperoleh solusi dan merasa nyaman dengan blog Anda.

Konten yang baik akan membuat Anda memperoleh tingkat CPC Adsense yang tinggi. Selain itu, konten yang baik juga lebih disukai oleh search engine. Klik yang tinggi secara otomatis akan berpengaruh pada penghasilan Anda juga.

Buatlah iklan bertarget dengan lalu lintas tinggi dari negara-negara seperti U.S.A, U.K. dengan melakukan settin blog Anda untuk Negara-negara tersebut. Ketika Anda melakukan penelitian kata kunci, pastikan untuk menggunakan kolom Perkiraan BPK.

3. Pilih iklan

Di Google Adsense Anda akan menemukan pengaturan yang mengizinkan pengaturan iklan. Anda dapat membuka akun Adsense Anda dan melihat berapa banyak masing-masing kategori iklan dalam membayar Anda.

Pengaturan ini menampilkan kategori iklan yang berbeda yang akan ditampilkan di website Anda. Jika Anda menemukan bahwa kategori iklan tertentu membayar Anda dengan bayaran yang kecil maka jangan ragu untuk memblokir kategori iklan tersebut.

4. Blokir iklan yang tidak relevan

Anda juga bisa memblokir kategori iklan yang sama sekali tidak relevan dengan isi atau niche blog Anda. Misalkan isi blog Anda membahas tentang Teknologi tapi iklan yang muncul adalah iklan dating, Politik, Agama dll ini pasti nyambung dengan apa yang sedang dicari oleh pengunjung Blog Anda.

5. Buat iklan responsive

Cara meningkatkan CPC AdSense selanjutnya adalah membuat agar Blog Anda dapat tampil dalam berbagai platform yang berbeda seperti desktop, laptop, ponsel dan lain sebagainya. Meskipun CPC umumnya tidak banyak terpengaruh oleh platform pada iklan yang ditampilkan, tetapi Anda harus melakukan yang terbaik untuk menargetkan sebanyak mungkin pembaca.

Buatlah iklan responsive yang bisa diadaptasi oleh perangkat seluler karena iklan yang ditampilkan di ponsel berkualitas tinggi. Iklan responsive memungkinkan iklan yang Anda pasang dapat terlihat dengan sempurna dalam bebagai macam perangkat.

6. Negara

Salah satu faktor penting untuk meningkatkan CPC/ BPK adalah penargetan blog pada Negara tertentu seperti Amerika dan Inggris, yang secara otomatis akan berpengaruh terhadap harga klik. Klik yang berasal dari Amerika Serikat dapat bernilai $ 2 hingga $ 3 dan klik iklan yang sama dari Indonesia hanya 2000 sampai 3000 Rupiah bahkan lebih rendah.

Oleh karena itu, membuat blog dengan bahasa Inggris akan berpengaruh besar terhadap nilai klik pada blog Anda, meskipun Anda harus bersaing dengan blogger diseluruh dunia yang juga menggunakan bahasa inggris.

Namun demikian jika Anda dapat membuat blog dengan niche tertentu dan melakukan optimasi SEO blog Anda, maka Blog Anda akan mampu bersaing dengan Blog berbahasa Inggris lainnya meskipun Anda ada di Indonesia.

Banyak Blogger di luar Amerika yang menggunakan bahasa Inggris mampu bersaing dengan Blog yang dibuat di Amerika dan memperoleh banyak pengunjung dari Negara tersebut.

7. Format Iklan

Buatlah format iklan teks, karena iklan teks memiliki CTR yang lebih tinggi (klik melalui rate). Anda juga dapat mencoba format iklan teks & gambar secara bersamaan karena akan memberikan CPC lebih tinggi. Iklan gambar biasanya kurang disukai karena dua alasan, yaitu kurang RKPT dan CPC yang rendah.

Meskipun tergantung pada niche dan jenis blog, iklan gambar memiliki tampilan yang lebih baik dan memiliki RKT lebih tinggi tetapi CPC tidak sebagus iklan teks. Anyways, seperti yang saya sebutkan di atas itu berbeda dari jenis niche dan penempatan iklan adalah paling penting.

8. Penempatan iklan

Jangan pernah mengabaikan penempatan iklan pada halaman web Anda karena penempatan iklan berbanding lurus dengan pendapatan Adsense yang akan Anda peroleh. Jadi di mana saya harus menempatkan iklan untuk CPC maksimum?

Jawabannya sederhana, yaitu menempatkan 2 iklan di dalam posting blog Anda dan 1 iklan di luar posting. Anda dapat menempatkan iklan dengan ukuran 336×280 pada bagian atas tepat dibawah judul posting dan menempatkan iklan berukuran 468×60 ditengah posting dan sisanya letakkan pada sidebar Blog Anda.

9. Heatmap

Heatmap adalah salah satu alat visualisasi terbaik untuk data poin yang padat, yang memungkinkan bagi pengunjung blog Anda untuk mendapatkan informasi lengkap dari Blog Anda. Apapun alasan yang mendasari Anda untuk menjadi seorang Blogger, baik sebagai Blogger professional yang menjadikan aktifitas Blogging sebagai sumber pendapatan, atau Anda menjadi seorang Blogger hanya sebagai hobbi atau menggunakan aktifitas blogging sebagai sarana untuk menuangkan pemikiran Anda agar dibaca oleh banyak orang.

Meningkatkan CPC AdSense

Anda tetap harus mengoptimalkan iklan yang Anda pasang. Jangan sia-siakan iklan yang telah dipasang menjadi tidak efektif dan tidak memberikan konstribusi yang optimal. Target pertama Anda harus memberikan kualitas konten yang memberikan nilai manfaat bagi pengunjung dan jangan membuat iklan yang Anda pasang mengganggu perhatian pengunjung dari artikel yang dibaca oleh mereka.

Perlu diketahui klik maksimum dan CPC/BPK tinggi datang dari 2 iklan yang berada di dalam posting blog terutama pada bagian atas posting dibawah judul.

10. Terus Bereksperimen

Cara yang terakhir dari 10 cara meningkatkan CPC AdSense adalah Anda dapat bereksperimen dengan berbagai macam cara sepanjang tidak melanggar TOS yang ditetapkan oleh AdSense. Anda dapat mencoba memasang iklan dibawah judul posting, dibagian tengah atau dibagian bawah posting.

Anda juga dapat membuat iklan link yang dapat Anda tempatkan pada posisi yang Anda anggap strategis untuk mendatangkan klik. Atau Anda juga dapat membuat iklan dengan variasi warna yang berbeda yang sesuai dengan warna blog Anda.

Setelah Anda bereksperiman Anda harus memperhatikan kinerja iklan dari beberapa eksperimen yang Anda lakukan dan memilih hasil eksperimen yang mendatangkan klik dan CPC tinggi untuk dipertahankan dan membuang iklan yang tidak produktif.

Kesimpulan.

Demikianlah 10 cara meningkatkan CPC AdSense dalam versi saya. Apapun pekerjaan jika didasari dengan pengetahuan maka kemungkin keberhasilannya akan lebih tinggi, oleh karena itu jangan bosan untuk selalu mendapatkan informasi baru dalam segal hal termasuk juga dalam masalah AdSense ini.

Baca selengkapnya : Strategi Pemula Untuk Meningkatkan Penghasilan Adsense Secara Konstan

Saya berharap tips ini akan bermanfaat bagi Anda, Apapun alasan yang mendasari untuk menjadi seorang Blogger lakukanlah dengan serius, mungkin Anda tidak begitu tertarik dengan program iklan AdSense tapi saya yakin bahwa Anda bukanlah orang yang tidak tertarik dengan uang dan tidak membutuhkannya.

Sumber gambar :



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Pengelola Blog needanews.com Blog tentang Islam, Kesehatan, Sains dan tekhnologi

Artikel terkait

23 Comments

  1. Saya cobalah posisi dan ukuran iklan. Karena kaget saya habis ganti theme karena eror, mode iklan berubah, dan mendadak cpc kecil berantakan, biasanya paling kecil 350 rupiah untuk blog indo sekarang bisa 85 perak dan besarnya 200 perak.

  2. klo boleh tanya, cpc agan berkisar berapa ya? klo punya ane 300-500 itu apakah termasuk normal/rendah. web segitekno32.blogspot.com mungkin bisa dicek juga

  3. target indonesa pancen ra cucuk om
    mending target amerika
    visitor sithik nanging dollare mak nyus

  4. Untuk meningkatkan “klik” tips dan trik di atas memang sangat berguna sekali, tapi tidak mempengaruhi nilai bid CPC. Apalagi sangat melelahkan sekali apabila harus blokir iklan, dan kita tidak pernah tau iklan mana yang memasang bid dengan nilai rendah.

    Untuk mengatasi hal ini sebenarnya Google Adsense sudah menyediakan fitur Ad Fill Rate, sayangnya masih banyak yang belum tahu fitur ini.

    Dengan fitur ini iklan yang tampil di blog dipilih yang berpotensi dan memiliki nilai Bid CPC yang lebih besar. Dengan kata lain, fitur ini bisa memperbaiki nilai CPC di Indonesia ini yang terkenal rendah. Jadi Advertiser akan benar-benar didorong untuk berkompetisi agar iklannya bisa mendapatkan posisi atau tempat. Coba deh 😀

  5. mas adsense saya tampilan dashboardnya menggunakan mata uang IDR (Rupiah), kalau mau menjadi dollar bagaimana ya? thx

  6. Apakah domain co.id berpengaruh mas pada blog, soalnya saya perhatikan saya memiliki dua blog dengan tema yang sama tapi BPK berbeda antara domain .com dan co.id ternyata domain .com memiliki BPK lebih tinggi dari pada co.id