Bisnis OnlineBlogging

Panduan Series: Bagaimana Menulis Deskripsi Produk yang Menjual

Ketika anda berjualan online, hal yang harus anda perhatikan yaitu menulis deskripsi produk. Ini adalah tolak ukur mau atau tidaknya pelanggan membeli produk anda. Dalam anda menulis deskripsi untuk produk anda, itu seolah-olah anda berbicara langsung kepada pelanggan anda.

Dalam penjualan produk, baik di toko online sendiri atau marketplace.

Banyak orang tidak mengatahui mengenai deskripsi produk untuk toko oline adalah cara baru untuk memenangkan pelanggan. Perusahaan dan lembaga mencari ahli untuk mengembangkan teks yang disesuaikan mengenai suatu produk.

Berpikir tentang itu, mari kita menyoroti keingintahuan tentang deskripsi produk. Anda akan tahu apa itu, mengapa ini penting, dan bagaimana membuat deskripsi produk yang jauh lebih baik dengan teknik copywriting.

14 cara bagaimana menulis deskripsi produk yang menjual

menulis deskripsi produk

1. Mengenal apa itu deskripsi produk

Selama bertahun-tahun, iklan tradisional telah mendukung gagasan bahwa sebuah gambar bernilai seribu kata. Sebenarnya, gambar bagus sangat penting untuk strategi pemasaran.

Tetapi, mereka memainkan peran penting saat pelanggan tidak memiliki kontak dengan produk sebenarnya sebelum melakukan pembelian.

Namun, teori ini kehilangan kekuatan.

Loading...

Kami mengetahui bahwa konten tertulis dirayapi oleh Google dan diindeks ke halaman pencarian. Jadi bahkan gambar butuh deskripsi dan teks alternatif untuk rangking lebih baik.

Dengan kemajuan teknik SEO, deskripsi produk telah menjadi salah satu faktor peringkat teratas dalam toko online!

Hal baru telah mengubah persepsi manajer bisnis kecil dan besar mengenai faktor ini. Jika sebelumnya sudah cukup memasukkan detail tentang produk tertentu, hari ini prosesnya berbeda.

Selain praktik penulisan web yang baik, perlu untuk menjelaskan bagaimana produk bekerja, bagaimana menggunakannya, cara melestarikan materi, di antara isu lainnya.

Jadi menulis deskripsi produk yang bagus dalam toko online berarti melakukan Pemasaran Konten yang baik!

2. Mengapa deskripsi produk itu penting

Deskripsi produk bertujuan untuk memastikan bahwa orang tersebut memahami segala sesuatu tentang komoditas. Selain itu, hal itu meningkatkan reputasi perusahaan karena pembaca akan puas dengan informasi yang diterima saat mengakses toko.

Bagi freelancer adalah kesempatan untuk mendapatkan otoritas di bidangnya, karena beberapa penulis memiliki pengetahuan untuk mengembangkan konten yang memenuhi kebutuhan pelanggan.

3. Anda perlu melihat pembeli ideal

Saat anda menulis deskripsi tentang produk yang memikirkan beragam pelanggan, uraian anda tidak orisinil dan anda tidak berkomunikasi dengan siapa pun.

Deskripsi produk yang baik berkomunikasi dengan pelanggan yang tepat secara pribadi dan langsung. Anda mengembangkan dan juga menjawab pertanyaan seolah-olah anda akan mengobrol informal dengan mereka. Anda menentukan kata-kata yang digunakan klien ideal anda.

4. Bagaimana menulis deskripsi produk yang bagus

Langkah pertama dalam menulis deskripsi produk yang baik adalah dengan menghasilkan suatu pola. Sebelum memulai produksi materi, mintalah pelanggan untuk menyetujui isinya. Dengan cara ini, anda akan menghindari penyesuaian dan refactorings selama pekerjaan anda.

Untuk mengatur agenda, gunakan alat kata kunci. Umumnya,  kami menggunakan SEMRush, dan juga menunjukkan istilah yang paling banyak dicari di internet, alat ini menunjukkan kinerja pesaing anda.

Artinya: Anda bisa mencari tahu, misalnya, bagaimana rangking produk di segmen tertentu. Data ini juga bisa anda gunakan untuk menjadi indikator strategi penjualan pesaing.

5. Kenali persona pelanggan

Tips ini sepele, tapi hal ini penting dalam Toko Online dalam melakukan analisis kepribadian klien anda. Amati karakteristik pembaca, mereka akan menentukan nada dan bahasa yang perlu anda gunakan.

Bahasa persuasif adalah bahasa yang paling umum digunakan dalam model konten ini. Namun, sebaiknya anda tidak menerapkan fitur ini untuk menipu pembaca.

6. Sorot kelebihan produk

Dekati pembaca anda dan tunjukkan bahwa anda sudah familiar dengan masalahnya. Gunakan kreativitas anda untuk mengesankan hak persona di awal teks, menyajikan keuntungan dan solusi yang akan didapat oleh pelanggan anda dalam memiliki produk.

Jelaska lebih jauhmasalahnya apa yang dipecahkan dan bagaimana rasanya saat barang dikirim ke rumah mereka.

7. Tambahkan informasi teknis

Di bagian teks ini anda harus menyertakan deskripsi teknis produk dengan informasi berikut:

  • Materi
  • Durasi
  • Ukuran
  • Berat
  • Fungsi
  • Kualitas
  • Asal
  • Aksesoris
  • Warna yang tersedia
  • Tegangan
  • Data lain yang relevan

8. Ajarkan pelanggan untuk menggunakan produk

Disini, tunjukkan pada pelanggan dimana dan bagaimana mereka harus menggunakan produk tersebut. Jika memungkinkan, soroti situasi dan kasus nyata sehingga pembaca dapat memahami prosesnya dan membayangkan bagaimana barang dagangan itu memecahkan masalah.

Testimonial atau opini pelanggan yang telah menggunakan produk tersebut adalah tujuan yang bagus untuk membuktikan informasinya.

9. Buat daftar manfaat

Menulis deskripsi produk adalah kualitas yang dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu, serta pengalaman anda dengan produk yang anda jual. Cara terbaik untuk mempromosikan produk adalah dengan menggunakannya untuk mengetahui perspektif konsumen.

Ketika kita menjadi pengguna produk, kita dapat dengan mudah mencantumkan manfaat yang dihadapinya. Jika anda memiliki kosmetik toko online, coba gunakan mereka setiap hari untuk dapat mengetahui apakah efek yang dijanjikan oleh produsen itu nyata atau tidak.

Saat anda menggunakan produk ini, buatlah daftar manfaatnya: apakah kulit anda terasa halus? Apakah minyaknya hilang? Bagaimana dengan jerawat? Dan garis ekspresi?

Ketika sampai pada daftar manfaat, lepaskan wacana sensasional dan fokus pada apa yang benar tentang produk, menyoroti pro dan kontranya dengan cara yang tidak biasa.

Mendorong ulasan produk termasuk mengundang blogger dan pemberi pengaruh digital untuk memberikan pendapat. Ini adalah cara yang bagus untuk meyakinkan pengunjung anda agar membawa pulang produk mereka ke rumah.

10. Hindari kata berlebihan

Tentunya anda telah melihat produk ajaib di internet. Krim yang meremajakan 20 tahun;pil penurun berat badan yang menghilangkan 8 kg dalam seminggu;perangkat lunak yang merevolusi bisnis, dan sebagainya.

Jenis postur ini dalam deskripsi produk dapat sepenuhnya menghapus kredibilitas toko online anda. Karena konsumen sangat berhubungan dengan pasar. Dan untuk membantu, membuat perbandingan antara apa yang anda katakan dan apa yang konsumen lain katakan tentang produk hanya membutuhkan beberapa detik.

Jadi, tips kami di sini adalah untuk menghindari adjectivation produk dari toko tanpa kebutuhan. Katakan saja produk itu yang terbaik di pasaran jika ada bukti untuk itu. Gunakan saja superlatif jika anda benar-benar membutuhkannya.

Teks informasi membawa keandalan yang lebih besar pada produk anda dan memungkinkan konsumen untuk mengevaluasi manfaatnya dengan lebih tepat.

11. Sisipkan tautan

Saat membuat deskripsi, coba gunakan tautan untuk merujuk ke produsen atau pemasok produk. Sikap seperti ini menciptakan kredibilitas baik untuk halaman produk maupun e-commerce secara keseluruhan. Selain itu, anda menunjukkan kepada pelanggan pengetahuan strategis anda tentang SEO.

12. Buat ajakan bertindak

CTA (call to action) deskripsi mungkin sedikit berbeda dari artikel blog, misalnya. Hal ini karena berkaitan langsung dengan pilihan pembelian pembaca.

Karena itu, pilih ajakan bertindak yang membuat pengguna meluangkan waktu untuk menyelesaikan proses pembelian. Contoh CTA adalah:

  • Tambahkan barang ke keranjang
  • Kontak dengan toko virtual
  • Pilihan layanan
  • Lihat produk terkait
  • Tunjukkan teman untuk membeli produk
  • Ingat: Sangat normal bagi orang untuk berbagi pengalaman pasca pembelian di internet

13. Jadilah objektif

Deskripsi produk sangat ideal bagi mereka yang suka menulis secara objektif. Itu karena, di internet, orang mencari kepraktisan dan menghemat waktu. Scannability adalah detail penting yang tidak bisa anda abaikan dalam copywriting e-commerce.

Uraian yang sangat panjang tidak membawa hasil yang baik dan menyebarkan perhatian pembaca.

14. Gunakan sumber audiovisual

Pada awal artikel ini, kami mengatakan bahwa gambar tersebut kehilangan protagonisme mereka di jaringan. Namun, penting untuk memperjelas bahwa kita tidak menghilangkan penggunaan fitur ini, hanya menyoroti bahwa deskripsi produk juga memiliki ruang mereka.

Gunakan gambar dan video dalam resolusi tinggi, sehingga tidak menghasilkan harapan realitas yang berbeda dengan klien. Selain itu, ini juga meminimalkan risiko return dan ketidakpuasan konsumen.



Loading...

Baca selengkapnya

Syarif Sabirin

Seorang Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *