Menyelenggarakan Kontes SEO

4 Tips Menyelenggarakan Kontes SEO yang Baik dan Benar

Menyelenggarakan kontes SEO merupakan salah satu strategi link building yang cukup diminati para pemain SEO. Karena dengan menggunakan teknik ini, sebuah situs akan mendapat backlink dari peserta kontes SEO. Dan rata-rata, backlink yang didapat cukup berkualitas dan bersifat dofollow.

Namun sebenarnya, kontes SEO ini ibarat pedang dua sisi. Bisa menguntungkan, bisa juga merugikan.

Ini semua tergantung dari bagaimana cara pihak penyelengara melaksanakan kontes SEO. Kalau cara meraciknya benar, maka hasil yang akan didapatkan juga benar-benar powerfull. Sebaliknya, kalau ada kesalahan maka akan berakibat fatal yang menyebabkan dampak buruk bagi website.

Sebaiknya, gunakanlah aturan kontes SEO yang baik agar kualitas backlink yang bisa didapatkan bisa mendongkrak sebuah website.

Tips Menyelenggarakan Kontes SEO Agar Berhasil

Berikut beberapa hal yang harus jadi acuan jika Anda ingin menyelenggarakan kontes SEO.

1. Dofollow Links

Dalam link building, kita mengenal istilah link nofollow dan dofollow. Link nofollow ini biasanya memiliki dampak yang kurang begitu powerfull dibanding dofollow.

Coba, buat aturan yang mengharuskan peserta untuk menaruh link dofollow. Dengan peraturan ini, peserta akan membuat peraturan yang cukup menguntungkan bagi penyelenggara. Kalau ada yang memberi link nofollow, Anda bisa mendiskualifikasi peserta tersebut.

2. Anchor Text

Anchor text disini memegang pengaruh yang sama-sama penting. Penggunaan anchor text yang baik secara langsung akan memberikan sinyal kepada Google bahwa halaman tersebut relevan dengan halaman yang dibacklink.

Loading...

Usahakan, buat beberapa varian anchor text yang harus digunakan para peserta. Dengan begitu, Anda bisa merangkingkan beberapa keyword.

Variasi anchor text seperti exact match keyword agar terlihat natural sepertinya tidak perlu dipikirkan. Coba lihat berbagai website yang dikonteskan, mereka bahkan ada yang menggunakan 1 varian anchor text saja.

Hasilnya? Posisi mereka berada di halaman cukup bagus dan aman-aman saja.

3. Artikel Peserta Wajib Unik

Saat membuat aturan kontes SEO, banyak sekali yang mengatakan bahwa peserta harus menulis artikel dengan unik. Akan tetapi, para peserta sepertinya masih kurang baik dalam menanggapi aturan tersebut. Karena banyak juga sumber backlink yang mengarah ke website mereka berasal dari website yang dikonteskan (copas).

Sebenarnya hal semacam ini sering terjadi karena mungkin mereka masih belum tahu maksud dari kalimat tersebut. Sebagai penyelenggara kontes, Anda pasti punya tujuan tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Kalau banyak peserta yang hanya copas, maka yang dirugikan tentu saja penyelenggara kontesnya.

4. Promosi yang Baik untuk Memperkenalkan Kontes SEO

Beberapa hal di atas mungkin tidak akan maksimal hasilnya apabila tidak dipromosikan. Dengan promosi, sebuah kontes SEO akan menjaring peserta lebih banyak lagi.

Makin banyak yang tahu tentang penyelenggaraan kontes, makin banyak pula backlink yang akan didapatkan.

Anda bisa melakukan promosi dengan hal berikut:

  • Google AdWords dan Facebook Advertising

Iklan adalah media yang cukup tepat, ada pilihan antara Google Adwords dan FB Ads. Namun sejujurnya saya cenderung memilih Adwords untuk mengiklankan kontes yang sedang berjalan.

Salah satu channel promosi yang paling massive di ranah digital tentu saja AdWords dan Facebook Ads. Kedua periklanan ini selain bisa mendatangkan pelanggan juga bisa memperkenalkan suatu event kepada lebih banyak orang.

Dengan beriklan, penyelenggaran kontes SEO jadi lebih terpercaya, professional dan tidak dianggap sebagai penipu. Wajar, kalau penyelenggara membayar budget untuk iklan, maka mereka benar-benar serius dan akan membayar pemenangnya.

  •  Sosial Media

Selain teknik paid traffic atau berbayar, Anda juga bisa mempromosikan kontes SEO dengan gratis. Coba sebarkan informasi kontes SEO ke semua sosmed yang Anda punya seperti Instagram, Facebook, Twitter, Snapchat, Youtube, Path dan lain sebagainya.

Mention juga akun sosial media yang berhubung dengan penyelenggaraan kontes. Kalau mereka tahu, mungkin saja mereka akan mempromosikan kontes SEO Anda secara cuma-cuma. Tak jarang pula, ada beberapa website yang akhirnya mempublikasikan event Anda tanpa membayar biaya sepeser pun.

  • Email

Kalau Anda suka mengikuti perkembangan kontes SEO yang suka diadakan, cobalah intip siapa saja yang ikut berpartisipasi. Setelah Anda mengetahui beberapa dari mereka, coba hubungi mereka dengan email untuk memberitahukan bahwa Anda sedang menyelenggarakan kontes SEO.

Meski pada prakteknya cukup melelahkan, namun mereka biasanya akan jauh lebih percaya kepada Anda.

Kalau cara ini cukup ribet, Anda bisa mengakalinya dengan menghubungi 10-20 orang saja. Baru setelah itu menggunakan metode lain yang sekiranya lebih powerfull.

  • Banner

Anda juga bisa membuat aturan bahwa ketika sedang berlangsung kontes, peserta diwajibkan memasang banner kontes SEO pada sidebar atau footer (diberi link ke halaman kontes). Selain untuk teknik direct marketing, cara ini juga bisa merangkingkan halaman kontes SEO yang ada pada website Anda.

Makin banyak orang yang tahu, makin banyak pula potensi peserta yang akan mengikuti kontes SEO Anda.

Nah itulah beberapa tips menyelenggarakan kontes SEO yang perlu Anda tahu. Dengan memahami beberapa hal di atas, Anda bisa menyelenggarakan kontes dengan lebih maksimal. Tentunya, website yang ditargetkan tidak mengalami penalty atau dicap buruk oleh Google.

Sumber dan referensi:



Loading...


Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Komentar

    idnomoni

    ( - 08:41)

    keren infonya mas

    aank

    ( - 14:38)

    Umumnya para Blogger pemula menganggap baclink dari kontes seo dan yang melakukan kontes itu merupakan spam.? Untuk itulah jarang sekali yang mengikuti kontes seo bagi pemula, bagaimana pendapat mu bang?

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 23:09)

      nah maka dari itu bang, harus ada aturan khusus seperti yang sudah dijelaskan tadi. SPAM itu konsekuensinya, jadi memang ibarat pedangdua sisi. tapi bisa diatasi kalo udah pengalaman nyelenggarain kontes SEO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *