Modal utama usaha

Bukan Uang !!, 10 Modal Utama Usaha Ini yang Akan Menjamin Kesuksesan Bisnis Anda

Banyak calon wirausaha yang menunda niatnya, untuk membuka sebuah usaha, dengan beralasan belum mempunyai modal. Hal ini dikarenakan, rata-rata modal utama usaha yang dianggap orang paling penting adalah uang.

Padahal banyak fakta membuktikan, wirausaha sukses, justru banyak yang pada awalnya tidak memiliki uang sama sekali.

Rasulullah SAW, saat masih muda beliau tidak memiliki modal usaha dalam bentuk harta. Namun karena memiliki kepandaian, dan kejujuran dalam berbisnis, akhirnya Rasulullah SAW diperebutkan banyak investor.

Abdurrahman Bin Auf, saat berhijrah dari Mekah ke Madinah tak membawa harta sepeserpun . Meski ada yang menawarinnya rumah, unta, bahkan istri. Dengan mental kemandirian, ia menolak itu semua.

Saat itu beliau hanya meminta ditunjukkan jalan menju pasar.

Hari pertama ia ke pasar hanya menjadi kuli. Hari kedua naik tingkat menjadi makelar. Dihari ke 40, sudah bisa meminang gadis Ansor tanpa bantuan dari siapapun.

Sejarah mencatat Abdurrahman Bin Auf, saat meninggal harta yang ditinggalkannya melebihi nilai 4 trilyun rupiah.

Nah, itulah gambaran sejarah nyata bahwa uang, bukanlah modal paling utama dalam menjalankan usaha

Loading...

Lantas apakah modal utama usaha itu ?

Berikut penulis coba uraikan 10 modal utama usaha, dimulai dari yang paling penting sampai kurang penting. Uang merupakan modal utama usaha, yang berada di urutan 9.

Ya, betul…urutan ke sembilan sobat, bukan urutan pertama.

1.  Pengalaman

Benarkah pengalaman merupakan modal utama usaha ?

Sejak usia 12 tahun Rasulullah SAW, sudah ikut paman nya berdagang, dengan lawatan bisnis sampai ke luar negeri, seperti Syam dan Siria.

Dengan modal pengalaman tersebut, akhirnya beliau paham berbagai hal tentang dunia perdagangan. Hingga tak ayal, akhirnya beliaupun mampu menjadi pedagang yang sangat pandai, dan sukses dibidangnya. Hingga beliau berani menikah di usia 25 tahun dengan mahar 100 ekor unta.

Terbukti bahwa pengalaman merupakan modal utama usaha, coba kita perhatikan orang-orang di sekitar kita. Berapa banyak anak-anak SMK, bahkan sampai kuliah jurusan otomotif, namun siapa yang akhirnya, sukses memiliki usaha bengkel besar ?

Meski hanya lulusan SMP bahkan SD, banyak sekali para pengusaha bengkel yang sukses. Dimana modal utama mereka adalah memperbanyak pengalaman. Dengan ikut belajar dan praktek, di salah satu bengkel.

Sejarah juga mencatat bahwa, Soichiro Honda (pendiri Honda) sukses dari sebuah pengalaman, karena pada kenyataannya beliau dikeluarkan dari kuliah lantaran orang tuanya kehabisan uang.

Salah satu merk kendaraan favorit masyarakat di dunia, Honda. Dirancang dan dibuat pemiliknya, dengan bekal dari sebuah pengalaman, meski terasa pahit sekalipun pada awalnya.

2. Pengetahuan

Pengetahuan adalah salah satu modal utama usaha yang sangat penting. Dengan pengetahuan yang cukup, terhadap suatu usaha tertentu maka akan mampu mendirikan usaha tersebut, untuk kemudian mengembangkannya dengan pesat.

Pengetahuan yang cukup, akan membuat kita mampu membuat banyak keunggulan pada usaha dibandingkan usaha sejenis yang dimiliki orang lain. Lebih dari itu, pengetahuan yang dimiliki, akan mampu mengatasi berbagai masalah dalam usaha.

3. Skil Keahlian

Seperti penulis bahas sebelumnya, bahwa banyak orang memiliki pendidikan khusus dibidang tertentu, contohnya Otomotive. Mereka terkalahkan dengan orang-orang yang memiliki skilnya dari lapangan nyata (bengkel).

Ini membuktikan bahwa kedudukan pengalaman, dalam modal utama usaha itu sangat penting. Sebab untuk mendapatkan predikat ahli dalam bidang tertentu, maka seseorang harus memiliki 2 modal utama tersebut.

Keterampilan, dan pengetahuan dimana kedua hal ini sangat mudah didapatkan dengan jalan pengalaman.

4. Keberanian

Keberanian dalam usaha, juga merupakan modal utama usaha yang sangat penting. Banyak orang yang memiliki uang berlimpah sekalipun, mereka tidak bisa memiliki sebuah usaha, karena tidak memiliki keberanian.

Definisi “Berani ” artinya berani dalam hal yang positif, dan penuh perhitungan.

Seseorang yang baru mau membuka usaha, tanpa mengetahui pangsa pasarnya, kemudian berani meminjam uang dengan jumlah banyak ke Bank adalah salah satu keberanian yang salah.

Apalagi jika seseorang yang keuntungan usahanya belum pasti dan stabil, sudah berani mengambil kendaraan roda 4 dengan system kredit. Inipun bukan termasuk keberanian yang penulis maksud.

Keberanian yang penulis maksud adalah berani membuka usaha secepat mungkin, tanpa menunda-nunda waktu. Berani merintis usaha dari nol, berani menanggung resiko, dan berbagai keberanian positive lainnya.

Baca kisahnya disini :

Hanya Lulusan SMP : Muhadi Setiabudi Pengusaha Brebes Memiliki Banyak Perusahaan dan Karyawan, Mulai dari Sarjana Sampai Profesor

5. Konsep Bisnis

Kesuksesan seorang pengusaha, tak terlepas dari konsep bisnis yang dijalankannya. Banyak para pengusaha pendatang baru, akhirnya mampu meraih kesuksesan seperti para seniornya, dikarenakan konsep bisnisnya.

Yosep Ardi, sukses diblog karena konsep membershipnya. Ryan bocah 6 tahun sukses di YouTube denganpenghasilanMilyaran rupiah perbulan karena konsep chanelnya.

Begitupun Muhadi Setiabudi yang hanya lulusan SMP, namun sekarang banyak memiliki perusahaan, semua itu tak bisa terlepas dari konsep bisnisnya.

6. Gairah dan Semangat

Modal Utama Usaha

Gairah dan semangat merupakan modal utama usaha yang tak boleh disepelekan. Gairah dan semangat kita dalam usaha, akan menular pada customer untuk membeli produk/jasa kita.

Gairah dan semangat, selain membuat kita lebih produktif dalam berkarya dab berwirausaha. Ia pun akan mempengaruhi orang-orang di sekitar kita. Dua diantaranya, karyawan dan customer.

Seseorang yang memiliki banyak uang sekalipun, takan berhasil dalam berwirausaha, jika ia tak memiliki gairah dan semangat ini.

Oleh karena itu, jika sobat benar-benar ingin menjadi pengusaha sukses, gairah dan semangat tidak boleh hilang dari diri sobat.

Sebab, saat gairah dan semangat tersebut hilang, maka usaha kita tidk akan terurus. Pekerjaan banyak yang tercecer, tindakan dan karya berkurang bahkan hilang. Konsumen pun akan malas membeli produk/jasa di tempat kita.

Satu point penting yang harus diingat. Gairah dan semangat adalah salah satu asset berharga kita, untuk menarik customer membeli produk/jasa yang kita tawarkan.

Lebih dari itu, gairah dan semangat merupakan pemikat, untuk menjadikan setiap customer menjadi pelanggan setia usaha kita.

7. Jaringan

Jaringan dalam wirausaha, itu sangat penting. Bob Sadino, bisa bangkit dalam keterpurukannya, berkat seorang kawannya. Bahkan saat mulai merintis usaha, produknya laris terjual pun, karena bantuan jaringannya.

Kendati saat itu, lingkungan sekitar belum menerima produknya. Namun berkat jaringanya ia tetap tak kesulitan untuk menjual.

Jaringan juga sangat penting untuk mengembangkan bisnis, bahkan untuk memulai bisnis baru sekalipun. Tak sedikit orang-orang sukses, yang tak memiliki modal uang untuk usaha. Namun ia sukses mendapatkan banyak modal uang, dari investasi jaringan yang dimilikinya.

Jaringan yang kita miliki, akan sangat membantu kita dalam berbagai hal. Seperti, modal, pangsa pasar, keterampilan, peluang dan kesempatan.

Oleh karena itu jika sobat ingin sukses, dalam berwirausaha dan lainnya, maka perbanyaklah jaringan dari sekarang.

8. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi sangat penting untuk kita miliki. Banyak orang-orang sukses, yang mampu meraih kesuksesan nya karena 2 faktor ini.

Sugiro pengusaha Brebes, sukses dan bisa keliling dunia, berkat kreativitas dan inovasi nya dalam mengolah sampah.

Dalam bidang kuliner dan lainnya, banyak pengusaha baru yang begitu banyak diminati customer, karena kreativitas dan inovasi yang dimilikinya.

Sambel layah misalnya, beberapa waktu lalu usaha kuliner ini di semua tempat sangat ramai pengunjung. Bahkan beberapa kali penulis berkunjung ke Sambel layah, wilayah Tegal dan Cirebon hampir semua kursinya penuh.

Tentu semua itu bisa terjadi karena kreativitas dan inovasi nya, dalam membuat suatu terobosan bisnis.

Oleh karena itu, kalau kita ingin sukses dalam usaha tertentu, kreativitas dan inovasi adalah salah satu modal dasar. Dengan modal usaha ini maka kita akan sukses, kendati usaha kita banyak saingan nya sekalipun.

Hal ini dikarenakan kreativitas dan inovasi, akan menjadikan produk yang kita tawarkan memiliki keunggulan dan nilai lain, dibandingkan usaha sejenis lainnya.

Keunikan dan nilai lain inilah, yang akan menyebabkan banyak customer memutuskan datang ke tempat kita, dibanding yang lainnya.

9. Uang atau Aset

Meski tidak terlalu penting, uang atau aset pun harus kita pikirkan. Kendati demikian, bagi sobat yang tak memiliki uang sekalipun tetap bisa  membuka usaha.

Hal ini dikarenakan modal uang atau aset tersebut, tidak harus bersumber dari diri kita sendiri. Bisa dari investor atau lainnya.

Bahkan untuk mendapatkan uang, ternyata sobat pun bisa mendapatkan modal uang yang diberikan secara gratis. Selain modal uang, aset juga penting.

Sobat tak bisa membuka usaha photo copy tanpa memiliki mesin nya bukan ? Begitu pun usaha lainnya, membutuhkan beberapa aset untuk dapat beroprasi.

10. Keberuntungan

Emang ada modal usaha keberuntungan ? Banyak sobat.

Misalnya mendapatkan hadiah undian, menang lomba, dapat warisan, atau menikah dengan janda kaya raya, hehe…

Jika salah satu keberuntungan tersebut sobat dapatkan, dijamin deh sobat tak bingung lagi untuk dapat membuka usaha, terutama terkait keuangan. Namun menurut penulis, akan lebih puas dan membanggakan jika sobat sukses merintis usaha dari nol.

Nah itulah sobat 10 modal utama usaha, yang bisa membuat kita sukses dalam berwirausaha. Jika sobat sudah memiliki modal usaha, dari nomor 1 sampai 8 saja, Insya Allah sobat bisa sukses.

Semoga bermanfaat

Salam Kepedulian

Detatang Kamal


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *