Tekno

Sejarah dan Makna Unik di Balik Nama dan Logo Smartphone Ternama

Nama dan Logo Smartphone Ternama – Era milenial saat ini kamu pastinya tak akan lepas dari yang namanya teknologi, buktinya kamu pasti menggunakan smartphone canggih yang kamu gunakan sehari-hari bukan?

Tapi apakah kamu tahu arti logo smartphone yang kamu miliki itu? Disetiap brand dari smartphone yang sekarang ada di sekeliling kita semuanya memiliki sejarah dan makna yang unik-unik.

Sejarah dan Makna Unik di Balik Nama dan Logo Smartphone Ternama

Kamu pasti penasaran merek apa saja yang punya arti unik itu? Mari kita simak Sejarah dan Makna Unik di Balik Nama dan Logo Smartphone Ternama

Samsung

Nama dan Logo Smartphone Ternama
Samsung logo dari masa ke masa via https://www.fineprintnyc.com

Logo yang tampak sederhana ini punya sejarah luar biasa. Nama Samsung sendiri Memang merupakan nama perusahaannya sejak awal berdiri yaitu sejak tahun 1938.

Nama lengkapnya adalah Samsung Sanghoe yang bisa diartikan sebagai tiga bintang keberuntungan dalam bahasa Korea. Logo awal dari merek ini bener-bener tradisional yang menandakan ciri khas Asia Timur.

Seiring berjalannya waktu dan menyesuaikan dengan perkembangan jenis usahanya logo Samsung terus mengalami perubahan hingga mencapai bentuk seperti sekarang yang sering kita lihat.

Hanya tulisan Samsung dan eclipse biru di belakangnya, mereka tidak lagi menggunakan bintang dan menggantinya dengan eclipse biru.

Eclipse biru ternyata disimbolkan sebagai universe atau jagat raya, kemudian kata Sanghoe juga sudah tidak digunakan lagi hanya ada Samsung saja.

Loading...

Nah dari logo ini mereka ingin menunjukkan ambisinya untuk menjadikan Samsung sebagai pusat perhatian se-jagat raya.

Apple

Nama dan Logo Smartphone Ternama
Apple logo from first time via globalyoungvoices.com

Makna unik di balik nama dan logo smartphone ternama satu ini memiliki predikat sebagai logo paling terkenal di dunia setelah logo McDonald ini juga punya filosofi yang menarik.

Mungkin masih ada di antara kita yang bertanya-tanya kenapa namanya harus Apple?

Nah ini terinspirasi dari kejadian yang dialami Isaac Newton. Kejadian yang menginspirasinya dalam menemukan teori gravitasi yaitu ketika Newton melihat buah apel yang jatuh dari pohonnya.

Steve Jobs pun memiliki visi untuk menjadikan perusahaannya sebagai pembawa inovasi bagi umat manusia.

Dengan prosesnya yang jatuh bangun, sekarang Apple diakui sebagai perusahaan teknologi raksasa di dunia yang terus berkembang dan berinovasi.

Namun sayangnya masih tersisa misteri dibalik bentuknya, Jika kita melihat logonya yang pertama kali berwarna warni dan memiliki bentuk seperti habis digigit.

Nama dan Logo Smartphone Ternama
Color Apple logo via Pinterest

Hal ini membuat banyak yang berasumsi bahwa logo tersebut merupakan penghargaan untuk Alan Turing, ilmuwan penemu komputer pertama kali.

Banyak orang mengatakan warna-warni dalam Apple melambangkan simbol gay seperti kondisi Alan Turing dan apel tergigit merupakan kisah kematian Alan Turing yaitu meninggal karena menggigit apel yang mengandung sianida

Untuk meredakan rumor yang beredar, para eksekutif Apple mengeluarkan statement bahwa gigitan pada simbol Apple adalah melambangkan passion akan pengetahuan yang terus-terusan berkecamuk.

Baca jugaSteve Jobs, Kisah Inspiratif Pendiri dan CEO Perusahaan Apple Inc.

Xiaomi

Nama dan Logo Smartphone Ternama
Xiaomi Company via https://www.trendsmap.com

Logo selanjutnya yang cukup jadi pusat perhatian juga adalah logo dari smartphone Xiaomi. Jadi awalnya Xiaomi adalah perusahaan teknologi Cina yang berdiri pada tahun 2010.

Produk smartphone nya sendiri baru dikeluarkan 3 tahun kamudian yaitu pada tahun 2013.

Meski memiliki nama Xiaomi namun mereka hanya memasang huruf M dan I pada setiap produk smartphone nya, kenapa bisa begitu?

Ini lantaran Xiaomi memiliki visi untuk menembus pasar internasional, seperti kita ketahui bersama publik non Chinese cenderung sulit untuk melafalkan kata “Xi”, makanya hanya kata “MI” saja yang disematkan pada smartphone nya.

Menurut para pendiri Xiaomi kata “MI” pada produk smartphone yang memiliki makna mobile internet.

Selain itu mereka menyebut juga sebagai Mission Impossible karena setelah mendirikan Xiaomi banyak tantangan luar biasa yang ternyata harus mereka hadapi pada saat itu.

Asus

Nama dan Logo Smartphone Ternama
Sumber gambar : https://www.flickr.com

Smartphone Asus menurut update tahun 2010. Asus mengumumkan cara pengejaan namanya menjadi “ASUS”.

Sejarah namanya sendiri ternyata Asus merupakan pemotongan dari kata Pegasus yang merupakan nama seekor kuda bersayap dari mitologi Yunani.

Pegasus dipercaya sebagai lambang kebijaksanaan dan pengetahuan.

Karena itulah dengan mengambil nama ini Asus berharap bisa menjelmakan kekuatan kemurnian dan jiwa petualang seperti kuda ajaib ini melalui setiap produk yang diciptakannya.

Meski Asus sudah secara resmi menyebutkan filosofi dibalik namanya melalui website resmi namun masih banyak loh yang bersikukuh bahwa nama Asus sendiri merupakan akronim dari penggabungan Asia dan Usa.

Huawei

Nama dan Logo Smartphone Ternama
Image via http://www.zdnet.com

Pada posisi terakhir mengenai sejarah dan makna unik di balik nama dan logo smartphone ternama ditempati oleh logo dari Huawei.

Meski produk smartphone nya masih sering dipandang sebelah mata namun faktanya smartphone Huawei menduduki posisi ketiga top penjualan smartphone dunia setelah Apple dan Samsung.

Untuk brandnya sendiri Huawei menggunakan logo berbentuk kelopak bunga.

Hal ini merupakan simbolisasi dari suku kata “Hua” yang bisa berarti kelopak bunga atau bisa juga berarti Gelora dan mewah dalam bahasa Mandarin.

Sedangkan suku kata kedua yaitu memiliki arti pencapaian prestasi atau aksi dalam bahasa Mandarin.

Jadi bisa kita simpulkan kalau kombinasi dari nama dan simbolnya memiliki terjemahan pencapaiannya menggelora atau membanggakan,

Hal ini sejalan dengan prinsip Huawei yang berkomitmen ingin terus berkembang dan berinovasi demi memenuhi kepuasan pelanggan.

Itulah beberapa ulasan tentang sejarah dan makna unik di balik nama dan logo smartphone ternama. Jadi kalian saat ini menggunakan brand dari smartphone yang mana nih?



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *